25 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Lamongan

Jika mendengar nama kota Lamongan tentu Anda langsung berfikir tentang pecel lele dan soto. Memang kota Lamongan sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu soto Lamongan. Bahkan banyak pengunjung yang datang ke Lamongan untuk mencoba sotonya.

Bukan hanya unggul di bidang kuliner saja, Lamongan saat ini sudah banyak memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Hal tersebut dilakukan agar para wisatawan bisa lebih banyak mengunjungi Lamongan. Beberapa Tempat Wisata di Lamongan juga tidak kalah menariknya dengan wisata di kota lain.

Ketika Anda berkunjung ke suatu kota untuk berlibur maka secara otomatis Anda akan mempelajari tentang budaya, makanan khas dan tempat wisata daerah tersebut. Berikut akan dibahas mengenai beberapa tempat wisata yang menarik di Lamongan untuk Anda kunjungi.

1. Sukodadi Carnival

Sukodadi Carnival

Image Credit: Wisatadiindonesia.com

Sukodadi Carnival ini merupakan wisata malam yang sangat disukai oleh para pengunjung. Karena tempat wisata yang satu ini menghadirkan berbagai wahana permainan yang mengusung tema modern dan tradisional. Selain wahana pengunjung juga akan disuguhkan dengan penampilan budaya dan juga sirkus.

Meskipun masih tergolong sebagai tempat wisata yang baru namun fasilitas yang diberikan oleh tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Disana terdapat parkir yang luas dan berbagai wisata kuliner yang akan melengkapi waktu berlibur Anda. Dengan begitu Anda bisa bersenang-senang disana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pantura No. 38, Talun, Kec. Sukodadi, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

2. Monumen Van der Wijck

Monumen Van der Wijck

Image Credit: Jejakpiknik.com

Lamongan berada di bagian utara Jawa timur yang termasuk wilayah dataran rendah. Nah, ketika Anda berkunjung ke kota ini alangkah baiknya jika mampir ke beberapa wisata yang tersedia salah satunya yaitu monumen Van der Wijck. Mungkin sebagian banyak dari kita sudah tidak asing lagi dengan monumen ini karena sudah pernah diangkat menjadi film layar lebar.

Monumen Van der Wijck berada di wilayah Brondong yang dibangun guna mengenang apa yang telah terjadi pada tahun 1336. Berkunjung ke wisata ini Anda bisa belajar mengenai berbagai sejarah yang terjadi ratusan tahun lalu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tuban-Gresik, Brondong, Kec. Sedayulawas, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

3. Tlogo Sadang Lamongan

Tlogo Sadang Lamongan

Image Credit: Travelingyuk.com

Tlogo Sadang Lamongan ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak disukai pengunjung. Ketika Anda mengunjungi tempat ini maka Anda akan melihat tebing bekas galian kapur. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik utama tempat ini. Karena tebing tersebut memancarkan keindahan yang sangat unik.

Tebing ini menjadi tempat favourite bagi para pengunjung yang suka berfoto. Anda bisa menggunakan tebing tersebut sebagai latar belakang spot foto Anda. Dengan begitu maka Anda bisa mendapatkan foto yang indah dan menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

4. Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur

Image Credit: Muafatin.blogspot.com

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Walisongo adalah penyebar Islam di pulau Jawa. Namun, perlu diketahui juga bahwa selain wali songo ada juga beberapa wali yang turut melakukan penyebaran Islam di pulau Jawa, salah satunya yaitu Sunan Sendang Duwur. Makam Sunan Sendang duwur berada di Kota Lamongan yang buka setiap harinya untuk dikunjungi.

Banyak sejarah yang bisa Anda pelajari di tempat ini salah satunya kisah tentang Sendang Duwur. masyarakat sekitar memiliki kepercayaan jika dulu Sunan Sendang Duwur mampu memindahkan masjid ke dataran tinggi. Bahkan, cerita tersebut masih tetap dipercaya hingga saat ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sendangduwur, Kranji, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

5. Goa Maharani

Goa Maharani

Image Credit: Bobo.grid.id

Goa Maharani ini memiliki daya tarik yang berbeda jika dibandingkan dengan goa yang lainnya. Pada dinding goa Maharani ini terdapat berbagai ukiran yang jika sinar matahari masuk maka akan terlihat. Disana juga dipasang lampu warna-warni yang membuat pemandangan goa semakin menarik.

Disana juga terdapat kebun binatang mini yang terdapat berbagai jenis binatang didalamnya. Disana juga terdapat fasilitas tangga dan jalan sehingga para pengunjung lebih mudah untuk berjalan didalam goa. Disana juga terdapat toilet umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Toiletnya juga lumayan bersih dan enak untuk digunakan.

Harga Tiket: Rp 49.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

6. Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu

Image Credit: Lamonganoke.wordpress.com

Wisata makam di Lamongan memang cukup banyak, tetapi bukan berarti menjadi wisata mistis yang sedikit dikunjungi. Selain melakukan kegiatan religius, di makam ini Anda juga bisa menikmati udara yang sejuk. Hampir sama dengan makam lainnya yang ada di Lamongan, makam Dewi Sekardadu dikelilingi banyak pepohonan rindang.

BACA:  Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Berkunjung ke makam Dewi Sekardadu tentu saja harus sopan dan jangan melanggar hal-hal yang dilarang. Setelah berziarah Anda bisa sekedar jalan-jalan keliling kompleks sembari menikmati makanan khas yang dijual.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gondang, Kec. Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

7. Pantai Kutang

Pantai Kutang

Image Credit: Mytrip.co.id

Pantai Kutang ini merupakan salah satu tempat wisata yang banyak disukai oleh pengunjung pada umumnya. Karena pantai ini menghadirkan panorama alam yang indah. Pantai ini dikelilingi oleh mangrove yang menambah pemandangan tempat ini lebih menarik. Disana Anda bisa bermain pasir, air ataupun memancing.

Banyak pengunjung yang menyukai tempat ini karena sangat nyaman untuk berlibur. Pantai ini memiliki pasir putih yang luas sehingga Anda bisa puas melakukan permainan. Anda bisa berpiknik bersama keluarga dengan membawa beberapa makanan dan berduduk mengobrol bersama keluarga Anda.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

8. Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung

Image Credit: Trepelin.com

Meskipun Lamongan merupakan kota dengan udara yang panas, tidak bisa dipungkiri jika di kota ini juga terdapat pemandian air panas. Pemandian air panas Brumbung bisa menjadi solusi yang tepat untuk relaksasi tubuh. Anda bisa mengunjungi pemandian ini bersama keluarga atau teman-teman.

Pemandian air panas Brumbung tidak terlepas dari kisah Sunan Drajat. Untuk mengetahui kisah tersebut, Anda bisa bertanya kepada penjaga wisata tersebut. secara singkatnya dulu wisata ini dijadikan sebagai tempat bertapa oleh Sunan Drajat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sidodadi, Kranji, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

9. Alun-Alun Kota Lamongan

Alun-Alun Kota Lamongan

Image Credit: Kaskus.co.id

Tempat yang satu ini pasti sudah banyak dikenal oleh para wisatawan lokal maupun asing. Karena Alun-Alun Kota Lamongan ini menjadi ikon yang terdapat di pusat kota yang menyediakan berbagai permainan dan juga wisata kuliner di sekelilingnya. Setiap hari libur tempat ini selalu penuh dengan para pengunjung.

Karena antusias masyarakat yang cukup tinggi maka pemerintah setempat juga berusaha membangun alun-alun menjadi tempat yang nyaman untuk liburan. Disediakan berbagai fasilitas seperti ayunan, tempat duduk dan smoking area untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

10. Masjid Agung Lamongan

Masjid Agung Lamongan

Image Credit: Suaranasional.com

Setiap kota pasti memiliki masjid dengan daya tariknya sendiri. Seperti halnya Masjid Agung Lamongan dengan kemegahannya. Jika ingin menikmati suasana yang berbeda di masjid ini alangkah baiknya jika datang pada malam hari. Apalagi di sekitar masjid ini banyak sekali yang menjual berbagai kuliner khas Lamongan.

Ketika malam hari lampu warna warni akan terlihat jelas di Masjid Agung Lamongan. Selain beribadah, Anda juga bisa menikmati suasana area masjid yang sejuk dan damai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kyai H. Hasyim Ashari No.16, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

11. Wisata Pohon Trinil

Wisata Pohon Trinil

Image Credit: Lamongantourism.com

Pohon Trinil ini menjadi salah satu wisata yang cukup fenomenal untuk para kalangan mudah. Awalnya pohon ini tidak sengaja ditemukan oleh para warga pada tahun 2017. Namun pohon ini berukuran besar dan memiliki bentuk yang unik. Karena keunikannya tersebutlah maka pohon ini dijadikan sebagai wahana berfoto.

Pohon ini terletak di kawasan perhutani sehingga pohon sangat dirawat disana. Karena hal tersebutlah pohon ini semakin unik dan disukai oleh banyak pengunjung. Untuk bisa kesana Anda hanya perlu kesana dan tidak membayar biasanya masuk. Anda hanya diharuskan untuk menjaga kebersihan selama disana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembor, Kec. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

12. Gondang Outbound

Gondang Outbound

Image Credit: Zahracateringlamongan.com

Gondang adalah nama sebuah waduk di Lamongan yang telah dibangun sejak tahun 1987. Meskipun Lamongan terkenal sebagai kota dengan udara yang panas, tak perlu khawatir karena ada beberapa tempat wisata yang menawarkan tempat dengan udara yang sejuk yaitu Gondang outbound.

Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di sekitar waduk Gondang. Baik itu outbound, memancing, atau hanya sekedar jalan-jalan dan foto. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan area waduk Gondang untuk mengadakan berbagai acara.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jember yang Enak & Wajib Anda Coba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Juwet, Deketagung, Kec. Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

13. Pantai Kodok

Pantai Kodok

Image Credit: Triptrus.com

Pantai Kodok ini memiliki nama yang unik yang menjadi daya tarik utamanya. Jika kebanyakan pantai akan terdiri dari pasir putih, namun berbeda dengan pantai yang satu ini. Pantai kodok didominasi oleh tebing dan batu. Gabungan batuan dan tebing terlihat membentuk seperti kodok.

Karena hal tersebutlah pantai ini dinamakan pantai kodok. Pantai ini memiliki pemandangan yang asri dan tenang. Air pantai ini juga sangat jernih. Disana lingkungan sangatlah terawat dan bersih sehingga tentunya akan sangat menyenangkan jika Anda berlibur kesana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

14. Istana Gunung Mas 27

Istana Gunung Mas 27

Image Credit: Google Maps (Channel Inspirasi Bersama)

Wisata selanjutnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berada di Lamongan yaitu istana Gunung Mas 27. Wisata ini awalnya bekas dari tambang kapur. Dulunya tambang kapur ini gersang dan panas. Namun, pemiliknya tidak kehabisan akal untuk menjadikan bekas tambang kapur ini sebagai wisata terhits.

Wisata Gunung Mas 27 adalah rumah pribadi seseorang yang memiliki desain gabungan antara Jawa dan China. Ciri khas dari wisata ini yaitu banyaknya batu kapur, bangunan berwarna merah dan kolam di bagian tengah wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bulu, Kec. Mantup, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

15. Tugu Mayangkara

Tugu Mayangkara

Image Credit: Wisatalengkap.com

Tugu Mayangkara sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Lamongan, karena tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan melawan Belanda pada zaman dahulu di Lamongan. Ini berupa patung lelaki yang menaiki kuda.

Pada bagian bawah tubuh ini terletak sebuah tulisan sejarah yang bisa Anda baca untuk menambah pengetahuan. Anda juga bisa mengabadikan foto dengan background tugu ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mantup No.59, Kec. Mantup, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

16. Museum Seni Islam Indonesia

Museum Seni Islam Indonesia

Image Credit: Travelingyuk.com

Museum Seni Islam Indonesia ini merupakan museum yang cukup terkenal di Lamongan karena museum ini menceritakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa Anda haruslah berkunjung kesana dan mengetahui sejarahnya.

Disana terdapat berbagai foto dari orang-orang yang berjasa bagi perkembangan Islam. Selain itu disana juga terdapat beberapa barang peninggalan sejarah. Dengan mengetahui sejarah maka Anda akan bisa lebih menghargai jasa para pendahulu. Beliau melakukan semua itu untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk generasi muda.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

17. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Image Credit: Afirasaputri.wordpress.com

Wisata Bahari Lamongan ini adalah tempat wisata keluarga yang terdiri dari berbagai wahana laut. Disana terdapat berbagai wahana air seperti kapal bajak laut dan lain sebagainya. Anda bisa berkumpul bersama keluarga sambil menghabiskan waktu bermain air.

Pada pintu masuk terdapat gambar kepiting besar yang menjadi ikonik dari tempat wisata tersebut. Harga masuk tempat ini cukup terjangkau sehingga Anda bisa mengajak seluruh keluarga Anda untuk berlibur bersama kesana. Disana Anda tidak akan sadar untuk menghabiskan waktu yang lama karena disana begitu menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 70.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

18. Kolam Renang Kendil Wesi

Kolam Renang Kendil Wesi

Image Credit: Wisatalengkap.com

Wisata hits Lamongan terakhir yang wajib untuk dikunjungi yaitu kolam renang kendil Wesi. Berlibur ke wisata ini tentunya akan sangat menyenangkan jika bersama keluarga dan anak-anak.

Apalagi tersedia beberapa fasilitas seperti perosotan kolam renang yang luas dan jernih serta beberapa penunjang fasilitas lainnya. Kolam renang ini tidak hanya bisa digunakan untuk anak-anak, tersedia juga kolam renang untuk orang dewasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dandels, Paciran, Kec. Banyu Tengah, Kab.  Lamongan, Jawa Timur.

19. Waduk Gondang

Waduk Gondang

Image Credit: Wikipedia.org

Waduk Gondang ini salah satu Objek Wisata di Lamongan sederhana yang banyak disukai oleh pengunjung. Setiap akhir pekan tempat ini ramai dengan pengunjung. Waduk ini juga masih berfungsi untuk mengaliri air untuk sawah di Lamongan.

BACA:  10 Wisata Museum di Malang yang Paling Favorit Dikunjungi

Pengolahan airnya pun masih dilakukan secara tradisional. Di tempat ini sudah dibangun beberapa wahana yang tempat duduk yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Harga masuk ke tempat wisata ini juga sangat murah. Sehingga banyak masyarakat yang berkunjung kesana bersama keluarga. Disana lahan parkirnya juga cukup luas sehingga Anda bisa membawa kendaraan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sugio, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

20. Pantai Brondong

Pantai Brondong

Image Credit: Husnamenulis.blogspot.com

Nama pantai ini terkenal dan mudah dihapalkan oleh para pengunjung karena sangat unik. Pantai ini sangat disukai oleh para pengunjung karena memiliki garis pantai yang besar. Pantai ini juga memiliki ombak yang kecil dan udara disana sangat sejuk dan teduh.

Anda bisa sekedar duduk di pinggir pantai untuk menikmati keindahan laut atau Anda bisa bermain pasir dengan keluarga Anda. Pantai ini termasuk salah satu pantai terbersih di Lamongan. Lingkungan sekitar pantai juga terlihat sangat terjaga dan bersih sehingga akan memberikan rasa nyaman dan aman untuk para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

21. Gunung Mas Tugu Mantup

Gunung Mas Tugu Mantup

Image Credit: Topwisata.info

Gunung Mas Tugu Mantup ini sudah banyak dikenal oleh para kalangan anak muda. Karena disana menyediakan berbagai wahana foto yang menarik. Karena anak muda zaman sekarang sangat menyukai sosial media maka banyak anak muda yang berdatangan untuk sekedar mengambil gambar.

Salah satu daya tarik tempat ini adalah kampung koboy. Dimana Anda bisa berfoto ala koboy disana yang tentunya akan menarik. Anda juga bisa menikmati bermain di kolam ikan dan menikmati pemandangan yang asri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mantup, Mantup, Tugu, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

22. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat

Image Credit: Trepelin.com

Museum Sunan Drajat ini berlokasi dekat dengan makam Sunan Drajat. Sehingga banyak pengunjung yang datang ke museum tersebut setelah mengunjungi makam Sunan Drajat. Museum ini dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa dari Sunan Drajat.

Museum ini merupakan tempat wisata bersejarah yang menyimpan berbagai buku dan peninggalan sejarah dari Sunan Drajat. Museum ini juga cukup terawat sehingga akan nyaman untuk dikunjungi banyak wisatawan. Dari sini Anda bisa mempelajari sejarah pada masa Sunan Drajat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Drajat, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

23. Maharani Zoo Lamongan

Maharani Zoo Lamongan

Image Credit: Iunews.us

Seperti namanya tentu sudah banyak masyarakat yang mengetahui ini merupakan tempat apa. Maharani Zoo Lamongan ini merupakan kebun bintang yang terdapat berbagai jenis hewan disana. Namun, yang berbeda disana adalah letak hewan yang sangat dekat dengan pengunjung. Sehingga para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan para binatang.

Tempat ini banyak digemari oleh para anak-anak karena disana mereka bisa belajar sambil bermain. Berinteraksi langsung dengan binatang membuat anak-anak menjadi akrab dengan binatang. Selain itu disana terdapat berbagai wahana permainan yang bisa Anda coba.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

24. Pantai Klayar Lamongan

Pantai Klayar Lamongan

Image Credit: Flickr.com

Di Lamongan banyak sekali wisata pantai yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah Pantai Klayar. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna agak kecoklatan. Di pinggiran pantai juga terdapat tanaman bunga yang indah dan berwarna warni. Pantai ini merupakan salah satu dari lambang keromantisan dari kota Lamongan.

Anda bisa mendatangi pantai ini dengan keluarga maupun teman Anda. Namun akan lebih romantis jika Anda datang bersama dengan pasangan Anda. Karena wisata ini cocok untuk keromantisan. Disana juga memiliki udara yang segar dan nyaman.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Klayar, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

25. Gunung Ratu

Gunung Ratu

Image Credit: Gunungratu.blogspot.com

Gunung Ratu merupakan tempat wisata yang indah dan wajib Anda kunjungi. Gunung Ratu ini memiliki cerita yang sudah diceritakan secara turun menurun ke generasi muda. Gunung ini dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada. Selain itu tempat ini juga pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan Dewi Andong Sari.

Untuk mencapai Gunung Ratu ini Anda harus mendaki beberapa jalan yang cukup terjal dan panjang. Sebaiknya ketika Anda berlibur kesana Anda dalam keadaan yang fit dan sehat agar Anda bisa mencapai puncak gunung tersebut. Diatas Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan asri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekidang, Kec. Sambeng, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Lamongan yang bisa Anda kunjungi. Terkadang karena banyaknya tempat wisata yang ada membuat para pengunjung menjadi bingung untuk mengunjungi tempat wisata yang mana terlebih dahulu. Namun, dengan adanya bahan rekomendasi ini maka Anda tidak lagi perlu bingung dan bisa langsung memilihnya.