Wisata Bahari Lamongan, Tempat Rekreasi Keluarga yang Lengkap

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan atau WBL merupakan tempat rekreasi unggulan yang paling populer dikunjungi wisatawan. Menghadirkan beragam wahana seru dengan pemandangan laut lepas.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.
Map: Cek Lokasi

Bagi yang hobi wisata, Wisata Bahari Lamongan atau WBL pasti bukanlah satu tempat wisata yang asing di telinga lagi. Ya, tempat wisata ini merupakan salah satu yang terbesar di daerah Lamongan, Jawa Timur dan sudah menjadi daya tarik wisatawan sejak beberapa tahun belakangan. Tempat ini kini menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan yang datang ke Lamongan.

WBL adalah tempat wisata yang lengkap karena memiliki konsep theme park atau taman bermain yang juga digabungkan dengan wisata edukatif. Kebanyakan dari target pengunjung taman ini adalah anak-anak kecil yang datang dengan keluarganya. Wahana yang ada di tempat wisata ini pun terbilang sangat lengkap.

Bagi yang penasaran atau mungkin dalam beberapa hari ke depan berencana akan datang ke Lamongan dan ingin mengujungi WBL, simak dulu beberapa penjelasan tentang tempat ini. Semua akan dijelaskan di bawah ini, mulai dari lokasinya hingga fasilitasnya sehingga kita nanti sampai di sana tidak akan kebingungan. Ini dia infonya:

Lokasi Wisata Bahari Lamongan

Lokasi Wisata Bahari Lamongan

Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu hal penting yang harus diketahui tentang WBL adalah lokasinya. Lokasi WBL terletak di tempat strategis sehingga tidak perlu ribet bagi calon pengunjung untuk menemukan lokasinya. Begitu sampai lokasi, pengunjung sudah disambut oleh patung kepiting raksasa yang mengindikasi jika mereka sudah sampai lokasi WBL.

Lokasi tempat wisata ini terletak di jalur pantai utara Surabaya-Tuban, tepatnya di Kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Tengah. WBL terletak di dekat Pantai Tanjung Kodok sehingga tak heran jika beberapa wahana yang ditawarkan di tempat ini merupakan wahana-wahana yang berhubungan dengan wisata air dan ada kata “bahari” juga di tengah-tengah namanya.

Lokasi tempat ini juga sangat dekat dengan berbagai tempat wisata lain, tentu saja ada Maharani Zoo dan Goa yang lokasinya hampir berjejer dengan WBL, tempat ini juga dekat dengan pantai dan juga dengan makam dan museum Sunan Kalijaga. Jadi, yang ingin piknik di sini bisa sekalian jalan-jalan ke sana.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Bahari Lamongan

Fasilitas Wisata Bahari Lamongan

Image Credit: Nyobidodol.wordpress.com

Untuk masalah fasilitas, sudah tidak perlu diragukan lagi. WBL sudah dirancang untuk menjadi salah satu tempat wisata favorit di Lamongan, bahkan di Jawa Timur. Jadi, ada berbagai macam fasilitas yang ada di tempat ini dan siap memanjakan para pengunjung. Fasilitas-fasilitas ini tadi dibuat agar pengunjung WBL bisa tetap nyaman saat liburan di sini.

BACA:  14 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Fasilitas standar yang tersedia di WBL adalah toilet dan tempat parkir yang super luas. Selain itu di tempat ini juga terdapat restaurant dan cafe yang bisa digunakan untuk makan-makan. Jadi, tak perlu keluar area WBL untuk mengisi perut. Harga makanan dan minuman yang dijual juga terbilang sangat terjangkau.

Selain cafe dan restaurant, WBL juga menyediakan wisata belanja. Di tempat ini ada souvenir shop dan juga beberapa spot di lokasi yang menjual aneka oleh-oleh. Inilah mengapa di WBL bukan hanya anak-anak saja yang bisa bersenang-senang, tapi orang tuanya juga bisa menikmati aneka fasilitas yang tersedia di tempat ini.

Bagi yang takut tentang kesehatan, jangan khawatir karena di WBL tersedia juga fasilitas kesehatan dan juga ruang untuk menyusui dan juga tempat untuk ibadah. Jadi, tak perlu bingung lagi soal berkunjung ke WBL karena sudah bisa dipastikan di sini fasilitasnya sangat lengkap dan bisa mendukung acara piknik sekeluarga seharian penuh.

Jam Operasional Wisata Bahari Lamongan

Jam Operasional Wisata Bahari

Image Credit: Lamongantourism.com

Bagi yang ingin berkunjung ke WBL, tentu saja salah satu hal yang harus dicatat adalah jam operasionalnya. Untuk jam operasional, tenang saja tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari sehingga kita dan keluarga bisa berkunjung ke tempat ini bebas seharian. WBL memang dirancang khusus untuk liburan keluarga dalam waktu yang lama.

WBL buka dari jam 08.30 pagi dan nanti tutup pada jam 16.30. Ya, dalam jangka waktu tersebut para pengunjung bebas menikmati wahana yang tersedia di WBL, baik yang wahana gratis maupun wahana berbayar lainnya. Selain jam operasional, hal lain yang harus diketahui tentang WBL adalah musim liburnya.

WBL menerapkan musim libur yang biasanya akan ada jam buka khusus dan harga tiket yang khusus juga. Biasanya, musim libur ada di pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dan juga di akhir tahun mulai dari pertengahan bulan Desember hingga awal Januari. Biasanya pengunjung WBL akan membludak di waktu-waktu ini.

Wahana Unggulan Wisata Bahari

Wahana Wisata Bahari

Image Credit: Cakrawalatour.com

Bukan taman hiburan namanya jika tidak memiliki banyak wahana untuk bermain. WBL merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia dengan konsep theme park dan dengan fasilitas puluhan wahana unggulan di sana. Di WBL wahana-wahana ini bisa dinikmati secara gratis dan ada juga yang berbayar (di luar harga tiket masuk).

Untuk wahana, wahana di sini dibagi menjadi dua jenis yaitu wahana gratis dan berbayar. Untuk wahana gratis, beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah: Wahana crazy wheel, speed flip, ranger, drop zone, istana boneka, taman satwa kijang, kolam renang, kano, waterboom, rotary coaster, tembak air, motto cross, samba jet, mini train, paus dangdut, bioskop 3D dan lain sebaginya.

BACA:  20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan

Ya, banyak wahana unggulan di sini yang bisa diberikan secara gratis ke pengunjung. Semuanya sudah termasuk di tiket wisata, jadi tak perlu lagi bayar. Bahkan, wisata kolam renangnya juga sudah termasuk di tiket sehingga jika anak-anak ingin berenang, tidak perlu lagi membayar biaya tambahan. Inilah mengapa WBL merupakan wisata komplit yang cocok untuk liburan.

Sedangkan untuk wahana berbayarnya (harus bayar biaya tambahan di luar tiket) beberapa yang menjadi unggulan antara lain adalah: arena panahan, zona perang, rumah hantu, foto cownoy, boxing, soccer, wahana big hammer, arena video game, ATV, kiddy ride, perahu tradisional, go kart, onta tunggang, aqua shuttle, banana boat, dan lain sebagainya.

Untul harga tiket tambahannya berkisar antara Rp 5,000 hingga Rp 20.000 namun ada juga tiket tambahan yang sampai ratusan ribu juga karena merupakan paket keluraga sehingga bisa digunakan langsung oleh seluruh anggota keluarga. Tapi pada intinya, semua wahana di WBL terbilang murah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Maharani Zoo & Goa

Maharani Zoo Lamongan

Image Credit: Iunews.us

Jika berbicara tentang Wisata Bahari Lamongan, tentu saja kita tidak bisa melupakan tentang Maharani Zoo dan Goa. Ya, tempat wisata yang juga biasa disingkat dengan MZG ini lokasinya sangat berdekatan dengan Wisata Bahari Lamongan, bahkan dianggap sebagai satu lokasi. Tak heran jika ada tiket paketan yang bisa digunakan untuk masuk ke keduanya.

Maharani Zoo adalah kebun binatang dengan konsep modern. Koleksi hewannya cukup lengkap dan tentu saja hal ini menjadikannya sangat menarik di mata anak-anak. Jadi, jika membeli tiket terusan antara WBL dan MZG, anak-anak bisa melihat hewan-hewan koleksi kebun binatang langsung setelah bermain di WBL.

Untuk Gua Maharani, salah satu hal menarik yang harus diketahui tentang tempat ini adalah tentang keindahan stalaktit dan stalakmitnya. Ya, gua ini masih merupakan gua alami yang penuh dengan bebatuan alam. Bagi yang sudah puas menikmati wahana di WBL bisa langsung berkunjung ke gua ini untuk menikmati suasana alam yang lainnya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Bahari Lamongan

Rute Menuju Wisata Bahari

Image Credit: Piknikasik.com

Bagi yang baru pertama kali mau ke Wisata Bahari Lamongan atau WBL, tentu saja informasi tentang rute menuju ke sana merupakan informasi penting. Seperti yang sudah disebutkan tadi, lokasi WBL tidak terlalu ribet dan terbilang mudah untuk dijangkau. Semuanya bisa menuju ke sana dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dengan mudah.

BACA:  Berenang Sambil Menikmati Keindahan Alam Bukit Kacapi di Tasikmalaya

Untuk rutenya, tempat wisata ini bisa dicapai dengan lewat tol Surabaya-Gresik. Berkendaralah ke arah Manyar. Setelah keluar dari Tol Manyar, kita bisa menuju ke arah pantai utara dan menuju ke Sidayu. Lanjut saja dari sana ke arah Panceng. Dari sana, nanti sudah ada jalur yang akan membawa kita ke Paciran di mana lokasi WBL berada.

Karena tempat wisata ini sudah sangat terkenal, maka tentu saja tempatnya sudah terdapat di aplikasi peta sehingga jika ingin menuju ke sana, GPS bisa membantu kita dengan mudah. Inilah mengapa jalan-jalan ke WBL tidak akan menyulitkan siapapun. Lokasinya mudah dan cepat untuk ditemukan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari Lamongan

Harga Tiket Wisata Bahari

Image Credit: Jihanbrr.wordpress.com

Untuk harga tiket masuk, tentu saja hal ini merupakan informasi yang sangat penting untuk diketahui. Banyak orang yang asal saja datang ke tempat wisata tanpa tahu harga tiket masuknya dan sampai di lokasi terkaget-kaget karena ternyata harganya tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Inilah mengapa info harga tiket WBL akan dijelaskan di bawah ini.

Ada dua jenis tiket yang dijual di WBL. Jenis tiket yang pertama adalah tiket masuk untuk WBL saja dan yang kedua adalah tiket masuk paketan untuk WBL dan MZG (Maharani Zoo dan Gua). Jika ingin ke WBL saja, tiket yang dikenakan untuk harui biasa (Senin sampai Kamis) adalah Rp 75.000 per orang.

Sedangkan untuk Weekend (Jumat sampai Minggu) adalah Rp 100.000. Tiket Rp 100.000 ini juga berlaku untuk hari besar nasional dan musim liburan. Untuk tiket paketan WBL dan MZG, harga tiket untuk hari biasa (Senin-Kamis) adalah Rp 97.000.

Sedangkan jika membeli tiket ini di akhir pekan (Jumat-Minggu), hari libur dan musim liburan, harga tiket menjadi Rp 130.000. Semua harga tiket yang tertera di sini sudah termasuk full asuransi untuk pengunjung. Bagaimana dengan yang ingin mengunjungi MZG saja? Ada juga kok tiketnya.

Tiketnya berkisar Rp 52.000 per orang pada hari-hari biasa (Senin-Kamis) dan Rp 70.000 saat Weekend (Jumat-Minggu), hari libur nasional dan musim liburan. Cukup murah, bukan? Ya, harga tiket di WBL dan tempat-tempat wisata di sekitarnya memang sekiranya cukup terjangkau bagi kantong masyarakat Indonesia pada umumnya.

Nah, itu dia tadi beberapa hal yang harus diketahui tentang tempat wisata andalan di Lamongan tadi. Bagi yang sedang mencari tempat wisata yang komplit, fasilitasnya lengkap, dan cocok untuk seluruh keluarga, WBL atau Wisata Bahari Lamongan ini memang cocok dijadikan pilihan. Anak-anak beserta seluruh keluarga bisa menikmati wahana-wahana menarik nan edukatif di sini.