14 Tempat Wisata di Bangka

Sudahkah Kamu merencanakan liburan dan menentukan destinasi wisata untuk mengisi weekend? Jika belum, Pulau Bangka sangat kami rekomendasikan sebagai salah satu destinasi weekend Kamu. Pulau Bangka ternyata menyimpan sejuta pesona alam yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan pulau kembarannya yaitu pulau Belitung.

Pesona destinasi pantai yang memanjakan mata, dikelilingi oleh pasir putih dan batu-batuan granit di sepanjang bibir pantai. Hal ini membuat pulau ini sangat cocok untuk Kamu melepas penat setelah satu pekan beraktivitas.

Tidak hanya itu, pulau Bangka juga menyimpan banyak sekali destinasi alam dan buatan lain yang tidak kalah menarik, seperti Danau, Gurun, Air Terjun, Kebun, Benteng, dan Perbukitan. Berikut daftar tempat wisata di Bangka yang bisa Kamu jadikan pilihan untuk mengisi weekend Kamu.

1. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Dinding Batu Belinyu

Lokasi: Teluk Kelabat, Air Jukung, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Phinemo.com

Batuan granit merupakan salah satu ciri khas yang dipunyai pantai-pantai di pulau Bangka, termasuk Pantai Dinding Batu di kecamatan Belinyu. Di pantai ini, Kamu bisa menjumpai batu Granit besar yang berukuran 20×15 meter dan memiliki ketebalan lebih dari 5 meter.

Selain itu, Kamu juga bisa menjumpai adanya batu yang membentuk ikan Pari di bagian depan batu dinding Granit. Kemudian di sisi samping, juga terdapat batu kodok yang membuat pesona batu dinding semakin spektakuler. Hingga seringkali para pengunjung menyebut suasanya mirip dengan suasana di film The Lord of The Rings.

2. Pantai Matras

Pantai Matras

Lokasi: Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Matras merupakan pantai yang memiliki pesona pantai terpanjang di pulau Bangka. Pantai ini memiliki panjang bibir pantai hingga 33 km. Di pantai ini, Kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat luas hingga seakan tak ada batasnya.

Di pantai ini, Kamu juga akan merasakan semilir angin sepoi-sepoi dengan latar belakangan pohon-pohon kelapa yang cukup memanjakan mata. Sehingga tidak salah jika orang-orang seringkali menyebut pantai Matras dengan sebutan pantai surga.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin

Lokasi: Jl. Raya Desa, Nibung, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Pulau Bangka juga memiliki destinasi danau bernama danau Kaolin. Danau ini sebenarnya merupakan lubang besar bekas tambang timah. Kemudian lubang tersebut seakan disulap oleh alam menjadi sebuah danau yang merefleksikan warna biru eksotis khas warna biru langit yang memukau mata.

Di sebelah danau Kaolin, Kamu juga bisa menjumpai danau kecil yang warna airnya lebih unik lagi, yaitu biru hijau. Jika Kamu suka fotografi, akan banyak sekali spot foto instagramable yang bisa Kamu kunjungi.

4. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Lokasi: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Sengpaku.blogspot.com

Tak jauh dari pantai Matras, Kamu akan menjumpai pantai Parai Tenggiri yang lokasinya cukup dekat dengan pantai Matras. Pantai yang terkenal dengan Parai Beach Resort & Spa ini terbilang cukup ramai didatangi pengunjung.

Pantai ini juga terkenal dengan pasir putih, ombak yang tenang, dan panorama sunrise yang akan membuat mata Kamu terpukau. Oleh karena itu, pantai Parai Tenggiri selalu menjadi destinasi pantai yang wajib dikunjungi para wisatawan.

5. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi – Temberan, Kec. Bukit Intan, Kab. Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Bangka Botanical Garden atau yang seringkali disebut BBG ini merupakan agrowisata yang menjadi ikon pulau Bangka. Kebun yang mempunyai area hijau seluas 300 hektar ini merupakan destinasi andalan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di  Bangka Botanical Garden, Kamu bisa belajar mengenai agroteknologi sambil menikmati udara sejuk. Kamu juga bisa belajar mengenai usaha perikanan karena letak BBG cukup strategis yakni berdampingan dengan pantai Pasir Padi.

6. Gurun Pelawan

Gurun Pelawan

Lokasi: Kec. Namang, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Wisatamilenial.com

Gurun Pelawan adalah gurun yang lagi-lagi terbentuk karena adanya aktivitas tambang di pulau Bangka. Meskipun bekas dari aktivitas tamban, namun gurun ini menyimpan pemandangan yang eksotis berupa hamparan gurun yang sangat luas serta beberapa danau kecil yang mengelilinginya.

Jika Kamu berkunjung ke gurun ini pada waktu siang hari, Kamu akan mendapati  sengatan matahari panas khas gurun padang pasir. Sebaiknya Kamu berkunjung di sore hari, karena cuaca di Gurun Pelawan akan lebih teduh.

7. Pantai Romodong

Pantai Romodong

Lokasi: Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Pantai ini terletak di kepulauan Bangka bagian utara. Pantai ini termasuk dalam kategori pantai yang lKamui dan berombak kecil. Oleh karena itu Kamu tidak perlu khawatir jika ingin membawa anak-anak untuk bermain di pantai Romodong.

Pasir putih dan air pantai yang jernih merupakan  ciri khas dari pantai ini, sehingga para pengunjung pun betah untuk berlama-lama mengunjungi pantai ini. Untuk waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai Romodong adalah sore hari, karena Kamu akan menjumpai sunset yang memukau mata.

8. Pantai Tongachi

Pantai Tongachi

Lokasi: Kampung Pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Travelingyuk.com

Pantai Tongachi dikenal sebagai pantai yang unik dan penuh dengan karya seni. Pantai ini memiliki spot unik yang diberi nama De Locomotief. Ketika memasuki area pantai, di sisi atas, Kamu akan menjumpai beberapa payung China yang digunakan sebagai hiasan.

Selain itu, di pantai Tongachi juga terdapat sebuah Museum Gallery yang di dalamnya terdapat banyak sekali karya seniman yang menakjubkan, hingga seringkali diabadikan di laman sosial oleh para pengunjungnya.

9. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Lokasi: Jl. Penyusuk, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Yossephoto.com

Inilah pantai yang seringkali disebut sebagai mutiara pulau Bangka, karena memiliki pantai cantik alami. Pantai Penyusuk memiliki hamparan batu-batu granit yang melengkung menghiasi garis pantai. Jika Kamu berada di pantai ini, Kamu akan merasakan udara sejuk yang menentramkan hati karena banyak sekali pepohonan di sepanjang pantai Penyusuk.

Tidak banyak fasilitas umum yang ada di pantai Penyusuk. Namun jangan khawatir karena pantai ini sedang dalam proses pengembangan, sehingga ke depannya pantai ini tidak akan kalah dengan pantai-pantai lain di sekelilingnya.

10. Pulau Putri

Pulau Putri

Lokasi: Laut Cina Selatan, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Konsumenreview.com

Di sekitar pulau Bangka ternyata ada sebuah pulau kecil yang ikonik baru-baru ini. Pulau tersebut diberi nama Pulau Putri. Di pulau ini Kamu akan menemukan pohon-pohon Mentigi dan batuan Karang yang kokoh.

Jika Kamu sangat menginginkan sebuah ketenangan, mengunjungi pulau ini bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Karena selain Kamu akan merasakan pesona alam yang masih sangat alami, Kamu juga akan mendapatkan suasana ketenangan yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Untuk sampai kesana, Kamu bisa menggunakan kapal lokal (Pompong) yang diberangkatkan dari pulau Penyusuk.

11. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove

Lokasi: Kurau Barat, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Kebabelyuk.com

Di pulau Bangka Kamu juga bisa mengunjungi hutan Mangrove. Sebenarnya hutan ini merupakan sumber penghidupan warga, namun kini Kamu bisa mengunjunginya dan mempelajari lebih dekat ekosistem yang ada di dalamnya.

Selain menyusuri hutan mangrove, Kamu juga bisa bersantai sejenak dengan duduk diatas Hammock yang disediakan. Ditemani semilir angin yang menerpa, Kamu tentu akan betah berlama-lama duduk di hammock yang disediakan.

12. Jembatan Emas

Jembatan Emas

Lokasi: Ketapang, Kec. Pangkal Balam, Kab. Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Tripzilla.id

Jembatan ini telah ada sejak 6 tahun lalu dan membentang luas di atas sungai Pangkal Balam dan berdiri sangat tegak dan kokoh. Jembatan ini memiliki panjang 785 meter dan lebar 23 meter.

Kerennya, Jembatan ini adalah jembatan satu-satunya yang terbilang canggih karena dalam pengoperasian jembatan ini tidak menggunakan sistem buka tutup. Kamu wajib datang ke jembatan ini ketika berkunjung ke pulau Bangka karena dari atas jembatan, Kamu bisa melihat pemandangan Pantai Air Anyir yang sangat indah dan PLTU Air Anyir yang terletak tidak jauh dari jembatan Emas.

13. Benteng Kota Kapur

Benteng Kota Kapur

Lokasi: Jl. Nelayan, Kota Kapur, Kec. Mendo Barat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Humas.babelprov.go.id

Tenyata Bangka tidak hanya menyimpan banyak sekali wisata alam, namun juga menyimpan wisata sejarah yang berupa situs benteng tanah seperti Benteng Kota Kapur. Situs ini sejatinya merupakan sebuah prasasti berbahasa melayu kuno yang ditulis dengan huruf  palawa. Isi dari situs ini adalah sebuah persumpahan penanda wilayah kerajaan Sriwijaya.

Penemu benteng Kota Kapun ini adalah J.K van der Meulen. Setelah ditemukan pada tahun 1892, benteng Kota Kapur kemudian dianalisis, dan dibuatkan replikanya di Museum Timah Indonesia sebagai media pembelajaran sejarah.

14. Bukit Menumbing

Bukit Menumbing

Lokasi: Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. – Image Credit by Babarentcar.com

Bangka juga memiliki pesona perbukitan yang tidak kalah menarik untuk Kamu kunjungi. Bukit yang berada di desa Air Belo ini memiliki ketinggian sekitar 355 mdpl dan menyimpan keindahan alam yang tentunya memanjakan mata Kamu.

Uniknya, di atas bukit Menumbing terdapat sebuah wisma yang dulunya dijadikan rumah tinggal Soekarno ketika dalam masa pengasingan. Kamu bisa berwisata alam sekaligus berwisata sejarah ketika jalan-jalan ke bukit Menumbing.

Jika Kamu memiliki banyak waktu, Kamu bisa kunjungi objek wisata di Bangka yang direkomendasikan diatas. Setiap destinasi memiliki daya tarik wisata sendiri dan sayang jika Kamu lewatkan begitu saja.