Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00–19.00 WITA, Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali memang selalu dapat mengejutkan kalangan pelancong di berbagai daerah, termasuk di dunia. Hal ini terbukti dari adanya objek wisata yang dikenal dengan Alas Harum Bali. Objek wisata kali ini bukan berupa pantai, dimana Bali memang terkenal akan eksotisme pantai yang mendunia. Kali ini merupakan objek wisata Gianyar dengan pesona yang sangat eksotis.

Bisa dikatakan bahwa pengelola memiliki ide kreatif yang memandukan konsep antara keindahan alam dengan wahana seru dan menantang. Di sini, pengunjung dapat menikmati panorama alam indah yang menjadi pemandangan utamanya. Selain itu, wahana permainan menantang seperti flying fox, sepeda gantung, dan ayunan ekstrem juga disediakan.

Bukan hanya itu, objek wisata di Bali dengan nama lengkap Alas Harum Agrotourism ini juga menyediakan berbagai spot foto cantik yang pastinya menuai beragam komentar positif di media sosial. Wisatawan yang datang dengan paket tertentu bahkan dapat mencicipi nikmatnya kopi luwak khas Bali.

Daya Tarik yang Dimiliki Alas Harum Bali

Daya Tarik Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps Hadi Hendra

Selayang pandang diatas tentunya tidak cukup memberikan gambaran penuh mengenai objek wisata ini. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda menyimak berbagai daya tarik Alas Harum Gianyar berikut supaya lebih meyakinkan!

1. Pemandangan Alam Eksotis

Eksotis dan mempesona, kata itulah yang kebanyakan muncul pertama kali ketika datang ke lokasi. Bagaimana tidak, keindahan hamparan sawah sangat jelas terlihat dengan warna hijaunya. Sistem irigasi terasering pun cukup jelas meskipun anda berada di atas ketinggian. Berundak seperti tangga dengan sudut kemiringan tidak beraturan membuatnya semakin eksotis.

Sebagian sawah dipisahkan oleh adanya sungai kecil yang airnya mengalir tanpa henti. Batu-batu kecil yang menghalangi aliran air juga terlihat meskipun tidak terlalu banyak. Di samping sawah terdapat jalan setapak yang juga berundak seperti halnya terasering. Fungsi utamanya sebagai akses jalan warga dan wisatawan yang datang mengunjungi Alas Harum.

Belum lagi pohon rindang yang menghiasi area Alas Harum Bali, kebanyakan berupa pohon palem. Dengan kondisi alam seperti ini, cuaca yang didapatkan terasa sejuk dan asri. Kawasan ini bebas polusi kendaraan dan asap pabrik, kalaupun ada, tentunya hanya sedikit dan tidak mempengaruhi kualitas udara di sekitarnya.

2. Berbagai Wahana Seru dan Menantang

Daya tarik selanjutnya dari wahana yang disediakan pengelola. Bisa dikatakan bahwa objek wisata di Bali ini memang dikhususkan bagi pelancong yang ingin menikmati wahana seru dan menantang. Anggap saja bahwa keindahan dan pesona alamnya sebagai bonus yang dapat dinikmati gratis.

Siapa pun bebas mencoba atraksi seru dan dapat memacu adrenalin selama mengunjungi Alas Harum. Syaratnya hanya satu, yakni jika berani dan sudah siap mental. Pasalnya, ada beberapa wahana yang bisa dikatakan sangat ekstrem dan dapat membuat siapa saja berteriak sekeras-kerasnya.

Daya Tarik Lain Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps Thoa Kim

3. Minuman Khas Kopi Luwak

Bagi pecinta kopi, jangan pernah lewatkan mengunjungi wisata alam dengan konsep wahana ini. Selain memiliki pemandangan cantik mempesona dan berbagai wahana menantang, tempat ini pun memiliki perkebunan kopi yang dapat diakses langsung oleh semua wisatawan.

Mereka bisa menyaksikan proses pemilihan biji kopi, dimana tidak boleh sembarangan dan ada kriteria tertentu. Selain itu, proses pengolahannya pun bisa dilihat langsung yang ternyata masih tradisional. Alat-alat yang digunakan juga tradisional sehingga rasanya dipastikan sedap dan memiliki ciri khas tersendiri.

4. Banyak Spot Foto Estetik

Alasan lain kenapa harus mengunjungi Alas Harum yaitu karena tersedia berbagai spot foto cantik dan estetik. Bagi pemburu foto selfie, lokasi wisata ini wajib berada di daftar kunjungan utama ketika liburan. Sebut saja spot sangkar burung raksasa yang terbuat dari rotan dan akar kering.

Spot foto ini semakin menarik karena dibuat dengan gaya menggantung seperti ayunan. Bentuknya bulat sempurna dan hanya satu bagian yang terbuka sebagai tempat masuk maupun keluar. Anda dapat menggunakan pose duduk dan senyum manis dengan latar belakang utama di belakangnya berupa pepohonan rindang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps Dian Islamiah

Setelah mendapatkan informasi lengkap mengenai daya tarik, selanjutnya adalah mengenai lokasinya. Alas Harum berada di Jalan Raya Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Jarak dari pusat Kota Ubud hanya 8 kilometer, kemungkinan waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Lain halnya jika anda datang dari arah denpasar, tepatnya di pusat Denpasar, objek wisata ini berjarak sekitar 30 kilometer. Jarak tersebut rata-rata menghabiskan waktu sekitar 1 jam dengan kecepatan normal dan tidak macet. Tempatnya mudah ditemukan dan terdaftar di Google Maps, jadi silahkan gunakan fasilitas teknologi digital tersebut.

Mengingat jalan masuk di Alas Harum lumayan sempit, jadi sebaiknya datang menggunakan kendaraan roda dua. Bukan berarti roda empat tidak bisa, hanya saja ketika berpapasan dengan kendaraan lain membutuhkan kesabaran ekstra. Tetapi sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena pemandangan selama perjalanan cukup indah sehingga tidak membosankan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps Fabian Chanel

Alas Harum Bali tidak membebankan tiket masuk bagi wisatawan yang datang dengan tujuan ingin menikmati pemandangan lama di lokasi. Tiket hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menikmati wahana seru yang disediakan dan juga menu makanan. Adapun harga tiket untuk wahana tergantung dari pilihan sesuai kebutuhan.

Untuk Couple Swing maksimal 2 orang dikenakan tiket reguler sebesar 300.000, sedangkan untuk express tanpa antre sebesar 450.000 rupiah. Wahana Extreme Swing untuk satu orang di banderol 150.000 untuk reguler, dan untuk express 250.000 rupiah. Masih wahana yang sama dengan ketinggian yang berbeda, Super Extreme Swing dipatok dengan harga 200.000 untuk reguler dan 300.000 untuk express.

Lain halnya dengan Flying Fox, dimana harga tiket untuk satu orang sebesar 300.000 rupiah. Kemudian ada lagi Single Sky Bike dengan harga tiket 150.000 rupiah dan Couple Sky Bike 300.000 rupiah. Memang untuk harga tiket wahana cukup mahal, namun sensasi dan serunya dijamin memuaskan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Alas Harum

 

Aktivitas Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps Shubham Shrivastava

Tujuan dari pembangunan Alas Harum bukan hanya sebagai objek wisata alam untuk sekedar dinikmati, namun juga berbagai aktivitas seru di dalamnya. Berdasarkan sedikit penjelasan mengenai wahana diatas, maka aktivitas yang menarik selama di lokasi meliputi beberapa hal berikut!

1. Belajar Proses Penggilingan Kopi

Kopi merupakan minuman khas Indonesia yang banyak ditemui di berbagai daerah. Proses pembuatannya tergolong lama, mulai dari menanam biji kopi, perawatan, hingga panen. Setelah panen pun harus di proses lagi dengan cara membuang kulitnya dan dimasak dengan cara di sangrai.

Setelah, itu, biji kopi yang matang dengan tanda warna hitam kemudian digiling menjadi bubuk kopi. Barulah kemudian diseduh dan bisa anda nikmati seperti sekarang ini. Alas Harum Bali menyediakan fasilitas tour guide yang diikuti setiap wisatawan. Paket tersebut mulai dari proses pemilihan biji kopi hingga penggilingan.

Menariknya, anda pun diajari bagaimana menyeduh kopi untuk menghasilkan citarasa yang jauh lebih nikmat. Di akhir tour nantinya, semua wisatawan diperbolehkan mencicipi kopi yang telah diseduhkan petugas. Dari sini, anda bisa merasakan perbedaan buatan sendiri dengan buatan khas tangan-tangan terampil.

2. Pacu Adrenalin dengan Ayunan Ekstrem

Suka tantangan? Maka aktivitas Alas Harum berikutnya yakni mencoba ayunan ekstrem dan mendebarkan. Terdapat dua pilihan paket yang dibedakan dari ketinggian, yakni Extreme Swing dan Super Extreme Swing. Untuk Extreme Swing sendiri berada diatas ketinggian 15 meter, sedangkan Super Extreme Swing setinggi 25 meter diatas permukaan tanah.

Selain menarik karena menantang, wahana banyak dipilih karena memiliki landscape pemandangan indah sekitar dari ketinggian. Sebut saja bentangan sawah luas nan hijau yang menghiasi. Belum lagi adanya perbukitan di sekitar Tegallalang yang terlihat lumayan indah. Bagi anda yang datang bersama pasangan, sepertinya cocok memilih paket Couple Swing karena bisa digunakan langsung dua orang.

3. Meluncur Diatas Ketinggian dengan Flying Fox

Jika belum puas dengan ayunan extreme, masih ada aktivitas di Alas Harum yang tidak kalah setu, yakni Flying Fox. Terkesan harganya memang mahal, yakni 300.000 rupiah. namun dipastikan pengalaman seru didapatkan ketika anda mencobanya. Wahana ini termasuk salah satu yang paling favorit karena memiliki ketinggian beberapa puluh meter.

Dari atas ketinggian, wisatawan meluncur kencang menuju ke lokasi yang lebih rendah. Jarak lintasan nya berbeda dengan Flying Fox di tempat lain. Bahkan bisa jadi jarak lintasan tersebut hingga 3 kali lipat nya. Sambil meluncur, sambil menikmati pemandangan sekitar tentunya lebih mengesankan karena lokasinya berada diatas terasering dan aliran sungai kecil.

Aktivitas Lain Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps Milan Rana

4. Bersantai dengan Sky Bike

Aktivitas Alas Harum berikutnya adalah Sky Bike atau bisa juga dikatakan sepeda gantung. Aktivitas ini lebih santai dari kedua wahana yang telah disebutkan sebelumnya. Meski demikian, bagi yang takut ketinggian tetap tidak disarankan. Wahana ini merupakan sepeda yang menggantung diatas ketinggian.

Sepeda tersebut berjalan diatas tali sehingga dikatakan sedikit ekstrem. Meski demikian, dalam hal keamanan sudah diperhitungkan dan sesuai standar. Tersedia 2 paket yang bisa dipilih, yakni Single Sky Bike dan Couple Sky Bike. Keduanya memiliki perbedaan harga, masing-masing yaitu 150.000 dan 300.000 rupiah.

5. Berburu Spot Foto Instagenic

Seperti yang dikatakan diatas, salah satu daya tarik Alas Harum Bali yakni adanya berbagai spot foto dengan latar belakang cantik dan estetik. Selain sarang burung atau yang dikenal dengan Bird Nest, objek wisata indah ini juga menyediakan spot berupa patung yang dikenal sebagai Gorila Face. Ada juga Bridge Dance atau jembatan gantung, Pekak Brayut yang merupakan pahatan berbentuk patung, dan Glass Flooring.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Alas Harum Gianyar Bali
Image Credit: Google Maps John Bonham

Bukan hanya karena daya tariknya yang membuat Alas Harum ramai dikunjungi, namun juga fasilitas yang disediakan. Sebuah objek wisata yang menarik bisa jadi percuma jika tidak memiliki fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung.

Di sini, anda disediakan tempat parkir yang luas dan beratap, toilet bersih, dan juga akses Wifi gratis. Selain itu, ada juga stop kontak bagi yang ingin mengisi daya baterai HP.

Berbeda dengan objek wisata lain yang ditemui di kawasan Bali dan sekitarnya dengan harga terjangkau. Untuk kali ini memang terkesan mahal dan biasanya dikunjungi turis asing atau orang-orang tertentu saja. Jika anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya sesekali datang mengunjungi Alas Harum di Gianyar Bali untuk mendapatkan alternatif liburan berkesan.