10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Desa Wisata Indonesia

Wisata, merupakan kegiatan yang teramat menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama orang tersayang. Siapa sih yang tak ingin mengunjungi tempat terindah bak surga yang ada di Indonesia? Pasti semua orang ingin bukan? Namun, bagaimana jika destinasi wisata yang dikunjungi merupakan desa yang dinilai paling baik di Indonesia?

Ya, Indonesia sebenarnya merupakan negara yang memiliki ragam kekayaan tempat wisatanya. Tak hanya menampilkan keindahan alamnya saja, melainkan ada pula beberapa desa yang terkenal dengan keelokannya. Bahkan 10 desa itu sudah diakui oleh Kemendes dan sudah diresmikan oleh pemerintah daerah akan prestasi yang diraihnya tersebut.

Alasan utama Kemendes mendukung penuh desa tersebut dimasukkan ke dalam kategori desa terbaik karena dianggap sudah memenuhi potensi pariwisata. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk mendukung sektor kepariwisataan daerah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penjelasannya, berikut ini 10 rekomendasi desa wisata terbaik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

1. Desa Kersik, Kab. Kerinci

Desa Kersik, Kab. Kerinci

Image Credit: Mongabay.co.id

Desa ini menjadi satu dari sekian banyak jalan untuk menuju Gunung Kerinci. Kresik Tuo terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi dan menjadi jalur yang memiliki banyak peminat, terutama orang-orang yang ingin mendaki. Hal tersebut dikarenakan Kresik Tuo memiliki panorama yang memanjakan mata dan memiliki jalan yang mudah.

Di Desa Kresik Tuo memiliki beragam basecamp untuk para pendaki yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Selain itu, para pendaki yang istirahat di basecamp juga bisa meminta jasa porter untuk menemani pendakian. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu 250 untuk satu porter yang akan disewa.

Poter tersebut nantinya akan membantu pendaki untuk menunjukkan jalan dan rute tercepat untuk menunjukkan lokasi. Dengan begitu para pendaki tak perlu khawatir jika nyasar ataupun tersesat. Karena pastinya poter yang bekerja sudah memiliki pengalaman dalam menghafal jalan ke Gunung Kerinci.

Lokasi: Desa Kersik Tuo, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci.

2. Desa Pujon, Kab. Malang

Desa Pujon, Kab. Malang

Image Credit: Matakota.id

Kota dingin yang terkenal dengan destinasi tempat wisatanya ternyata juga memiliki desa yang tak kalah cantik. Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang dilansir memiliki sejuta keindahan memukau yang akan menyejukkan mata. Panorama keindahan alam yang bisa dilihat seperti sawah, air terjun, dan gunung yang menjulang kokoh.

BACA:  12 Tempat Makan Enak di Blitar Favorit Wisatawan

Selain itu, Desa Pujon Kidul juga terkenal dengan sebutan desa agrowisata terbaik di Indonesia. Bagaimana tidak desa ini memiliki berbagai tempat menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Seperti, kafe sawah, kebun buah, tempat pengolahan susu sapi, kebun tanaman obat keluarga, dan masih banyak lagi tempat lainnya.

Para pengunjung bisa pula memetik buah secara langsung dari kebunnya. Namun, biasanya ada peraturan yang menyebutkan larangan untuk membawa pulang hasil petikan dan hanya boleh dimakan di tempat.

Lokasi: Desa Pujon, Kec. Pujon, Kab. Malang.

3. Desa Lembang, Kab. Bandung Barat

Desa Lembang, Kab. Bandung Barat

Image Credit: Wikipedia.org

Kawasan sekitar Lembang merupakan satu diantara dari daerah dataran tinggi yang sangat terkenal di wilayah Indonesia. Semua ini dikarenakan Lembang memiliki beragam wisata alam yang asri dengan udara sejuk dan hijau. Pastilah membuat siapapun akan betah memandangnya dan enggan untuk beranjak pulang dari sana.

Desa Lembang juga menjadi salah satu destinasi yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sebab, desa ini juga sudah banyak dikenal akan kesejukan lingkungannya. Tak hanya itu Desa Lembang juga berdekatan dengan beberapa lokasi wisata keren yang ada di sana.

Lokasi: Desa Lembang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat

4. Desa Pariangan, Kab. Tanah Datar

Desa Pariangan, Kab. Tanah Datar

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Ada beberapa cerita mengena Desa Pariangan yang terletak di Tanah Datar, Sumatera Barat. Menurut beberapa sumber desa ini memiliki legenda bahwa di sinilah orang Minangkabau menetap pertama kali. Tak hanya itu saja, Desa Pariangan juga masuk ke daftar Budget Travel yang menjadi desa terbaik di dunia.

Desa Paringan yang indah ini memiliki sejuta keindahan yang menenangkan hati. Di sekelilingnya, pengunjung bisa menikmati deretan rumah tradisional penduduk yang sangat terawat dengan baik, masjid tua yang berukuran besar, hamparan sawah yang luas dan sungai yang memiliki air yang sangat jernih untuk dilihat.

Lokasi: Desa Pariangan, Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar.

5. Desa Argapura, Kab. Majalengka

Desa Argapura, Kab. Majalengka

Image Credit: Wikipedia.org

Desa wisata terbaik selanjutnya ialah Desa Argapura. Desa ini terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Desa Argapura memang layak menjadi salah satu pesona alam yang indah. Mengingat ketika mengunjungi desa ini, akan menemukan terasering Argapura yang sangat menarik dan rapi dalam metode penataannya.

BACA:  17 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pada bagian sebelah barat pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan lembah Cilongkrang. Sedangan sebelah Timur, terdapat Gunung Cermai yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut yang bisa dinikmati. Mayoritas yang bisa dibanggakan di desa ini adalah ubi, bawang merah, dan banyak lagi lainnya.

Lokasi: Desa Argapura, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

6. Desa Sungai Nyalo, Kab. Pesisir Selatan

Desa Sungai Nyalo, Kab. Pesisir Selatan

Image Credit: Facebook.com @Seinyalotarusan

Desa Sungai Nyalo merupakan desa adat yang memiliki bentuk seperti nagari dan terkenal dengan kawasan Mandeh Painan. Desa yang memiliki pantai dan bukit yang sangat cantik ini terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Panorama keindahan Bukit Mandeh yang ada di desa ini membuat pengunjung betah untuk melihatnya.

Bagaimana tidak, bukit tersebut dikelilingi oleh bebatuan yang membentuk sebuah pulau yang indah. Tak hanya itu saja keindahan Pantai Carocok yang ada di desa Sungai Nyalo juga tak dapat dipungkiri lagi pesonanya. Bahkan, keindahan yang dimiliki oleh Desa Sungai Nyalo sudah dikenal sampai mancanegara dan selalu dikunjungi turis asing.

Lokasi: Desa Sungai Nyalo, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan.

7. Desa Ubud, Kab. Gianyar

Desa Ubud, Kab. Gianyar

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Terletak di Kabupaten Gianyar, Bali membuat Desa Udud telah menarik perhatian belahan dunia. Ditambah lagi kehadiran buku “Eat, Pray, and Love” yang ditulis oleh Elizabeth Gilbert membuat Desa Udud semakin terkenal. Dalam buku tersebut sangat tergambarkan jelas akan keindahan desa yang berlokasi di Bali itu.

Banyak wisatawan dunia yang berbondong-bondong untuk melihat Desa Udud yang dilansir sangat mempesona dan memiliki masyarakat yang unik. Memang Bali merupakan pulau sebagai penghasil tempat wisata indah yang dimiliki Indonesia. Sehingga tak heran jika sampai sekarang wisatawan luar negeri tertarik dengannya.

Lokasi: Desa Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

8. Desa Taman Sari, Kab. Banyuwangi

Desa Taman Sari, Kab. Banyuwangi

Image Credit: Kompas.com

Berada di kawasan Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Banyuwangi yang tenar akan wisata alamnya membuat Desa Taman Sari menjadi salah satu Desa Wisata terbaik di Indonesia. Di Desa Taman Sari pengunjung dapat melihat keindahan panorama Gunung Ijen yang memiliki “Blue Fire” yang sangat apik dan elegan untuk dinikmati.

BACA:  Devoyage Bogor, Wisata Kampung Eropa yang Lagi Hits!

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat langsung adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Osing atau suku asli di sana. Desa ini juga memiliki udara yang sangat sejuk dan alami. Sehingga membuat siapa saja betah untuk menetap di sana. Namun, jika beruntung pengunjung bisa menyaksikan pentas musik kelas dunia.

Lokasi: Desa Taman Sari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi.

9. Desa Teluk Meranti, Kab. Pelalawan

Desa Teluk Meranti, Kab. Pelalawan

Image Credit: Citrust.id

Desa Teluk Meranti terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Desa ini juga terkenal dengan tempat untuk berselancar terbaik dunia. Meskipun tak mempunyai gelombang sebagus Pulau Nias. Uniknya pengunjung tak melakukan olahraga selancar di tengah ombak, melainkan di arus sungai yang mengalir deras.

Nama ombak arus sungai yang ada di Desa Teluk Meranti bernama Ombok Bono. Bahkan ombak ini sudah dijajal oleh peselancar kelas dunia. Karena memang destinasi yang ditawarkan begitu unik dan jarang ditemukan pada negara lain. oleh karena itu tak heran jika banyak turis yang mengunjungi Desa Teluk Meranti.

Lokasi: Desa Teluk Meranti, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan.

10. Desa Madobak, Kab. Kepulauan Mentawai

Desa Madobak, Kab. Kepulauan Mentawai

Image Credit: Wanderingjfo.blogspot.com

Selain mempunyai destinasi laut yang sangat memukau dan kekayaan alam yang tak diragukan lagi, ternyata kepulauan Mentawai juga memiliki Desa Madobak. Desa yang masuk ke dalam kategori desa wisata terbaik di Indonesia. Ketika mengunjungi Desa Madobak, pengunjung akan langsung merasakan keasrian lingkungannya.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa merasakan langsung adat istiadat asli yang dimiliki masyarakat sekitarnya. Pada tiap tahunnya terbilang sangat banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat pemandangan daerahnya. Tentunya mereka juga penasaran akan keunikan adat yang tertua itu dan terpopuler tersebut.

Lokasi: Desa Madobak, Kec. Siberut Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai.

Nah, itulah 10 desa wisata terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan list untuk liburan akhir pekan. Pastinya saat berlibur ke desa-desa wisata tersebut hal berbeda akan dirasakan. Bagaimana tidak, selain menikmati pemandangan dan merasakan kesejukan udaranya, di desa tersebut bisa belajar tentang adat asli tiap desa di Indonesia.