21 Tempat Wisata di Bone Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bone

Bagi para wisatawan yang ingin berwisata menikmati pemandangan alam, di Kabupaten Bone terdapat banyak tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi. Terutama bagi Anda yang ingin melepaskan penat dari keriuhan dan hiruk pikuk pekerjaan sehari-hari yang melelahkan. Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk berwisata kemari.

Selain tujuan wisata alam, di Bone juga terdapat beberapa tujuan wisata yang memiliki nilai sejarah. Di sana terdapat barang-barang peninggalan sejarah dari nenek moyang atau dari kerajaan-kerajaan yang dulu pernah ada di sana. Di Bone juga terdapat alun-alun atau pusat kota yang bisa Anda jadikan tujuan wisata ketika malam hari.

Apakah Anda sedang merencanakan untuk berlibur bersama keluarga Anda? Berikut 21 rekomendasi tempat wisata di Bone yang bisa Anda jadikan pertimbangan dan sebagai referensi Anda untuk merencanakan perjalanan wisata.

1. Pelabuhan Bajoe

Pelabuhan Bajoe

Image Credit: Tribunnews.com

Pelabuhan ini awalnya adalah pelabuhan umum yang sering digunakan masyarakat sejak dulu yang merupakan pintu masuk jalur laut. Dermaga yang terletak di tengah laut, menjadi daya tari tersendiri bagi para pengunjung.

Seiring dengan keunikan dermaga yang terpisah dari bibir pantai, hal ini dilirik oleh pemerintah setempat dan dijadikan menjadi salah satu obyek wisata. Fasilitas umum juga ditingkatkan, sehingga para pengunjung merasa nyaman saat menikmati pemandangan di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bajoe, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

2. Air Terjun Lamasua

Air Terjun Lamasua

Image Credit: Twitter.com @kamajayashagir

Air terjun Lamasua mempunyai bentuk yang bertingkat, sehingga tampak begitu cantik. Di bagian yang paling atas, aliran airnya membentuk cabang dan tepat mengarah pada batu di bawahnya. Airnya bersih dan terasa begitu sejuk.

Keindahan di tempat ini semakin lengkap dengan adanya burung-burung yang berkicau merdu. Untuk sampai di lokasi wisata, Anda harus melakukan pendakian selama kurang lebih 30 menit. Biasanya pengunjung yang datang yaitu para mahasiswa dari berbagai kampus di sekitar lokasi air terjun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Masunggu, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

3. Puncak Lima Jari

Puncak Lima Jari

Image Credit: Bataritours.com

Nama yang cukup unik untuk sebuah tujuan wisata. Pada awalnya, lokasi ini hanya bukit biasa, namun di olah dan dirawat serta dihias oleh masyarakat sekitar sehingga berubah menjadi sebuah tujuan wisata yang menarik.

Semua retribusi yang dikenakan pada pengunjung di wisata ini, semua kembali ke pengunjung dengan bentuk perawatan fasilitas yang dapat dengan mudah ditemui di sini. Pemandangan indah, musik akustik yang digelar setiap minggunya, bisa menjadi kombinasi yang tepat untuk menghabiskan liburan Anda di sini bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattimpa, Kec. Ponre, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

4. Salo Merungnge

Salo Merungnge

Image Credit: Instagram.com @sibajumerah_

Dalam bahasa daerah setempat, Salo Merungnge memiliki makna sebagai sungai yang memiliki desiran yang kencang. Destinasi ini menjadi pilihan banyak pengunjung untuk menghabiskan waktu berlibur, sekaligus sebagai pemisah dua wilayah.

Menariknya, air di sungai ini tidak buram seperti sungai pada umumnya, melainkan berwarna kebiruan. Inilah yang menjadi daya tarik tempat ini. Dengan keindahan alamnya yang alami, memikat banyak wisatawan untuk mengambil banyak foto di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Lawere, Desa Ureng, Kec. Palakka, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

5. Puncak Padel

Puncak Padel

Image Credit: Bugiswarta.com

Hampir sama dengan Puncak Lima Jari, bukit ini awalnya hanya bukit biasa yang tidak dilirik wisatawan atau bahkan warga lokal. Berkat kreativitas dan ketekunan pemuda setempat, tempat ini berubah menjadi tujuan wisata yang banyak dikenal wisatawan lokal dan asing.

BACA:  10 Hotel Murah Dekat Pantai Losari Makassar Dengan Promo Terbaik

Di sini, para pengunjung ditawarkan pemandangan luas kawasan hutan di Sulawesi Selatan. Pengunjung juga bisa mengambil foto bersama orang terkasih atau berfoto bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattimpa, Kec. Ponre, Kec. Bone, Sulawesi Selatan.

6. Sumpang Labbu

Sumpang Labbu

Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Sumpang Labbu merupakan terowongan batu di Kabupaten Bone. Terowongan ini menjadi penghubung antara Kabupaten Bone dengan Kota Makassar, yang panjangnya mencapai 8 meter dan lebarnya mencapai 5 meter.

Terowongan tersebut dibangun oleh warga setempat semasa penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. Kini destinasi ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi wisatawan walaupun hanya sekadar singgah untuk beristirahat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Liliriawang, Kec. Bengo, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

7. Puncak Goa Kelling

Puncak Goa Kelling

Image Credit: Puncakgoakelling.wordpress.com

Ada hal yang menarik dari salah satu tujuan wisata ini. Yaitu perjalanan menuju puncak, pengunjung diharuskan masuk dan melalui sebuah gua atau terowongan yang membawa kita ke puncak bukit.

Setelah sampai di ujung terowongan, kita akan disuguhkan pemandangan luas pemukiman warga dan barisan perbukitan yang dapat kita nikmati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kelling, Ajang Pulu, Kanco, Kec. Cina, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

8. Telapak Kaki Arung Palakka

Telapak Kaki Arung Palakka

Image Credit: Facebook.com @umarmuhammad.uum

Arung Palakka merupakan nama dari salah satu Raja Bone. Dirinya merupakan raja yang ke-15. Kala itu, dirinya pernah membuat sumpah sembari menghentakkan kakinya dengan hentakan yang cukup kencang, sehingga membentuk bekas telapak kaki.

Sumpah tersebut merupakan tekad kuat Arung Palakka untuk memenangkan rakyat Bugis di medan perang. Hingga kini, bekas hentakan kaki tersebut masih ada dan menjadi tempat yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cempalagi, Bukaka, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Tete

Pantai Tete

Image Credit: Arsy.co.id

Pantai ini memiliki selain memiliki pemandangan yang menarik, pantai ini tak pernah sepi dari pengunjung. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Karena banyak yang menunggu pantai ini surut, agar dapat menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih yang luas.

Di pantai ini pula banyak calon TNI yang melakukan latihan. Baik itu tentara Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat. Sehingga banyak juga pengunjung yang ingin melihat proses latihan para tentara tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Boni, Kec. Tonra, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

10. Pemandian Putri Bilqis

Pemandian Putri Bilqis

Image Credit: Google Maps (Lukman Husnul)

Tempat pemandian ini terletak di wilayah Kecamatan Sibulue, tepatnya ada di sebuah desa yang bernama Desa Polewali. Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang seru seperti flying fox, kolam renang, dan water boom. Untuk dapat menikmati semua wahana yang ada, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya masuk sejumlah Rp 5.000.

Bahkan di sini juga tersedia penginapan berupa villa. Sehingga bagi Anda yang berasal dari luar daerah dan ingin menginap, Anda tak perlu bingung lagi untuk mencari tempat menginap. Destinasi wisata ini biasanya akan ramai ketika memasuki musim liburan ataupun akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalibong, Kec. Sibulue, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

11. Tanjung Palette

Tanjung Palette

Image Credit: Ksmtour.com

Tanjung Palette ini banyak yang mengunjungi karena keunikannya memiliki pemandian atau waterpark yang terletak di pinggir laut. Selain fasilitas kolam renang dan water boom, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dan berfoto dengan latar belakang pantai.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Makassar yang Enak & Wajib Anda Coba

Konon, pada zaman kerajaan Bone, di sini adalah tempat ditenggelamkannya pasangan yang melakukan perselingkuhan. Pasangan selingkuh tersebut diikat bersama dan ditenggelamkan di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pallette, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

12. Museum Lapawawoi

Museum Lapawawoi

Image Credit: Facebook.com @arniati.arsjad

Museum Lapawawoi telah berdiri sejak 5 Januari 1971. Tempat ini sebelumnya adalah istana yang dihuni oleh Andi Mappanyukki, Raja Bone yang ke-31. Lahan yang ditempati oleh bangunan ini memiliki luas mencapai 600 meter persegi. Sedangkan bangunannya seluas 150 meter persegi.

Koleksi yang dimiliki museum ini mencapai 331 yang diletakkan di 5 buah ruangan yang berbeda. Sebagian besar koleksi yang ada di Museum Lapawawoi memiliki kaitan yang sangat erat dengan sejarah perjalanan Kerajaan Bone. Di sini Anda bisa melihat sejarah kepemimpinan di Kerajaan Bone, mulai dari raja pertama hingga raja yang terakhir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. M.H Thamrin, Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

13. Air Terjun Baruga

Air Terjun Baruga

Image Credit: Instagram.com @Roel.jpg

Air Terjun Baruga bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda selain sejuknya pegunungan dan pemandangan pantai di Bone. Di sini, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan hijau dan rindang. Hawa yang sejuk dan air yang segar akan dapat Anda rasakan.

Perjalanan menuju lokasi memang tidak mudah, namun semua lelah Anda akan terbayar ketika sampai Air Terjun Baruga ini. Lepaskan penat pikiran Anda di sini, segarkan pikiran dan jiwa Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baruga, Kec. Lamuru, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

14. Pulau Tangkulara

Pulau Tangkulara

Image Credit: Instagram.com @drone_bone_

Pulau Tangkulara merupakan sebuah tempat wisata yang populer di Teluk Bone. Yang menarik dari tempat ini adalah gundukan pasir yang berwarna putih. Di samping itu tempat ini juga dilengkapi dengan biota laut serta terumbu karang yang tampak indah.

Pulau tersebut sebenarnya telah lama ada. Akan tetapi, hanya dapat terlihat ketika air laut sedang surut. Tempat ini menjadi destinasi wisata karena adanya gundukan pasir seperti yang telah disebutkan di atas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Bone, Kab. Bone, Sulawesi selatan.

15. Bola Soba

Bola Soba

Image Credit: Palontaraq.id

Bola Soba merupakan salah satu rumah adat yang berasal dari Sulawesi Selatan. Rumah ini juga merupakan tempat tinggal bagi para bangsawan suku Bugis. Rumah adat ini memiliki panjang rumah hingga 40 meter, terbayang bukan betapa luasnya rumah ini.

Kini seiring waktu, rumah ini masih dirawat dan dijaga oleh masyarakat sekitar dan dijadikan tujuan wisata sejarah. Di dalamnya juga masih terdapat beberapa peninggalan sejarah dari zaman kerajaan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

16. Pemandian Lanca

Pemandian Lanca

Image Credit: Google Maps (Andi Vira Avrida)

Nama pemandian ini diambil dari nama desa dari lokasi pemandian ini. Ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan sensasi sejuk yang bersumber dari mata air yang ada. Mata air tersebut tampak bening dan jernih.

BACA:  Intip Indahnya Pulau Kayangan Makassar yang Memukau

Pengunjung yang datang ke tempat pemandian ini tidak hanya berasal dari daerah setempat, melainkan banyak pengunjung dari luar daerah yang juga tertarik untuk datang kemari. Hal ini menunjukkan bahwa destinasi ini sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lanca, Kec. Tellu Siattinge, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

17. Puncak Battoa

Puncak Battoa

Image Credit: Bonepos.com

Kita kembali naik ke perbukitan. Kini puncak Battoa tujuannya. Di Bone, memang memiliki wilayah yang masih tergolong banyak kawasan hutan dan perbukitan. Sehingga banyak sekali wisata yang baru muncul dan terus berkembang.

Di puncak Battoa, Anda kembali disuguhkan dengan sisi lain perbukitan Bone. Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan yang mengelilingi pemukiman penduduk.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cingkang, Kec. Barebbo, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

18. Pantai Cappa Ujung

Pantai Cappa Ujung

Image Credit: Twitter.com @a_p_i_k

Pantai Cappa Ujung termasuk dalam wilayah Kecamatan Sibulue. Tempat ini dikenal menjadi tempat favorit banyak pengunjung untuk memancing. Pengunjung dapat menyewa sebuah perahu untuk sampai di area yang terdapat banyak ikan dengan biaya Rp 50.000. Di samping itu, area bawah lautnya juga begitu indah dengan terumbu karangnya yang terawat dengan baik.

Walaupun hasil tangkapan ikan di pantai ini tidak begitu besar, hal tersebut tak menyurutkan minat mereka untuk berkunjung di tempat ini. Sebab, ketika air sedang surut, mereka dapat sembari menyelam. Ketinggiannya yang hanya 1 meter dan ombaknya yang cukup tenang, menyebabkan tempat ini tergolong aman untuk diselami.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattiro Sompe, Kec. Sibulue, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

19. Goa Mampu

Goa Mampu

Image Credit: Makassar.tribunnews.com

Wisata yang satu ini, memiliki legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Di dalam gua ini, memiliki pintu gua yang berada di langit-langit. Banyak ornamen dan bentuk-bentuk di dalam gua ini yang berbentuk seperti manusia dan binatang.

Berdasarkan cerita warga sekitar, kutukan ini berasal dari putri raja yang mengingkari janjinya setelah melakukan sayembara untuk menikahi pemenang sayembaranya. Jika laki-laki akan dinikahinya. Jika perempuan akan dijadikan saudara. Namun pemenangnya adalah seekor anjing jantan. Dan sang putri ingkar pada janjinya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cabbeng, Kec. Dua Boccoe, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

20. Taman Arung Palakka

Taman Arung Palakka

Image Credit: Palontaraq.id

Taman yang awal berdiri pada tahun 2016 ini, kini menjadi salah satu hiburan masyarakat. Dan tidak sedikit wisatawan asing dan domestik datang berkunjung kesini pada malam hari. Di sini para pengunjung disuguhkan dengan festival air mancur yang berwarna-warni.

Fasilitas di sini pun terus ditingkatkan. Pemerintah setempat terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung agar dapat semakin betah dan tidak bosan berkunjung kesini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Manurunge, Kec. Tanete Riattang Barat, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

21. Air Terjun Ladenring

Air Terjun Ladenring

Image Credit: Anekawisatanusantara.blogspot.com

Destinasi terakhir yang sayang untuk dilewatkan yakni Air Terjun Ladenring. Air terjun yang satu ini membutuhkan pengorbanan yang sedikit lebih sulit untuk mencapainya. Karena wisatawan harus berjalan menyusuri bibir sungai dan mendaki perbukitan yang cukup terjal sejauh 1,5 kiliometer.

Air terjun ini tidak pernah kering meskipun musim kemarau tiba. Air terus mengalir lembut di dinding-dinding tebingnya. Sebagian besar pengunjung air terjun ini adalah para pendaki gunung dan wisatawan yang memiliki hobi treking.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Barugae, Kec. Lamuru, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.

Sudah siapkah Anda untuk berwisata ke Bone? Pastikan Anda mengunjungi tempat wisata pantai, pegunungan, dan wisata yang terdapat di tengah pemukiman Bone. Rencanakan dengan teliti dan pastikan tidak ada wisata yang terlewat. Akan sangat sayang sekali jika Anda menyesal tidak mengunjungi salah satu wisata yang ada di Bone di atas.