Pantai Nongsa salah satu objek wisata pantai terindah di Batam, Kepulauan Riau yang layak dijelajahi saat liburan. Pantai berpasir yang menyuguhkan pesona laut biru, panorama bawah laut dan tempat menikmati sunset terbaik.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Nama pantai ini sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat luas khususnya kawasan Batam. Dengan suasana khas Pantai Nongsa, pengunjung akan terpukau dengan keindahan alamnya yang menjadi suguhan utama. Tak hanya itu, keindahan bawah lautnya pun tak kalah mengagumkan.

Letaknya yang berada di perbatasan antar dua negara tersebut, membuat wilayahnya semakin terkenal baik oleh wisatawan dalam maupun luar negri. Dengan demikian, pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini menjadi potensi besar untuk wisata bahari di Kepulauan Riau.

Beragam fasilitas yang tersedia di pantai tersebut, juga menjadi alasan utama mengapa tiap harinya pantai ini ramai dengan pengunjung. Dibawah ini ada beberapa informasi mengenai alamat, harga tiket masuk, hingga kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di kawasan Pantai Nongsa yang menawan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nongsa

Daya Tarik Pantai Nongsa
Image Credit: Twitter.com @radiountar

1. Pesona Sunset

Tak dapat dipungkiri lagi, jika keindahan sunset atau matahari tenggelam ini mampu memikat mata siapa saja yang melihatnya. Momen tenggelamnya matahari di ufuk barat tersebut, menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Nongsa ini.

Berubahnya warna langit menjadi jingga, dapat menandai bahwa cuaca saat itu sedang bagus. Siluet dari beberapa tumbuhan sekitar pantai, akan menambah keindahan suasana sore itu. Pengunjung yang berdatangan pun memilih waktu yang pas untuk dapat menikmati sunset ini.

Anda bisa duduk di pinggiran laut dengan sebuah tikar atau alas duduk yang lainnya. Agar lebih seru saat menikmati pesona sunset, siapkan camilan dan minuman ringan sebagai pelengkap wisata Anda.

2. Keindahan Bawah Laut

Kekayaan biota laut yang dimiliki oleh Pantai Nongsa, menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang akan mengunjungi wisata tersebut. Beragam jenis ikan-ikan kecil yang berenang di tepian laut yang dangkal, akan menemani Anda saat melakukan kegiatan snorkling atau semacamnya.

Terumbu karangnya pun tak luput menjadi sasaran saat pengunjung melakukan olahraga air ini. Namun perlu diingat jika terumbu karang tersebut harus selalu dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Pengunjung pun tidak boleh menyentuh apalagi merusak salah satu terumbu karang ini.

Dengan selalu menjaga keindahan alam bawah laut, Anda dapat membantu pelestarian alam untuk kedepannya. Keindahan bawah laut yang terjaga di perairan pantai ini, akan dapat terus dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Wisata Pantai Nongsa

Alamat Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (David McCready)

Terletak di Desa Sambau, pantai eksotis ini berada di Kota Batam yang terkenal ramai dengan kegiatan ekonominya. Berbagai rute transportasi darat maupun air bisa Anda ambil untuk sampai di pantai tersebut.

Bagi Anda yang berangkat dari arah kota, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit sebelum sampai di wisata pantai yang memiliki pasir putih ini.

Kemudian setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu sederhana yang bisa Anda sewa. Agar lebih menghemat biaya, ajaklah pengunjung lain yang akan berwisata di Pantai Nongsa. Harga sewa perahu akan dibagi sama rata karena disewa oleh lebih dari dua orang.

Lalu jika pengunjung dari luar kota yang akan menyambangi wisata pantai ini, bisa mendarat di bandar udara terlebih dahulu dengan menggunakan transportasi udara. Karena jarak pantai dengan landasan udara cukup jauh, disarankan agar pengunjung beristirahat yang cukup sebelumnya.

Perjalanan yang sama dengan melalui jalur kota, akan Anda lalui setelah mendarat dengan selamat di bandar udara. Akan dengan mudah Anda temui beberapa kendaraan umum yang bisa Anda gunakan untuk melanjutkan perjalanan Anda selanjutnya.

Selain berangkat menggunakan transportasi darat, jalur air juga menjadi pilihan favorit bagi pengunjung yang berangkat dari Kota Pangkal Pinang. Cukup dengan 15 menit saja, perjalanan Anda menggunakan speedboat akan ditemani oleh pemandangan gedung-gedung kota yang indah.

Karena letaknya yang berada di perbatasan negara, tak jarang pengunjung dari luar negri pun sering berkunjung ke objek wisata ini. Dengan menggunakan transportasi air, waktu selama ½ jam akan terasa lebih singkat karena jaraknya yang memang tidak terlalu jauh.

Tiket seharga Rp 10.000, harus dibayarkan pengunjung untuk dapat memasuki kawasan Pantai Nongsa ini. Harga tersebut terbilang cukup murah, karena keindahan dan beberapa fasilitas yang cukup lengkap ditawarkan oleh wisata pantai tersebut.

Pengunjung yang akan datang pada sore hari menjelang malam, tidak perlu khawatir jika pintu masuk akan tertutup . Pantai ini buka 24 jam setiap harinya, jadi pengunjung yang datang larut malam pun masih bisa membeli tiket masuk dari pantai tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nongsa

Aktivitas di Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (Dimas Eko Setiawan)

1. Berenang di Sekitar Pantai

Mencoba berenang di kawasan Pantai Nongsa, adalah kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan sendiri maupun bersama teman atau keluarga. Tentu dengan melakukan kegiatan tersebut, liburan Anda di pantai ini akan lebih mengasyikkan.

Pilihlah kawasan pantai yang tidak terlalu dalam, di area bibir pantai pun sudah cukup bagi Anda untuk menikmati kesegaran air asinnya. Jangan lupa untuk membilas tubuh Anda dengan air bersih setelah selesai berenang.

Pengunjung yang mengajak anak-anak untuk berenang, agar selalu mengawasi setiap kegiatannya. Keadaan ombak laut yang datang memang tidak tentu, bahkan terkadang besar, pastinya ini tidak dapat diprediksi sebelumnya.

2. Berfoto di Berbagai Spot

Banyak spot untuk berfoto yang ada di kawasan pantai ini. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah berfoto di sebuah dermaga kecil. Terbuat dari kayu, dermaga ini akan terlihat eksotis saat digunakan sebagai latar belakang foto Anda.

Selain itu, pemandangan laut yang biru bisa Anda gunakan sebagai objek pengambilan gambar. Langit cerah dengan sedikit warna putih dari awan, akan menambah keindahan alami yang dapat Anda abadikan melalui sebuah jepretan.

Aktivitas Menarik di Pantai Nongsa
Image Credit: Facebook.com @azizah.ra.779

3. Mengunjungi Kampung Melayu

Tidak jauh dari kawasan Pantai Nongsa, terdapat sebuah kampung yang memiliki nuansa khas Melayu. Bernama Kampung Melayu, pengunjung wisata pantai bisa mampir sebentar di area perkampungan ini.

Akan ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi tempat tersebut. Terdapat rumah adat Kepulauan Riau yang bisa Anda temui saat berjalan masuk di kawasan kampung tersebut.

Setelah puas berkeliling kampung tradisional ini, Anda juga dapat membeli beberapa oleh-oleh khas Batam untuk dibawa pulang. Mulai dari souvenir unik, hingga makanan kering yang awet sampai beberapa bulan.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Nongsa

Penginapan Sekitar Pantai Nongsa
Image Credit: Boking.com

1. Turi Beach Resort

Penginapan yang memiliki tema pedesaan ini, bisa menjadi pilihan tempat bermalam untuk Anda yang menyukai suasana tenang. Kamar yang disediakan pun memiliki ukuran yang luas, sehingga suara dari luar jarang terdengar jika sudah berada di dalam kamar.

Berjarak 4,5 km dari Pantai Nongsa, pengunjung pun hanya perlu menempuh waktu 8 menit saja untuk sampai di penginapan tersebut. Resort ini menyuguhkan keindahan pemandangan laut secara langsung bagi pengunjung yang menginap di tempat ini.

2. Nongsa Point Marina and Resort

Berjarak 4,7 km dari lokasi pantai, penginapan ini memiliki fasilitas antar jemput bagi pengunjungnya. Yang menarik perhatian banyak pengunjung untuk memilih resort ini adalah beragam menu hidangan yang disajikan.

Tak hanya itu, kolam renang juga tersedia bagi Anda yang ingin berolahraga ringan saat pagi hari. Anda bisa sambil memesan sarapan dan menyantapnya di pinggiran kolam renang.

3. Batam View Beach Resort

Terakhir ada sebuah resort dengan model ruangan serba minimalis. Hanya membutuhkan waktu 5 menit, untuk sampai ke lokasi wisata yang berjarak sekitar 3,3 km dari penginapan tersebut.

Karena jaraknya yang dekat dengan salah satu wisata terkenal ini, pengunjung banyak yang memilih penginapan ini sebagai tempat untuk bermalam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nongsa Batam

Fasilitas di Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (TRI JOKO SUROSO)

Fasilitas lengkap penunjang wisata Pantai Nongsa, telah disediakan oleh pihak pengelola setempat. Salah satunya adalah ATM, fasilitas ini berguna bagi Anda yang tidak selalu menyediakan banyak uang cash. Mengingat jarak dari kota yang cukup jauh, tentu fasilitas satu ini akan sangat membantu.

Kemudian ada beberapa penginapan yang berjarak dekat dengan lokasi pantai. Pengunjung yang berasal dari luar kota, bisa mencoba bermalam di salah satu penginapan tersebut. Harga sewa untuk kamarnya pun beragam, bahkan rata-rata mematok dengan harga yang cukup murah.

Beberapa rumah makan pun dapat Anda temukan di kawasan pantai ini. Mencicipi kuliner dengan ditemani pemandangan lautan yang cantik, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda.

Dengan berbagai fasilitas tersebut, akan membuat para pengunjung wisata pantai ini lebih nyaman. Tentunya hal ini juga akan menambah nilai potensi wisata dari pantai tersebut.

Itulah berbagai informasi terkait Pantai Nongsa yang berada di Kota Batam, Kepulauan Riau. Keindahan alami yang disuguhkan oleh pantai ini, menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.