18 Tempat Wisata di Batam

Kota Batam memiliki pesona yang belum banyak diketahui orang banyak. Sering dikenal dengan kota industri menjadikan obyek wisatanya seolah tidak pernah terekspose dengan baik. Padahal dibalik sibuknya Batam sebagai kota industri, kota yang menjadi pintu masuk menuju Singapura ini menyimpan keindahan tersembunyi.

Banyak objek wisata yang dapat dikunjungi saat Anda berada di Batam. Salah satu kota di Kepulauan Riau ini mempunyai wisata alam yang beragam jenisnya. Pantai menjadi wisata terbanyak yang dapat ditemui di Kota Batam. Morfologi kepulauan di Batam menjadikan banyaknya pantai-pantai yang dimanfaatkan sebagai objek wisata di sana.

Tidak hanya pantai, perbukitan di Batam juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dengan mengandalkan indahnya panorama di ketinggian. Wisata lainnya yang dapat ditemui di Kota ini yaitu wisata kuliner khas Batam yang mempunyai rasa yang khas. List Tempat Wisata di Batam ini akan membantu Anda menambah referensi tempat wisata yang dapat dikunjungi di Batam.

1. Pantai Mirota

Pantai Mirota

Lokasi: Sijantung, Galang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Helloserah.com

Surga pasir putih di ujung Batam itulah julukan yang kerap disematkan pada pantai ini. Julukan ini memang layak diberikan pada pantai Mirota karena tidak dapat dipungkiri keindahan pasir putihnya beserta air laut yang membiru seolah menjadi permadani alam di Pulau Galang.

Terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, pantai ini menjadi salah satu objek wisata andalan di Batam. Keindahan khas pantai yang dimiliki pantai Mirota memang tidak bisa dilewatkan, sehingga akan mengambil perhatian wisatawan untuk menilik objek wisata alam ini.

2. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Lokasi: Sembulang, Galang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Beritasatu.com

Kampung Vietnam adalah wisata historis yang dapat ditemui di Kota Batam. Dulunya perkampungan ini digunakan sebagai tempat mengungsi oleh penduduk Vietnam karena konflik internal di negaranya. Konflik ini membuat mereka harus mengungsi dengan menggunakan perahu dan sampailah di pulau Galang yang terletak di Batam.

Objek wisata yang kaya akan nilai sejarah ini dapat dijadikan tujuan wisata edukatif. Di sana juga masih tergeletak perahu-perahu yang diduga digunakan oleh orang Vietnam untuk mengungsi ke Indonesia. Anda bisa memanfaatkan perahu-perahu tersebut sebagai latar belakan foto Anda.

3. Pantai Marina

Pantai Marina

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Tempat.me

Berlokasi di Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, pantai ini begitu bersih dan terawat secara alami. Terlihat hamparan pasir putih yang luas bertemu dengan air laut yang datang terhempas ombak menambah sensasi eloknya pantai Marina ini.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, ajaklah anak-anak jika mengunjungi pantai ini karena tersedia fasilitas taman bermain untuk anak-anak yang akan memanjakan anak-anak Anda. Pantai yang terletak di bagian barat Kota Batam ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti restoran dan penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

4. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati

Lokasi: Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Nasirullahsitam.com

Objek wisata yang satu ini pasti banyak diincar oleh para pecinta kopi pastinya. Jika memang Anda salah satu pencinta kopi, cobalah kunjungi kedai kopi yang ada di Kota Batam ini. Selain menikmati kopi tempat ini juga sangat pas digunakan untuk acara kumpul bareng ataupun bersantai.

Di sini Anda akan disuguhi oleh keindahan pantai karena posisi Rumah Kopi Fatmawati ini berada tepat di tengah pantai. Tentunya pemandangan indah ini akan menambah sensasi minum kopi Anda bersama orang tercinta terasa berbeda dari sebelumnya.

5. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Lokasi: Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Rutewisata.com

Pilihan wisata religi ini juga dapat menjadi salah satu tujuan Anda dalam berwisata di Kota Batam. Masjid Agung Batam mempunyai nilai arsitektur yang indah dan megah sehingga tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata religi ini.

Lokasinya berada di Jalan Engku Putri menjadikan Masjid Agung Batam sangat mudah untuk dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Anda hanya perlu menemukan alun-alun Engku Putri terlebih dahulu untuk bisa menemukan Masjid Agun kebanggaan masyarakat Batam ini.

6. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing

Lokasi: Jl. Taman Bukit, Tanjung Riau, Kibing, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Amazingindonesia.id

Salah satu wisata edukasi di Kota Batam ini wajib Anda jajal bersama keluarga, terlebih lagi untuk Anda yang ingin memperkenalkan berbagai jenis flora dan fauna kepada anak-anak. Kunjungan Anda di hutan wisata mata kucing akan menambah pengetahuan buah hati mengenai keragaman flora dan fauna di Indonesia dan dunia.

Di sini Anda bisa berfoto dengan berbagai jenis satwa yang ada. Hal ini akan menjadi momen yang menggembirakan bagi anak-anak dalam mengisi waktu liburnya. Ajaklah anak Anda berlibur di Mata kucing agar mempunyai waktu berlibur yang berkualitas.

7. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Lokasi: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Batamkuindah.wordpress.com

Sesuai dengan namanya, pantai Tanjung Pinggir berlokasi di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam. Keunikkan pantai ini terletak pada banyaknya spot foto kekinian yang akan ikut menambah koleksi foto lucu Anda. Salah satu spot foto yang banyak digemari adalah rumah hobit.

Setelah berfoto ria, Anda dapat bermain air di pantai ini dengan bebas. Tenang saja, deburan ombak di pantai ini tidaklah kencang sehingga aman untuk Anda. Sambil bermain air, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan Singapura dari pantai ini.

8. Ocarina Park

Ocarina Park

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Taman bermain di Batam ini menyajikan berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Objek Wisata di Batam ini juga kerap digunakan sebagai tempat diselengarakannya konser dan berbagai event sejenisnya.

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata Ocarian Park. Jangan ragu pula untuk menjajal wahana yang tersedia karena pasti aman. Anda juga bisa berfoto ria di sini karena ada banyak spot foto yang unik-unik.

9. Golden Prawn

Golden Prawn

Lokasi: Jl. Golden Prawn, Tanjung Buntung, Kec. Bengkong, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Hotelgoldenview.com

Terkenal dengan menu andalan berupa seafood menjadikannya restoran yang banyak dicari lokasinya di Batam. Restoran ini sangat direkomendasikan bagi Anda pencinta seafood karena di sini menyediakan berbagai menu seafood yang soal rasa tidak perlu ditanya lagi.

Tidak hanya menyajikan menu yang super nikmat, restoran ini juga menyediakan fasilitas berupa hotel bintang lima. Khusus untuk Anda yang sudah lelah dan ingin cepat mendapatkan tempat istirahat, hotel ini bisa dijadikan salah satu pilihan menginap.

10. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Galang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Pegipegi.com

Inilah sebuah jembatan yang berjasa dalam kemajuan perekonomian Kota Batam. Bagaimana tidak? Keberadaan jembatan ini telah menghubungkan pulau-pulau yang ada di Kota Batam. Terlepas dari itu semua, jembatan ini juga sering dimanfaatkan sebagai objek wisata oleh para wisatawan dengan berfoto dengan latar belakang jembatan barelang.

Biasanya akan banyak para pasangan muda yang menggunakan jembatan sebagai background foto karena seolah jembatan ini bagaikan penghubung antara dua hati yang saling merindu. Selain berfoto, jembatan ini juga sering dimanfaatkan untuk bersantai oleh pengunjung di sepanjang sisinya.

11. Nagoya Citywalk Batam

Nagoya Citywalk Batam

Lokasi: Jl. Kompleks Nagoya Citywalk, Kec. Lubuk Baja, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Tempat.me

Kota industri sudah melekat pada Kota Batam sehingga akan terasa kurang jika berada di Batam tanpa berbelanja di salah satu tempat perbelanjaannya. Tempat perbelanjaan yang direkomendasikan adalah Nagoya Citywalk Batam yang menggunakan konsep masa kini.

Keuntungan yang didapat di pusat perbelanjaan hasil industri di Kota Batam ini yaitu harganya yang relatif rendah. Jika Anda pemburu diskon, berbelanja di Nagoya Citywalk Batam adalah pilihan yang paling tepat.

12. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh

Lokasi: Galang Baru, Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Phinemo.com

Pulau menawan yang ada di Batam ini wajib menjadi destinasi wisata Anda saat mengunjungi Batam. Pemandangan pantai di pulau ini tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Keindahan pasir dipadu dengan jernihnya air pantai di objek wisata ini akan memberikan pemandangan yang mampu membuat Anda terpana.

Selain keindahan pasirnya, pulau ini juga menyimpan berbagai jenis terumbu karang yang dapat Anda telusuri jejaknya di bawah laut. Ikan-ikan dengan beragam warna juga akan turut menemani persinggahan Anda di setiap sudut terumbu karang.

13. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Lokasi: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Jika di Bogor terdapat Kebun Raya Bogor, di Batam juga ada Kebun Raya Batam. Kebun Raya Batam mempunyai koleksi flora-flora dari penjuru nusantara. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menambah pengetahuan mengenai keragaman flora di Indonesia.

Suasana udara yang segar akan mendukung Anda dalam menambah wawasan tentang flora di sini. Bahkan Anda juga bisa mengambil foto dengan bebas di sekitar kebun raya Batam ini dan pastinya akan sangat seru belajar sambil berwisata.

14. Queen Garden Waterboom Batam

Queen Garden Waterboom Batam

Lokasi: Sadai, Kec. Bengkong, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Jalankemanagitu.wordpress.com

Objek wisata yang satu ini dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Mengusung konsep wisata air, Queen Garden Waterboom menawarkan sensasi berbeda dalam bermain air. Di sini Anda dapat bermain air sepuasnya bersama keluarga.

Objek wisata yang mengusung konsep permainan air ini mempunyai banyak wahana di dalamnya. Wahana-wahana tersebut di antaranya papan seluncuran yang dengan ketinggian untuk anak-anak dan orang dewasa. Hebatnya waterboom ini merupakan yang terbesar di Kepulauan Riau sehingga sangat sayang jika tidak dikunjungi.

15. Alun-Alun Engku Putri

Alun-Alun Engku Putri

Lokasi: Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Terletak di pusat Kota Batam membuat alun-alun ini menjadi tempat yang strategis untuk dikunjungi para wisatawan. Biasanya wisatawan mengunjungi Alun-Alun Engku Putri untuk menghabiskan waktu santainya. Anak-anak muda juga sering menggunakan tempat ini sebagai tempat nongkrong.

Jika Anda hobi berfoto, Alun-Alun Engku Putri menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi. Banyak objek ikonik yang berada di sekitar alun alun ini seperti tempat ibadah, area perkantoran dan perbelanjaan yang berjajar sekeliling alun-alun.

16. Pulau Abang Besar

Pulau Abang Besar

Lokasi: Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Batamtour.co.id

Rindu dengan keindahan bawah laut? Pulau Abang Besar menjadi jawaban akan kerinduan Anda. Objek wisata alam ini akan mengobati kerinduan Anda akan keindahan alam bawah laut yang begitu memukau. Jika Anda berwisata di Kota Batam, jangan lewatkan sensasi keindahan yang akan Anda rasakan.

Hamparan terumbu karang yang berbaris di sepanjang laut akan Anda lihat bersama dengan kumpulan ikan-ikan berwarna-warni yang hilir mudik kesana kemari. Untuk menuju ke pulau ini Anda akan diantar dengan jet bot dan akan dapat menyelam dengan panduan dari pemandu wisata.

17. Bukit Tanjung Tritip

Bukit Tanjung Tritip

Lokasi: Tanjung Uma, Kec. Lubuk Baja, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Pemburupantai.com

Bukit yang dikenal dengan Bukit Cinta ini juga dapat Anda kunjungi sewaktu di Kota Batam. Objek wisata alam ini menawarkan keindahan pemandangan Kota Batam yang dilihat dari bukit. Dilihat dari ketinggian Kota Batam terlihat sangat eksotis mengingat di sekitar Batam juga terdapat banyak pulau-pulau.

Tidak hanya menikmati pemandangan Kota Batam dan sekitarnya, di sini Anda juga bisa mengabadikan indahnya panorama Kota Batam dari ketinggian. Momen ini akan menjadi salah satu momen yang tidak akan terlupakan oleh pengunjung, jadi cobalah datang dan rasakan sendiri sensasinya.

18. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. – Image Credit by Ksmtour.com

Pasir putih ditambah jernihnya air di Pantai Nongsa akan menyambut kedatangan Anda saat mengunjungi pantai yang terletak di Kota Batam tepatnya di Sambau, Kecamatan Nongsa ini. Pemandangan khas pantai ini dijamin akan membuat Anda ingin berlama-lama di obyek wisata ini.

Di Pantai dengan pasir putih ini, Anda juga dapat melihat megahnya gedung-gedung di Singapura. Tentunya pemandangan ini sangat jarang ditemui di tempat lain. Aktivitas menyelam di pantai ini juga dapat menjadi pilihan yang menarik karena keindahan bawah lautnya yang masih terjaga.

Nah, itu tadi daftar Destinasi Wisata di Batam yang dapat Anda singgahi selama berwisata di Batam. Pergunakan waktu berlibur Anda dengan baik dengan berlibur di Kota Batam dengan beragam pilihannya.