35 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

18 Tempat Wisata di Batam

Kota Batam memiliki pesona yang belum banyak diketahui orang banyak. Sering dikenal dengan kota industri menjadikan obyek wisatanya seolah tidak pernah terekspose dengan baik. Padahal dibalik sibuknya Batam sebagai kota industri, kota yang menjadi pintu masuk menuju Singapura ini menyimpan keindahan tersembunyi.

Banyak objek wisata yang dapat dikunjungi saat Anda berada di Batam. Salah satu kota di Kepulauan Riau ini mempunyai wisata alam yang beragam jenisnya. Pantai menjadi wisata terbanyak yang dapat ditemui di Kota Batam. Morfologi kepulauan di Batam menjadikan banyaknya pantai-pantai yang dimanfaatkan sebagai objek wisata di sana.

Tidak hanya pantai, perbukitan di Batam juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dengan mengandalkan indahnya panorama di ketinggian. Wisata lainnya yang dapat ditemui di Kota ini yaitu wisata kuliner khas Batam yang mempunyai rasa yang khas. List Tempat Wisata di Batam ini akan membantu Anda menambah referensi tempat wisata yang dapat dikunjungi di Batam.

1. Pantai Mirota

Pantai Mirota

Image Credit: Helloserah.com

Surga pasir putih di ujung Batam itulah julukan yang kerap disematkan pada pantai ini. Julukan ini memang layak diberikan pada pantai Mirota karena tidak dapat dipungkiri keindahan pasir putihnya beserta air laut yang membiru seolah menjadi permadani alam di Pulau Galang.

Terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, pantai ini menjadi salah satu objek wisata andalan di Batam. Keindahan khas pantai yang dimiliki pantai Mirota memang tidak bisa dilewatkan, sehingga akan mengambil perhatian wisatawan untuk menilik objek wisata alam ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

2. Pulau Mubut

Pulau Mubut

Image Credit: Google Maps (Chachan Motovlog)

Pulau Mubut adalah salah satu destinasi wisata dengan pantai-pantainya yang menjadi daya tarik. Pulau ini memiliki sebuah pantai dengan pasir putih yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Ketika Anda berkunjung kemari, Anda dapat melihat pemandangan yang indah dari pantai dan pepohonan kelapa yang tumbuh di sekitarnya. Tiket masuk kawasan ini sekitar Rp. 20.000. Anda juga dapat menyewa sebuah tikar jika ingin bersantai di atas pasir. Harga tiket tersebut juga sama dengan harga tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembulang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

3. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Image Credit: Beritasatu.com

Kampung Vietnam adalah wisata historis yang dapat ditemui di Kota Batam. Dulunya perkampungan ini digunakan sebagai tempat mengungsi oleh penduduk Vietnam karena konflik internal di negaranya. Konflik ini membuat mereka harus mengungsi dengan menggunakan perahu dan sampailah di pulau Galang yang terletak di Batam.

Objek wisata yang kaya akan nilai sejarah ini dapat dijadikan tujuan wisata edukatif. Di sana juga masih tergeletak perahu-perahu yang diduga digunakan oleh orang Vietnam untuk mengungsi ke Indonesia. Anda bisa memanfaatkan perahu-perahu tersebut sebagai latar belakan foto Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembulang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

4. Pulau Forest Top

Pulau Forest Top

Image Credit: Google Maps (Octavia capucino)

Pulau Forest Top, tempat ini merupakan destinasi wisata yang akan mengantarkan Anda berlibur di tengah hutan. Bukan tengah hutan yang rimbun, melainkan sebuah kawasan liburan yang terdapat banyak fasilitas mendaki, panjat tebing, tarzan swing, dan lainnya.

Di tempat ini Anda juga dapat berpetualang di tengah pemandangan hijau yang menyejukkan serta bermain halang rintang. Spot foto di sini sangat banyak. Tempat ini memasang tarif Rp. 20.000 per orang jika ingin merasakan keseruan berlibur di sini. Tetapi, biaya di atas belum termasuk fasilitas yang dapat digunakan di dalam.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Harimau, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

5. Pantai Marina

Pantai Marina

Image Credit: Tempat.me

Berlokasi di Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, pantai ini begitu bersih dan terawat secara alami. Terlihat hamparan pasir putih yang luas bertemu dengan air laut yang datang terhempas ombak menambah sensasi eloknya pantai Marina ini.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, ajaklah anak-anak jika mengunjungi pantai ini karena tersedia fasilitas taman bermain untuk anak-anak yang akan memanjakan anak-anak Anda. Pantai yang terletak di bagian barat Kota Batam ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti restoran dan penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

6. Pantai Elyora

Pantai Elyora

Image Credit: Google Maps (Haryadi B)

Pantai Elyora ini adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Galang, Batam. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan pantai berpasir putih dengan airnya yang kehijauan jernih.

Pantai ini memiliki air yang tenang dengan ombak yang kecil-kecil. Anda juga dapat merasakan kalau pasir yang ada di sini agak kasar dan tidak mudah terbawa arus. Daya tarik yang dapat Anda temukan di sini adalah akar-akar pohon tumbang yang dapat menjadi spot foto yang bagus.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

7. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati

Image Credit: Nasirullahsitam.com

Objek wisata yang satu ini pasti banyak diincar oleh para pecinta kopi pastinya. Jika memang Anda salah satu pencinta kopi, cobalah kunjungi kedai kopi yang ada di Kota Batam ini. Selain menikmati kopi tempat ini juga sangat pas digunakan untuk acara kumpul bareng ataupun bersantai.

Di sini Anda akan disuguhi oleh keindahan pantai karena posisi Rumah Kopi Fatmawati ini berada tepat di tengah pantai. Tentunya pemandangan indah ini akan menambah sensasi minum kopi Anda bersama orang tercinta terasa berbeda dari sebelumnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Batam, Kepulauan Riau.

8. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Image Credit: Google Maps (Fera Kusumawati)

Lokasi ini dulunya adalah kawasan tempat tinggal BJ Habibie. Nama dari tempat ini juga diambil dari penggambaran banyaknya anak tangga yang harus didaki ketika berada di sini. Kawasan hiburan yang menawarkan pemandangan dari ketinggian ini memasang tarif Rp 5.000 per orang.

Pemandangan yang paling menarik di sini adalah hamparan biru air laut yang bisa Anda lihat dari gazebo atau saung kecil yang dipasang menempel pohon. Terdapat pemandangan lain, yaitu penampakan negara tetangga dengan segala kesibukannya. Anda dapat melihat Singapura dengan mata telanjang ketika hari tengah cerah. Dan jangan lupa mengambil foto di sana.

BACA:  22 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

9. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Image Credit: Rutewisata.com

Pilihan wisata religi ini juga dapat menjadi salah satu tujuan Anda dalam berwisata di Kota Batam. Masjid Agung Batam mempunyai nilai arsitektur yang indah dan megah sehingga tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata religi ini.

Lokasinya berada di Jalan Engku Putri menjadikan Masjid Agung Batam sangat mudah untuk dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Anda hanya perlu menemukan alun-alun Engku Putri terlebih dahulu untuk bisa menemukan Masjid Agun kebanggaan masyarakat Batam ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Engku Putri, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

10. Tebing Langit

Tebing Langit

Image Credit: Google Maps (Rike Bastian)

Bagi pemburu sunset, Anda harus mengunjungi tempat ini. Di tempat ini disediakan tempat tinggi dihiasi perlengkapan unik untuk difoto. Jika Anda ingin melihat pemandangan dari atas tebing ini, Anda harus menaiki beberapa anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak. Tetapi, kelelahan ini akan terbayar begitu sampai di puncak. Anda dapat melihat pemandangan hamparan hijau lautan pohon.

Untuk merasakan keindahan dan pemandangan dari Tebing Langit, para pengunjung harus membayar Rp. 10.000 tiap orang. Yang menarik di tempat ini adalah banyaknya spot foto dengan berbagai pemandangan di sana. Seperti contoh, saung yang berada di atas pohon, dihias semenarik mungkin dengan serabut pepohonan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

11. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing

Image Credit: Amazingindonesia.id

Salah satu wisata edukasi di Kota Batam ini wajib Anda jajal bersama keluarga, terlebih lagi untuk Anda yang ingin memperkenalkan berbagai jenis flora dan fauna kepada anak-anak. Kunjungan Anda di hutan wisata mata kucing akan menambah pengetahuan buah hati mengenai keragaman flora dan fauna di Indonesia dan dunia.

Di sini Anda bisa berfoto dengan berbagai jenis satwa yang ada. Hal ini akan menjadi momen yang menggembirakan bagi anak-anak dalam mengisi waktu liburnya. Ajaklah anak Anda berlibur di Mata kucing agar mempunyai waktu berlibur yang berkualitas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Bukit, Tanjung Riau, Kibing, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

12. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk

Image Credit: Google Maps (Iguen Chanel mahabbah)

Pulau ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mencoba wisata yang lebih tenang. Terletak di Desa Subang Mas, luas pulau ini kurang lebih sekitar 15 hektar dengan sebagian besarnya adalah wilayah berair. Tempat ini juga menawarkan pemandangan indah yang alami. Terdapat sebuah mercusuar dan sumber tenaga listrik untuk menerangi pulau.

Pulau ini memiliki kebun buah-buahan yang tumbuh subur, serta spot memancing dengan sumber ikan yang banyak. Jangan heran jika disediakan penginapan khusus untuk para pemancing ikan yang datang ke tempat ini. Ketika Anda berlibur kemari, Anda akan merasakan udara sejuk yang dapat membuat Anda rileks. Perairan yang biru jernih juga menjadi nilai tambah wisata Pulau Tunjuk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Tunjuk, Subangmas, Kota Batam, Kepulauan Riau.

13. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Image Credit: Batamkuindah.wordpress.com

Sesuai dengan namanya, pantai Tanjung Pinggir berlokasi di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam. Keunikkan pantai ini terletak pada banyaknya spot foto kekinian yang akan ikut menambah koleksi foto lucu Anda. Salah satu spot foto yang banyak digemari adalah rumah hobit.

Setelah berfoto ria, Anda dapat bermain air di pantai ini dengan bebas. Tenang saja, deburan ombak di pantai ini tidaklah kencang sehingga aman untuk Anda. Sambil bermain air, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan Singapura dari pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

14. Pantai Vio Vio

Pantai Vio Vio

Image Credit: Google Maps (Ani Antoni)

Nama yang unik dari pantai ini juga menjadi salah satu daya tarik pengunjungnya. Terletak di Pulau Galang, tempat wisata ini menawarkan pemandangan lautnya yang indah. Untuk memasuki wisata ini, Anda diwajibkan membayar Rp. 10.000. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas ayunan dan dipan berpayung yang berada di pinggir pantai.

Salah satu yang menarik di sini adalah adanya sebuah ayunan yang berada di tengah pantai. Ayunan tinggi ini akan membuat orang yang menaikinya dapat melihat pemandangan hamparan laut yang luas. Letaknya yang menghadap ke lautan juga membuatnya dapat menikmati senja dengan indah dan sempurna. Benda ini juga menjadi salah satu spot foto yang paling difavoritkan oleh pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

15. Ocarina Park

Ocarina Park

Image Credit: Bintantravel.co.id

Taman bermain di Batam ini menyajikan berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Objek Wisata di Batam ini juga kerap digunakan sebagai tempat diselengarakannya konser dan berbagai event sejenisnya.

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata Ocarian Park. Jangan ragu pula untuk menjajal wahana yang tersedia karena pasti aman. Anda juga bisa berfoto ria di sini karena ada banyak spot foto yang unik-unik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

16. Pulau Petong

Pulau Petong

Image Credit: Google Maps (gilbert yohannes voerman)

Pulau ini termasuk wisata baru yang ada di Batam. Berjuluk ‘Surga Baru’, Pulau Petong menawarkan keindahan alam bawah laut yang juga menjadi daya tarik wisata ini. Terdapat beberapa jenis ikan dan terumbu karang yang hadir dan menghiasi tempat ini. Anda juga dapat mengambil foto bertema underwater photoboot di sana.

Pulau Petong termasuk dalam jajaran wisata yang memiliki perairan tenang. Disebutkan bahwa pulau ini diapit oleh dua bukit yang tinggi, oleh karena itu tidak ada ombak yang sampai di sini. Dengan keadaan itu, maka wisata ini dapat dijadikan spot berenang yang menarik. Anda juga dapat menjajal pengalaman diving dan snorkeling di perairan ini.

BACA:  22 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

17. Golden Prawn

Golden Prawn

Image Credit: Hotelgoldenview.com

Terkenal dengan menu andalan berupa seafood menjadikannya restoran yang banyak dicari lokasinya di Batam. Restoran ini sangat direkomendasikan bagi Anda pencinta seafood karena di sini menyediakan berbagai menu seafood yang soal rasa tidak perlu ditanya lagi.

Tidak hanya menyajikan menu yang super nikmat, restoran ini juga menyediakan fasilitas berupa hotel bintang lima. Khusus untuk Anda yang sudah lelah dan ingin cepat mendapatkan tempat istirahat, hotel ini bisa dijadikan salah satu pilihan menginap.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Golden Prawn, Tanjung Buntung, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

18. Pancur Telaga Bidadari

Pancur Telaga Bidadari

Image Credit: Google Maps (Zayn Al Basil)

Wisata Pancur Telaga Bidadari ini dapat dikatakan sebagai wisata baru dengan pengunjung yang belum terlalu banyak. Walau begitu, tempat ini justru cocok untuk beristirahat dan rileks sejenak.

Wisata ini berada di kawasan Simpang Dam. Anda dapat mencoba pengalaman berenang di pancur ini. Perairannya yang hijau jernih seolah menjadi pemandangan menarik. Ditambah, di atas pancur terdapat air terjun mini. Ketika Anda berenang di sini, Anda akan merasakan kesejukan airnya yang segar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kabil, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

19. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Image Credit: Pegipegi.com

Inilah sebuah jembatan yang berjasa dalam kemajuan perekonomian Kota Batam. Bagaimana tidak? Keberadaan jembatan ini telah menghubungkan pulau-pulau yang ada di Kota Batam. Terlepas dari itu semua, jembatan ini juga sering dimanfaatkan sebagai objek wisata oleh para wisatawan dengan berfoto dengan latar belakang jembatan barelang.

Biasanya akan banyak para pasangan muda yang menggunakan jembatan sebagai background foto karena seolah jembatan ini bagaikan penghubung antara dua hati yang saling merindu. Selain berfoto, jembatan ini juga sering dimanfaatkan untuk bersantai oleh pengunjung di sepanjang sisinya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trans Barelang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

20. Sea Forest Adventure

Sea Forest Adventure

Image Credit: Google Maps (Rafnie Arif)

Sea Forest Adventure merupakan sebuah tempat yang menggabungkan keindahan pantai dan hijaunya hutan dalam sebuah tempat wisata yang mengasikan. Letaknya berada di Nuvasa Bay dan beroperasi sejak tahun 2017.

Tempat ini merupakan wista rekreasi terbesar di Batam. Sea Adventure, Camping Ground, Gathering Facility, serta Lad Adventure, keempatnya merupakan kawasan liburan utama yang disediakan oleh wisata ini. Anda dapat merasakan pengalaman traking, berkemah, berenang, juga hiburan sejenis konser dalam satu tempat.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

21. Nagoya Citywalk Batam

Nagoya Citywalk Batam

Image Credit: Tempat.me

Kota industri sudah melekat pada Kota Batam sehingga akan terasa kurang jika berada di Batam tanpa berbelanja di salah satu tempat perbelanjaannya. Tempat perbelanjaan yang direkomendasikan adalah Nagoya Citywalk Batam yang menggunakan konsep masa kini.

Keuntungan yang didapat di pusat perbelanjaan hasil industri di Kota Batam ini yaitu harganya yang relatif rendah. Jika Anda pemburu diskon, berbelanja di Nagoya Citywalk Batam adalah pilihan yang paling tepat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kompleks Nagoya Citywalk, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

22. Marina City

Marina City

Image Credit: Twitter.com @detectifmaya

Marina City juga memiliki julukan lain, yaitu Kota Judi. Disebutkan bahwa kota ini dulunya adalah kota dengan banyaknya warga dan tempat perjudian yang bebas. Sebelum akhirnya undang-undang tentang larangan perjudian muncul dan membuat tempat ini bagai kota mati yang ditinggal penghuninya.

Walau begitu, wisata ini tetap ramai pengunjung. Kebanyakan dari wisatawan ini penasaran akan keadaan kota dengan banyaknya penjudi di sana. Kawasan wisata ini tidak mematok biaya masuk bagi pengunjung yang datang. Anda dapat sepuasnya menikmati pemandangan kota ini. Terdapat pula bianglala besar yang masih beroperasi, letaknya ada di pinggiran pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Marina City, Kota Batam, Kepulauan Riau.

23. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh

Image Credit: Phinemo.com

Pulau menawan yang ada di Batam ini wajib menjadi destinasi wisata Anda saat mengunjungi Batam. Pemandangan pantai di pulau ini tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Keindahan pasir dipadu dengan jernihnya air pantai di objek wisata ini akan memberikan pemandangan yang mampu membuat Anda terpana.

Selain keindahan pasirnya, pulau ini juga menyimpan berbagai jenis terumbu karang yang dapat Anda telusuri jejaknya di bawah laut. Ikan-ikan dengan beragam warna juga akan turut menemani persinggahan Anda di setiap sudut terumbu karang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galang Baru, Kec. Pulau Abang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

24. Bukit Senyum

Bukit Senyum

Image Credit: Google Maps (Allex Xandrea)

Bukit Senyum adalah sebuah tempat tinggi yang berada tidak jauh dari Pelabuhan Feri. Dari sini Anda dapat melihat pemandangan laut yang luas, pepohonan hijau, dan tentunya Singapura dengan segala kesibukannya.

Pemandangan ketika malam adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung bukit ini. Gemerlap lampu dari pelabuhan dan bangunan sekitar, serta terangnya cahaya di Singapura seolah menyihir mata seketika. Anda dapat mengabadikan momen tersebut dengan kamera milik Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuda Laut, Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau.

25. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Image Credit: Bintantravel.co.id

Jika di Bogor terdapat Kebun Raya Bogor, di Batam juga ada Kebun Raya Batam. Kebun Raya Batam mempunyai koleksi flora-flora dari penjuru nusantara. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menambah pengetahuan mengenai keragaman flora di Indonesia.

Suasana udara yang segar akan mendukung Anda dalam menambah wawasan tentang flora di sini. Bahkan Anda juga bisa mengambil foto dengan bebas di sekitar kebun raya Batam ini dan pastinya akan sangat seru belajar sambil berwisata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

26. Pantai Melur

Pantai Melur

Image Credit: Google Maps (Malccs 20)

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Batam. Tempat ini berdekatan dengan Singapura, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas kesibukan yang tengah terjadi di negara tetangga.

BACA:  22 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Daya tarik tempat ini berada pada pemandangan bawah lautnya. Anda dapat melihat betapa indah dan kayanya sumber daya ikan di tempat ini. Anda juga dapat menjajal permainan wahana air seperti banana boat dan olahraga ringan dengan bermain voli di pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

27. Queen Garden Waterboom Batam

Queen Garden Waterboom Batam

Image Credit: Jalankemanagitu.wordpress.com

Objek wisata yang satu ini dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Mengusung konsep wisata air, Queen Garden Waterboom menawarkan sensasi berbeda dalam bermain air. Di sini Anda dapat bermain air sepuasnya bersama keluarga.

Objek wisata yang mengusung konsep permainan air ini mempunyai banyak wahana di dalamnya. Wahana-wahana tersebut di antaranya papan seluncuran yang dengan ketinggian untuk anak-anak dan orang dewasa. Hebatnya waterboom ini merupakan yang terbesar di Kepulauan Riau sehingga sangat sayang jika tidak dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sadai, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau.

28. Telaga Bidadari

Telaga Bidadari

Image Credit: Instagram.com @hbakkara_portfolio

Tempat wisata Telaga Bidadari dapat disebut sebagai wisata yang tersembunyi. Letaknya yang berada di tengah hutan lindung membuatnya seperti tempat wisata rahasia.

Telaga ini menawarkan pemandangan dari kolam berair hijau jernih yang ada di sana. Anda juga dapat menemukan pancuran air kecil yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Pengunjungnya yang belum terlalu ramai membuat tempat ini cocok bagi Anda yang ingin berlibur sambil menenangkan diri. Rileks dari segala kesibukan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kabil, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

29. Alun-Alun Engku Putri

Alun-Alun Engku Putri

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Terletak di pusat Kota Batam membuat alun-alun ini menjadi tempat yang strategis untuk dikunjungi para wisatawan. Biasanya wisatawan mengunjungi Alun-Alun Engku Putri untuk menghabiskan waktu santainya. Anak-anak muda juga sering menggunakan tempat ini sebagai tempat nongkrong.

Jika Anda hobi berfoto, Alun-Alun Engku Putri menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi. Banyak objek ikonik yang berada di sekitar alun alun ini seperti tempat ibadah, area perkantoran dan perbelanjaan yang berjajar sekeliling alun-alun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Engku Putri, Kec. Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau.

30. Welcome to Batam

Welcome to Batam

Image Credit: Google Maps (Robert Kurniawan)

Di sini, tulisan “WELCOME TO BATAM” tercetak jelas di bukit yang letaknya tak jauh dari Masjid Raya Kota Batam, Bukit Clara. Pesona ini seolah mengantarkan Andaa pada bukit dengan tulisan Hollywood di Amerika sana. Seperti artinya, Anda tengah disambut di Batam. Selain itu, letaknya yang berada di depan pelabuhan juga berarti sambutan kepada mereka yang mendatangi tempat ini.

Kawasan ini tidak dipungut biaya. Anda hanya perlu membayar untuk kebutuhan Anda ketika di sana. Spot foto di sana tidak banyak, cukup berfoto dengan latar belakang Bukit Clara, dimana terdapat tulisan tersebut. Wisata ini lumayan ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar negeri. Dengan adanya foto berlatar tulisan ini seolah menjadi bukti bahwa Anda pernah berkunjung ke Batam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

31. Pulau Abang Besar

Pulau Abang Besar

Image Credit: Batamtour.co.id

Rindu dengan keindahan bawah laut? Pulau Abang Besar menjadi jawaban akan kerinduan Anda. Objek wisata alam ini akan mengobati kerinduan Anda akan keindahan alam bawah laut yang begitu memukau. Jika Anda berwisata di Kota Batam, jangan lewatkan sensasi keindahan yang akan Anda rasakan.

Hamparan terumbu karang yang berbaris di sepanjang laut akan Anda lihat bersama dengan kumpulan ikan-ikan berwarna-warni yang hilir mudik kesana kemari. Untuk menuju ke pulau ini Anda akan diantar dengan jet bot dan akan dapat menyelam dengan panduan dari pemandu wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Abang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

32. Pulau Belakang Padang

Pulau Belakang Padang

Image Credit: Google Maps (Shalahuddin Umar)

Pulau yang memiliki 108 pulau kecil ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pemandangan itu mencakup pantai-pantai yang mengelilingi pulau ini.

Ketika Anda mengunjungi pulau yang memiliki slogan “Pulau Penawar Rindu” ini, Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah dari Singapura atau pepohonan dan lautan yang ada di sana. Ketika malam, pemandangan di sini berkali lipat indahnya. Singapura seolah berjarak sangat dekat dengan tempat ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekanak Raya, Kec. Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

33. Bukit Tanjung Tritip

Bukit Tanjung Tritip

Image Credit: Pemburupantai.com

Bukit yang dikenal dengan Bukit Cinta ini juga dapat Anda kunjungi sewaktu di Kota Batam. Objek wisata alam ini menawarkan keindahan pemandangan Kota Batam yang dilihat dari bukit. Dilihat dari ketinggian Kota Batam terlihat sangat eksotis mengingat di sekitar Batam juga terdapat banyak pulau-pulau.

Tidak hanya menikmati pemandangan Kota Batam dan sekitarnya, di sini Anda juga bisa mengabadikan indahnya panorama Kota Batam dari ketinggian. Momen ini akan menjadi salah satu momen yang tidak akan terlupakan oleh pengunjung, jadi cobalah datang dan rasakan sendiri sensasinya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Uma, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

34. Bukit Piayu Laut

Bukit Piayu Laut

Image Credit: Google Maps (All inAll)

Bukit yang letaknya tidak jauh dari Pantai Piayu Laut Piayu. Dari tempat ini Anda dapat melihat pemandangan hamparan biru kehijauan air pantai yang indah. Terlihat pepohonan hijau dan pesona dari beberapa pulau yang mengelilingi Batam, yaitu Pulau Anak Mati, Pulau Awi, dan lainnya.

Pemandangan dari atas bukit sangat indah. Anda akan merasakan kenyamanan serta pengalaman melihat pemandangan dari ketinggian. Terdapat juga penampakan indah dan menakjubkan dari ikon Batam yang merujuk pada Jembatan Tengku Fisabilillah. Ketika Anda datang kemari, jangan lupa mengabadikan momen liburan Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Piayu, Kec. Sei Beduk, Kota Batam, Kepulauan Riau.

35. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Image Credit: Ksmtour.com

Pasir putih ditambah jernihnya air di Pantai Nongsa akan menyambut kedatangan Anda saat mengunjungi pantai yang terletak di Kota Batam tepatnya di Sambau, Kecamatan Nongsa ini. Pemandangan khas pantai ini dijamin akan membuat Anda ingin berlama-lama di obyek wisata ini.

Di Pantai dengan pasir putih ini, Anda juga dapat melihat megahnya gedung-gedung di Singapura. Tentunya pemandangan ini sangat jarang ditemui di tempat lain. Aktivitas menyelam di pantai ini juga dapat menjadi pilihan yang menarik karena keindahan bawah lautnya yang masih terjaga.

Harga Tiket: Rp 9.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Nah, itu tadi daftar Destinasi Wisata di Batam yang dapat Anda singgahi selama berwisata di Batam. Pergunakan waktu berlibur Anda dengan baik dengan berlibur di Kota Batam dengan beragam pilihannya.