15 Oleh-Oleh Khas Batam Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Batam

Batam memiliki beragam oleh-oleh khas menarik dan mudah ditemukan.  Buah tangan berupa souvenir, minuman dan makanan khas Batam wajib dibeli untuk teman dan kerabat.

Batam merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki lokasi sangat strategis. Lokasi kota ini berada di jalur pelayaran skala international, serta bersebrangan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Hal inilah yang membuat berbagai sektor di Batam berkembang dengan pesat, terutama sektor wisatanya.

Saat ini banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik mengunjungi kota Batam. Selain karena objek wisatanya yang keren-keren, kota Batam menjual segudang barang-barang original yang harganya jauh lebih murah dibanding kota lainnya.

Jika sudah puas berwisata dan berbelanja di kota ini, biasanya wisatawan akan mencari oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Di Batam sendiri banyak menyediakan pilihan barang atau makanan yang bisa dijadikan buah tangan. Berikut 15 rekomendasi oleh-oleh khas dari Batam yang paling populer.

1. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella

Image Credit: Oleholehbatam.wordpress.com

Bunga rosella yang menjadi bahan dasar pembuatan teh ini lumayan sulit ditemukan, itulah yang menjadikan teh yang satu ini berbeda dengan teh biasanya. Teh Bunga Rosella berwarna merah merona serta memiliki rasa yang khas. Teh ini biasanya dijual dalam keadaan kering agar lebih tahan lama.

Cara membuat teh ini sama layaknya teh biasanya, cukup dengan diseduh dengan air panas, lalu diaduk. Selain memiliki rasa dan warna yang khas, minuman ini juga memiliki banyak khasiat seperti memperbaiki metabolisme tubuh, menurunkan hipertensi, mencegah sariawan, meredakan batuk, antibiotik dan masih banyak lagi.

2. Brownies Lava

Brownies Lava

Image Credit: Grab.com

Siapa yang tak tau brownies? Sejenis kue cokelat dengan rasa begitu manis ini memiliki banyak sekali penggemar. Di Batam sendiri terdapat oleh-oleh yang khas dari kue yang satu ini, yaitu Brownies Lava. Dinamakan Brownies Lava karena ketika brownies ini dipotong akan keluar lumeran coklat manis kental yang mirip dengan lava.

Brownies Lava khas Batam memiliki berbagai varian rasa, mulai dari blackforest sampai dengan rasa keju. Toping dari brownies ini pun bisa di request sesuai selera, ada kacang, coklat meses, keju dll. Lengkapnya varian rasa dan toping tersebut menjadikan brownies ini salah satu oleh-oleh terfavorit para wisatawan.

3. Cake Buah Naga

Cake Buah Naga

Image Credit: Kokirimba.blogspot.com

Anda penyuka olahan dari buah? Cobalah untuk membeli makanan yang satu ini. Seperti namanya, cake ini berbahan dasar dari buah naga. Buah naga yang digunakan dalam cake ini adalah buah naga khas dari kota Batam. Makanan ini menjadi salah satu favorit wisatawan karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Manfaat yang bisa Anda dapat ketika mengonsumsi cake ini diantaranya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan resiko diabetes dan masih banyak lagi. Cake Buah Naga juga memiliki berbagai varian toping dan rasa yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

4. Bingka Bakar

Bingka Bakar

Image Credit: Tripelaketoba.com

Ingin mencari oleh-oleh khas Batam tapi tidak memiliki banyak waktu? Mungkin Bingka Bakar bisa dijadikan pilihan. Bingka bakar banyak ditemukan di setiap sudut kota Batam, sehingga sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu berlibur di Batam.

Jajanan lokal yang satu ini memiliki rasa original yang manis dengan aroma wangi daun pandan. Jika dilihat sekilas, bentuk kue ini mirip dengan Bika Ambon khas Medan, akan tetapi yang membedakan adalah proses pembuatannya. Selain dari proses pembuatannya, Bingka Bakar memiliki rasa khas yang lebih kuat dibanding Bika Ambon.

Tak hanya itu saja, tekstur kue ini juga sangat padat dan lembut, akan tetapi lapisan luar kue ini agak kering akibat proses pembakaran. Masyarakat lokal biasanya menyajikan kue ini sebagai camilan pendamping teh hangat.

5. Cake Pisang Villa

Cake Pisang Villa

Image Credit: Tokopedia.com

Berkunjung ke Batam rasanya tak lengkap jika belum merasakan Cake Pisang Villa. Kue yang satu ini banyak dicari wisatawan karena memiliki rasa yang enak dan unik dari buah pisang yang digunakan. Selain itu, harga kue ini cukup murah untuk kantong para wisatawan.

Saat ini, Cake Pisang Villa hadir dengan bermacam-macam jenis rasa, seperti blackforest, coconut, blueberry, cokelat dan pandan keju. Bagi wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh tak perlu khawatir jika ingin menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh, karena kue ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

6. Keripik Kari

Keripik Kari

Image Credit: Tokopedia.com

Kari pada umumnya digunakan sebagai kuah berbagai olahan makanan khas India. Akan tetapi, kali ini kari digunakan sebagai campuran rasa keripik. Keripik Kari ini menjadi buah tangan terfavorit wisatawan untuk dibawa ke tempat asal mereka.

Di Batam sendiri, Keripik Kari ini dibuat dengan berbagai campuran rempah-rempah pilihan. Uniknya, banyak warga Singapura dan Malaysia datang ke Batam hanya untuk membeli camilan yang satu ini.

7. Bilis Molen

Bilis Molen

Image Credit: Gotravelly.com

Batam memiliki banyak jajanan tradisional yang rasanya begitu lezat dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Salah satu jajanan tradisional yang terkenal di Batam adalah Bilis Molen. Kue yang dibuat dengan cara digoreng ini banyak disukai karena teksturnya renyah dan rasanya gurih.

BACA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jika dilihat sekilas, Bilis Molen memiliki bentuk seperti molen pada biasanya. Namun, yang membedakan Bilis Molen dengan molen biasanya adalah isinya. Molen pada umumnya diisi pisang, coklat, atau keju. Sedangkan Bilis Molen ini diisi dengan olahan ikan teri.

8. Luti Gendang

Luti Gendang

Image Credit: Luti-gendang-original-batam-halal.business.site

Pernah mencoba roti dengan isian ikan? Jika sudah, makanan khas Batam kali ini rasanya tidak akan asing lagi dilidah Anda. Roti Luti Gendang merupakan roti dengan isian ikan yang sebelumnya telah dimasak terlebih dahulu dengan cara digoreng.

Tampilan Luti Gendang mirip dengan Kroket, akan tetapi rasa dari Luti Gendang lebih gurih. Selain itu, tekstur dari makanan yang satu ini sangat empuk dan lembut saat digigit. Tak heran jika makanan yang satu ini banyak diburu para wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

9. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk

Image Credit: Tiket.com

Kue yang satu ini disebut Batang Buruk karena memang tampilannya yang kurang enak dipandang. Walaupun tampilan dari kue ini kurang menggugah selera, tetapi soal rasa kue ini juaranya. Kue Batang Buruk memiliki rasa gurih yang membuat siapa saja ingin terus memakannya.

Menurut bergai sumber, kue ini sudah ada sejak lama. Dulunya kue ini hanya dibuat pada acara-acara spesial saja seperti pernikahan dan hari raya idul fitri. Namun sekarang, kue ini menjadi primadona para wisatawan ketika berkunjung ke Batam.

10. Rocklate

Rocklate

Image Credit: Tribunnews.com

Kebanyakan orang-orang yang berlibur pasti akan membeli cokelat sebagai oleh-olehnya. Selain karena lebih tahan lama, rasa manis dari cokelat tersebut tidak ada yang bisa menolak. Di Batam juga terdapat olahan cokelat yang menjadi favorit orang-orang untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu Rocklate.

Cokelat Rocklate memiliki banyak rasa favorit selain rasa original, seperti chocochip chocolate, crunchy dark chocolate, strawberry chocolate, dan crunchy milk chocolate. Perpaduan rasa manis renyah dari cokelat dan marshmallow ini biasanya dihidangkan sebagai camilan ketika sedang bersantai atau berkumpul dengan keluarga.

11. Batam Ogura

Batam Ogura

Image Credit: Ogurania.blogspot.com

Membahas kue unik di Batam memang tak ada habisnya. Kue kali ini merupakan kue yang diadopsi dari trend Cheese Cake di Jepang. Kue ini hadir dengan rasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Seperti Cheese Cake pada umumnya, Kue Batam Ogura juga memiliki tekstur yang empuk mirip dengan sponge cake.

Batam Ogura memiliki berbagai jenis varian rasa seperti original, red velvet, green tea, durian dan choco, tetapi salah satu rasa yang menjadi favorit adalah rasa durian. Perpaduan kelembutan cheese cake dicampur dengan manis khas rasa durian sangat cocok sekali bagi Anda pecinta buah durian.

BACA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

12. Layers Cake

Layers Cake

Image Credit: Makananoleholeh.com

Selain Luti Gendang dan Bilis Molen, ternyata Batam masih memiliki jajanan tradisional lain yang banyak dicari wisatawan, yaitu Layers Cake atau biasa disebut kue lapis. Kue yang terbuat dari tepung terigu ini mempunyai rasa yang manis dan legit.

Sebenarnya kue lapis ini banyak dijumpai di daerah-daerah lain, akan tetapi kue lapis khas Batam ini mempunyai rasa yang lebih bervariasi. Terdapat varian rasa seperti cinnamon, cokelat, keju, pandan, moka dan nanas. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

13. Gonggong

Gonggong

Image Credit: Mivecblog.com

Jika sebelumnya kita membahas tentang cake, teh dan jajanan tradisional, Oleh-oleh yang selanjutnya ini sangatlah jauh berbeda. Makanan yang satu ini termasuk kedalam seafood. Gong-gong, begitu orang sana menyebut sejenis kerang-kerangan yang diolah dengan cara direbus ini.

Walaupun cara mengolahnya hanya dengan direbus, gonggong ini memiliki rasa yang gurih. Gonggong biasa dikonsumsi masyarakat Batam sebagai lauk pendamping nasi putih. Jika para wisatawan ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh, sebaiknya disesuaikan dengan waktu perjalanannya, sebab gonggong ini tidak dapat bertahan lama.

14. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Gotravelly.com

Ternyata tidak hanya wilayah timur Indonesia saja yang memiliki olahan berbahan dasar sagu. Di Batam, sagu dapat dijadikan berbagai makanan, salah satunya mie. Mie yang berbahan dasar sagu ini memiliki tekstur yang kenyal, namun tetap bisa dimakan.

Anda dijamin puas ketika menyantap makanan yang satu ini, karena porsi yang diberikan lumayan besar. Mie sagu khas Batam biasa disajikan bersama kuah ikan, telur, campuran tauge, bakso ataupun udang rebus.

Ada hal lain yang membuat mie ini semakin menarik, yaitu cara melunakannya, mie ini dilunakan dengan cara direndam air dingin bukan dengan air panas seperti mie pada umumnya.

15. Kaos T-Obenk

Kaos T-Obenk

Image Credit: Tokopedia.com

Anda pasti tau kaos Joger khas Bali dan kaos Dagadu khas Jogja. Nah, ternyata Batam juga memiliki yang mirip dengan kedua souvenir tersebut, yaitu Kaos T-Obenk. Kaos khas Batam ini sangat diminati para wisatawan yang berkunjung karena harganya yang begitu murah. Satu kaos T-Obenk biasa dibanderol mulai dari harga 50 ribuan saja.

Meskipun harganya murah, kualitas bahan yang digunakan kaos ini terbilang baik. Saat dikenakan, kaos ini terasa lembut dan nyaman di tubuh. Kaos T-Obenk memiliki desain yang bervariasi mulai dari gambar ikon kota Batam, kata-kata mutiara dan masih banyak lagi. Anda juga bisa request desain namamu untuk dicetak di kaos tersebut.

Itulah daftar oleh-oleh khas dari Batam yang paling favorit. Jadi, apakah Anda sudah tahu oleh-oleh mana saja yang akan dibeli? Cobalah membeli buah tangan sesuai dengan yang disukai keluarga atau kerabat. Selamat mencari oleh-oleh!