Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Sekanak Raya, Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Pulau Belakang Padang bukanlah sebuah pulau yang berada di daerah Padang. Justru pulau yang dijadikan sebagai objek wisata ini terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau. Pulau ini terhitung dekat dengan pusat kota. Masyarakat di sekitar lokasi wisata ini kehidupannya masih lekat dengan adat dan budaya khas melayu. Hal ini dikarenakan wilayah pulau ini berdekatan dengan Negara Singapura.

Selain itu, untuk menuju lokasi wisata ini anda hanya perlu menggunakan sebuah kapal kayu untuk menyeberang dari Pulau Batam. Penyeberangan ini begitu cepat hanya sekitar 15 menit saja. Pemandangan pulau ini juga dikenal begitu indah dan masih sangat asri. Hingga kini pengunjung yang datang ke pulau ini belum bisa terbilang banyak dikarenakan kurangnya informasi mengenai wisata ini.

Maka dari itu, pemerintah dari Kota Batam telah berencana untuk semakin meningkatkan estetika dari lokasi Pulau Belakang Padang. Pemerintah juga berharap agar dapat membangun infrastruktur di sekitar pulau. Lalu meningkatkan transportasi laut agar dapat menjadikan lokasi wisata ini semakin dikenal para wisatawan. Dengan berkembangnya lokasi wisata ini akan memberikan dampak baik bagi masyarakat sekitarnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Belakang Padang

Daya Tarik Pulau Belakang Padang
Image Credit: Google Maps Hasan Imam Mukut

1. Memiliki Sejarah Jejak Rupiah

Pulau Belakang Padang merupakan salah satu pulau pada bagian terluar sebagai jalur lintas pelayaran Internasional yang terdapat di Selat Malaka. Lokasi wisata ini merupakan sebuah perbatasan wilayah antara Negara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Menurut tokoh masyarakat disana, pulau kecil ini dahulu kala merupakan cikal bakal akan lahirnya sebuah pulau besar bernama Pulau Batam.

Dahulu, masyarakat sekitar masih sangat menggantungkan kehidupannya kepada Malaysia. Selain itu, masyarakat juga terbiasa menjual hasil kebun serta hasil lautnya ke Singapura. Masyarakat dari pulau ini juga terdiri dari berbagai etnis yang hidup rukun. Campuran etnis ini menyebabkan masyarakat pulau ini mengalami tahapan mata uang berbeda mulai dari Dollar Singapura dan kepulauan Riau dengan Rupiah.

Setelah sekian lama, dari mata uang kepulauan Riau Rupiah itulah masyarakat mulai membiasakan diri dengan menggunakan mata uang rupiah asli Indonesia. Namun, tidak sedikit nelayan pantai yang masih menggunakan uang dollar untuk melakukan jual beli. Nelayan yang masih menggunakan uang dollar Singapura tersebut merupakan nelayan yang tinggal di daerah terpencil dikarenakan kurangnya informasi.

2. Dapat Memandang Singapura

Anda dapat memandangi bagian wilayah dari Negara Singapura dengan melihat seberang pulau. Angin yang cukup kencang dengan ombak pantai yang cukup besar bisa anda nikmati sambil menatap seberang pulau. Singapura dapat terlihat begitu sangat dekat. Inilah yang menjadikan banyaknya masyarakat Pulau Belakang Padang yang mengambil pekerjaan ke daerah Singapura dan sebaliknya.

Diantara perairan yang membatasi kedua negara tersebut, terdapat banyak kapal tanker yang mengapung di laut. Berbagai bangunan yang menjulang tinggi di seberang sana hanya dapat dilihat dengan mata samar-samar. Selain kapal tanker, terdapat pula kapal kontainer di perairan Kota Batam ini. Mungkil kapal tersebut sedang menunggu waktu bongkar barang yang akan dilakukan di pelabuhan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pualu Belakang Batam
Image Credit: Instagram Waode Irlina

Alamat dari pulau bersejarah ini sendiri berada di daerah Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Lokasi wisata ini hanyalah pulau kecil dimana tidak ada akses langsung selain menggunakan jalur air untuk sampai ke pulau ini. Untuk bisa sampai ke pulau tujuan, anda harus berada terlebih dahulu di Kota Batam, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan kapal kecil dan bot pancung.

Anda hanya tinggal menyeberang menggunakan perahu tersebut selama 15 menit hingga 20 menit lamanya. Anda bahkan bisa menumpang kepada kapal dimana anda secara gratis dapat menyeberangi lautan menuju pulau tujuan. Akan lebih baik jika anda berlibur ke lokasi wisata ini bersama rombongan keluarga ataupun teman agar dapat menyewa berbagai fasilitas secara bersamaan dan lebih hemat.

Estimasi Biaya Wisata Menuju Pulau

Biaya Menuju Pulau Belakang Padang
Image Credit: Twitter Risnaldi Putra Syafrizal

Untuk tiket masuk dari wisata Pulau Belakang Padang ini pada dasarnya tidak dikenakan biaya atau gratis. Namun, dalam sebuah acara liburan biaya jelas dikeluarkan karena keperluan makan, sewa penginapan dan lain sebagainya.

Anda harus membuat rancangan terlebih dahulu sebelum melakukan liburan dengan menghitung biaya pengeluaran selama berada di lokasi wisata ini. Diperlukan biaya kurang lebih sebesar dua juta rupiah untuk paket wisata di pulau ini. Harga tersebut sudah termasuk makan, transportasi hingga sewa penginapan. Hal ini dapat dilihat dari harga penginapannya saja yang berkisar sekitar satu juta rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Belakang Padang

Aktivitas di Pulau Belakang Padang
Image Credit: Twitter Kakalu Indonesia

1. Berenang

Berenang adalah hal yang harus anda lakukan di lokasi wisata ini. Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki laut yang cukup luas dengan air jernih untuk anda berenang. Namun, anda harus lebih waspada karena laut di sekitar pulau tidak hanya digunakan untuk lokasi wisata saja. Laut ini juga digunakan untuk proses perdagangan internasional sehingga banyak kapal hilir mudik untuk melakukan aktivitas perdagangan.

2. Berkeliling Pulau Belakang Padang

Anda dapat mengelilingi pulau ini dengan waktu seharian dari pagi hingga sore hari. Anda cukup datang pada pagi hari dengan menggunakan angkutan umum yang telah menyediakan pelayanan selama 24 jam lamanya. Kebanyakan para wisatawan melakukan aktivitas keliling pulau ini adalah untuk melihat Singapura lebih dekat dari wilayah negara sendiri.

Selain itu, anda juga akan menemukan komplek pemakaman orang tionghoa ketika sedang keliling pulau. Namun, masyarakat kebanyakan berkeliling di malam hari karena dapat melihat negeri seberang yang sangat indah dengan gemerlap lampu yang menyala-nyala. Jarak antara Indonesia dengan Singapura bahkan hanya seperti jarak antara Surabaya dan Madura yang hanya dipisahkan oleh Selat Madura.

3. Menikmati Pasir Putih dan Pantai Sulaiman

Anda dapat berkunjung ke Pantai Sulaiman di pulau ini dimana pantai tersebut sangat tenang, cocok bagi anda yang ingin rehat sejenak dari aktivitas kantor. Di pantai ini terdapat beberapa kafe dimana anda dapat menikmati panorama alam sambil mencicipi kopi ameng khas pulau ini yang nikmat. Hal ini dapat menjadikan liburan anda terasa lebih sempurna, terutama jika anda datang ke pantai ini pada sore hari.

Anda dapat menikmati hamparan pasir putih yang lembut yang dapat anda mainkan disekitar pantai. Pasir putih yang dilengkapi dengan banyaknya pohon kelapa yang berdiri menjulang tinggi menghasilkan pemandangan yang sempurna. Anda dapat mengambil beberapa foto dengan tema keindahan laut dan pulau yang estetik. Anda juga dapat menikmati segarnya air kelapa yang dijual dari pohonnya langsung.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau Belakang Padang
Image Credit: Google Maps Nagoya Mansion Hotel and Residence 

1. Nagoya Mansion Hotel and Residence

Nagoya mansion hotel and residence merupakan salah satu hotel di Pulau Belakang Padang dengan harga sewa yang tergolong murah. Lokasi dari hotel ini juga terletak di wilayah yang strategis. Selain itu, hotel ini juga memiliki desain interior yang cukup menarik dan menawan. Fasilitas umum yang disediakan yakni pemanas air serta adanya lemari pendingin yang dapat digunakan para wisatawan dengan nyaman.

Selain itu, pada Hotel Nagoya ini juga memiliki fasilitas pelayanan yang baik kepada para pengunjung. Para staff yang bekerja di hotel ini sangat ramah sehingga membuat para wisatawan semakin betah untuk berlama-lama berlibur di lokasi wisata. Berbagai menu makanan yang tersedia di Hotel Nagoya ini juga terkenal dengan rasanya yang lezat di kalangan para wisatawan.

2. Redboorz Baloi Batam

Penginapan kedua yang tidak kalah menarik yakni Redboorz Baloi Batam. Penginapan ini memiliki harga sewa sekitar satu juta rupiah untuk setiap malamnya. Penginapan ini memberikan fasilitas yang cukup lengkap yang telah tersedia untuk para wisatawan. Banyak sekali wisatawan yang merekomendasikan penginapan ini. Selain fasilitasnya, penginapan ini juga terkenal dengan pelayanannya yang ramah.

3. KTM Resort Batam

Bagi anda yang senang berlibur dengan fasilitas penginapan yang mewah, anda harus memilih KTM Resort Batam ini. Penginapan ini merupakan hotel dengan fasilitas lengkap nan mewah yang hadir di Kota Batam. Bahkan terdapat taman hiburan menarik di dekat penginapan ini, yakni Mega Wisata Octarina Batam. Lokasi dari resort ini berada di Tepi Selat Singapura, berjarak 21 kilometer dari Resort Batam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas di Kawasan Pulau Belakang Padang
Image Credit: Google Maps Thecute Wild

Berbagai fasilitas lengkap terdapat di lokasi wisata Pulau Belakang Padang ini. Fasilitas berupa masjid dan vihara dapat digunakan dengan nyaman oleh para wisatawan untuk berwisata. Di kawasan pulau terdapat fasilitas becak atau pancung untuk mengelilingi pulau.

Selain itu, terdapat pula warung-warung yang menawarkan berbagai jenis makanan mulai dari hidangan khas melayu, kopi khas, hingga menu makanan umum di pulau ini.

Itulah beberapa informasi yang dijelaskan secara terperinci mengenai lokasi wisata Pulau Belakang Padang. Jadi ketika anda berkunjung ke Kepulauan Riau, anda juga wajib mengunjungi Kota Batam yang memiliki berbagai lokasi wisata menarik seperti pulau yang satu ini.