Pantai Marina salah satu destinasi wisata yang populer di Batam, Kepulauan Riau yang layak dieksplor keindahannya. Pantai pasir putih yang kaya pesona berada dalam resort mewah di kawasan Marina Water Front City.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 jam, Alamat: Jl. KH.Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Batam merupakan sebuah kepulauan yang terdapat sedikitnya 340 pulau kecil yang mengelilingi. Hal ini yang menyebabkan pulau tersebut juga memiliki banyak pantai yang cantik. Salah satunya yaitu Pantai Marina di Batam.

Pantai Marina adalah objek wisata air yang lokasinya berada di kawasan elit dan mewah. Area ini adalah Marina Water Front City. Sehingga bagi Anda yang mencari tempat wisata berupa pantai dengan kawasan VIP bersama keluarga, pasangan atau teman kerja, pantai cantik ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda.

Tersedia kedai-kedai yang tidak hanya menjual makanan ringan. Kedai tersebut juga menyediakan fresh seafood. Dimana makanan dan kuliner lainnya menjadi andalan di pinggir pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Ilyas Abdul Fikih)

1. Menyediakan Keindahan Pantai Terbaik

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Ombak pantai yang bagus dan cocok untuk mandi. Di sepanjang pinggir pantai tumbuh pohon kelapa yang melambai-lambai.

Selain indah, pengelolaan pantai Marina juga sangat baik. Sehingga pantai ini terlihat sangat bersih dan nyaman bagi setiap orang yang berkunjung. Banyak yang datang hanya sekedar untuk quality time bersama keluarga, kekasih maupun teman sekolah atau teman kerja.

Pantai cantik yang berlokasi di Batam tersebut adalah salah satu dari banyaknya pantai di Indonesia yang memiliki ciri khas yaitu tropical beach. Hal ini dikarenakan banyaknya pohon palem yang menghiasi di pinggir pantai.

2. Nuansa Pantai California

Ingin suasana pantai seperti pantai di California? Batam bisa menyediakan Anda pesona pantai tersebut. Pantai Marina, memiliki pemandangan indah dengan resort yang berjejer megah. Pantai apik bak wisata luar negeri ini dapat memastikan Anda akan terpesona saat pertama kali melihatnya.

Pantai itu sangat cocok dijadikan tempat refresing menenangkan pikiran dan hati. Angin yang berhembus sepoi menambah sejuknya lokasi pantai. Semakin membantu menenangkan pikiran.

Selain siang hari, saat malam hari pantai bak wisata luar negeri tersebut juga terlihat sangat indah dan cantik. Cahaya lampu yang berkilau dan berkelap kelip menambah kecantikan dari pantai itu. Dari kejauhan Anda dapat menyaksikan indahnya lampu yang menyala di Singapura.

Ini adalah bonus bagi para pengunjung yang datang saat malam hari. Dimana pantai yang terletak di bagian paling luar Indonesia ini memberikan pemandangan yang tidak kalah menarik dari pantai lainnya. Gemerlap lampu dari negeri seberang membuat pemandangan semakin indah dan romantis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Marina

Alamat Pantai Marina
Image Credit: Instagram.com @iroelphatonangy

Pantai ini berada di kawasan elit dan mewah. Sehingga Anda akan mudah untuk menemukan lokasi pantai tersebut. Dimana Pantai Marina berada di jalan KH Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, di Sekupang, batam. Jika sulit menemukan jalan tersebut, Anda bisa mengandalkan map melalui saluran internet Anda.

Anda bisa mengendarai sepeda motor maupun mobil menuju lokasi wisata pantai. Namun, bagi Anda yang kebetulan berasal dari luar daerah namun sangat ingin mengunjungi pantai tersebut. Anda bisa turun di Bandara kota yaitu Hang Nadim.

Dari bandara, hanya butuh 40 menit saja jika menggunakan transportasi umum. Jika berada di pusat kota Batam, Anda hanya akan menempuh waktu sekitar 30 menit saja. Sedangkan dari Singapura, hanya menghabiskan waktu satu jam dengan menggunakan Speedboat.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Marina Batam

Harga Tiket Pantai Marina
Image Credit: Facebook.com @inspirasikehidupan

Anda bebas mau datang ke pantai ini hari apa saja. Namun umumnya pantai akan ramai pada hari libur tanggal merah, hari sabtu dan hari minggu. Jika Anda ingin suasana yang lebih sepi maka datanglah pada weekdays.

Saat weekend Anda akan menikmati pantai pantai yang hanya didatangi oleh beberpa orang yang lalu lalang. Anda dapat bermain dan berseru-seruan di pantai sepuasnya.

Setiap orang atau pengunjung yang ingin masuk ke Pantai Marina akan diberikan tiket masuk. Dimana tiket masuk untuk sekali masuk yaitu sebesar Rp 6.000 saja. Untuk parkir kendaraan roda dua hanya dengan Rp 1.000 saja. Sedangkan untuk parkir mobil membayar parkir sebesar Rp 5.000.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Marina

Kegiatan di Pantai Marina
Image Credit: Instagram.com @limoto20

1. Hunting Foto Cantik

Lokasi pantai yang indah dan cantik ini memberikan lokasi-lokasi bagus yang dapat diandalkan. Dimana tempat-tempat tersebut dapat dijadikan tempat tempat berfoto yang instagenik.

Setiap detail lokasi pantai memberikan keindahan yang unik dan berbeda dari pantai lainnya. Sekeliling pantai memiliki nuansa alam yang indah. Anda bisa mengabadikan setiap kejadian dan momen yang dilakukan di pantai bagus ini.

Selain berfoto cantik untuk memperindah akun sosial media Anda. Di lokasi pantai Marina juga dijadikan lokasi foto prewedding. Dimana view pantai yang tidak kalah menarik ini menjadi tempat favorit untuk foto prewedding.

Ada beberapa sudut cantik yang sering dijadikan tempat berfoto prewedding di Pantai ini. salah satunya yaitu di atas Yacht, pinggir pantai dengan ombak yang menyapu kaki, pinggir pantai saat sunset, atau di depan resort mewah dan cantik.

2. Jalan-Jalan di Surga Alam Batam

Bagi beberapa pelancong, singgah di pantai ini tidak perlu berpikir dua kali. Karena keindahan alam pantainya yang memiliki pesona seperti surga membuat para pengunjung untuk ingin selalu datang.

Keasrian pantai Marina menyimpan keajaiban yang membuat siapa saja yang datang tersihir dibuatnya. Sehingga berjalan-jalan dan menghabiskan setengah jatah liburan lebih asik di lokasi pantai ini. Selain itu, saat weekend, beberapa orang-orang dari Singapura malah berkunjung ke pantai indah ini.

Lokasi pantai yang berada di kawasan resort megah membuat wisata bahari Pantai Marina juga memberikan kemegahan untuk lokasi yang tidak kalah cantiknya. Dari fasilitas umum yang lengkap dan bagus. Wahana bermain, lokasi olahraga, dan keindahan alamnya dapat dinikmati dengan budget terjangkau.

3. Menikmati Keindahan Sore

Bagi Anda pecinta sunset, di pantai ini menikmati sunset adalah kegiatan utama. Dimana, banyak para wisatawan datang berkunjung saat sore mulai menjemput. Saat-saat ini menjadi saat terbaik untuk menikmati sore.

Suasana sore terbaik dapat anda temukan di pantai ini. Itulah sebabnya, setiap sore di hari apa saja, Anda akan menemukan lokasi pantai itu selalu diramaikan oleh pengunjung.

4. Area Bermain Khusus Anak-Anak

Taman bermain ini dibuat khusus untuk anak-anak. Kegiatan menarik yang dilakukan oleh anak-anak adalah menghabiskan waktu di taman bermain.

Area bermain dilengkapi dengan fasilitas berupa ayunan, besi rintangan, jungkat-jungkit. Selain itu ada area yang luas yang bisa digunakan sebagai tempat bermain dan lari-larian seru.

Kegiatan Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Sanggam Manalu)

5. Olahraga di Sekitar Pantai

Di pinggir pantai tepat di dekat kawasan bermain anak-anak, tersedia beberapa fasilitas olahraga untuk orang dewasa. Beberapa pengunjung yang datang umumnya lebih memilih berolahraga.

Jika Anda ingin berolahraga dan menikmati keindahan pantai dalam satu waktu, Pantai Marina adalah pilihan utama untuk Anda. Di lokasi pantai tersebut, Anda dapat bersantai, menikmati keindahan pantai dan sekaligus dapat berolahraga.

6. Wisata Kuliner

Kedai-kedai yang ada di pinggir pantai ini seperti membawa kita ke wisata kuliner. Dimana tempat-tempat makan ini memberikan menu makanan tradisional. Selain itu tersedia makanan laut yang segar dan enak.

Dimana Anda bisa merequest cara pengolahan dari makanan tersebut. Misalkan Anda ingin hanya digoreng saja, di pepes atau di bakar. Selain itu ada makanan ringan dan banyak pilihan minuman.

7. Keliling Pantai dengan Menyewa Yacht

Berkeliling tengah laut Batam dengan menyewa Yacht adalah kegiatan menarik yang paling diminati oleh pengunjung. Penyewaan Yacht memberikan tarif yang lumayan menguras budget. Namun jika Anda menyukai kegiatan ini, maka Anda bisa menyewanya di para penduduk sekitar pantai.

Dengan menunggangi Yacht dan berkeliling pantai, Anda dapat menikmati keindahan sesungguhnya di tengah laut. Anda bisa menyaksikan pemandangan air laut yang cantik.

Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, berkeliling di tengah laut menggunakan perahu juga akan sama menyenangkan. Anda bisa menyewa perahu di warga sekitar yang tinggal di pinggir pantai.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Marina

Penginapan Pantai Marina
Image Credit: Pegipegi.com

1. Harris Resort Batam Waterfront

Lokasi penginapan ini berada satu kawasan dengan Pantai Marina yaitu jalan Ahmad Dahlan, Waterfront City, Batam. Anda tidak perlu mencari kendaraan lagi untuk menuju ke wisata pantai ini. Anda hanya perlu jalan beberapa langkah saja untuk sampai di lokasi pantai.

Saat bosan dengan suasana kamar, Anda hanya perlu keluar gedung resort maka akan terlihat Pantai di depan mata. Resort terdekat ini memberikan tarif sekitar Rp 730.000 untuk satu malam. Pembayaran tersebut tidak termasuk biaya sarapan. Namun Anda akan tetap menerima fasilitas umum lainnya.

2. KTM Resort Batam

Penginapan ini juga berapa di satu wilayah dengan Pantai Marina yaitu di Sekupang. Anda hanya perlu membayar Rp 495.000 untuk satu malam.

Penginapan mewah tersebut memberikan beberapa fasilitas umum untuk Anda. Bermalam di penginapan mewah ini akan menjadi salah satu momen yang menarik. Anda akan diberikan tawaran beberapa pilihan ruangan di resort tersebut.

3. Holiday Inn Resort Batam

Penginapan yang memberikan tarif bermalam sekitar Rp 926.000. Resort ini adalah sebuah Resort mewah dengan hotel bintang empat.

Penginapan ini memiliki ulasan yang sangat baik yaitu dengan penilaian excellent. Tentunya dengan penilaian tersebut, Anda tidak perlu ragu lagi untuk bermalam di resort tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina Batam

Fasilitas Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Reynhard Abadi)

Pihak pengelola Pantai Marina memberikan beberapa fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan dari pengunjung. salah satunya yaitu ada toilet umum, kamar mandi, tempat wudhu dan mushola. Selain itu ada tempat makan, ada area bermain, gazebo, tenda-tenda tempat berteduh yang cantik, dan ada area olahraga.

Fasilitas tersebut selalu dikelola dengan baik oleh penjaga dan pengelola pantai. Dimana kebersihan pantai, keamanan dan kenyamanan juga dijaga di tempat ini. Di kawasan wisata pantai juga terdapat sebuah pelabuhan. Dimana pelabuhan tersebut disediakan untuk bersandarnya kapal pesiar Mancanegara dan Yacht.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Marina yang primadona di Batam. Anda dapat menyempatkan waktu untuk berlibur atau hanya sekedar jalan-jalan ringan bersantai untuk menghilangkan penat.