Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi ketika mengisi waktu liburan yaitu Cipanas Cianjur. Alasannya tidak lain karena banyaknya tempat wisata dengan keindahan alam natural. Saat ini, anda bisa menjumpai puluhan tempat wisata di Cipanas Cianjur, pastinya tidak semua bisa anda kunjungi hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Cianjur masih termasuk sebagian kawasan puncak, jadi tidak salah jika destinasi wisata anda kali ini menuju kesana. Unggulan utama objek wisata dari daerah yang terkenal dengan penghasil beras ini yakni pesona alam yang menakjubkan. Apakah ada salah satu yang membuat anda segera ingin pergi kesana? Mari kita ulas satu persatu!

1. Curug Dengdeng Sukarama

Curug Dengdeng Sukarama
Image Credit: Google Maps Firman Curug dengdeng

Keindahan alam buatan hasil kerja sama masyarakat setempat dengan pemuda karang taruna ini menjadi destinasi pertama yang wajib anda kunjungi. Objek wisata yang lagi hits tahun ini menawarkan keindahan alam air terjun dengan bidang tanah miring yang penuh tantangan. Namun jangan khawatir, ada beberapa petugas yang siap membantu perjalanan anda hingga mencapai curug Dengdeng Sukarama teratas.

Alamat lengkap dari Curug Dengdeng yaitu terletak di Desa Sukarama, Bojong picung Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Untuk rute lokasinya terletak di daerah perbukitan, dimana anda harus berjalan kaki dari tempat parkir sekitar 3km.

Jalan yang harus dilalui tidak membosankan karena anda dihadirkan dengan pemandangan alam berupa hamparan sawah yang indah, juga menyebrangi sungai dengan jembatan bambu. Memang lumayan jauh, namun setidaknya semuanya terbayar dengan keindahan alam ketika sampai di lokasi.

Hingga saat ini, Curug Dengdeng Sukarama masih belum dikelola secara profesional. Harga masuk juga tergolong murah untuk sekelas wisata yang mempunyai keindahan alam menakjubkan. Cukup sediakan uang 5.000 rupiah untuk tiket masuk, serta tambahan ongkos parkir.

Sebagai wisata pesona alam dengan daya tarik air terjun, aktivitas yang menarik dilakukan yaitu berenang dan bermain air. Selain itu, silfie juga wajib dilakukan untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di curug Dengdeng Sukarama karena memang belum dikelola secara profesional. Setidaknya terdapat warung makan, mushola, kamar mandi, dan tempat istirahat yang nyaman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sukarama, Kec. Bojong picung Kab. Cianjur, Jawa barat.

2. Jangari Hills Cianjur

Jangari Hills Cianjur
Image Credit: Google Maps Cordova Eo

Bagi anda yang suka banget dengan aktivitas selfie, jangan sampai melewatkan tempat wisata di Cipanas Cianjur yang berlokasi di desa Bobojong ya! Jangari Hills namanya, dimana anda bakal disuguhkan hamparan kebun bunga yang indah dengan aneka warna. Menariknya, ada tempat khusus selfie yang bisa anda manfaatkan untuk mengambil foto dari berbagai sudut.

Beralamat di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rute Jangari Hills tergolong mudah dilalui. Tinggal langsung menuju arah timur setelah anda berada di jalur utama objek wisata Jangari. Ketika sampai ke ujung jalan, terdapat penunjuk jalan yang bisa anda ikuti.

Wisata Jangari Hills masih belum resmi dibuka hingga saat ini, jadi anda bisa bebas masuk di kawasan tersebut tanpa dikenakan biaya apapun. Namun untuk biaya masuk ke wisata Jangari, anda dikenakan tarif 5.000 rupiah per orang dan parkir motor serta mobil masing-masing 2.000 dan 5.000 rupiah.

Untuk sementara, kegiatan yang menarik dilakukan dari salah satu wisata Jangari ini tidak lain untuk selfie. Selain itu juga menarik untuk melakukan aktivitas pendakian karena letaknya di atas perbukitan. Menurut pihak pengelola, kedipannya akan ditambahkan wahana baru seperti paint ball, rumah makan apung, waterpark DLL.

Meskipun belum resmi dibuka, an dabisa menikmati fasilitas yang da saat ini. diantaranya adalah Café, Camping Ground, tangga pendakian dan juga toilet.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bobojong, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. Wisata Wachi Cianjur

Wisata Wachi Cianjur
Image Credit: Instagram Media Informasi Cianjur

Selanjutnya ada objek wisata dari dataran tinggi, yaitu Wisata Wachi. Supaya dapat memuaskan pemandangan alam dari ketinggian berbalut kabut, anda harus mencapai puncak bukit tertinggi ya! Terdpat tempat khusus yang cocok dijadikan spot foto dengan hasil sempurna. Jadi sebaiknya anda menyiapkan peralatan fotografi agar hasil foto tidak mengecewakan.

Jika anda tertarik dengan panorama alam yang disajikan, langsung saja menuju alamat Pagermaneuh, Tanggeung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Rute lokasi yang harus ditempuh lumayan berat, karena termasuk dataran bukit tinggi.

Biaya tiket masuk sebesar 6000 rupiah tergolong murah untuk kelas wisata alam yang menyajikan panorama indah. Pastikan anda datang antara pukul 08.00 – 18.00 sebagai jam operasionalnya.

Melihat dari keberadaan lokasinya, aktivitas yang menarik dilakukan yaitu foto selfie, pendakian dan petualang.

Jangan khawatir mengenai hal fasilitas, untuk mendapatkan hasil foto lebih menarik, terdapat fasilitas khusus seperti papan bentuk love, bintang, dan juga gardu bunga matahari.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margaluyu, Kec. Tanggeung, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Image Credit: Google Maps indra bayu permana

Wisata lain yang wajib dikunjungi jika anda berlibur di Cianjur yaitu Curug Cikondang. Daya tarik dari air terjun yang dinyatakan sebagai Niagara Mini oleh National Geographic ini tidak lain dari pemandangan alam yang indah.

Langsung saja ke lokasi Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat jika anda tertarik mengunjunginya. Rute yang harus dilalui cukup jauh, namun dengan pemandangan alam sekitar berupa kebun teh dan terasiring membuat anda bisa melupakan perihal jarak tersebut.

Jika belum berubah, harga tiket masuk sebesar 5000 rupiah per kepala. Jam buka wisata air terjun ini mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore setiap hari.

Seperti halnya wisata Curug lainnya, aktivitas yang cocok yaitu selfie, bermain air dan juga berenang. Khusus untuk aktivitas yang berhubungan dengan air dari curug Cikondang, sebaiknya anda berhati-hati karena diatas curug terdapat aktivitas penambangan emas tradisional.

Tersedia berbagai fasilitas penting seperti Mushola, area parkir dari halaman atau rumah warga, toilet dan juga rumah makan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

5. Waduk Jangari

Waduk Jangari
Image Credit: Google Maps Aripin Siregar

Waduk Jangari mempunyai daya tarik khusus bagi pecinta hewan air. Terdapat rumah apung dan keramba ikan dengan jumlah total ribuan. Namun hal penting yang membuat banyak pengunjung betah yaitu dari wisata kuliner yang disajikan dari bahan dasar utama ikan.

Masih di area lokasi Jangari, alamatnya berada di Kampung Jangari, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk rute lokasi, and pastinya tidak kesulitan mencarinya karena masih berada di kawasan wisata Jangari.

Dikenal juga dengan Tirta Jangari Mande, harga tiket masuk sebesar 15.000 rupiah dengan jam operasional setip hari pukul 08.00-17.00.

Tentu saja aktivitas yang menarik dilakukan yaitu selfie, wisata kuliner, dan juga berkeliling waduk menggunakan perahu. Terdapat fasilitas khusus untuk wisata waduk Jangari, yaitu sewa perahu, villa apung, juga aksi kesenian tradisional dari warga setempat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bobojong, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Curug Citambur

Curug Citambur
Image Credit: Google Maps Lets Explore

Wisata air terjun memang tidak ada matinya, kali ini ada juga Curug Citambur yang wajib anda kunjungi. Daya tarik utamanya yakni air terjun dengan suasana asri, sejuk dan diselimuti kabut.

Lebih baik langsung anda kunjungi Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat agar bisa menikmati suasana alam yang indah. Dari Bandung, langsung menuju ke Ciwidey hingga sampai ke Rancabali. Selanjutnya, ambil jalan Perkebunan Teh Sinumbra menuju kantor Desa Karang Jaya.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata tersebut, cukup sediakan uang receh sebear 3000 rupiah. Spot menarik curug Citambur ini cocok digunakan untuk aktivitas selfie dan bermain air, termasuk berenang.

Seperti halnya curug lainnya, fasilitas yang tersedia yaitu Mushola, warung makan, serta area parkir yang aman.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Curug Dadali

Curug Dadali
Image Credit: Google Maps UDAR1DER CHANNEL

Masih yang berhubungan dengan air terjun, kali ini ada Curug Dadali dilokasi yang sama, yaitu Cianjur. Daya tarik utamanya yakni dari lokasinya yang eksotis dengan ekosistem alam yang bervariasi.

Alamat lengkapnya di Kampung Lebaksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan, Jawa Barat, rute yang harus dilalui tidak sulit. Tempuh jarak sekitar 74km dari pusat kota Cianjur dengan kendaraan bermotor selama 3 jam. Dari terminal Sukanagara, silahkan ambil jalur menuju Situ Ciasmay hingga tujuan akhir ke Jalan Pasir Layung.

Belum dikelola secara resmi, jadi siapa pun bebas masuk tanpa biaya apapun. Paling cuma biaya parkir yang dititipkan di rumah warga setempat.

Hanya digunakan sebagai spot swafoto yang manrik dengan background keindahan alam menakjubkan. Untuk bermain air dan berenang tidak disarankan karena kedalaman dan debit air yang membahayakan.

Fasilitas yang tersedia yaitu area parkir, mushola, dan warung makan sebagai bekal perjalanan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waringinsari, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Wisata Pokland

Wisata Pokland
Image Credit: Google Maps Eka Hendri

Dari air terjun, kita beralih ke lokasi perhutanan. Wisata Pokland termasuk salah atau yang wajib dikunjungi dengan daya tarik berupa keindahan alam hutan pinus yang teduh. Dengan tanah seluas 30 hektar, banyak aktivitas yang cocok dilakukan, termasuk dalam hal foto selfie.

Lokasi atau alamat yang harus dituju yaitu Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. And bisa melalui rute Cianjur – Bandung karena lokasinya berada di rest area jembatan Citarum.

Cukup murah sebagai tempat wisata yang menyediakan banyak hiburan menarik. cukup bayar 6000 rupiah sebagai tiket masuk, bukan termasuk fasilitas di dulunya.

Cocok digunakan sebagai aktivitas selfie karena banyaknya spot yang tersedia. Diantaranya adalah rumah terbalik, payung tergantung, di tengah pohon pinus dan juga gardu pandang. Fasilitas yang disediakan dari Wisata Pokland cukup lengkap. area motocross, downhill, sepeda trail hingga taman bermain anak.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokas
Alamat: Haurwangi, Kec. Haurwangi, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara
Image Credit: Twitter eric Setiawan

Jauh dari polusi udara, Kebun Teh Sukanagara menjadi alternatif wisata unik namun tetap menarik. Daya tariknya dari pesona alam perkebunan teh yang membentang sepanjang mata memandang. Jika beruntung, kamu bisa melihat secara langsung proses menanam teh, pemetikan dan juga perawatannya.

Alamatnya berada di Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat jika anda tertarik mengunjunginya.

Hingga saat ini, anda tidak dikenakan tarif atau biaya tiket masuk. Ke depan mungkin bisa jadi berbeda jika wisata yang satu ini semakin prospek.

Melihat aktivitas perkebunan teh, mulai dari menanam hingga memetik pucuk daun teh. Selain itu, aktivitas yang pastinya sangat cocok yakni melakukan foto selfie atau bareng teman dan saudara.

Tidak ada fasilitas apapun hingga saat ini, hanya saja anda bisa menemukan tempat istirahat di tengah perkebunan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukakarya, Kec. Sukanagara, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Pantai Apra Cianjur

Pantai Apra Cianjur
Image Credit: Google Maps Sekitar Cianjur

Destinasi wisata terakhir dari Cianjur yaitu Pantai Apra. Berbeda dari semua jenis tempat yang ada sebelumnya, kali ini anda bisa menyaksikan panorama alam berupa laut lepas sebagai daya tarik utamanya.

Jangan sampai anda melewatkan lokasi yang satu ini, silahkan langsung menuju Desa Saganten, Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat. Jarak dari Alun-alun Sindangbarang sekitar 300m di sebelah selatan.

Tidak mahal untuk sekelas wisata pantai, hanya Rp. 5000, anda sudah diizinkan masuk lokasi.

Bermain pasir putih, swafoto, bermain air dan berenang merupakan aktivitas yang wajib dilakukan. Namun sebaiknya anda tetap berhati-hati karena ombak tinggi kerap datang beserta angin kencang.

Warung makan, toilet, serta area parkit yang luas merupakan fasilitas utama dari Pantai Apra Cianjur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Indonesia memang kaya akan keindahan alam, tempat wisata di Cipanas Cianjur diatas adalah salah satunya. Semoga informasi diatas bisa memberikan referensi bagi anda yang sedang mencari objek wisata terbaik ya!