Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Ziwa Besar, Ciloto, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi warga Jawa Barat pasti sudah tidak asing dengan Taman Wisata Alam Sevillage yang berlokasi di kawasan puncak Cianjur. Tempat wisata cantik ini memiliki konsep outdoor sebagai daya tarik utama, dengan beberapa fasilitas yang bisa dikunjungi seperti spot foto, glamping, cafe outdoor, tempat rekreasi dan beberapa fasilitas lainnya.

Dikarenakan lokasi wisata populer Cianjur ini berada di berada di puncak dan terletak tepat di kaki Gunung Gede Pangrango membuat banyak tumbuhan yang tumbuh subur di sekitarnya. Alhasil dengan adanya tumbuhan tersebut membuat udara di sekitar tempat wisata alam ini menjadi sangat sejuk dan segar.

Hal tersebut membuat banyak wisatawan yang mengunjungi salah satu tempat wisata populer di puncak Cianjur ini untuk melakukan healing atau refresing. Jam buka tempat Wisata Alam Sevillage sendiri adalah selama 24 jam, namun untuk kawasan rekreasi dan spot foto tutup sekitar jam 17.00 WIB, sedangkan untuk cafe outdoor baru buka di malam hari.

Daya Tarik Taman Wisata Alam Sevillage

Daya Tarik Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Google Maps a’zabira iyas

1. Alam

Berbicara soal daya tarik maka alam sekitar akan menjadi yang paling utama. Pasalnya dengan konsep outdoor jelas membuat pihak pengelola harus pintar-pintar merawat alam sekitar agar menghasilkan pemandangan yang indah dan suasana nyaman bagi wisatawan yang berkunjung.

Hal tersebut berhasil dilakukan oleh Taman Wisata Alam Sevillage, dimana dari lokasi wisata alam cantik ini anda dapat melihat indahnya Gunung Gede Pangrango dan hutan yang kaya akan pepohonan. Udara di lokasi wisata yang buka dari tahun 2019 ini juga sangat nyaman dan sejuk sehingga bisa membuat wisatawan melupakan permasalahan mereka sejenak.

2. Area Glamping

Glamping atau Glamour Camping merupakan istilah untuk sebuah tenda camping yang memiliki fasilitas super mewah. Wisata Alam Sevillage yang berlokasi di puncak Cianjur ini juga memiliki area yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkemah atau camping namun dengan fasilitas setara hotel bintang 5.

Area tersebut dinamakan area Glamping dengan 3 tipe tenda yaitu deluxe, suite, dan tenda keong. Semua tipe tersebut bisa menampung maksimal 4 orang namun yang membedakannya adalah fasilitas yang didapat. Dalam tenda tipe deluxe dan suite wisatawan akan mendapatkan tenda yang lengkap dengan kamar mandi dan dapur pribadi.

Di dalam kamar mandi dan dapur pribadi tersebut wisatawan juga sudah mendapatkan peralatan mandi dan peralatan masak yang lengkap. Selain itu wisatawan yang menggunakan tipe deluxe dan suite akan mendapatkan kasur ekstra dan sebuah tv LED untuk menemani malam mereka.

Beralih ke tipe tenda keong dimana fasilitas yang didapat sudah cukup nyaman kurang lebih mirip dengan tipe deluxe dan suite namun tidak memiliki kamar mandi dan dapur pribadi. Semua tipe Glamping tersebut juga memiliki balkon masing-masing untuk wisatawan dapat menikmati pemandangan sekitar.

3. Area Camping Biasa

Selain menawarkan fasilitas Glamping, tempat wisata alam menakjubkan ini juga memiliki area camping biasa yang bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin bermalam di alam bebas dengan peralatan apa adanya. Meskipun tidak semewah fasilitas yang ditawarkan Glamour Camping namun lokasi camping biasa ini sudah sangat bagus untuk golongan camping biasa.

Dimana anda bisa menemukan banyak lampu penerang yang membuat malam tidak terlalu terasa gelap dan ada juga lampu warna-warni yang membuat area sekitar menjadi lebih cantik. Bagi wisatawan yang tidak membawa peralatan camping namun ingin bermalam di area camping ini bisa menyewa peralatan camping di sekitar area tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Google Maps Helena lee

4. Wahana Permainan dan Spot Foto

Daya tarik berikutnya dari Taman Wisata Alam Sevillage adalah wahana permainan dan spot foto. Untuk lebih menarik minat wisatawan agar mau berlibur ke sini, maka pihak pengelola kemudian membangun beberapa wahana permainan seperti adrenalin swing, flying fox, skynest, sky tree, sky swing, helium 1, dan masih ada beberapa wahana seru lainnya.

Selain wahana permainan tersebut ada juga beberapa spot foto menarik yang bisa digunakan oleh wisatawan seperti ayunan raksasa, sky bike, helicopter, dan masih ada beberapa spot foto menarik lainnya. Dengan adanya spot foto ini juga membuat banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk berburu foto instagramable.

5. Cafe Kopi Kabut

Daya tarik terakhir wisata alam menawan ini adalah Cafe Kopi Kabut yang menggunakan konsep outdoor dengan pemandangan alam yang luar biasa cantik. Cafe cantik tersebut membuat anda bisa melihat indahnya Gunung Gede Pangrango, perumahan warga, sawah, kebun, hingga hutan dari kejauhan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Google Maps nanang Dijey

Lokasi Taman Wisata Alam Sevillage berada di kawasan puncak Cianjur, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya sendiri tergolong strategis karena berada tepat di kaki Gunung Gede Pangrango. Untuk rute perjalanan anda bisa dimulainya dari Taman Alun-Alun Cianjur di Jl. Ziwa Besar.

Jadi dari Jl. Ziwa Besar ambil jalur menuju pertigaan Jl. Otto Iskandar II kemudian belok kanan dan terus lurus sampai anda menemukan pertigaan Jl. Taifur Yusuf. Silahkan belok kiri di jalan tersebut dan lurus terus sampai anda menemukan bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur.

Dari bundaran tersebut silahkan ambil jalur keluar kedua menuju Jl. Ir. H. Juanda atau yang dikenal dengan nama Jl. Raya Puncak – Cianjur melewati Jl. Raya Cipanas, Jl. Raya Pacet, Jl. Sindanglaya Raya, Jl. Raya Ciawi – Cianjur dan tiba di pertigaan dekat penginapan Alam Asri (Sebelah kiri jalan).

Di pertigaan tersebut anda harus belok kiri dan belok kanan setelah menemukan pertigaan pertama maka anda akan sampai di lokasi tujuan yang berada tepat di ujung jalan. Panjang rute perjalanan dari Taman Alun-Alun Cianjur ke tempat wisata alam hits ini sendiri diperkirakan sekitar 26 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam 7 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Twitter Teras Muda Cianjur

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Taman Wisata Alam Sevillage harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang (untuk weekday) dan Rp 30.000 per orang (untuk weekend). Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya masuk wahana permainan dan spot foto yang masing-masing memiliki harga mulai dari Rp 10.000 per orang.

Ada juga paket 3 wahana dengan harga Rp 75.000 per orang, paket 6 wahana dengan harga Rp 110.000 per orang dan paket semua wahana sebesar Rp 150.000 per orang. Selanjutnya harga minimal untuk camping di Glamping tipe deluxe dan suite adalah Rp 1.000.000 per malam, tipe tenda keong Rp 700.000 per malam, dan di area biasa Rp 400.000 per malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Wisata Alam Sevillage

Aktivitas di Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Google Maps Setyo Aji

1. Camping

Berbicara soal kegiatan menarik maka camping merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh wisatawan ketika berlibur ke Taman Wisata Alam Sevillage. Selain karena adanya Glamping area yang menawarkan berbagai macam fasilitas camping kelas hotel bintang 5 saja namun ada juga area camping biasa yang menawarkan keindahan alamnya.

2. Berfoto

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di lokasi wisata cantik ini adalah berfoto. Berkat adanya keindahan alam mulai dari gunung, bukit, hutan, hingga perumahan warga yang bisa anda gunakan sebagai background foto membuat banyak wisatawan yang langsung mengeluarkan kamera mereka untuk berpose.

Belum lagi dengan adanya spot foto menarik yang disediakan oleh pihak pengelola seperti sky bike, helicopter, ayunan raksasa, dan beberapa spot foto menarik lainnya yang membuat jiwa narsis anda akan muncul seketika. Maka dari itu, pastikan anda sudah berfoto sebanyak mungkin agar ketika pulang nanti tidak menyesal karena kurang puas berfoto.

3. Menikmati Pemandangan Alam Sambil Merelaksasi Pikiran

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Taman Wisata Alam Sevillage adalah menikmati pemandangan alamnya yang luar biasa cantik sambil merelaksasikan pikiran. Dengan adanya pemandangan alam yang menakjubkan dapat membuat suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Apalagi dengan adanya banyak pepohonan di lokasi wisata hits ini membuat udara sekitarnya menjadi sejuk dan nyaman. Hal tersebut menambah suasana tenang dan damai bagi wisatawan yang bersantai, alhasil banyak orang yang melakukan relaksasi pikiran di lokasi wisata alam asal Kabupaten Cianjur ini.

Aktivitas Menarik di Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Google Maps Bernard Bernard

4. Mencoba Wahana Permainan yang Tersedia

Berikutnya anda bisa merasakan bagaimana keseruan bermain wahana permainan yang ada di dalam lokasi wisata alam eksotis ini. Terdapat beberapa wahana permainan populer yang bisa anda coba seperti flying fox, helium 1, skynest, sky tree, sky swing, dan masih ada beberapa wahana permainan seru lainnya yang bisa membuat anda berteriak.

5. Menyaksikan Indahnya Sunset

Terakhir anda juga bisa melihat indahnya sunset atau Matahari terbenam dari lokasi Wisata Alam Sevillage yang menawan ini. Pemandangan alam yang menakjubkan serta sang mentari yang perlahan mulai tenggelam dibalik bukit sambil mengubah warna langit menjadi merah kekuning-kuningan adalah sebuah momen menakjubkan yang wajib untuk disaksikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wisata Alam Sevillage
Image Credit: Instagram Enzi & Arka Tambunan

1. Area Parkir Kendaraan

Salah satu fasilitas utama yang akan anda jumpai pertama kali ketika memasuki tempat wisata alam yang buka di tahun 2019 ini adalah area parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi baik itu sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata sekalipun bisa memarkirkan kendaraan tersebut di area parkir kendaraan ini.

2. Toilet Umum

Fasilitas berikut yang dimiliki oleh Taman Wisata Alam Sevillage adalah toilet umum. Dengan adanya fasilitas ini dapat membantu wisatawan yang ingin membuang air besar atau kecil selama berlibur. Masalah privasi sudah terjamin karena toilet umum tersebut dibagi menjadi toilet umum pria dan toilet umum wanita.

3. Klinik

Terakhir ada klinik yang bisa digunakan oleh wisatawan yang mengalami cedera saat liburan. Fasilitas ini memang tidak selengkap rumah sakit namun sudah sangat cukup untuk memberikan pertolongan pertama kepada wisatawan yang mengalami cedera di lokasi wisata.

Demikian review mengenai Taman Wisata Alam Sevillage, sebuah tempat wisata yang mengandalkan keindahan alam sebagai daya tarik utamanya. Dijamin anda tidak akan menyesal ketika mengunjungi tempat wisata cantik ini karena selain pemandangannya yang menakjubkan fasilitas yang ditawarkan juga sudah sangat lengkap.