25 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Cianjur

Cianjur merupakan salah satu kota yang terdapat di Jawa Barat. Cianjur merupakan salah satu daerah yang termasuk kawasan puncak. Namun, hal tersebut tidak menjadikan Cianjur sebagai tempat yang jarang dikunjungi. Justru sebaliknya ramai didatangi oleh wisatawan.

Banyak sekali destinasi wisata yang dikembangkan di Kota Cianjur. Tidak hanya wisata puncak, wisatawan juga bisa menikmati wisata lainnya yang sudah dikembangkan di sini. Apalagi daerah ini memiliki pemandangan yang bagus dan udaranya yang sejuk sehingga para wisatawan betah untuk berlama-lama di sini.

Mengunjungi objek wisata favorit di Cianjur bisa dilakukan dengan teman, kerabat, keluarga, atau sendirian. Jika berkunjung ke Cianjur, pastikan untuk menyempatkan diri datang ke tempat wisatanya karena banyak destinasi wisata yang bagus untuk didatangi karena pesonanya yang indah. Berikut ini beberapa tempat yang bisa dijadikan bahan referensi untuk memilih Tempat Wisata di Cianjur, Jawa Barat.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Image Credit: Google Maps (RK Channel)

Taman yang memiliki luas 23 hektar ini merupakan taman bunga terbesar di Indonesia. Koleksi bunga yang terdapat di taman ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Bunga yang berasal dari Asia, Australia, Amerika Selatan hingga Afrikapun dapat Anda jumpai di taman ini.

Selain koleksi bunga, Anda juga dapat berjalan-jalan mengeliling berbagai macam taman yang dihias dengan tema yang beragam. Anda juga dapat bermain labirin di dalam taman bunga setinggi dua meter.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

2. Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga

Image Credit: Jajanbeken.com

Destinasi wisata yang berada di Cianjur yang satu ini menghadirkan tema yang sangat menarik untuk didatangi. Tempat wisata ini mengusung konsep gaya Venezia yang berada di Italia. Bangunan-bangunan yang ada juga dibuat semirip mungkin dengan bangunan khas Eropa.

Wisatawan dapat menikmati keindahan itu dengan berjalan kaki maupun menaiki perahu yang telah disediakan. Tempat wisata ini cocok dijadikan bahan spot foto yang cantik dan bagus. Banyak wahana lain yang tidak kalah seru, seperti banana boat, perahu naga, rubber boat, sepeda air, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas

Image Credit: Google Maps (Novianto)

Tidak hanya presiden dan pegawainya, ternyata masyarakat juga dapat mengunjungi Istana Kepresidenan Cipanas. Anda dapat mengunjungi istana ini dengan mengajukan permohonan kunjungan minimal tiga hari kerja sebelum kunjungan dengan minimal pengajuan 10 orang.

Tentu saja Anda harus mengikuti beberapa aturan dan ketentuan yang berlaku. Diantaranya ialah datang dengan pakaian yang rapih. Disana Anda akan berjalan jalan mengelilingi istana dipandu oleh seorang pemandu yang telah ditentukan oleh istana.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Cipanas No.105, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Curug Citambur

Curug Citambur

Image Credit: Curugcitambur2.blogspot.com

Kota Cianjur memiliki wisata alam yang sangat indah dan menarik. Salah satu wisata alam tersebut adalah Curug Citambur. Merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang sangat terkenal di kota ini. Destinasi wisata ini biasanya dikunjungi ramai-ramai dengan keluarga maupun teman.

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini, wisatawan perlu melewati perkebunan teh terhampar luas di area tersebut. Saat melewati kebun teh, tentu wisatawan akan merasakan hawa yang sejuk dan asri karena dikelilingi oleh hijaunya kebun teh. Ketika sudah sampai di Curug Citambur, wisatawan akan merasakan kesegaran dan keindahan air terjun yang mengalir.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

5. CMR GH Cianjur

CMR GH Cianjur

Image Credit: Google Maps (Yudi Guntara)

CMR GH merupakan singkatan dari Cimirung Gunung Hayam, yaitu destinasi wisata yang terletak di atas bukit. Disini Anda dapat bersantai menikmati pesona perbukitan dengan hamparan sawah luas di sekelilingnya. Anda dapat mengunjungi kawasan ini di saat matahari terbit ataupun matahari terbenam untuk mendapatkan foto yang spektakuler.

Selain foto dengan pemandangan alam, Anda juga dapat hunting foto dengan latar yang instagramable seperti di gardu pandang, sayap gagak, sangkar burung dan spot spot foto lainnya yang dapat Anda kunjungi di kawasan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarjaya, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Image Credit: Iklantravel.com

Salah satu tempat wisata yang sering didatangi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun turis adalah Pantai Jayanti. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang cukup populer di kawasan Cianjur. Pantai Jayanti terletak di 140 km dari pusat kota.

BACA:  Taman Bunga Nusantara, Objek Wisata Kekinian di Cianjur

Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan diperlihatkan bagaimana sejuk bagus dan eloknya pemandangan yang ada di sekitar pantai. Bunyi deburan ombak dan nikmatnya angin yang berhembus menjadikan wisatawan semakin menyukai tempat ini karena kesegaran yang dimilikinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Sungai Cikundul Cianjur

Sungai Cikundul Cianjur

Image Credit: Facebook.com @Kangfirmanhidayat

Selain pesona alamnya yang indah dan masih alami, Sungai Cikundul sudah sangat terkenal dengan wisata arum jeramnya. Disini Anda ditantang oleh arus deras dan bebatuan besar yang berada di sepanjang sungai.

Untuk menelusuri sungai ini dengan arum jeram, Anda harus memperhatikan beberapa hal ini. Yang pertama ialah Anda harus mengikuti instruksi dari pemandu arum jeram yang sudah berpengalaman. Selain itu Anda juga harus menggunakan alat pelindung yang lengkap disaat melakukan arum jeram ini.

Harga Tiket: Rp 80.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cijagang, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Wisata Wachi

Wisata Wachi

Image Credit: Telusurindonesia.id

Destinasi wisata ini termasuk tempat rekreasi yang baru di Kota Cianjur. Baru dibuka pada tahun 2018, destinasi wisata Wachi menjadi objek wisata yang menarik untuk didatangi. Wisata Wachi merupakan wisata yang memiliki gaya kekinian dengan menghadirkan pemandangan alam yang cantik.

Untuk bisa berada di destinasi wisata ini, para wisatawan diharuskan untuk naik ke puncak bukit agar bisa sampai ke tempat wisata Wachi. Disana juga tersedia banyak spot foto yang bagus sehingga wisatawan dapat mengabadikan diri jika sudah berkunjung ke sana.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagermaneuh, Tanggeung, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Image Credit: Kuningandistrict.blogspot.com

Saat berada di Cianjur, pastikan untuk bisa menyempatkan diri mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Kebun raya ini termasuk salah satu destinasi wisata terbaik di Kota Cianjur. Menghadirkan keindahan alam yang masih terjaga kelestariannya membuat tempat wisata ini sangat cocok didatangi dengan keluarga.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sambil beristirahat sejenak untuk melepas penat. Anak-anak bisa bermain di hamparan rumput hijau yang terbentang luas. Selain itu, wisatawan juga bisa merefleksikan dan menenangkan diri dari segala aktivitas yang dilalui sehari-hari.

Harga Tiket: Rp 16.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Situs Megalitikum Gunung Kasur

Situs Megalitikum Gunung Kasur

Image Credit: Google Maps (Yuli Siti Fatma)

Selain pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, Gunung Kasur dipercaya sebagai makam kuno pendiri Kerajaan Cianjur pada jaman dahulu. Gunung yang memiliki tinggi 1.080 meter di atas permukaan laut ini juga berisi situs peninggalan prasejarah. Beberapa ahli memperkirakan situs ini ada sekitar era megalitikum.

Anda juga dapat melihat beberapa lempengan batu yang berbentuk bantal dan guling, mirip seperti hamparan kasur dan juga sebuah bekas telapak kaki raksasa. selain itu Anda dapat mengunjungi makam Eyang Jaya Paksi, yang menurut warga setempat dipercaya sebagai keturunan dari kerajaan Banten.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gadog, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat..

11. Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara

Image Credit: Apakabarcianjur.blogspot.com

Jika menyukai pemandangan alam yang indah dan menikmati kesegaran dan sejuknya udara di Cianjur, maka destinasi wisata Kebun Teh Sukanagara menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Kebun Teh Sukanagara menghadirkan pemandangan perkebunan yang hijau, alami, dan sejuk sehingga wisatawan akan merasa betah di sana.

Wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatan teh mulai dari memetik daun teh hingga dihidangkan menjadi teh yang biasanya diminum di kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu akan menjadi pembelajaran yang baik dan menambah ilmu. Terdapat juga area yang digunakan untuk outbound sehingga para pengunjung tidak akan merasa bosan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciguha Sukanagara, Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

12. The Jhon’s Aquatic Resort

The Jhon's Aquatic Resort

Image Credit: Google Maps (Afkar Hilmansyah)

Selain wisata alam, Anda juga dapat mengunjungi wahana wisata yang berada di Jhon’s Aquatiq Resort. Anda dapat mengikuti wahana yang menguji adrenalin seperti flying fox, high rope, trampolin hingga water sport seperti water ball dan rubber board hingga wahana yang santai seperti sepeda air, sand castle dan mandi bola.

Anda juga dapat bermain di wahana waterboom yang menarik dengan berbagai permainan anak di dalamnya. Selain permainan anak, Anda dapat bersantai di lazy river, mandi air panas di jacuzzi beserta berbagai fasilitas kolam renang lainnya. Dan tentu saja Anda dapat menginap di resort in.

BACA:  Bukit Baros, Menikmati Keindahan & Kesejukan Hutan Pinus di Sukabumi
Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kp. Pasir Tangkil, Babakankaret, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

13. Gunung Gede

Gunung Gede

Image Credit: Cianjurkab.go.id

Bagi orang yang sangat menyukai perjalanan menjelajah alam dan mendaki, maka Gunung Gede menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi. Banyak wisatawan yang setiap pekannya mendaki Gunung Gede yang memiliki tinggi sekitar 3000 meter.

Saat sudah mencapai puncak, wisatawan akan dihadapkan dengan panorama alam yang indah dan menyejukkan. Gunung Gede sendiri termasuk dalam lingkup Taman Nasional yang terkenal di Cianjur yaitu Taman Nasional Gede Pangrango. Menariknya, Gunung Gede ini terletak di 3 kabupaten yang berbeda, yaitu Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Bogor.

Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

14. Curug Cikondang

Curug Cikondang

Image Credit: Google Maps (Miss Nunik Channel)

Niagara mini, salah satu julukan bagi Curug Cikondang. Tebingnya yang tinggi dan lebar membuatnya mirip dengan air terjun paling luas di dunia ini. Air yang mengalir dari atas tebing menyusuri batu batu yang besar terlihat indah dan megah membuat wisatawan membanjiri kawasan ini.

Perjalanan Anda menuju air terjun akan ditemani dengan pemandangan alam yang indah. Hamparan kebun teh yang hijau dengan udara yang sejuk akan menghilangkan lelah Anda sepanjang perjalanan hingga sampai di tujuan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

15. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Image Credit: Ikons.id

Selain menghadirkan wisata alam, Kota Cianjur juga memiliki wisata edukasi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata edukasi tersebut adalah Situs Gunung Padang. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan disini untuk menambah ilmu pengetahuan.

Situs Gunung Padang memiliki batuan yang berasal dari zaman Megalitikum dan ada juga punden berundak. Hal ini tentu akan menjadi pembelajaran bagi wisatawan karena bisa mengenali situs peninggalan zaman dahulu. Situs Gunung Padang sendiri terletak di Desa Karyamukti. Untuk bisa menemukan Objek Wisata di Cianjur ini, wisatawan diharuskan untuk naik ke sebuah bukit yang yang memiliki ketinggian sekitar 885 mpdl.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

16. Curug Ciismun

Curug Ciismun

Image Credit: Google Maps (Ibraaa Sh)

Curug Ciismun merupakan salah satu air terjun yang berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Curug ini sangat indah. Lelah selama perjalanan menuju air terjun ini terbayarkan dengan air yang mengalir dari tebing yang tinggi diiringi dengan bebatuan yang berwarna hitam di sekitarnya.

Kawasan ini masih asri dan banyak ditumbuhi dengan pepohonan yang rimbun. Selain berfoto-foto, Anda dapat bermain air dibawah air terjun ini. Tentu saja Anda tetap harus berhati-hati karena batu batu di sekitarnya besar dan licin.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: CekLokasi
Alamat: Jl. Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

17. Pantai Apra

Pantai Apra

Image Credit: Cianjurekspres.net

Selain Pantai Jayanti, ada juga Pantai Apra yang menarik untuk dikunjungi dengan teman maupun keluarga. Pantai Apra biasanya berombak besar dan memiliki angin yang kencang sehingga sangat cocok digunakan untuk berselancar. Selain itu, melihat panorama alam berupa sunset atau matahari terbenam juga sangat cocok dilakukan saat mengunjungi pantai ini.

Banyak pengunjung yang berdatangan pada sore hari untuk bisa menikmati pemandangan terbenamnya matahari dan mengabadikannya ke dalam kamera mereka. Selain itu, Wisatawan juga biasanya nongkrong bersama teman-temannya di pinggir pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Saganten, Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

18. Green Apple Garden

Green Apple Garden

Image Credit: Google Maps (Sewa Vila Puncak)

Green Apple Garden ialah kawasan villa ang dibangun di bawah Gunung Kasur. Kawasan ini sudah tertata rapih tanpa mengurangi suasana pegunungan yang tenang. Disini Anda dapat menginap di villa-villa yang tertata seperti perumahan.

Selain deretan villa, Anda juga dapat berkunjung ke kolam yang berada di tengah-tengah kawasan villa eksklusif ini. Anda dapat menikmati suasana pegunungan yang tenang dan asri di sepanjang kunjungan Anda ke kawasan ini.

Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gadog, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

19. Telaga Biru

Telaga Biru

Image Credit: Muliaprabowo.blogspot.com

Salah satu destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Telaga Biru. Telaga ini merupakan salah satu primadona wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Kota Cianjur, yaitu Gunung Gede. Disini, wisatawan akan menyaksikan keindahan telaga biru yang sangat bagus untuk dikunjungi.

BACA:  15 Wisata Pantai di Garut Paling Hits Dikunjungi

Di Telaga Biru, terdapat beberapa ikan yang suka mendekat saat ada wisatawan yang berkunjung ke sana. Telaga ini memiliki ukuran sebesar 5 hektar sehingga lumayan kecil untuk seukuran danau. Telaga ini memiliki warna air tampak kebiruan karena diterpa oleh sinar matahari dan air tersebut ditutupi oleh banyak ganggang biru.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

20. Wana Wisata Mandalawangi

Wana Wisata Mandalawangi

Image Credit: Mandalawangicibodas.com

Destinasi wisata ini terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Pacet. Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan alam yang indah disertai banyaknya tumbuhan dan hewan yang hidup di sana. Destinasi wisata ini dekat dengan stasiun sehingga banyak akses untuk menuju ke sana.

Lokasi Wana Wisata Mandalawangi terletak 25 km dari pusat Cianjur. Mengunjungi Wana wisata ini sangat cocok dilakukan bersama keluarga. Wisatawan dapat menaiki perahu yang telah disediakan untuk bisa melihat pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Selain itu, banyak wisatawan yang membangun tenda sehingga cocok digunakan untuk liburan bersama orang-orang terdekat.

Harga Tiket: Rp 9.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukatani, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

21. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Image Credit: Allindonesiatourism.com

Selain Curug Citambur, di Kota Cianjur juga terdapat Curug Cibeureum yang menarik dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Merupakan salah satu wisata alam yang memiliki 3 air terjun yang sangat cantik untuk dilihat. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun utama, yaitu Curug Cibeureum, Curug Cidendeng, dan Curug Cikundul.

Diantara kedunya, Curug Cibeureum merupakan air mancur terbesar dan terpendek. Tinggi Curug Cibeureum hanya berkisar 40 meter. Curug ini memiliki aliran yang air yang cukup deras sehingga wisatawan perlu berhati-hati saat berada di sana. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk sekedar menikmati panorama alam yang indah dan sejuknya pemandangan.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

22. Alun-alun Suryakencana

Alun-alun Suryakencana

Image Credit: Indonesiaexpat.biz

Banyak penduduk lokal yang sudah tidak asing dengan destinasi wisata yang satu ini. Alun-alun Suryakencana merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki pemandangan alam yang indah. Alun-alun ini berupa dataran yang luasnya sekitar 50 hektar. Menariknya, dataran ini juga ditutupi oleh hamparan bunga cantik edelweiss.

Alun-alun Suryakencana berada di ketinggian sekitar 2.750 mdpl sehingga hawa yang dihadirkan tentu saja sejuk dan asri. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk menikmati waktu liburan, bermain dengan keluarga, maupun mengoleksi foto perjalanan pribadi mereka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: TNGGP Cibodas, Sukamulya, Cugenang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

23. Puncak Rindu Alam

Puncak Rindu Alam

Image Credit: Idntimes.com

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi di Kota Cianjur adalah Puncak Rindu Alam. Tempat wisata ini menghadirkan panorama alam yang masih tradisional di tengah hamparan perkebunan hijau yang luas. Disini, wisatawan dapat dengan mudah menikmati keindahan alam baik pegunungan dan perbukitan sehingga waktu liburan akan sangat menyenangkan.

Fasilitas yang disediakan di Puncak Rindu Alam juga cukup lengkap seperti adanya Masjid untuk ibadah bagi yang beragama Muslim dan ada juga tempat makan sehingga wisatawan tidak perlu cemas dengan waktu makan mereka. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi dengan keluarga karena suasananya yang nyaman dan tenang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

24. Curug Luhur

Curug Luhur

Image Credit: Ngadem.com

Destinasi wisata ini jarang diketahui oleh wisatawan, namun memiliki panorama alam yang indah. Jika Anda menyukai perjalanan untuk mengetahui seluk beluk kota Cianjur yang jarang terekspos, maka datang ke Curug Luhur menjadi pilihan yang tepat. Curug Luhur sendiri memiliki lokasi yang sedikit tersembunyi sehingga masih banyak orang yang tidak tahu dengan tempat wisata ini.

Curug Luhur sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin sejenak menghindarkan diri dari keramaian kota. Selain itu, Curug Luhur juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah sehingga orang akan merasa betah berlama-lama di sini. Anda bisa menikmati air terjun disertai pemandangan pepohonan yang hijau yang menarik untuk dilihat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pamoyanan, Batulawang, Cibinong, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

25. Wisata Pokland

Wisata Pokland

Lokasi:  – Image Credit by Instagram @yusihamzah

Wisata Pokland merupakan salah satu Destinasi Wisata di Cianjur yang ramai dibicarakan di sosial media. Tempat wisata ini awalnya hanya berupa hutan pinus yang hanya dijadikan sebagai tempat pengumpulan bahan material dan kerajinan tangan. Namun, lama-kelamaan Pokland dijadikan sebagai destinasi wisata karena banyaknya para remaja yang melakukan foto disana.

Maka dari itu, pemerintah meresmikan Pokland sebagai destinasi wisata ditambah dengan fasilitas untuk spot foto yang bagus dan cantik seperti rumah terbalik, payung gantung, dan masih banyak lagi. disana juga disediakan rumah pohon untuk menarik lebih banyak wisatawan agar berkunjung.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Haurwangi, Kec. Haurwangi, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Itulah 25 tempat wisata yang bisa dijadikan referensi saat berlibur ke Kota Cianjur. Dengan begitu, Anda akan mengetahui dimana lokasi-lokasi wisata lain yang belum pernah terdengar di Kota Cianjur sehingga destinasi wisata tersebut dapat dikunjungi.