16 Tempat Wisata di Cianjur

Cianjur merupakan salah satu kota yang terdapat di Jawa Barat. Cianjur merupakan salah satu daerah yang termasuk kawasan puncak. Namun, hal tersebut tidak menjadikan Cianjur sebagai tempat yang jarang dikunjungi. Justru sebaliknya ramai didatangi oleh wisatawan.

Banyak sekali destinasi wisata yang dikembangkan di Kota Cianjur. Tidak hanya wisata puncak, wisatawan juga bisa menikmati wisata lainnya yang sudah dikembangkan di sini. Apalagi daerah ini memiliki pemandangan yang bagus dan udaranya yang sejuk sehingga para wisatawan betah untuk berlama-lama di sini.

Mengunjungi objek wisata favorit di Cianjur bisa dilakukan dengan teman, kerabat, keluarga, atau sendirian. Jika berkunjung ke Cianjur, pastikan untuk menyempatkan diri datang ke tempat wisatanya karena banyak destinasi wisata yang bagus untuk didatangi karena pesonanya yang indah. Berikut ini beberapa tempat yang bisa dijadikan bahan referensi untuk memilih Tempat Wisata di Cianjur, Jawa Barat.

1. Little Venice Kota Bunga

Little Venice Kota Bunga

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Jajanbeken.com

Destinasi wisata yang berada di Cianjur yang satu ini menghadirkan tema yang sangat menarik untuk didatangi. Tempat wisata ini mengusung konsep gaya Venezia yang berada di Italia. Bangunan-bangunan yang ada juga dibuat semirip mungkin dengan bangunan khas Eropa.

Wisatawan dapat menikmati keindahan itu dengan berjalan kaki maupun menaiki perahu yang telah disediakan. Tempat wisata ini cocok dijadikan bahan spot foto yang cantik dan bagus. Banyak wahana lain yang tidak kalah seru, seperti banana boat, perahu naga, rubber boat, sepeda air, dan masih banyak lagi.

2. Curug Citambur

Curug Citambur

Lokasi: Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Curugcitambur2.blogspot.com

Kota Cianjur memiliki wisata alam yang sangat indah dan menarik. Salah satu wisata alam tersebut adalah Curug Citambur. Merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang sangat terkenal di kota ini. Destinasi wisata ini biasanya dikunjungi ramai-ramai dengan keluarga maupun teman.

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini, wisatawan perlu melewati perkebunan teh terhampar luas di area tersebut. Saat melewati kebun teh, tentu wisatawan akan merasakan hawa yang sejuk dan asri karena dikelilingi oleh hijaunya kebun teh. Ketika sudah sampai di Curug Citambur, wisatawan akan merasakan kesegaran dan keindahan air terjun yang mengalir.

3. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Iklantravel.com

Salah satu tempat wisata yang sering didatangi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun turis adalah Pantai Jayanti. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang cukup populer di kawasan Cianjur. Pantai Jayanti terletak di 140 km dari pusat kota.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan diperlihatkan bagaimana sejuk bagus dan eloknya pemandangan yang ada di sekitar pantai. Bunyi deburan ombak dan nikmatnya angin yang berhembus menjadikan wisatawan semakin menyukai tempat ini karena kesegaran yang dimilikinya.

4. Wisata Wachi

Wisata Wachi

Lokasi: Pagermaneuh, Tanggeung, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Telusurindonesia.id

Destinasi wisata ini termasuk tempat rekreasi yang baru di Kota Cianjur. Baru dibuka pada tahun 2018, destinasi wisata Wachi menjadi objek wisata yang menarik untuk didatangi. Wisata Wachi merupakan wisata yang memiliki gaya kekinian dengan menghadirkan pemandangan alam yang cantik.

Untuk bisa berada di destinasi wisata ini, para wisatawan diharuskan untuk naik ke puncak bukit agar bisa sampai ke tempat wisata Wachi. Disana juga tersedia banyak spot foto yang bagus sehingga wisatawan dapat mengabadikan diri jika sudah berkunjung ke sana.

5. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Kuningandistrict.blogspot.com

Saat berada di Cianjur, pastikan untuk bisa menyempatkan diri mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Kebun raya ini termasuk salah satu destinasi wisata terbaik di Kota Cianjur. Menghadirkan keindahan alam yang masih terjaga kelestariannya membuat tempat wisata ini sangat cocok didatangi dengan keluarga.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sambil beristirahat sejenak untuk melepas penat. Anak-anak bisa bermain di hamparan rumput hijau yang terbentang luas. Selain itu, wisatawan juga bisa merefleksikan dan menenangkan diri dari segala aktivitas yang dilalui sehari-hari.

6. Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara

Lokasi: Ciguha Sukanagara, Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Apakabarcianjur.blogspot.com

Jika menyukai pemandangan alam yang indah dan menikmati kesegaran dan sejuknya udara di Cianjur, maka destinasi wisata Kebun Teh Sukanagara menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Kebun Teh Sukanagara menghadirkan pemandangan perkebunan yang hijau, alami, dan sejuk sehingga wisatawan akan merasa betah di sana.

Wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatan teh mulai dari memetik daun teh hingga dihidangkan menjadi teh yang biasanya diminum di kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu akan menjadi pembelajaran yang baik dan menambah ilmu. Terdapat juga area yang digunakan untuk outbound sehingga para pengunjung tidak akan merasa bosan.

7. Gunung Gede

Gunung Gede

Lokasi: Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Cianjurkab.go.id

Bagi orang yang sangat menyukai perjalanan menjelajah alam dan mendaki, maka Gunung Gede menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi. Banyak wisatawan yang setiap pekannya mendaki Gunung Gede yang memiliki tinggi sekitar 3000 meter.

Saat sudah mencapai puncak, wisatawan akan dihadapkan dengan panorama alam yang indah dan menyejukkan. Gunung Gede sendiri termasuk dalam lingkup Taman Nasional yang terkenal di Cianjur yaitu Taman Nasional Gede Pangrango. Menariknya, Gunung Gede ini terletak di 3 kabupaten yang berbeda, yaitu Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Bogor.

8. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Lokasi: Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Ikons.id

Selain menghadirkan wisata alam, Kota Cianjur juga memiliki wisata edukasi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata edukasi tersebut adalah Situs Gunung Padang. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan disini untuk menambah ilmu pengetahuan.

Situs Gunung Padang memiliki batuan yang berasal dari zaman Megalitikum dan ada juga punden berundak. Hal ini tentu akan menjadi pembelajaran bagi wisatawan karena bisa mengenali situs peninggalan zaman dahulu. Situs Gunung Padang sendiri terletak di Desa Karyamukti. Untuk bisa menemukan Objek Wisata di Cianjur ini, wisatawan diharuskan untuk naik ke sebuah bukit yang yang memiliki ketinggian sekitar 885 mpdl.

9. Pantai Apra

Pantai Apra

Lokasi: Saganten, Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Cianjurekspres.net

Selain Pantai Jayanti, ada juga Pantai Apra yang menarik untuk dikunjungi dengan teman maupun keluarga. Pantai Apra biasanya berombak besar dan memiliki angin yang kencang sehingga sangat cocok digunakan untuk berselancar. Selain itu, melihat panorama alam berupa sunset atau matahari terbenam juga sangat cocok dilakukan saat mengunjungi pantai ini.

Banyak pengunjung yang berdatangan pada sore hari untuk bisa menikmati pemandangan terbenamnya matahari dan mengabadikannya ke dalam kamera mereka. Selain itu, Wisatawan juga biasanya nongkrong bersama teman-temannya di pinggir pantai.

10. Telaga Biru

Telaga Biru

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Muliaprabowo.blogspot.com

Salah satu destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Telaga Biru. Telaga ini merupakan salah satu primadona wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Kota Cianjur, yaitu Gunung Gede. Disini, wisatawan akan menyaksikan keindahan telaga biru yang sangat bagus untuk dikunjungi.

Di Telaga Biru, terdapat beberapa ikan yang suka mendekat saat ada wisatawan yang berkunjung ke sana. Telaga ini memiliki ukuran sebesar 5 hektar sehingga lumayan kecil untuk seukuran danau. Telaga ini memiliki warna air tampak kebiruan karena diterpa oleh sinar matahari dan air tersebut ditutupi oleh banyak ganggang biru.

11. Wana Wisata Mandalawangi

Wana Wisata Mandalawangi

Lokasi: Sukatani, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Mandalawangicibodas.com

Destinasi wisata ini terletak di Desa Rarahan, Kecamatan Pacet. Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan alam yang indah disertai banyaknya tumbuhan dan hewan yang hidup di sana. Destinasi wisata ini dekat dengan stasiun sehingga banyak akses untuk menuju ke sana.

Lokasi Wana Wisata Mandalawangi terletak 25 km dari pusat Cianjur. Mengunjungi Wana wisata ini sangat cocok dilakukan bersama keluarga. Wisatawan dapat menaiki perahu yang telah disediakan untuk bisa melihat pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Selain itu, banyak wisatawan yang membangun tenda sehingga cocok digunakan untuk liburan bersama orang-orang terdekat.

12. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Lokasi: Desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Allindonesiatourism.com

Selain Curug Citambur, di Kota Cianjur juga terdapat Curug Cibeureum yang menarik dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Merupakan salah satu wisata alam yang memiliki 3 air terjun yang sangat cantik untuk dilihat. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun utama, yaitu Curug Cibeureum, Curug Cidendeng, dan Curug Cikundul.

Diantara kedunya, Curug Cibeureum merupakan air mancur terbesar dan terpendek. Tinggi Curug Cibeureum hanya berkisar 40 meter. Curug ini memiliki aliran yang air yang cukup deras sehingga wisatawan perlu berhati-hati saat berada di sana. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk sekedar menikmati panorama alam yang indah dan sejuknya pemandangan.

13. Alun-alun Suryakencana

Alun-alun Suryakencana

Lokasi: TNGGP Cibodas, Sukamulya, Cugenang, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Indonesiaexpat.biz

Banyak penduduk lokal yang sudah tidak asing dengan destinasi wisata yang satu ini. Alun-alun Suryakencana merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki pemandangan alam yang indah. Alun-alun ini berupa dataran yang luasnya sekitar 50 hektar. Menariknya, dataran ini juga ditutupi oleh hamparan bunga cantik edelweiss.

Alun-alun Suryakencana berada di ketinggian sekitar 2.750 mdpl sehingga hawa yang dihadirkan tentu saja sejuk dan asri. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk menikmati waktu liburan, bermain dengan keluarga, maupun mengoleksi foto perjalanan pribadi mereka.

14. Puncak Rindu Alam

Puncak Rindu Alam

Lokasi: Desa Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Idntimes.com

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi di Kota Cianjur adalah Puncak Rindu Alam. Tempat wisata ini menghadirkan panorama alam yang masih tradisional di tengah hamparan perkebunan hijau yang luas. Disini, wisatawan dapat dengan mudah menikmati keindahan alam baik pegunungan dan perbukitan sehingga waktu liburan akan sangat menyenangkan.

Fasilitas yang disediakan di Puncak Rindu Alam juga cukup lengkap seperti adanya Masjid untuk ibadah bagi yang beragama Muslim dan ada juga tempat makan sehingga wisatawan tidak perlu cemas dengan waktu makan mereka. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi dengan keluarga karena suasananya yang nyaman dan tenang.

15. Curug Luhur

Curug Luhur

Lokasi: Pamoyanan, Batulawang, Cibinong, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Ngadem.com

Destinasi wisata ini jarang diketahui oleh wisatawan, namun memiliki panorama alam yang indah. Jika Anda menyukai perjalanan untuk mengetahui seluk beluk kota Cianjur yang jarang terekspos, maka datang ke Curug Luhur menjadi pilihan yang tepat. Curug Luhur sendiri memiliki lokasi yang sedikit tersembunyi sehingga masih banyak orang yang tidak tahu dengan tempat wisata ini.

Curug Luhur sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin sejenak menghindarkan diri dari keramaian kota. Selain itu, Curug Luhur juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah sehingga orang akan merasa betah berlama-lama di sini. Anda bisa menikmati air terjun disertai pemandangan pepohonan yang hijau yang menarik untuk dilihat.

16. Wisata Pokland

Wisata Pokland

Lokasi: Haurwangi, Kec. Haurwangi, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Instagram @yusihamzah

Wisata Pokland merupakan salah satu Destinasi Wisata di Cianjur yang ramai dibicarakan di sosial media. Tempat wisata ini awalnya hanya berupa hutan pinus yang hanya dijadikan sebagai tempat pengumpulan bahan material dan kerajinan tangan. Namun, lama-kelamaan Pokland dijadikan sebagai destinasi wisata karena banyaknya para remaja yang melakukan foto disana.

Maka dari itu, pemerintah meresmikan Pokland sebagai destinasi wisata ditambah dengan fasilitas untuk spot foto yang bagus dan cantik seperti rumah terbalik, payung gantung, dan masih banyak lagi. disana juga disediakan rumah pohon untuk menarik lebih banyak wisatawan agar berkunjung.

Itulah 16 tempat wisata yang bisa dijadikan referensi saat berlibur ke Kota Cianjur. Dengan begitu, Anda akan mengetahui dimana lokasi-lokasi wisata lain yang belum pernah terdengar di Kota Cianjur sehingga destinasi wisata tersebut dapat dikunjungi.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak