Harga Tiket: Rp 16.500, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kawasan konservasi berbagai jenis flora sekaligus tempat wisata ini, terletak di wilayah perbukitan daerah Bogor, Jawa Barat. Masyarakat luas sering menyebutnya Kebun Raya Cibodas, selain terkenal karena lingkungan yang sejuk khas perbukitan, lokasi tersebut juga banyak didatangi oleh wisatawan umum.

Tempat yang dulunya sebuah perkebunan milik Belanda ini, kini berubah menjadi tempat wisata yang menyediakan beragam wahana permainan. Anda beserta keluarga pun akan dimanjakan oleh keseruan dari berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata tersebut.

Jika anda sedang berencana menghabiskan waktu liburan di tempat wisata dengan suguhan alam terbuka, maka kawasan konservasi flora Kebun Raya Cibodas dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini ada beragam informasi mengenai lokasi wisata tersebut, mulai dari harga tiket, daya tarik, hingga rute perjalanan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Cibodas

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Twitter.com @beautyjournalid

1. Sebagai Tempat Konservasi Flora

Lokasi wisata ini dibangun pertama kali dengan tujuan utamanya sebagai tempat untuk menanam buah kina pada masa kolonial Belanda. Hal ini dibenarkan sendiri oleh pihak tempat wisata melalui sebuah kilas sejarah yang menceritakan awal mula berdirinya tempat wisata tersebut.

Namun karena buah kina tidak cocok ditanam pada ketinggian lebih dari 1200 mdpl, maka tempat tersebut dialih fungsikan sebagai lokasi penanaman flora endemik Nusantara. Seiring berjalannya waktu, koleksi flora endemik tersebut menjadi semakin banyak dan bertambah jenis-jenis baru yang datang dari luar negri.

Kemudian pada tahun 2003, pemerintah masa itu meresmikan Kebun Raya tersebut sebagai lokasi untuk konservasi berbagai jenis flora. Lalu karena lokasinya yang strategis untuk dibuka menjadi lokasi wisata, maka dibukalah lokasi konservasi tersebut sebagai tempat wisata baru.

2. Suasana Sejuk dan Asri

Letaknya yang berada di daerah perbukitan, membuat lokasi wisata satu ini memiliki suhu rata-rata mencapai 18-20°C. Sehingga suasana sejuk khas daerah perbukitan masih sangat terasa saat pertama kali memasuki lokasi wisata tersebut.

Apalagi ketika anda berangkat saat sinar matahari belum muncul atau masih pagi buta, suhu dingin akan terasa seperti hawa dari kulkas yang terbuka. Oleh karena itu, kebutuhan baju hangat akan sangat diperlukan bagi anda yang tidak terlalu menyukai hawa dingin tersebut.

Namun tidak hanya hawa dingin yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mendatangi lokasi wisata tersebut, tetapi juga karena banyaknya pepohonan yang terlihat tumbuh subur. Nuansa asri dari rindangnya pepohonan, akan berpadu lengkap dengan hawa dingin khas dari perbukitan yang menyejukkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Alamat Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Cs Abutas)

Kebun Raya ini berada di Sindangjaya, yang masih satu wilayah dengan Cipanas. Lokasi wisata tersebut, dapat dengan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Rute perjalanan yang akan anda lewati pun memiliki kondisi yang baik dan sudah beraspal.

Jika anda berangkat dari arah ibukota Jakarta, waktu yang akan ditempuh hanya sekitar 1,5 jam saja. Setelah keluar dari daerah ibukota melalui jalan bebas hambatan, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju Puncak Bogor. Jika anda berangkat saat siang hari, kemungkinan besar akan terjebak macet.

Namun, ada hal lain yang dapat anda pilih agar dapat terhindar dari kemacetan jalan tersebut, yakni dengan berangkat saat pagi buta. Walaupun hawa khas perbukitan Jawa Barat akan terasa lebih dingin, namun hal ini tidak masalah, karena demi menghindari kemacetan parah.

Setelah bertemu pertigaan menuju Jalan Cibodas, kendaraan anda akan berbelok ke kiri untuk sampai di lokasi wisata tersebut. Berjarak sekitar 4 km dari persimpangan tersebut, akan terlihat pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

Kondisi jalan yang terlihat lebih lebar dan landai, akan anda lewati selama memasuki kawasan Cimacan dari Jalan Cibodas ini. Namun keadaan dari kendaraan yang anda gunakan sendiri, harus tetap dalam keadaan yang prima karena kawasan perbukitan terkenal akan tanjakan dan kelokan yang tajam.

Bagi anda yang ingin berangkat menggunakan kendaraan umum, maka bisa memilih jenis kendaraan angkot yang memang banyak ditemukan di daerah Bogor. Anda bisa mengambil rute perjalanan yang sama, jika berangkat dari arah ibukota atau daerah lain.

Jika ingin mendatangi kawasan wisata Kebun Raya Cibodas dengan keindahan alam yang mempesona ini, anda dapat membayar tiket seharga Rp 16.500 untuk setiap orangnya. Harga tersebut berlaku bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena wisatawan dari luar negri pun sering mengunjungi tempat wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya Cibodas

Kegiatan Dilakukan di Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Fonks Bobss)

1. Berfoto dengan Beragam Spot

Wisatawan yang hobi mengabadikan setiap momen saat berada di tempat wisata satu ini, maka wajib mencoba beberapa spot untuk berfoto yang telah disediakan. Selain latar belakang pemandangan barisan perbukitan yang hijau, ada beberapa tempat lain yang menyajikan keindahan lainnya.

Sebut saja taman sakura yang berada dekat dengan pintu masuk, anda bisa menjadikan lokasi taman bunga tersebut sebagai latar belakang yang terlihat lebih menarik. Jika anda berkesempatan melihat pohon sakura ini berbunga, maka warna merah muda dari kelopak bunganya akan berguguran memenuhi setiap jalanannya.

Tak hanya itu, berbagai jenis kupu-kupu akan terlihat terbang mengelilingi pohon sakura yang sedang berbunga itu. Tentu jika anda mengambil sebuah gambar dengan ditemani oleh pohon sakura yang berbunga, maka akan tampak seperti anda sedang berada di wisata luar negri.

2. Camping

Kebun Raya ini juga menyediakan area camp ground yang memiliki luas hingga lebih dari 2 hektar. Wisatawan yang ingin bermalam menggunakan tenda di area camping tersebut, bisa merasakan menginap di alam terbuka dengan meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

Nuansa malam saat berada di lokasi wisata tersebut akan sangat berbeda, dimana udara dingin khas perbukitan akan sangat terasa saat malam hari tiba. Kebutuhan camping seperti selimut atau jaket tebal, jangan sampai absen dari tas anda, jika tidak ingin terkena hipotermia.

Agar lingkungan di tempat wisata tersebut tetap terjaga kebersihannya, maka wisatawan yang telah selesai melakukan kegiatan camping dapat membawa kembali sisa sampah yang dihasilkan. Jika hal ini terus dilakukan, kebersihan dari lokasi wisata akan terus terjaga hingga ke depannya.

3. Bersepeda

Selain dapat menggunakan kendaraan mobil untuk berkeliling di kawasan wisata tersebut, terdapat juga sebuah persewaan sepeda untuk berkeliling para wisatawan. Bagi anda yang terlalu lelah jika harus berjalan dengan jarak ratusan meter, maka kehadiran sepeda ini bisa anda manfaatkan.

Kebun Raya Cibodas yang memiliki luas wilayah mencapai 80 hektar ini, tentu akan terasa melelahkan jika hanya berjalan kaki untuk mendatangi setiap sudut lokasinya. Namun hal tersebut dapat teratasi dengan adanya sewa sepeda bagi wisatawan, anda bisa berkeliling sepuasnya dengan kendaraan roda dua ramah lingkungan ini.

Tak hanya itu, jumlah sepeda yang disediakan pun cukup banyak, sehingga anda tidak perlu mengantre berlama-lama untuk dapat menggunakan transportasi tersebut. Anda bisa mencoba kegiatan menarik satu ini, apalagi harga sewanya yang masih terbilang ramah di kantong.

Kegiatan di Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Yansen Dino)

4. Rekreasi Bersama Keluarga

Jika anda berangkat bersama keluarga tercinta, maka kegiatan rekreasi dapat menjadi pilihan yang tepat saat berada di tempat wisata satu ini. Di dalam lokasi wisata tersebut, terdapat sebuah area padang rumput luas yang bisa menjadi tempat pilihan anda untuk berekreasi bersama keluarga.

Dengan menggelar tikar kecil atau duduk langsung di area rumputnya, anda dapat menikmati keindahan alam sekitar sembari bersenda gurau bersama sanak saudara. Anak-anak akan bebas berlarian kesana-kemari, karena padang rumput tersebut memiliki luas yang hampir menyamai sebuah lapangan bola.

Selain menikmati keindahan alam di padang rumput, terdapat dua air terjun di Kebun Raya Cibodas ini yang airnya mengalir di sebuah sungai alami. Anda bersama keluarga bisa merasakan kesegaran air tersebut dengan mencelupkan sebentar kaki anda di aliran sungainya.

5. Mencoba Berkuda

Di lokasi wisata ini, terdapat sebuah wahana edukasi berupa olahraga berkuda yang dapat dicoba oleh setiap wisatawannya. Dengan ditemani oleh pendamping yang sudah profesional, anda tidak perlu takut untuk menaiki kuda dengan tinggi lebih dari satu meter ini.

Setelah duduk di punggung kuda dan siap untuk memulai perjalanan, anda akan diajak berkeliling mengitari beberapa tempat di lokasi wisata tersebut. Dilengkapi dengan beberapa keamanan seperti helm dan sepatu khusus, maka anda akan terlihat lebih gagah saat berada di atas hewan satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Fasilitas Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Salem Aldhawi)

Di kawasan Kebun Raya ini, anda dapat menemukan beragam fasilitas yang memang telah disediakan untuk wisatawan yang berkunjung. Untuk anda yang datang ke tempat wisata ini bersama keluarga, terdapat sebuah pendopo yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak.

Ukuran dari pendopo tersebut cukup luas, sehingga muat untuk digunakan hingga lebih dari 20 orang sekaligus. Tak hanya itu, anda dapat membeli berbagai jenis makanan atau minum untuk bekal selama anda berwisata di toko yang berada dekat dengan area pendopo.

Namun jika anda ingin duduk dan beristirahat di tempat yang lebih berkelas, terdapat satu cafe unik yang bergaya modern minimalis yang bisa anda pilih. Menu seperti kopi, milkshake, hingga camilan kekinian dapat anda pesan untuk dinikmati sembari melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Tema outdoor yang dipilih oleh cafe tersebut, menyajikan beberapa kursi dan meja yang sengaja ditata di luar ruangan dengan sebuah single payung sebagai atap. Saat anda menyantap hidangan yang telah dipesan, anda bisa sekaligus melihat suasana alam dengan perbukitan hijau sebagai landscapenya.

Selain itu, wisatawan dapat membeli oleh-oleh berupa boneka, camilan, atau hiasan menarik lainnya di toko yang telah disediakan. Tentu tidak lengkap rasanya jika mendatangi suatu tempat wisata tanpa membeli oleh-oleh sebagai kenangan atau diberikan kepada saudara di rumah.

Itulah informasi lengkap mengenai wisata Kebun Raya Cibodas yang namanya sudah terkenal hingga penjuru Nusantara. Dengan keindahan alam dan beragam kegiatan menarik yang bisa anda lakukan, tentu akan meninggalkan kesan tersendiri saat menghabiskan waktu liburan di lokasi wisata tersebut.