Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karangpaningal, Kec. Tambaksari, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata di Indonesia tidak selalu tertuju pada pantai, perbukitan, pegunungan, air terjun ataupun destinasi alam lainnya. Masih banyak wisata lainnya yang tidak kalah menariknya. Seperti wisata yang satu ini berada di Jawa Barat, tepatnya di kawasan Ciamis yang memiliki banyak tempat wisata menarik yaitu Kampung Adat Kuta.

Kampung Adat Kuta merupakan sebuah kampung yang berada di kawasan Ciamis. Layaknya namanya, kampung ini mempunyai ciri khas yang unik mulai dari keberadaannya maupun dari kebiasaan orang-orang yang tinggal di kampung. Kampung unik yang menyimpan berbagai hal menarik yang dapat dikunjungi.

Kampung wisata menyuguhkan suasana pedesaan yang masih asri dengan alam lingkungan yang masih terjaga. Selain itu adat dan istiadatnya pun masih sangat kental melekat tanpa melupakan kemajuan teknologi dan modernisasi, cocok bagi yang mencari keindahan yang alami.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Adat Kuta

Daya Tarik Kampung Adat Kuta
Image Credit: Instagram edisi_mang_iponk

1. Ciri Khas Kampung Adat Kuta

Kampung ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu memiliki bangunan-bangunan rumah yang masih berbentuk rumah panggung merupakan berdinding kayu serta ditutupi atap. Penduduk di kampung percaya bahwa bangunan rumah ini merupakan suatu amanah dari turun temurun.

Menurut penduduk setempat, saat ada anggota kampung yang membangun rumah tembok maka akan dipercaya akan terjadi malapetaka. Hal ini pun dibuktikan dengan fakta, seperti beberapa tahun yang lalu sempat membangun rumah tembok tetapi sang pemilik rumah meninggal tiba-tiba.

Sejak kejadian tersebut, penduduk sangat melarang pembangunan tembok. Selain itu ada aturan dan pantangan yang harus dilakukan seperti tidak diperbolehkan mengunjungi kampung pada hari Senin dan Jumat, tidak boleh berpakaian serba hitam, serta saat penduduk meninggal maka harus dimakamkan di luar kampung.

Selain itu, aturannya juga berlaku seperti bentuk rumah penduduk harus membentuk persegi dengan rumah panggung dan memiliki tiang dengan berdinding dan beralas kayu dan ditutupi dengan atap. Konon kampung ini dulunya adalah tempat kerajaan galuh.

2. Keindahan Kampung

Mata pencaharian utama penduduk Kampung Adat Kuta adalah petani dengan menanam berbagai macam tanaman yang tumbuh di kebun sendiri. Pencahariannya yaitu nira aren yang dimanfaatkan lebih seribu batang aren yang sakral, Bahkan untuk penanaman area diawali oleh upacara adat terlebih dahulu di kampung.

Menurut masyarakat setempat, tanaman aren ini memiliki banyak khasiat seperti untuk bahan dasar masakan, obat-obatan, minuman, maupun upacara adat. Setiap rumah di kampung memiliki pohon aren sendiri sebagai tanaman.

Bibit aren ini telah disebarkan secara luas dengan alami oleh para musang liar kampung. Tanaman Aren ini juga memiliki manfaat yang dapat menahan erosi tanah sehingga Kampung tidak pernah mengalami bencana alam seperti longsor.

Kampung Adat Kuta memiliki luas lahan sekitar 97 hektar. Dari luas tersebut lebih dari 50 persennya adalah kawasan yang menghijau. Terdapat beberapa bagian dari kampung mulai dari hutan keramat, lahan petilasan, permukiman penduduk, lahan persawahan maupun lahan perkebunan dari berbagai macam tumbuhan.

Pemandangan Kampung masih sangat asri dan alami dengan mengedepankan konsep alam yang harmonis. Saat memasuki lokasi kampung, pengunjung tidak akan melihat tumpukan sampah maupun tumpukan kekotoran karena kampung ini masih melestarikan lingkungan dan menjaganya turun temurun.

Daya Tarik Dimiliki Kampung Adat Kuta
Image Credit: Google Maps fajar8af

3. Tempat yang Menenangkan

Kampung Adat Kuta adalah salah satu kampung yang masih menjunjung tinggi nilai adat dan istiadat. Selain itu keindahan kampung dengan pemandangan yang masih asri berbeda dengan udara di kota yang dipenuhi oleh hiruk pikuk kepadatan penduduk dan polusi udara, kesempatan ini sangat bagus untuk melepas penat.

Merasakan keindahan kampung sebagai pusat penenang diri dari lelahnya kepadatan sehari-hari. Saat berada di kampung, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama yang indah. Itulah kenapa salah satu daya tarik kampung ini dapat melepas lelah dan penat yang dirasakan pengunjung.

4. Puncak Kondang

Puncak kondang merupakan salah satu lanskap terbaik di Kampung Adat Kuta. Puncak ini berada di atas ketinggian. Saat memasuki puncak disuguhkan pemandangan menarik dari kampung. Walaupun pembangunan puncak kondang belum terselesaikan sampai 100 persen tetapi sudah banyak wisatawan yang menuju ke puncak.

Di kawasan dibangun juga sebuah pondok yang ditutupi atap dengan dinding berbahan kayu. Di sekitar puncak kondang terdapat tanah dengan rumput berwarna kecoklatan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan duduk di dalam pondok tersebut. Menikmati keindahan puncak yang masih menghijau.

Lokasi puncak ini juga cocok bagi para pencari sunset. Memandang langit jingga di atas puncak sambil menikmati berbagai macam makanan yang telah dibawa sebelumnya. Di atas puncak, terdapat satu pohon yang tidak terlalu besar berada menyepi di samping tebing, pemandangan ini sangat indah untuk diabadikan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Adat Kuta
Image Credit: Google Maps MTK_1B_Larasti Fatona

Objek wisata Kampung Adat Kuta yang unik ini terletak di dalam Provinsi Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Karangpaninggal, Kabupaten Ciamis, Kecamatan Tambaksari. Daerah ini lebih tepatnya berada di sebelah Timur dan sebelah Selatan dari keberadaan sungai Cijolang.

Waktu tempuh dari pusat titik Kabupaten Ciamis menuju ke lokasi kampung wisata ini memerlukan waktu sekitar 2 jam di perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 42 kilometer. Ada dua rute yang dapat dilalui menuju ke lokasi wisata kampung. Pertama dari rute arah Kota Banjar. Dengan membutuhkan waktu sekitar 45 menit di perjalanan.

Dari kota tersebut ambil jalur melalui Jalur Pohat. Setelah itu masuk ke Kecamatan Purwaharja Kota Banjar teruskan perjalanan menuju ke Desa Bangun Harja. Begitu sampai ke desa tersebut, anda dapat langsung memasuki wilayah Desa Karangpaninggal, beberapa menit sebelum sampai ke lokasi wisata kampung.

Rute kedua melalui jalur dari Bandung, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Panjalu. Setelah itu dapat menuju ke Rajadesa serta melalui Rancah. Anda dapat meneruskan perjalanan dengan mengikuti arah jalan sampai menuju ke Kecamatan Tambaksari.

Setelah tiba ke Kecamatan Tambaksari, anda dapat melanjutkan perjalanan menyusuri kecamatan sampai ke lokasi dengan menggunakan petunjuk jalan. Selanjutnya rute ketiga dapat ditempuh dari Kabupaten Ciamis membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 1 jam 30 menit.

Dari kabupaten tersebut dapat mengambil jalur ke arah Cisaga menuju ke daerah Rancah. Sampai di kawasan Rancah, silakan teruskan perjalanan menuju ke Kecamatan Tambaksari. Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk jalan sampai ke Kampung Adat Kuta.

Saat sampai ke Kecamatan Tambaksari walaupun telah tersedia petunjuk jalan tetapi petunjuk ini masih jarang terlihat. Disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan aplikasi google maps maupun bertanya langsung dengan masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kampung Adat Kuta
Image Credit: Google Maps Egi Saputra

Wisata kampung yang menarik ini tidak memiliki biaya retribusi tiket masuk secara resmi. Oleh karena itu pengunjung dapat menikmati suasana dengan gratis, tetapi disarankan untuk tetap menjaga kebersihan serta sopan santun dengan masyarakat kampung.

Sementara itu, untuk jam operasionalnya, kampung ini dibuka dari Hari Senin sampai dengan hari Minggu selama 24 jam. Tetapi ada beberapa hari seperti hari Senin dan Hari Jumat dilarang untuk memasuki kampung karena merupakan hari keramat serta ada beberapa aturan juga yang harus anda patuhi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kampung Adat Kuta

Aktivitas di Kampung Adat Kuta
Image Credit: Google Maps dudung purnama

1. Mengabadikan Momen

Kampung Adat Kuta sangat eksotis, dengan berbagai bangunan rumah unik serta pemandangan yang indah sangat bagus untuk diabadikan. Anda dapat berfoto di berbagai lahan perkebunan yang disediakan, di atas rumah panggung masyarakat, di persawahan maupun di puncak bukit yang menawan.

2. Menyusuri Keliling Kampung

Kampung memiliki luas yang 50 persennya adalah kawasan pemandangan yang menghijau. Anda dapat berkeliling kampung sambil menikmati keindahan yang eksotis. Seperti melihat lahan perkebunan, bangunan unik rumah penduduk, lahan persawahan serta puncak bukit.

3. Bersantai

Di puncak bukit kampung terdapat sebuah pondokan yang cocok sebagai tempat istirahat, menikmati pemandangan kampung. Dari atas puncak bukit terlihat secara jelas pemandangan Kampung Adat Kuta yang dipenuhi oleh berbagai kawasan yang menghijau. Aktivitas ini sangat cocok dilakukan pada sore hari sambil menunggu sunset.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kampung Adat Kuta
Image Credit: Google Maps Kurnia Fitriani

Wisata sudah memiliki fasilitas umum seperti kawasan parkir secara gratis yang berada sebelum memasuki lokasi kampung. Terdapat juga toilet umum bersih untuk pengunjung wanita dan pria.

Kampung ini juga memiliki beberapa tempat istirahat bagi pengunjung. Di gazebo itu anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan panorama kampung. Selain itu juga terdapat beberapa warung yang menyajikan makanan dan minuman khas daerah setempat.

Pengunjung dapat memilih tempat restoran yang menarik di kampung ini dengan pemandangan yang hijau. Kampung ini juga memiliki berbagai aturan dan pantangan, oleh karena itu sebelum memasuki kampung ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu dengan tetua setempat.

Kampung Adat Kuta merupakan wisata kampung yang unik. Selain pemandangan yang menarik, Kampung ini memiliki bentuk bangunan rumah panggung berdinding kayu khas tradisional dengan sentuhan adat istiadat yang kental walaupun telah berkembang teknologi, karena itu sangat layak dijadikan sebagai wisata akhir pekan.