15 Tempat Makan Enak di Bandar Lampung Favorit Wisatawan

Tempat Makan Bandar Lampung

Berkunjung ke Bandar Lampung tidak lengkap tanpa mencicipi hidangan khas dari tempat makan disana. Tempat yang menawarkan makanan lezat dan unik yang memberi pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Berkunjung ke sebuah tempat memang identik dengan menyambangi destinasi wisata yang terkenal di tempat tersebut. Akan tetapi bagi beberapa orang, berkunjung ke suatu daerah rasanya tidak akan lengkap apabila tidak mencicipi hidangan khasnya.

Bandar Lampung misalnya, ibu kota Provinsi Lampung ini menyimpan segudang destinasi wisata yang mampu menarik banyak pelancong domestik maupun internasional. Objek yang ditawarkan pun juga beragam mulai dari wisata alam yang menyuguhkan keelokan kota hingga objek wisata buatan.

Sama halnya dengan berkunjung ke kota lain, salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan saat menyambangi Kota Bandar Lampung adalah mencicipi beragam jenis kulinernya yang dikenal dengan cita rasanya yang khas. Berikut daftar tempat makan enak di Bandar Lampung yang wajib Anda kunjungi.

1. Oops Pujasera

Oops Pujasera

Image Credit: Kompasiana.com

Tempat makan pertama yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Kota Bandar Lampung adalah Oops Pujasera. Tempat makan keluarga yang satu ini menawarkan berbagai hidangan khas Bandar Lampung seperti pindang, tempoyak, geguduh, seruit, pempek, lapis legit, dan masih banyak lagi.

Oops Pujasera sangat cocok untuk dikunjungi pada malam hari dimana para pengunjung bisa menikmati live music sambil menyantap hidangan yang sudah dipesan. Selain itu, tempat makan ini juga menyediakan area untuk bermain bagi anak-anak.

Lokasi: Way Halim Permai, Kec. Way Halim Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung.

2. Macarena Foodcourt Way Halim

Macarena Foodcourt Way Halim

Image Credit: Tribunnews.com

Kawasan Way Halim memang menjadi surga kuliner bagi warga Kota Bandar Lampung. Para pelancong yang berkunjung ke kota tersebut juga kerap mampir ke kawasan Way Halim, terutama Macarena Foodcourt untuk mencicipi beragam hidangan seperti bakmi, kwetiau, dan mie ayam yang diolah dengan cita rasa khas Bandar Lampung.

Harga makanan yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan tentunya memiliki rasa yang boleh diadu. Selain sebagai tempat makan, Macarena Foodcourt juga kerap menjadi tempat nongkrong bagi para muda-mudi di Kota Bandar Lampung.

Lokasi: Jl. Sultan Agung, Sepang Jaya, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

3. Little Europe Citra Garden

Little Europe Citra Garden

Image Credit: Sekitarlampung.com

Kota Bandar Lampung tidak hanya memiliki tempat makan yang khusus untuk menikmati hidangan khasnya saja. Little Europe Citra Garden misalnya, tempat makan yang satu ini tidak hanya sekedar menyuguhkan beraneka ragam kuliner lezat saja, namun juga untuk menikmati keindahan konsep tata ruang yang disuguhkan.

BACA:  11 Tempat Wisata di Metro Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tata ruang bak suasana Eropa itu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Bandar Lampung dan sekitarnya. Little Europe Citra Garden memang didesain sebagai tempat kuliner sekaligus hiburan.

Lokasi: Perumahan Citra Garden, Negeri Olok Gading, Kec. Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.

4. Bakso Sony

Bakso Sony

Image Credit: Kompas.com

Bakso Sony bisa dianggap kuliner yang melegenda di Kota Bandar Lampung. Kelezatan bakso ini juga tereknal hingga ke seluruh Indonesia. Tidak heran jika banyak sekali pedagang yang menjajakan Bakso Sony di marketplace.

Jika berkunjung langsung ke Bandar Lampung dan ingin merasakan kelezatan semangkuk Bakso Sony, Anda tidak perlu kesulitan karena Bakso Sony telah mendirikan banyak cabang di setiap sudut Kota Bandar Lampung.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.42 A, Durian Payung, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

5. Kedai Mie Jambo Raya

Kedai Mie Jambo Raya

Image Credit: Anekawisata.com

Kedai Mie Jambo Raya merupakan tempat makan yang menyuguhkan aneka hidangan khas Aceh seperti mie aceh, martabak aceh, kue timpan, dan nasi goreng aceh yang juga menjadi menu andalan di kedai ini. Sementara untuk menu minumannya sendiri juga tidak kalah istimewa. Pengunjung bisa mencicipi kopi aceh, kopi telur, maupun the tarik.

Pemiliknya Kedai Mie Jambo Raja memiliki darah Aceh sehingga wajar apabila tempat makan yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung. Kedai ini juga penuh dengan muda-mudi Bandar Lampung yang berkumpul bersama sambil menikmati secangkir kopi di malam hari maupun akhir pekan.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.283, Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

6. Yu-One Milk Street Café

Yu-One Milk Street Café

Image Credit: Webjajanlampung.blogspot.com

Dari namanya sudah jelas bahwa Yu-One Milk Street Café pasti menawarkan susu sebagai menu utama. Namun sebenarnya tidak hanya sekedar menyuguhkan susu murni hangat saja, pengunjung juga bisa memesan roti bakar sebagai teman mengobrol sambil menikmati segelas susu.

Meskipun menggunakan embel-embel café, Yu-One Milk Street Café sebenarnya mengusung konsep street café sehingga terletak di pinggir jalan. Jadi tidak heran jika tempat yang satu ini selalu penuh dengan anak muda nongkrong.

Lokasi: Pengajaran, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

7. Nasi Uduk Jengkol

Nasi Uduk Jengkol

Image Credit: Tribunnews.com

Bagi Anda penikmat olahan jengkol dan kebetulan sedang berkunjung ke Bandar Lampung, tidak ada salahnya mampi ke kedai Nasi Uduk Jengkol. Kedai yang satu ini terletak di dekat salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandar Lampung.

BACA:  17 Wisata Pantai di Lampung Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Berbeda dengan nasi uduk lainnya yang biasanya menggunakan telur, tahu, atau ayam sebagai lauk, Nasi Uduk Jengkol ini justru jauh lebih lengkap dengan menambahkan jengkol serta sambal. Hartu satu porsinya pun sangat bersahabat. Selain itu pembeli juga bisa memilih lauk tambahan lainnya.

Lokasi: Jl. P. Antasari No.125, Jagabaya III, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

8. Griya Oebi

Griya Oebi

Image Credit: Nusaibanovi.com

Tempat makan yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri yakni bahan utama yang digunakan untuk membuat Mie Pangsit Oebi. Pada umumnya mie dibuat menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama, namun mie pangsit yang menjadi menu andalan di Griya Oebi terbuat dari ubi cilembu yang khas dengan rasa manisnya yang alami.

Selain menawarkan mie pangsit, Griya Oebi juga menawarkan pilihan menu lain seperti soto, bakso goreng penyet dengan saus kacang, kentang goreng, tempe kemul, es krim khas Oebi, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Pajajaran No.147, Gunung Sulah, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

9. Mananami Café

Mananami Café

Image Credit: Lenteraswaralampung.com

Tidak jauh dari Macarena Foodcourt, ada satu tempat makan dan juga nongkrong yang terkenal dengan sebutan Manami Café. Tempat makan yang satu ini mengusung konsep resto dan café street.

Di sini pengunjung bisa memesan aneka ragam kuliner khas Negeri Sakura dengan harga yang terjangkau. Pengunjung juga bisa menikmati makanan di dalam maupun luar ruangan.

Lokasi: Jl. Brigjend. Katamso, Tanjung Karang, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung.

10. Rumah Makan Sendok Mas

Rumah Makan Sendok Mas

Image Credit: Yopiefranz.com

Kota Bandar Lampung terkenal dengan hidangan pindang ikannya. Bagi penggemar pindang ikan, Rumah Makan Sendok Mas rasanya menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Pindang ikan memang sudah menjadi menu andalan di Rumah Makan Sendok Mas karena kelezatannya.

Bahkan banyak para pelancong dari luar Kota Bandar Lampung yang menyempatkan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Bandar Lampung tersebut di Rumah Makan Sendok Mas.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Pelita, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

11. Rumah Kayu

Rumah Kayu

Image Credit: Bandarlampungkota.go.id

Rumah Kayu bukanlah tempat yang menjual kayu, namun merupakan tempat makan yang dibungkus dalam konsep ruangan hijau terbuka. Di sini pengunjung bisa berkumpul menikmati hidangan yang ditawarkan sambil menikmati pemandangan taman dan pepohonan yang rindang.

BACA:  17 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Rumah Kayu menawarkan menu makanan dari seluruh nusantara seperti olah dari ikan tawar maupun laut, daging ayam, daging sapi, dan masih banyak lagi. Bahkan tempat makan yang satu ini juga menawarkan hidangan khas Tionghoa seperti sapo tahu.

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim, Jagabaya III, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

12. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet

Image Credit: Winnetnews.com

Apabila Anda termasuk penggemar olahan bebek, tidak ada salahnya untuk datang ke warung Bebek Goreng H. Slamet. Warung makan ini merupakan cabang dari warung makan Bebek Goreng H. Slamet yang berada di Kartasura, Jawa Tengah.

Olahan bebek goreng di sini memiliki rasa yang khas, empuk, gurih serta disajikan dengan sambal khas Kartasura. Tidak heran jika tempat makan yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung.

Lokasi: Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

13. Mie Khodon

Mie Khodon

Image Credit: Yopiefranz.com

Kota Bandar Lampung memiliki kuliner yang cukup legendaris, yakni Mie Khodon. Tempat makan yang sudah berdiri semenjak tahun 1960 ini selalu ramai dengan pengunjung. Faktor utamanya tentu saja adalah rasa mienya yang lezat hingga membuat pengunjung rela mengantri demi mendapatkan semangkuk mie.

Mie Khodon ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan mie jawa pada umumnya, hanya bahan bakunya saja yang membedakan sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Lokasi: Jl. Ikan Bawal No.22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

14. Samwon Express

Samwon Express

Image Credit: Kumparan.com

Restauran Samwon Express yang terletak di dalam pusat perbelanjaan modern ini merupakan restauran siap saji yang menawarkan beraneka ragam hidangan khas Korea Selatan seperti kimchi, bimbimbap, Korean barbeque, dan masih banyak lagi.

Begitu melangkah memasuki restauran ini, pengunjung bisa langsung merasakan suasana khas Korea Selatan dari pernak-perniknya.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kedaton, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

15. Baban Rayan Café and Resto

Baban Rayan Café and Resto

Image Credit: Jepretkota.blogspot.com

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Timur Tengah untuk mencicipi hidangan khasnya. Cukup berkunjung ke Baban Rayan Café and Resto saja untuk mencicipi beraneka ragam hidangan khas Timur Tengah seperti nasi briyani, nasi kebuli, mandhi, hingga kahshah.

Meski memiliki tempat yang mewah dan menyajikan hidangan dengan cita rasa berkelas, semua menu yang ditawarkan di tempat makan yang satu ini cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. P. Emir Moh. Noer, Durian Payung, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

Itulah 15 tempat makan yang sangat direkomendasikan di Kota Bandar Lampung. Sebenarnya Kota Pisang ini masih menyimpan banyak tempat makan yang wajib dikunjungi, namun setidaknya daftar di atas cukup untuk mencicipi hidangan khasnya.