13 Tempat Makan Enak di Jogja Favorit Wisatawan

Tempat Makan Jogja

Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Jogja adalah salah satu provinsi istimewa yang ada di Indonesia. Selain dikenal sebagai kota pelajar dan juga destinasi wisata, Anda juga bisa menemukan segudang kuliner menarik di kota ini. Mulai dari yang masih berbau tradisional, hingga yang menawarkan sajian modern.

Di kota ini Anda juga bisa menikmati berbagai macam hidangan menarik sembari melihat pemandangan yang masih sangat asri. Apalagi jogja juga dikenal sebagai kota yang membumi dan akrab dengan pendatang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan Anda bersama keluarga.

Untuk menikmati beraga kuliner di kota ini, Anda tidak perlu menguras kantong terlalu dalam. Pasalnya, kuliner di jogja menawarkan harga mahasiswa yang relative murah, karena dikenal sebagai kota pelajar. Berikut daftar tempat makan di Jogja yang enak dan wajib Anda kunjungi.

1. The Manglung Café

The Manglung Café

Lokasi: Jl. Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul. – Image Credit by Omahtraveljogja.com

Manglung café merupakan salah satu tempat makan favorit mahasiswa jogja untuk menikmati malam hari. Pasalnya, disini Anda bisa melihat pemandangan kota jogja dari ketinggian sembari menyantap makanan yang beragam.

Ada berbagai menu yang ditawarkan, seperti sandwich, tahu kemul, nasi goreng, bakmi goreng dan masih banyak yang lainnya. Café ini buka setiap hari pada jam 12.00 sampai 22.00, sedangkan pada hari minggu café ini buka mulai dari jam 11.00.

2. Moelih Ndeso

Moelih Ndeso

Lokasi: Jl. Beringin 1 Garan, Denokan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman. – Image Credit by Sakerapedia.com

Sesuai namanya yang berarti “pulang desa”, tempat makan ini menawarkan suasana pedesaan yang masih sangat asri. Anda bisa menikmati berbagai macam paket makanan sembari melihat pemandangan tersebut.

Salah satu keunikan dari tempat makan ini adalah masih menggunakan peralatan tradisional, mulai dari piring, teko air minum dan juga tempat nasinya. Selain itu, tempat makan moelih ndeso juga mengolah makanan dengan cara tradisional, yaitu menggunakan bahan bakar arang, sehingga membuat masakan menjadi lebih nikmat.

3. House of Raminten

House of Raminten

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Phinemo.com

Di house of raminten, Anda bisa menikmati berbagai macam sajian makanan khas kota jogja. Beberapa diantaranya adalah brongkos, sate lilit, wedang sereh, nasi kucing, tahu bola dan sebagainya. Meskipun tergolong makanan tradisional, tetapi pihak tempat makan ini akan menghidangkan ala western.

House of raminten beroperasi selama 24 jam nonstop, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapanpun. Ruangan dari tempat makan ini juga menggunakan arsitektur khas jawa, sehingga membuatnya lebih terlihat tradisional.

4. Warung Sawah Gondang Legi

Warung Sawah Gondang Legi

Lokasi: Jl. Gito Gati, Gondanglegi Sari Harjo, Ngaglik, Tegal Weru, Sariharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman. – Image Credit by Berbagifun.com

Sesuai dengan namanya, warung sawah gondang legi menawarkan beragam sajian tradisional dan juga pemAndangan indah. Anda bisa menyantap hidangan sembari melihat pemandangan sawah, karena memang tempat makan yang satu ini berada di tengah persawahan.

Mempunyai bangunan yang didominasi dengan bahan kayu membuat tempat ini terlihat lebih tradisional. Warung sawah gondang legi juga menawarkan beragam sajian, seperti sambal kecombrang, bebek krispi sate lilit dan lain-lain.

5. Geblek Pari Nanggulan

Geblek Pari Nanggulan

Lokasi: pronosutan, Kembang, Kec. Nanggulan, Kab. Kulon Progo. – Image Credit by Catatannobi.com

Geblek adalah nama dari salah satu makanan khas yang dibuat dengan menggunakan tepung tapioca dan bawang. Makanan ini akan sangat nikmati jika disantap dengan teh, kopi ataupun minuman hangat lainnya.

Di tempat makan ini Anda juga bisa menemukan menu lainnya yang cukup menarik. Beberapa diantaranya adalah nasi merah, krupuk, mendoan, telur krispi dan juga sayur lodeh.

6. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Lokasi: Jl. Mayor Suryotomo No.7, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Yogyes.com

Tempat makan yang satu ini sudah cukup legendaris, karena telah berdiri sejak tahun 1960 silam. Meskipun demikian, nasi goreng beringharjo tetap mempunyai peminat yang banyak, karena rasanya tidak pernah berubah.

Untuk mencoba menu nasi goreng tersebut, Anda bisa mengunjunginya mulai dari jam 19.00. Selain nasi goreng, tersedia pula menu lain yang tak kalah menarik, seperti bihun goreng dan juga bakmi goreng.

7. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. – Image Credit by Sewamotordijogja.com

Sate klathak adalah salah satu sajian khas jogja yang mempunyai keunikan tersendiri. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klathak tidak menggunakan tusuk lidi sebagai medianya, melainkan sejenis ruji besi. Bukan tanpa alasan, penggunaan ruji tersebut bertujuan untuk membuat daging lebih cepat matang dengan sempurna.

Harga yang ditawarkan tempat makan sate klathak pak bari juga tergolong cukup murah. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000, maka Anda sudah dapat menikmati sate tersebut bersama seporsi nasi putih.

8. Ingkung Kuali

Ingkung Kuali

Lokasi: Kalakijo RT 02, Guwosari, Pajangan, Kedung, Guwosari, Kec. Bantul, Kab. Bantul. – Image Credit by Wonderfulisland.id

Tempat makan yang satu ini cukup terkenal dengan sajian ayam kampungnya. Berbagai varian olahan ayam kampung bisa Anda coba disini, mulai dari goreng krispi, original, bakar manis dan juga rica pedas.

Tempat ini juga sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner karena mempunyai sajian ayam yang unik. Salah satunya karena ayam tersebut disajikan dengan tambahan oseng godong kates dan juga sayur urap yang membuatnya semakin nikmat.

9. Manggar Manding

Manggar Manding

Lokasi: Jl. Parangtritis KM.11,5, Kadibeso, Sabdodadi, Kec. Bantul, Kab. Bantul. – Image Credit by Inibaru.id

Manggar manding adalah salah satu tempat makan di jogja yang menyediakan gudeg. Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang menggunakan nangka muda, disini Anda akan menemukan gudeg dengan kelapa muda atau yang lebih dikenal dengan nama manggar.

Konon, gudeg manggar ini menjadi sajian yang sangat istimewa di keraton karena sangat nikmat. Selain itu, tambahan sayur krecek dan juga tempe bacem dapat menambah kenikmatannya.

10. Bakmi Pak Pele

Bakmi Pak Pele

Lokasi: Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Anda bisa menemukan banyak penjual bakmi di jogja, salah satunya adalah milik Pak Pele. Berbeda dengan bakmi pada umumnya, bakmi yang satu ini menggunakan telur bebek, sehingga membuat rasanya menjadi lebih gurih.

Pada umumnya, bakmi jawa menggunakan campuran antara mi bihun dan kuning. Tetapi disini, Anda dapat menentukan sendiri hendak menggunakan mi kuning atau bihun.

11. Waroeng Belik

Waroeng Belik

Lokasi: Jl. S. Hartono Gandok, RT.1/RW.19, Tambakan, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman. – Image Credit by Gudeg.net

Di tempat makan ini, Anda bisa dapat bebas memilih pekarangan untuk tempat duduk. Anda juga bisa menikmati area kolam yang terdapat beberapa jenis ikan di dalamnya.

Untuk menunya sendiri, waroeng belik menawarkan menu masakan rumahan khas jawa. Beberapa diantaranya adalah pisang goreng, ayam goreng, mendoan dan masih banyak lagi.

12. Banyu Mili Country Club

Banyu Mili Country Club

Lokasi: Jl. Godean Km.4,5, Kwarasan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kab. Sleman. – Image Credit by Banyumiliresto.com

Tempat makan yang satu ini menawarkan olahan seafood yang merupakan hasil budidaya sendiri. Menu favoritnya sendiri adalah udang bakar madu dan juga kepiting telur.

Setelah puas makan, Anda juga bisa menikmati beberapa wahana, seperti kolam renang. Tempat makan ini dapat Anda kunjungi mulai dari jam 10.00 hingga 22.00.

13. Restoran Bukit Indah

Restoran Bukit Indah

Lokasi: Wonosari Hargo Dumilah KM 15, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul. – Image Credit by panduanwisata.id

Tempat makan yang terletak di ketinggian sekitar 150 mdpl ini menawarkan sajian rumahan dengan pemandangan yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi pada malam hari menawarkan kerlap-kerlip jogja dari ketinggian.

Ada berbagai menu yang ditawarkan disini, mulai dari makanan ringan hingga berat. Beberapa diantaranya adalah ayam bakar, ayam goreng, pecel lele, bakmi goreng dan juga nasi merah.

Itulah 13 tempat makan enak di Jogja yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur. Selain menyajikan beragam makanan tradisional, harga yang ditawarkan juga tidak akan menguras dompet.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak