Bagi pecinta wisata kuliner, mencari tempat makan enak di Tulungagung menjadi penting untuk dapat merasakan kelezatan makanan khas daerah ini.

Tulungagung, Jawa Timur, merupakan kota yang bisa dibilang tidak terlalu terkenal di bidang pariwisata. Tapi, tetap saja ada banyak sekali wisatawan yang datang ke kota ini. Mengapa? Ini dikarenakan sangat banyak varian masakan di Tulungagung yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, Tulungagung merupakan tempat yang pas untuk wisata kuliner.

Apa saja makanan khas dari Tulungagung? Ada banyak sekali ternyata, mulai dari Ayam Lodho hingga Sompil. Semua makanan tadi akan dijelaskan di bawah ini beserta keterangan di mana saja masakan-masakan itu tadi bisa ditemukan. Sebelum berkunjung ke Tulungagung untuk wisata kuliner, ada baiknya daftar di bawah ini dibaca dulu.

Untuk penggemar wisata kuliner, tentu saja akan sangat mudah menemukan tempat makan yang unik dan khas Tulungagung jika sudah tahu apa saja makanan yang wajib dicoba saat ada di sana. Di bawah ini adalah daftar yang harus dibaca agar begitu nanti sampai di Tulungagung, mereka tidak harus bingung lagi harus mulai wisata kuliner dari mana.

1. Ayam Lodho Pak Yusuf

Ayam Lodho Pak Yusuf
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Masakan khas Tulungagung yang paling wajib dicoba adalah ayam lodho. Masakan ayam ini dibuat dengan memasak ayam kampung di dalam santan kental sehingga ayam menjadi empuk dan legit. Ayam juga diberi beberapa rempah sehingga aromanya harum dan menggugah selera siapapun yang memakannya.

Ayam lodho bisa ditemukan di warung Ayam Lodho Pak Yusuf. Di sini, ayam lodho khas Tulungagung bisa dipesan dengan mudah dan harganya juga ramah di kantong. Selain ayam, tersedia juga masakan lain yang bisa jadi opsi jika yang datang tidak suka makan ayam atau ingin makanan lainnya.

Lokasi: Jl. KHR Abdul Fattah No.88, Botoran, Kec. Ngemplak, Kab. Tulungagun.

2. Star Seafood

Star Seafood
Image Credit: Polomap.com

Tulungagung juga dikenal sebagai daerah di mana seafood bisa ditemukan dengan mudah. Sajian seafood paling populer di sini adalah kepiting sambel ijo. Kepiting yang pada dasarnya sudah lezat akan dimasak sedemikian rupa hingga empuk dan diberi dengan siraman sambal ijo di atasnya. Rasanya sungguh lezat dan nikmat.

Untuk menyantap kepiting sambel ijo dan jenis seafood lainnya, wisatawan bisa datang ke Star Seafood. Di resto ini, menunya lengkap, mulai dari udang, cumi-cumi, aneka jenis ikan hingga kepiting. Semuanya bisa dibeli dengan harga yang wajar dan masakannya juga terasa lezat semuanya.

Lokasi: Jl. Mayor Jendral Sungkono, Kauman, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

3. Kedai Sate Kambing & Gule Pak Nyoto

Kedai Sate Kambing & Gule Pak Nyoto
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Bagi masyarakat Indonesia, makan sate dan gule sudah hal yang lumrah. Demikian juga di Tulungagung. Salah satu jenis kuliner paling terkenal di sini adalah sate kambing dan gule kambing. Tentu sudah tak diragukan lagi kelezatannya karena rata-rata sate kambing di sini dibuat dari daging kambing muda yang tentu saja empuk sekali.

Tempat untuk makan sate kambing dan gule paling terkenal di Tulungagung adalah di warung Pak Nyoto. Satenya di sini terkenal besar-besar dan empuk. Demikian pula gulenya yang berporsi besar dan rasanya sungguh enak.

Lokasi: Jl. W.R. Supratman, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

4. Sop Ayam Bu Sumirah

Sop Ayam Bu Sumirah
Image Credit: Garnesia.com

Sop ayam tak hanya jadi ciri khas daerah Klaten saja, tapi juga menjadi kuliner yang banyak dicari di Tulungagung. Sop ayam terkenal sebagai sajian hangat dan sangat menggugah selera. Apalagi, harganya cukup ramah di kantong dan tidak membuat orang-orang harus membayar ratusan ribu untuk menikmatinya.

Sop ayam yang wajib dicoba ketika datang ke Tulungagung adalah sop ayam bu Sumirah. Rasanya enak, harganya murah, dan lokasinya juga tidak jauh dari pusat keramaian kota sehingga mudah ditemukan.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.9, Hutan, Kauman, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

5. Warung Sompil Pak Leho

Warung Sompil Pak Leho
Image Credit: Wisatadanhotelmurah.com

Ada lagi masakan khas Tulungagung yang tidak mudah ditemui di dareah lain. Namanya adalah sompil. Sompil merupakan sajian berupa lontong yang dipotong-potong kemudian disiram dengan kuah kental dan ditaburi kacang di atasnya. Meski terdengar sederhana, masakan ini ternyata sangat lezat dan membuat ketagihan.

Untuk sompil paling enak di Tulungagung, datang saja ke Warung Sompil Pak Leho. Di sini sompilnya sangat enak dan porsinya mengenyangkan. Harganya juga sangat ramah di kantong. Tak heran jika warung ini selalu penuh pengunjung.

Lokasi: Tamanan, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

6. Nasi Pecel Mak Kitun

Nasi Pecel Mak Kitun
Image Credit: Wisatadanhotelmurah.com

Pecel merupakan makanan yang sangat mudah ditemui di berbagai daerah di Pulau Jawa, salah satunya di Tulungagung. Pecel juga dikenal menyehatkan karena pada dasarnya adalah campuran sayuran yang disiram dengan bumbu berbahan dasar kacang.

Inilah mengapa sajian ini cocok untuk diet dan menyehatkan badan. Nasi pecel paling terkenal di Tulungagung adalah nasi pecel Mak Kintun. Siapa saja bisa datang ke sini dan menikmati sepiring pecel nan lezat dengan harga yang murah.

Lokasi: Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

7. Ayam Goreng Miroso

Ayam Goreng Miroso
Image Credit: Ayam-goreng-miroso.business.site

Ayam goreng sudah terkenal di berbagai penjuru Indonesia sebagai masakan paling wajib dikonsumsi. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki berbagai jenis ayam goreng dengan variannya masing-masing.

Di Tulungagung, ayam goreng biasanya dibuat dengan bumbu kuning dan bumbu rempah. Untuk ayam goreng, pengunjung kota Tulungagung bisa datang ke Ayam Goreng Miroso. Di sini ayamnya terkenal sangat empuk, murah dan porsinya terbilang besar dan memuaskan.

Lokasi: Jl. Raya Ngunut II No.45, Lingkungan 9, Ngunut, Kec. Ngunut, Kab. Tulungagun.

8. Nasi Goreng Bu Wiji

Nasi Goreng Bu Wiji
Image Credit: Bu-wiji-nasi-goreng.business.site

Nasi goreng merupakan masakan yang paling sering diasosiasikan dengan Indonesia. Sudah banyak sekali orang-orang yang datang ke Indonesia hanya untuk mencoba sajian nasi goreng.

Di Tulungagung, nasi goreng juga terkenal sebagai street food atau makanan pinggir jalan yang lezat dan murah. Nasi Goreng paling enak ada di Nasi Goreng Bu Wiji. Nasi goreng di sini bisa dibuat dengan varian pedas atau manis dan rasa bumbunya sangat khas dan menggoda selera.

Lokasi: Jl. Mayjend Sungkono No.67, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

9. Soto Ayam Kampung Condong Raos

Soto Ayam Kampung Condong Raos
Image Credit: Soto-ayam-kampung-condong-raos-h-sukeni.business.site

Bagi penggemar soto, di Tulungagung ada banyak sekali warung soto yang bisa dikunjungi dan digunakan untuk wisata kuliner. Soto di Tulungagung memiliki aneka varian dan isian. Kali ini, soto yang akan dibahas adalah soto dengan isian ayam kampung.

Sudah bisa dibayangkan kelezatannya, bukan? Nah, untuk menikmatinya, datang saja ke Soto Ayam Kampung Condong Raos di mana soto ini ditaburi dengan suwiran ayam kampung yang sangat empuk dan gurih. Harganya? Ramah di kantong kok.

Lokasi: Jl. Raya Ngrendeng No.42, Batak, Ngrendeng, Kec. Gondang, Kab. Tulungagung.

10. Resto Ayam Goreng Kemangi

Resto Ayam Goreng Kemangi
Image Credit: Resto-ayam-goreng-kemangi.business.site

Selain ayam goreng di Miroso tadi, Tulungagung juga memiliki resto ayam goreng lainnya. Seperti sudah dibahas tadi, ayam goreng memang laris dicari di Tulungagung dan di daerah lain di Indonesia karena memang lezat, menggugah selera dan juga murah.

Ayam goreng bisa jadi lauk yang cocok untuk makan pagi, siang, hingga malam. Untuk mencobanya, coba datang ke Resto Ayam Goreng Kemangi. Sajian di sini sangat lezat dan siapapun bisa mencobanya dengan mudah dan murah.

Lokasi: Talun, Beji, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung.

11. Bakso Antasari

Bakso Antasari
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk wisata kuliner daerah, biasanya kurang lengkap jika tak ada sajian bakso di dalamnya. Bakso merupakan jenis masakan yang paling umum ditemukan di Indonesia, begitu pula di Tulungagung. Di sini bakso disajikan rata-rata dengan campuran tetelan atau potongan daging hingga semakin lezat dan menggugah selera.

Bakso di Tulungagung yang paling terkenal adalah Bakso Antasari. Baksonya terbuat dari daging sapi asli dan campuran tepungnya hanya sedikit. Alhasil, bakso menjadi sangat lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

Lokasi: Jl. Pangeran Antasari No.08, Kampungdalem, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

12. Soto Buthek Tulungagung

Soto Buthek Tulungagung
Image Credit: Facebook.com @Sotobuthektulungagung

Jika kebanyakan soto di Tulungagung disajikan dengan kuah yang cukup bening, maka soto yang satu ini sedikit berbeda. Soto ini disebut dengan soto buthek. Buthek dalam bahasa Indonesia artinya adalah keruh.

Ya, sudah bisa diduga jika soto ini memiliki kuah kental sehingga kesannya keruh. Namun tenang saja, rasanya sangat lezat, kok. Soto ini memiliki rasa rempah yang lebih kental dan cocok untuk dimakan di pagi hari sebagai menu sarapan.

Lokasi: Jl. Anggrek No.59, Area Persawahan/ Perk, Tanjungsari, Kec. Boyolangu, Kab. Tulungagung.

13. Ayam Bakar Pitik Guling

Ayam Bakar Pitik Guling
Image Credit: Gotravelly.com

Yang terakhir, ada sajian ayam bakar. Bagi penggemar sajian ayam yang menghindari goreng-gorengan, tentu ayam bakar bisa jadi opsi menarik. Di Tulungagung, ayam bakar banyak disajikan dengan olesan bumbu manis.

Tentu hal ini membuat rasa masakan enak dan menggugah selera siapapun yang menyantapnya. Ayam bakar yang terkenal di Tulungagung adalah Ayam Bakar Pitik Guling. Di sini ayam bakarnya sangat lezat dan juga tersedia jenis aneka masakan lain di sini.

Lokasi: Jl. Raya Sumbergempol, Gempol, Sumberdadi, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagun.

Itulah beberapa tempat makan favorit di Tulungagung yang menyediakan wisata kuliner khas. Kebanyakan dari mereka adalah resto sederhana dan tidak berkonsep fine dining. Namun, yang penting adalah makanan dan kelezatannya. Mereka semua bisa menyediakan masakan khas Tulungagung yang cocok di lidah dan ramah di kantong.