15 Tempat Wisata di Pamekasan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Pamekasan

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Pamekasan Madura, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Paling Hits untuk Liburan yang lebih Berkesan.

Pamekasan adalah salah satu wilayah yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Mungkin bagi banyak orang tidak asing lagi dengan nama Pamekasan. Hanya saja, pasti ragu apa yang bisa dinikmati dari kota ini. Faktanya, Pamekasan menyimpan banyak sekali pesona wisata dan kulinernya yang indah dan unik yang belum tentu ditemukan di tempat lain. Tidak akan rugi saat wisatawan berkunjung.

Pamekasan menyuguhkan wisata religi hingga wisata alam kaya pesona yang bisa dikunjungi. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Pamekasan yang bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda.

1. Air Terjun Durbugen

Air Terjun Durbugen

Image Credit: Ihategreenjello.com

Tempat wisata air terjun ini berada di Kowel. Di Desa Kowel terdapat dua mata air terjun yaitu air terjun Palesteran dan Durbugen. Bedanya ada pada alami dan tidaknya. Tentu saja, pengunjung lebih suka dengan sumber mata air yang alami karena pasti jernih dan langsung dari alam.

Air terjun Durbugen merupakan air terjun yang terbentuk di alam secara alami. Sedangkan Palesteran dibentuk karena adanya luapan air dari Bendungan sungai. Wisatawan bisa berkunjung ke sini tanpa dipungut biaya alias gratis. Jadi uang saku bisa dipakai untuk bekuliner di area dekat air terjun.

Lokasi: Desa Kowel , Kec. Pamekasan , Kab. Pamekasan.

2. Api Abadi

Api Abadi Madura

Image Credit: Madureh.com

Tempat wisata selanjutnya adalah api abadi. Disebut dengan api abadi karena api ini memang tidak pernah padam. Objek wisata ini berlokasi di Desa Larangan. Lokasi cukup mudah untuk dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota. Akses lokasi ini cukup sulit untuk mencapainya, wisatawan dianjurkan untuk berhati-hati.

Tempat ini menjadi tempat wisata paling direkomendasikan jika berkunjung ke Pulau Madura. Hal ini disebabkan karena pengunjung bisa menyaksikan api yang tidak akan pernah padam walaupun disiram oleh air sekalipun. Untuk masuk, pengunjung tidak dipungut biaya.

Lokasi: Asemanis Satu, Larangan Tokol, Kec. Tlanakan, Kab. Pamekasan.

3. Wisata Pantai Jumiang Pamekasan

Wisata Pantai Jumiang Pamekasan

Image Credit: Alvilaaveniaaa.wordpress.com

Bagi yang suka dengan wisata pantai, maka pantai Jumiang bisa menjadi pilihannya. Pantai ini dikenal dengan pemandangannya yang eksotis. Pantai yang memesona ini memiliki hamparan putih dan air lautnya kebiruan dan jernih menambah sisi eksotis pantai ini.

Pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Wisatawan bisa melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang menakjubkan. Batu karang pantai yang indah bisa dipakai sebagai pijakan.

BACA:  17 Tempat Makan Enak di Banyuwangi Favorit Wisatawan

Lokasi: Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

4. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring

Image Credit: Jatim.santrinews.com

Pantai Talang Siring terletak di Desa Montok. Dari pusat kota Pamekasan berjarak sekitar 14 Km. Bagi yang tidak mempunyai kendaraan pribadi untuk ke pantai ini, telah ada angkutan umum yang disediakan. Jadi wisatawan tidak perlu bingung-bingung untuk mencari kendaraan.

Pantai ini mempunyai gugusan mangrove yang indah ini akan sangat rugi jika dilewatkan. Di samping itu, pengunjung juga disuguhi oleh pemandangan para nelayan yang sibuk menangkap ikan dan menjualnya. Pantai ini menjadi salah satu rekomendasi bagi yang sudah pernah dengan suasananya kota.

Lokasi: Tabugah, Montok, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

5. Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara

Image Credit: Harianinhuaonline.com

Tempat wisata berikutnya adalah Vihara Avalokitesvara. Vihara berlokasi tidak jauh dari pantai Talang Siring. Luas Vihara kurang lebih 3 ha. Vihara didirikan sekitar abad 18. Vihara ini sungguh memesona karena mempunyai ciri arsitektur dari Negeri Tirai Bambu Cina dengan warna merah mendominasi bangunan.

Patung Kwan In yang dikenal sebagai Dewi Welas Asih berdiri megah di dalam Vihara. Uniknya adalah terdapat mushola di dekat Vihara. Hal ini sebagai simbol toleransi antar umat beragama. Ini menjadi bentuk wujud harapan dan doa seupaya Suasana damai dan tentram tercipta di sana.

Lokasi: Candi Pamekasan Madura, Jl. Teja Pamekasan, Kec. Galis, Kab. Pamekasan.

6. Goa Blaban

Goa Blaban

Image Credit: Wisatakita.com

Pamekasan juga menyimpan wisata goa yang tidak kalah elok dibandingkan pantainya. Dan salah satunya adalah Goa Blaban. Goa ini merupakan tempat wisata baru. Dulunya, warga sekitar secara tidak sengaja menemukan goa saat sedang menggali sumur. Dan jadilah tempat wisata seperti saat ini.

Goa Blaban terletak di Desa Blaban. Goa ini dikenal karena keindahan batuannya yang berwarna emas. Stalagmit dan stalagtit di dalam goa akan membuat wisatawan bertahan lama di dalam goa.

Lokasi: Rojing Daya, Blaban, Kec. Batu Marmar, Kab. Pamekasan.

7. Rawa Mangunan

Rawa Mangunan

Image Credit: Instagram.com @denyfaa

Objek wisata Pamekasan selanjutnya adalah Rawa Mangunan. Lokasi obyek rawa yang ini dekat dengan Pantai Juming. Akses jalan menuju lokasi tidak terlalu baik membuat wisatawan. Di sana, pengunjung akan disuguhi pemandangan rawa dengan hutan bakau lebat sebagai hiasan.

Suasana hutan bisa membuat hati merasa nyaman. Di dekat lokasi rawa Mangunan belum tersedia fasilitas seperti yang ada di tempat wisata lain. Di sana belum ada warung untuk makan juga.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Populer

Lokasi: Mangunan, Majungan, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

8. Bukit Kampung Toron Samalem

Kampung Toron Samalem

Image Credit: Dakatour.com

Kampung Toron Samalem berlokasi di Dusun Toron Smalem, Desa Blumbungan. Awalnya tempat ini adalah lokasi bekas penambangan batu bara. Dan karena sudah tidak jadi lokasi penambangan, maka dijadikan lokasi wisata yang elok dan indah. Terdapat rumah mini dari rumbia dan kayu.

Bagi wisatawan yang punya hobi berfoto ria, pasti betah dan senang berlama-lama di kampong ini. Penyebabnya adalah sudah disediakan bermacam-macam spot foto yang indah dan layak dipajang di media sosial.

Lokasi: Kampoeng Toron Samalem, Tambak, Blumbungan, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan.

9. Bukit Waru

Bukit Waru

Image Credit: Ihategreenjello.com

Bukit Waru Pamekasan berlokasi di desa waru. Bukit Waru mempunyai pemandangan yang indah. Tidak salah jika wisatawan yang berkunjung betah di sana. Bukit ini bisa menjadi alternatif lain jika ingin menikmati suasana alam. Segarnya alat pegunungan ditambah spot foto menambah nilai lebih tempat ini.

Wisata Bukit Waru ini sangat cocok untuk waktu liburan atau akhir pekan. Keindahan ini layak dinikmati untuk semua usia. Udara yang segar dipadukan dengan asrinya pepohonan yang menyegarkan mata. Tidak heran jika banyak yang datang berkunjung di masa-masa liburan.

Lokasi: Tlangi 1, Waru Barat, Kec. Waru, Kab. Pamekasan.

10. Alun-Alun Pamekasan

Alun-Alun Pamekasan

Image Credit: Akurat.co

Semua kota besar pasti mempunyai alun-alun. Begitu pula dengan Pamekasan. Tempat ini menyimpan pesona indah yang tidak ada kalahnya dengan alun-alun kota lain. Penduduk asli Pamekasan sangat ramah tamah pada warga pendatang dan  wisatawan asing dan wisatawan lokal.

Di Alun-Alun Pamekasan ada monumen yang berdiri megah yang menjadi ciri kota Pamekasan. Monumen itu adalah monumen yang berbentuk seperti celurit yang bernama Monumen Arek Lancor.

Lokasi: Jl. Mesigit, Rw.03, Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kab. Pamekasan.

11. Wahana Bukit Cinta

Wahana Bukit Cinta

Image Credit: Dakatour.com

Wisata selanjutnya adalah Wahana Bukit Cinta. Disebut dengan bukit cinta karena bukit tersebut dilengkapi tangga yang berbentuk hati. Karena alasan itulah banyak pasangan yang sengaja berkunjung untuk mengabadikan momen bersama pasangan yang tidak akan  pernah dilupakan.

Selain tangga berbentuk hati, Bukit Cinta juga dihiasi dengan hamparan rumput hijau yang terbentang luas. Itu yang membuat pemandangan semakin indah dan aura cinta dan kasih semakin terpancar. Di sana juga disediakan beberapa wahana seperti flying fox bagi yang ingin menguji adrenalin.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jember yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Barat Satu, Sentol, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

12. Puncak Batu Ratu

Puncak Batu Ratu

Image Credit: Pulaumadura.com

Destinasi Wisata selanjutnya adalah Puncak Ratu yang berlokasi di Dusun Monging, Desa Tebul Barat. Wisatawan bisa berfoto di spot-spot yang sudah disediakan oleh pengelola. Pepohonan di sana makin menambah keindahan pemandangan.

Untuk dapat menikmati keindahan Puncak Batu Ratu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Cukup siapkan uang parkir kendaraan dan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja. Dijamin tidak akan kecewa dengan panorama yang disuguhkan.

Lokasi: Puncak Ratu, Kongsi, Tebul Barat, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan.

13. Air Terjun Ahatan

Air Terjun Ahatan

Image Credit: Heikaku.com

Wisata air terjun selanjutnya adalah air terjun Ahatan. Air  terjun ini lumayan terkenal yang berlokasi di terletak di desa  Tlontoraja. Hanya saja akses untuk menuju air terjun ini tidaklah mudah. Jadi butuh kesabaran dari pengunjung untuk menuju lokasi..

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang sangat jernih. Belum banyak wisatawan yang mengunjungi air terjun ini karena belum dikelola oleh pengelola yang handal. Ditambah lagi belum ada fasilitas pendukung seperti warung, jadi harap membawa makanan dari rumah sebagai bekal.

Lokasi: Duko, Tlontoraja, Kec. Pasean, Kab. Pamekasan.

14. Brukoh Pakong

Brukoh Pakong

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Pamekasan masih menyimpan wisata yang harus dikunjungi jika ke Madura. Tempat itu yaitu Brukoh Pakong Para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Kota Pamekasan dari atas bukit dengan hijaunya pepohonan yang menambah asri tempat ini.

Paru-paru juga akan merasa nyaman akan sejuknya udara. Pengunjung betul-betul akan dimanjakan luar dalam oleh Brukoh Bakong ini. Tidak heran jika lokasi ini jadi menjadi lokasi wisata pilihan yang menyehatkan badan. Biaya untuk ke lokasi juga terjangkau.

Lokasi: Desa Bajang, Brukoh, Kec. Pakong, Kab. Pamekasan.

15. Situs Sejarah Makam Ronggosukowati

Situs Sejarah Makam Ronggosukowati

Image Credit: Matamaduranews.com

Jika ingin berwisata sambil belajar sejarah maka Makam Ronggosukowati bisa menjadi pilihan utama untuk dikunjungi. Makam ini berlokasi di Kolpajung. Kurang lebih 1 Km sebelah utara dari alun-alun Pamekasan. Situs ini adalah komplek makam Pangeran Ronggo Sukowati beserta keluarganya.

Ronggosukowati adalah raja Islam pertama sekaligus pendiri Kabupaten Pamekasan. Situs ini adalah komplek pemakaman tertua yang ada di Pulau Madura. Itulah alasan kenapa jika ingin belajar sejarah Islam di Pulau Madura, maka makam ini adalah pilihan yang sangat bagus.

Lokasi: Kolpajung, Kec. Pamekasan,  Kab. Pamekasan.

Itulah beberapa tempat wisata di Pamekasan Madura yang bisa menjadi pilihan bagi yang ingin berlibur. Keindahan dan keragaman wisata yang bisa dikunjungi bisa menjadi alasan banyak wisatawan berkunjung ke Pamekasan.