Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Blang Mangat, Jeuleukat, Kec. Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh; Map: Cek Lokasi

Terdapat sebuah wisata alam populer bernama Waduk Jeulikat yang berlokasi di Kota Lhokseumawe, Aceh. Waduk cantik ini awalnya merupakan sebuah tempat pengairan bagi sawah yang berada di sekitarnya, namun karena memiliki keindahan yang menakjubkan oleh pemerintah setempat kemudian dijadikan sebagai sebuah tempat wisata.

Keindahan dari waduk hits tersebut meliputi pemandangan bukit hijau di sekelilingnya dan indahnya kumpulan air yang menjadi daya tarik utamanya. Pada pinggiran tempat wisata alam ini juga terdapat banyak rumput hijau yang bisa digunakan oleh wisatawan duduk dan menikmati alam sekitar.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Waduk Jeulikat asal Kota Lhokseumawe ini adalah ketika Matahari mulai turun atau saat sore hari. Hal tersebut karena ketika sore hari udara akan menjadi lebih sejuk dan pemandangan sekitar akan menjadi lebih indah berkat warna langit yang mulai berubah.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Jeulikat

Daya Tarik Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Sarjana Politik

1. Waduk

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Waduk Jeulikat adalah waduk nan indah itu sendiri. Keindahan dari waduk cantik ini bahkan berhasil menarik minat banyak wisatawan untuk datang berlibur, hal tersebut terbukti dengan lokasi wisata yang selalu memiliki pengunjung setiap harinya, apalagi saat liburan tiba jumlahnya akan menjadi lebih banyak.

Terkhusus di hari libur atau weekend waduk asal Aceh ini akan memiliki banyak sekali wisatawan bahkan dari luar Aceh juga ada. Ini dikarenakan letak waduk hits ini yang berada di tengah-tengah perbukitan dan memiliki alam yang masih sangat hijau. Jika anda ingin sedikit lebih sepi maka silahkan datang di hari kerja dan bukan hari libur.

2. Bukit

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu perbukitan yang berada di sekitar tempat wisata alam tersebut. Bukit-bukit ini semakin indah untuk dilihat karena memiliki banyak sekali pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar Waduk Jeulikat. Dengan semua pepohonan tersebut kemudian bisa membuat anda merasakan ketenangan tersendiri.

Maka dari itu, selain berlibur untuk menikmati alam sekitar, anda juga bisa melakukan refreshing di lokasi wisata waduk nan cantik ini. Jangan khawatir soal kebisingan atau polusi udara karena letak dari tempat wisata alam ini cukup jauh dari kota. Selain refreshing berburu foto menarik juga bisa anda lakukan disini.

3. Taman di Sekitar Waduk

Daya tarik selanjutnya dari Waduk Jeulikat adalah taman yang berada di sekitar waduk cantik tersebut. Terdapat hamparan rumput hijau yang membentang sepanjang taman tersebut dan rumput ini bisa digunakan oleh wisatawan untuk duduk bersantai, jangan khawatir soal rumput karena rumput yang dimaksud adalah sejenis Rumput Bermuda.

Rumput Bermuda sendiri merupakan jenis rumput yang sering digunakan di stadion sepakbola atau yang sering digunakan pada lapangan golf. Selain rumput ada juga beberapa jenis bunga yang hidup di taman sekitar waduk cantik ini dimana dengan adanya bunga-bunga tersebut membuat spot berfoto juga semakin banyak.

4. Air Mancur

Terakhir ada sebuah air mancur cantik yang berada di tengah-tengah waduk menakjubkan tersebut. Air mancur ini berhasil menjadi salah satu objek menarik bagi wisatawan, selain itu suara dari air mancur di tengah-tengah waduk hits ini juga sangat nyaman untuk didengar jadi itu bisa anda gunakan sebagai salah satu obat penghilang beban pikiran.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Agis Rizkillah

Lokasi dari waduk ini berada di Kecamatan Jeulikat Blang Mangat, Desa Jeulikat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sebagai patokan anda bisa menggunakan Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe di Jl. Merdeka, kemudian mengambil arah ke barat sampai menemukan bundaran.

Dari bundaran tersebut silahkan ambil jalur keluar pertama menuju Jl. Merdeka Timur dan terus lurus sampai anda menemukan bundaran Tugu Cunda. Silahkan ambil jalur keluar kedua di bundaran Tugu Cunda ini untuk masuk ke Jl. Medan – Banda Aceh lalu belok kiri di pertigaan dekat Fahmi Fashion (sebelah kiri jalan).

Terus ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan Jl. Teungku Ahmad Kadang kemudian belok kanan dan langsung belok kiri di pertigaan pertama menuju Jl. Cot Sabong – Jeulikat. Tatap ikuti Jl. Cot Sabong – Jeulikat sampai anda menemukan kawasan waduk yang berada di sebelah kanan jalan.

Untuk rute perjalanan tersebut kurang lebih memiliki panjang sekitar 8 km dengan waktu tempuh sekitar 17 menit menggunakan kendaraan pribadi. Ketika memasuki Jl. Cot Sabong – Jeulikat anda akan menemukan beberapa belokan yang tidak terpasang nama jalannya, jadi jika bingung maka silahkan bertanya kepada masyarakat sekitar agar anda tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Denni Firmansyah

Untuk menikmati keindahan danau eksotis ini dengan leluasa, pengelola kawasan wisata menawarkan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per pengunjung.

Namun ini belum termasuk retribusi parkir kendaraan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, yaitu harga retribusi parkirnya mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000 tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Waduk Jeulikat

Aktivitas Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Facebook Waduk Jeulikat Lhokseumawe

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama adalah berfoto. Dengan alam yang sangat indah membuat kebanyakan wisatawan yang datang adalah muda-mudi dengan tujuan utama untuk berburu foto-foto instagramable. Hal ini diperkuat dengan semakin viralnya Tempat wisata alam cantik ini di sosial media.

Beberapa spot foto menarik disini adalah anak tangga dari keramik yang bisa menampilkan seluruh bentuk dari waduk, kemudian ada taman sekitar waduk dengan berbagai jenis bunganya, serta indahnya perbukitan hijau dari kejauhan. Maka dari itu, tidak heran jika akan ada banyak wisatawan yang berfoto di sekitar waduk asal Kota Lhokseumawe ini.

2. Menikmati Indahnya Pemandangan di Waduk Jeulikat

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menikmati indahnya pemandangan sekitar waduk. Pemandangan yang dimaksud ini meliputi waduk cantik itu sendiri kemudian pemandangan bukit hijau dari kejauhan serta indahnya taman bunga yang berada di pinggir tempat wisata alam menawan ini.

Waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut adalah saat sore hari karena saat itu Matahari mulai redup dan tidak terlalu panas lagi. Selain itu karena sinar Matahari mulai redup faktor lainnya yang membuat kegiatan ini cocok dilakukan saat sore hari karena tidak adanya pohon yang tumbuh di pinggir Waduk Jeulikat jadi saat siang hari akan sangat panas.

Memang masih ada beberapa pohon yang tumbuh namun pohon-pohon itu tumbuh di sekitar area parkir sedangkan di dalam lokasi wisata alam ini hanya ada rumput dan bunga yang hidup dalam sebuah taman. Hal tersebut menyebabkan kebanyakan wisatawan akan berkunjung saat sore hari atau diatas pukul 15.00.

3. Melakukan Refreshing

Namanya tempat wisata alam pasti sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat healing atau melakukan refreshing. Memang wisata waduk asal Kota Lhokseumawe ini sangat ramai namun itu hanya berlaku di hari libur atau weekend saja, sedangkan untuk hari-hari biasa tidak terlalu ramai.

Kemudian letak dari Waduk Jeulikat juga tidak terlalu jauh dari kota besar yaitu hanya berjarak 8 km dari Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe membuat anda tidak perlu mencari waktu kosong yang lama untuk healing. Karena saat pulang kantor atau pulang kuliah anda bisa mampir ke waduk nan indah ini untuk melakukan refreshing.

Coba rebahkan badan anda di rumput sekitar taman kemudian rasakan udara yang mulai sejuk sembari dengarkan suara air mancur di tengah waduk cantik ini. Semua hal tersebut bisa membuat rasa nyaman tersendiri bagi jiwa dan raga anda. Jika memang suara sekitar mulai berisik anda bisa menggunakan headset dan mendengarkan lagu-lagu klasik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Waduk Jeulikat Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Dad. Ly

1. Area Parkir Kendaraan

Untuk fasilitas pertama yang bisa anda jumpai di sekitar lokasi wisata alam tersebut adalah area parkir kendaraan. Terdapat sebuah lahan yang cukup luas dan dapat digunakan sebagai tempat parkir kendaraan bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan seperti sepeda motor dan mobil bisa diparkirkan di area parkir kendaraan ini.

2. Toilet Umum

Fasilitas selanjutnya yang dimiliki oleh Waduk Jeulikat adalah toilet umum. Fasilitas ini dapat digunakan oleh wisatawan untuk membuang air besar dan air kecil. Toilet umum sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu toilet untuk pria dan toilet umum wanita jadi masalah privasi antar genre sudah terjamin.

3. Mushola

Terakhir ada sebuah mushola atau tempat beribadah bagi umat beragama islam yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk melakukan sholat. Fasilitas ini memang disediakan oleh pihak pengelola agar bagi wisatawan yang beragama Islam tidak perlu repot-repot mencari tempat beribadah ketika sudah waktunya untuk sholat.

Demikian sedikit review mengenai Waduk Jeulikat yang masih tergolong tempat wisata baru di Kota Lhokseumawe. Jam buka waduk nan indah ini adalah setiap hari mulai dari pukul 09.30 sampai dengan 18.00 WIB.