Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh; Map: Cek Lokasi

Pantai Ulee Lheue merupakan wisata alam yang indah di daerah Banda Aceh. Panorama yang begitu elok selalu diincar oleh pengunjung lokal dan turis. Destinasi cantik ini memang sudah tidak asing lagi karena memiliki sejumlah daya tarik yang membuat wisata menjadi favorit. Apalagi sepanjang pesisir traveller dapat merasakan suasana tenang dan sejuk.

Berkunjung ke Ulee Lheue saat hari libur menjadi pilihan waktu yang tepat. Disana tidak hanya menawarkan kecantikan wisata saja, namun juga memiliki beberapa wahana air. Para tamu dapat mencoba naik salah satu wahana yang tersedia untuk mengarungi air laut.

Sejumlah spot di Pantai Ulee selalu memberikan kesan tersendiri karena tampak indah. Bahkan setiap sudut tidak terlihat kotor karena petugas menjaga kenyamanan pelancong. Anda yang pergi ke Pantai hits tersebut akan senang dan ingin berada lama di pesisir.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ulee Lheue

Daya Tarik Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Instagram bandaacehjournals

1. Panorama Sunrise dan Sunset

Pantai Ulee Lheue selalu menjadi spot menikmati panorama seperti sunrise serta sunset. Traveller yang sengaja datang lebih awal memang ingin berburu sunrise untuk dijadikan obyek foto. Selain itu ada pula yang berkemah supaya mendapat pemandangan cantik tersebut. Hal ini cukup banyak dilakukan di sekitar pesisir Pantai Ulee.

Wisatawan juga mengincar sunset di kala sore menjelang malam hari. Kecantikan ini mampu membuat semua mata pengujung takjub karena dari arah Pantai sunset terlihat jelas. Matahari yang perlahan mulai menghilang memberikan perubahan warna langit yang indah. Maka dari itu, jangan lewatkan melihat panorama ini.

2. Spot Berfoto

Pemandangan yang terpancar di sepanjang destinasi membuat siapapun tentu ingin menyiapkan kamera. Beragam latar yang dapat dipakai mampu menjadikan foto semakin estetik dan wisatawan akan merasa puas dengan hasil yang bagus. Anda boleh datang ke spot mana saja untuk sekedar hunting foto.

Batu cadas yang tersusun dekat dengan Pantai juga tidak pernah sepi karena cukup sering dipakai mengambil obyek gambar. Bagi pelancong yang hobi fotografi dijamin senang karena banyak panorama di Pantai yang bisa dijepret. Selain itu Anda dapat menyiapkan aksesoris pendukung selama mengabadikan momen.

3. Pantai yang Elok

Pantai Ulee Lheue dikenal sebagai wisata yang elok karena mempunyai sejuta keindahan. Air laut yang terpampang jelas membuat para tamu kagum karena begitu bersih. Apalagi disana ada penyewaan wahana bebek yang disediakan untuk sekedar berkeliling di air laut.

Pasir yang ada di pantai ini juga termasuk bersih karena berwarna putih bagai kapas. Bahkan selama bermain di area ini Anda dapat merasakan kelembutan pasir. Tak hanya itu, pasir tersebut dilengkapi pula dengan pohon yang rimbun. Sehingga liburan ke tempat ini akan memperoleh banyak keelokan yang menawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Google Maps Abu Salma

Pantai cantik ini berlokasi di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue, Aceh. Perjalanan yang ditempuh dari Kota Banda Aceh diperkirakan hanya butuh jarak 3 kilo meter. Disana biasanya ada taksi, labi-labi, serta ojek yang siap mengantar traveller menuju ke Pantai. Namun Anda yang tinggal di daerah Aceh dapat membawa sendiri kendaraan karena rute cukup mudah.

Selama berkunjung ke Pantai para tamu bisa memulai rute dari pusat kota Aceh. Disana Anda dapat lurus terus ke Jalan Nyak Adam Kamil 1 yang membutuhkan 10 menit. Pengunjung akan menemukan Jalan Medan Banda Aceh yang berjarak hanya beberapa meter. Lalu lurus sampai Jalan Pelabuhan Lama Ulee Lheue yang cukup dekat Pantai ini.

Papan petunjuk mudah dicari karena tersedia untuk menujukkan rute titik lokasi wisata. Meskipun para tamu belum pernah berkunjung kesana, namun akan menemukan Pantai cukup mudah sambil melihat petunjuk. Anda juga bisa melihat google maps agar lebih akurat dalam melakukan perjalanan. Sehingga berkunjung ke Pantai tidak terlalu sulit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Instagram Irwan

Pantai Ulee Lheue selalu menjadi pusat perhatian karena destinasi alam ini tidak menarik harga tiket. Semua orang yang datang tidak perlu membeli tiket karena Pantai cantik itu gratis. Traveller yang ingin menikmati suasana Pantai dapat berkeliling ke tiap spot karena tidak berbayar sama sekali. Bahkan Pantai buka mulai pagi sampai menjelang malam hari.

Beranjak ke sudut lain, pelancong akan melihat tempat parkir kendaraan. Lahan ini memang khusus untuk pengunjung yang ingin menitipkan kendaraan pribadi. Karcis hanya dipatok Rp 3.000 untuk sepeda motor dan khusus mobil diberi harga Rp 5.000. Harga itu tidak dihitung per jam, sehingga Anda bisa parkir kendaraan kapanpun selama menikmati liburan disana.

Pada kawasan wisata memang tersedia sejumlah wahana yang berbayar. Tetapi harga yang ditawarkan tidak mahal dan disesuaikan dengan traveller agar semua orang bisa memakai. Pedagang yang menjual kuliner di kios juga memberi penawaran yang cukup murah. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang akan dihabiskan selama datang ke Ulee Lheue.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ulee Lheue

Aktivitas di Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Google Maps rahmat fadli

1. Naik Wahana Bebek

Pantai Ulee Lheue menyediakan wahana bebek yang bisa mengantarkan traveller keliling wisata. Jika naik wahana ini Anda dapat mengarungi air laut biru secara dekat sambil menikmati udara segar. Biasanya wahana itu disediakan untuk kapasitas 2 orang. Jadi Anda yang mencoba wahana dengan kerabat akan merasakan pengalaman seru mengelilingi laut.

2. Memancing

Destinasi alam ini dikenal memiliki spot pemancingan yang disukai banyak orang. Apalagi wisatawan yang hobi memancing bisa membawa alat dari rumah untuk menangkap ikan. Anda dapat duduk di atas batu pinggir Pantai sambil memancing. Lakukan aktivitas seru tersebut untuk menghabiskan waktu akhir pekan, namun ambil ikan secukupnya saja.

3. Berkemah

Berkunjung ke pantai ini dengan mendirikan tenda menjadi favorit kalangan muda. Apalagi disana memang ada tempat khusus yang boleh dipakai untuk camping. Biasanya pengunjung membawa alat kemah dari rumah supaya tidak kesulitan mencari saat berada di Pantai. Selain itu para tamu lebih sering menyiapkan bekal instan sendiri untuk dinikmati.

Aktivitas Menarik di Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Google Maps Bagus Wahyutomo

4. Berenang

Pantai Ulee Lheue mempunyai deburan ombak yang masih cukup aman. Traveller yang datang bersama keluarga dapat berenang di pinggir laut. Namun, jika Anda mengajak anak-anak pastikan selalu menjaga karena ombak bisa pasang dan surut kapan saja. Petugas menyarankan Anda yang tidak terlalu mahir berenang harus membawa pelampung khusus.

5. Membeli Olahan Kuliner

Kawasan Pantai menawan ini dilengkapi dengan kuliner khas Aceh yang enak. Banyak pedagang yang menjual olahan seafood, pulut, serta camilan lain. Tak hanya itu, bagi traveller yang ingin bersantai bisa membeli es kelapa muda untuk dinikmati di area wisata. Jadi Anda yang sengaja tidak membawa bekal tetap bisa memanjakan perut di warung itu.

6. Mengabadikan Momen

Pantai Ulee Lheue menarik dipakai untuk background pengambilan gambar. Suasana alam yang mengelilingi wisata membuat pelancong selalu ingin mempunyai kenangan foto. Anda tentu dapat mengambil latar foto dari arah pasir, tepi pantai, atau batu. Pilih spot mana saja yang disukai untuk menghasilkan foto menarik dan pastikan sudah menyiapkan kamera.

7. Bersantai

Para pelancong yang ingin bersantai sejenak dapat memilih datang ke sini. Pada pesisir tampak sejumlah kursi yang berjejer untuk merilekskan pikiran. Anda juga bisa duduk di beberapa batu cadas yang berada di pinggir Pantai sambil melihat kebersihan air. Area pasir pun sering menjadi spot melepas penat, jadi liburan ke wisata ini dijamin nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Google Maps Jansu Z.F Purba

Pantai Ulee Lheue menyuguhkan beberaps fasilitas penunjang dan diketahui sangat lengkap. Para tamu yang ingin melakukan ibadah di sela-sela liburan dapat mengunjungi mushola dekat Pantai. Disana tidak ada penjagaan dan siapapun boleh memakai. Tempat memancing terlihat di pesisir dan bisa dikunjungi pelancong yang ingin menangkap ikan.

Kuliner yang tersedia dijual oleh pedagang di sejumlah warung. Disana menawarkan udang, pulut, ikan, dan masih banyak lagi olahan seafood. Kamar mandi yang dapat digunakan untuk umum ada di sudut pojok yang selalu dibersihkan setiap saat oleh petugas. Traveller dapat memakai toilet, namun jangan mengotori area dan pakai air mengalir secukupnya.

Kawasan pantai ini memiliki tempat parkir yang tidak sulit dijumpai karena sudah tersedia sangat luas. Siapapun boleh parkir dengan membayar karcis sesuai jenis kendaraan. Kursi Pantai dan sejumlah gazebo sudah disediakan oleh pengelola. Anda boleh menggunakan semua fasilitas yang berbayar dan gratis untuk membuat liburan semakin terasa seru.

Demikian informasi lengkap mengenai Pantai Ulee Lheue yang sering dipadati para wisatawan. Anda yang datang harus membawa semua peralatan untuk bermain air. Selain itu coba wahana air yang telah disewakan oleh petugas supaya bisa menikmati laut dari dekat. Maka dari itu, pilih hari untuk datang kesana bersama kerabat dan siapkan budget.