Banda Aceh merupakan sebuah kota yang secara administratif menjadi ibukota Provinsi Aceh. Didaulat sebagai kota Islam paling tua seantero Asia Tenggara, Banda Aceh kaya akan jejak sejarah yang sangat menarik untuk ditelusuri.

Ada banyak destinasi wisata menakjubkan di Banda Aceh, baik wisata sejarah, wisata edukasi, maupun wisata alam. Peristiwa tsunami dahsyat pada 2004 silam meninggalkan saksi bisu berupa bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Selain itu ada pula beragam destinasi wisata alam, seperti pantai, bukit dan sebagainya. Berikut daftar 33 tempat wisata di Banda Aceh yang bisa kamu jadikan referensi jika mengunjungi Kota Serambi Mekkah ini.

1. Taman Gunongan

Taman Gunongan
Image Credit: Travelingyuk.com

Taman Gunongan dikenal juga sebagai Taman Putroe Phang, yang merupakan bangunan bersejarah serupa Taj Mahal di India. Di taman yang indah ini kamu bisa mendapati bangunan putih megah yang terhubung dengan istana, dikelilingi hamparan taman hijau dan kolam.

Taman yang terletak di daerah Baiturrahman ini tidak hanya terkenal keelokannya di kalangan wisatawan lokal saja namun sampai ke Negeri Jiran.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

2. Pemakaman Kerkhof Peutjoet

Pemakaman Kerkhof Peutjoet
Image Credit: Google Maps (Harris Kristanto)

Berkunjung ke Banda Aceh tidak lengkap jika belum mengenal tempat-tempat bersejarahnya. Pemakaman militer peninggalan Belanda saat perang Aceh dahulu ini menjadi saksi bisu sejarah penjajahan di Indonesia dan menjadi tempat pemakaman dua ribu lebih prajurit Indonesia dan Belanda.

Selain itu, di bagian depan pemakaman ini terdapat Museum Tsunami, sebuah kompleks monumen berbentuk kapal untuk mengenang peristiwa tsunami yang pernah terjadi di Aceh.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kab. Banda Aceh, Aceh.

3. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Lampur menawarkan eksotisme pantai dengan pasir putih dan lautan berwarna hijau zamrud yang menawan. Di pantai yang berada di daerah Lhoknga ini terdapat konservasi penyu sebagai kawasan edukasi biota laut.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti berselancar, berenang, berlayar dengan banana boat, atau sekadar berjalan-jalan di pasir yang lembut.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

4. Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo
Image Credit: Kataomed.com

Kapal Apung ini adalah sebuah kapal nelayan yang sempat menjadi saksi sejarah tsunami Aceh pada 2004 silam dan telah menyelamatkan 59 orang korban. Kapal yang kemudian tersangkut di bagian atas reruntuhan rumah penduduk di daerah Desa Lampulo ini oleh pemerintah setempat dijadikan sebuah monumen untuk mengenang tragedi tersebut.

Monumen ini oleh pemerintah setempat sudah disediakan tangga dan diberi penyangga sehingga aman untuk dikunjungi. Anda dapat melihat-lihat desain dan kondisi bagian dalam kapal dengan leluasa melalui tangga tersebut.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh.

5. Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin
Image Credit: Heikaku.com

Taman yang dikenal juga sebagai Taman Shulthanah Safiatuddin ini terletak di daerah Kuta Alam. Bagi kamu yang menginginkan spot foto terbaik dengan backgorund kebudayaan khas Aceh, tempat ini wajib dikunjungi.

Kamu bisa menyaksikan berbagai rumah tradisional Aceh yang memiliki nilai estetika tinggi. Ada juga acara tradisional tertentu yang diselenggarakan di sana, seperti pertunjukan tari, pameran kuliner, dan sebagainya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senangin, Bandar Baru, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

6. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai yang indah dengan hamparan pohon bakaunya yang hijau serta airnya yang sebening kristal ini wajib menjadi salah satu spot wisata Anda di Banda Aceh. Selain dekat dengan lokasi wisata lain seperti kawasan benteng dan pantai, tempat ini memiliki spot unik yaitu pohon Geurumbang. Pohon ini berada di tengah laut dan memiliki bentuk yang unik.

Ketika berkunjung, Anda bisa mencoba mencicipi buah jemblang yang tumbuh di sekitar pantai, snorkeling bersama teman dan menjajal kuliner pantainya yang lezat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Aceh.

7. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka
Image Credit: Acehframenews.com

Jika kamu menginginkan wisata alam yang asri di Banda Aceh, Air Terjun Kuta Malaka yang terdapat di Kecamatan Sukamakmur ini bisa menjadi opsi untuk dikunjungi. Air terjun ini menawarkan keindahan lanskap yang masih alami dan asri.

Kamu akan dimanjakan dengan segarnya air terjun berpadu panorama hijau sejauh mata memandang. Untuk menuju ke sini kamu tidak perlu khawatir karena akses menuju lokasi sudah memadai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. Suka Makmur, Kab. Aceh Besar, Aceh.

8. Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe
Image Credit: Steemit.com

Untuk wisatawan yang ingin mencoba berwisata di alam yang belum tersentuh oleh tangan manusia dan benar-benar hijau, berkunjunglah ke Bukit Lhok Eumpe. Bukit ini hanya berjarak sekitar 10 km dari kawasan Banda Aceh dan akses lokasinya dapat ditanyakan pada warga setempat.

Dengan menempuh perjalanan selama 15 menit Anda akan langsung disuguhkan pemandangan alam yang indah. Area perbukitannya menawarkan panorama khas padang savana yang hijau kekuningan serta jajaran bukit hijau yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Meulaboh-Banda Aceh No.Km.9,5, Nusa, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

9. Museum Rumah Cut Nyak Dien

Museum Rumah Cut Nyak Dien
Image Credit: Saidfirman.wordpress.com

Siapa yang tidak kenal Cut Nyak Dien? Sejarah hidup pahlawan perempuan asal Aceh ini dikenang masyarakat dengan replika rumah museum. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan secara langsung senjata yang konon digunakan Cut Nyak Dien melawan penjajah.

Museum rumah yang terletak di Lampisang ini sangat bersih dan berdiri kokoh karena memang bangunannya sangat dijaga agar bisa dinikmati keindahannya hingga beberapa tahun mendatang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lampisang, Kec. Peukan Bada, Kab. Aceh Besar, Aceh.

10. Ujung Kelindu

Ujung Kelindu
Image Credit: Ksmtour.com

Ujung Kelindu adalah salah satu tempat wisata tepi laut dengan pemandangan mempesona di Banda Aceh. Tempat ini menyuguhkan panorama tebing berpantai yang mempesona dan laut biru kehijauan yang cantik.

Anda dapat melihat pemandangan ini dengan mudah karena aksesnya yang bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan. Panorama lautnya yang jernih serta bukit savananya yang coklat kehijauan berpadu dengan indah dan memberikan pemandangan kontras yang menarik dan tidak terlupa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Aceh.

11. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Lhoknga terletak tidak jauh dari Pantai Lampuk, dan tidak kalah keindahannya. Pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Banda Aceh ini menawarkan panorama alami yang dilengkapi wahana buatan untuk menjadikannya semakin menarik dikunjungi.

Pantai Lhoknga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, bahkan di sini terdapat lapangan golf dan arena khusus untuk berselancar. Kamu juga bisa menyaksikan magic hours yang sangat indah saat sore hari.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

12. Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy
Image Credit: Facebook.com @eksotisindonesia

Air Terjun Peukan Biluy berada di hulu sungai terkenal yaitu Seunung Bate Doeng salah satu sungai di Aceh. Air terjun dengan panorama alam yang menyegarkan ini di kelilingi oleh jajaran bukit, area persawahan dan pedesaan yang sangat indah.

Banyak wisatawan tertantang untuk memancing di hilir aliran air terjun yang mana memiliki berbagai macam ikan air tawar yang tentunya lezat jika dijadikan hidangan. Anda juga bisa pergi ke padang rumput rimbun asmara yang ada di bagian atas bukit di area air terjun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamsod, Kec. Darul Kamal, Kab. Aceh Besar, Aceh.

13. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh
Image Credit: Penanegeri.com

Museum Tsunami Aceh menjadi saksi pahit tragedi tsunami dahsyat tahun 2004. Museum ini dibangun untuk mengenang tragedi dan korban tsunami, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang bencana tsunami. Kamu bisa mendapat wawasan baru tentang kebencanaan.

Museum yang terletak di Baiturrahman ini memiliki arsitektur unik yang membuatmu seolah-olah mengalami tsunami secara langsung dengan backsound gemuruh dari lautan dan air yang terpercik di beberapa sudut.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

14. Masjid Baiturrahim Ulee Lheue

Masjid Baiturrahim Ulee Lheue
Image Credit: Google Maps (Muhammad Noor)

Masjid Baiturrahim UleeLheue ini adalah salah satu masjid yang dibangun pada abad ke tujuh belas dan peninggalan dari Sultan Aceh. Masjid ini menjadi tempat kunjungan yang menarik karena sejarahnya dahulu ketika tsunami melanda Aceh.

Ketika tsunami terjadi pad 2004 silam, masjid bersejarah ini tetap berdiri kokoh di tengah puing-puing bangunan yang hancur terkena tsunami. Bangunan masjidnya sendiri hanya mengalami kerusakan-kerusakan kecil saja dan hingga saat ini sudah beberapa kali direnovasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ulee Lheue, Kec. Meuraksa, Kab. Banda Aceh, Aceh.

15. Puncak Geurutee

Puncak Geurutee
Image Credit: Datawisata.com

Puncak Geurutee menawarkan eksotisme alam berupa birunya lautan luas dan hijaunya kepulauan kecil dipadu udara segar dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok kamu kunjungi jika menginginkan suasana alam yang damai dan tenang.

Selain menikmati keindahannya, kamu bisa mencoba berbagai kuliner khas Aceh yang banyak dijual di tempat ini. Ada juga berbagai spot foto terbaik untuk kamu yang menggemari fotografi dan selfie.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Meulaboh-Banda Aceh, Babah Ie, Kec. Jaya, Kab. Aceh Jaya, Aceh.

16. Makam Raja Aceh

Makam Raja Aceh
Image Credit: Indonesiakaya.com

Makam Raja Aceh berada di satu kompleks pemakaman para raja sekaligus menjadi tempat sultan yang terkenal yaitu Sultan Iskandar Muda. Daerah kompleks pemakaman ini cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata religi di Banda Aceh.

Selain tempatnya yang menyimpan banyak sejarah mengenai sosok penguasa Aceh dan keluarganya, tempat ini memiliki area taman dan jalanan yang cukup rindang. Sultan Iskandar Muda sendiri tercatat sebagai pahlawan nasional karena jasa-jasanya yang luar biasa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

17. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Image Credit: Pegipegi.com

Masjid Raya Baiturrahman memiliki nilai yang sangat penting bagi masyarakat Aceh. Masjid yang selamat dari gempuran tsunami 2004 ini berdiri kokoh di pusat Kota Banda Aceh selama ratusan tahun. Masjid ini menawarkan keindahan arsitektur serupa Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Raya Baiturrahman menjadi pusat wisata religi sekaligus ikon Aceh. Kamu bisa menikmati keagungannya sekaligus belajar tentang sejarah perkembangan Islam dan kebudayaan Islam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Moh. Jam No.1, Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

18. Makam Syiah Kuala

Makam Syiah Kuala
Image Credit: Glory-travel.com

Makam Syiah Kuala adalah salah satu tempat wisata religi yang harus Anda kunjung ketika berada di Aceh. Syiah Kuala sendiri merupakan salah satu dari ulama besar Aceh yang sewaktu hidup kemasyurannya terkenal di masyarakat Aceh dan dalam pengajaran islami.

Untuk berkunjung ke makam bersejarah ini, terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Peraturan tersebut seperti diwajibkannya pemakaian pakaian muslimah atau muslim, serta dilarangnya pengunjung untuk memotret sembarangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Deah Raya, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.

19. Sungai Pucoek Krueng Raba

Sungai Pucoek Krueng Raba
Image Credit: Travellink-indonesia.com

Wisata alam satu ini mungkin belum terlalu familiar di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Namun justru karena itu keindahan dan keasrian alamnya masih sangat terjaga.

Sungai yang terletak di Kecamatan Lhoknga ini memiliki panorama hijau yang menakjubkan dipadu pegunungan kapur di kejauhan. Kamu bisa berenang, menyewa perahu bebek, atau bersantai di tepi sungai sambil menikmati kuliner khas yang dijual.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

20. Makam Sultan Aceh Kandang XII

Makam Sultan Aceh Kandang XII
Image Credit: Situsbudaya.id

Berkeliling Aceh tidak lengkap jika belum mengunjungi makam sultan-sultan yang pernah memerintah pada zaman dahulu. Kompleks Pemakaman Sultan Aceh Kandang XII adalah kompleks pemakaman sultan yang berada tidak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman. Terdapat 12 makam di tempat ini yakni para sultan serta keluarga dekatnya.

Kompleks makam yang terawat baik ini terkenal akan keindahan ukiran pada tiap batu nisan yang ada. Ukiran tersebut dipahat begitu rumit dan memiliki nilai seni tinggi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

21. Museum Sejarah Aceh

Museum Sejarah Aceh
Image Credit: Wikipedia.org

Museum yang telah berdiri sejak 1915 ini cocok kamu kunjungi jika menginginkan destinasi wisata edukasi yang sarat nilai-nilai budaya. Bangunan utama Museum Aceh berupa rumah adat yang memiliki estetika dan kearifan lokal sangat tinggi.

Kamu bisa melihat berbagai koleksi bersejarah di museum ini, mulai dari artefak dari masa prasejarah, peninggalan zaman penjajahan dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat berbagai spot foto menarik yang bisa kamu abadikan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

22. Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga
Image Credit: Google Maps (Eka Juanda)

Pantai Alue Naga merupakan kawasan pantai yang memadukan pantai, hutan mangrove, muara sungai dan lautan biru sehingga menghasilkan pemandangan mempesona. Wisatawan yang datang juga akan disuguhkan berbagai aktivitas menarik para nelayan yang tinggal di pesisir pantai dan kawasan tambak yang penuh dengan ikan.

Pantai yang menghadap ke daerah Pulau Weh ini mampu membius wisatawan dengan panorama alamnya serta pemandangan matahari terbenamnya yang memukau. Karena tempatnya yang dekat dengan pusat kota dan terkenal indah, setiap harinya pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alue Naga, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.

23. Bukit Soeharto Aceh

Bukit Soeharto Aceh
Image Credit: Abulyatama.ac.id

Bukit ini sebagaimana namanya, merupakan tempat bersejarah di era kepemimpinan Soeharto. Dari atas bukit ini kamu bisa menyaksikan hamparan laut luas yang berwarna zamrud kebiruan dan pemandangan Pelabuhan Malahayati.

Ada pepohonan yang tumbuh di sekitar bukit, mulai dari pohon jambu dan beberapa pohon lain yang bisa digunakan berteduh dari teriknya matahari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Aceh.

24. Bukit Lhoknga

Bukit Lhoknga
Image Credit: Instagram.com @kerysants

Buki Lhoknga merupakan perpaduan sempurna tempat wisata alam yang menyajikan indahnya pemandangan laut serta deretan gunung sekaligus. Dari atas bukitnya wisatawan dapat melihat hamparan hutannya yang hijau dan subur. Jajaran gunung yang terlihat dari atas berwarna biru dan menyatu sempurna dengan pemandangan langitnya yang luas.

Anda juga dapat melihat laut dan pantai Lhoknga yang berada tak jauh dari bukit ini. Anda bisa bersantai diatas bukit sembari menikmati sunset atau memilih untuk berwisata di area pantainya yang cocok untuk berselancar. Untuk pergi ke tempat wisata ini Anda cukup menghabiskan waktu sekitar 10 menit perjalanan dan biaya tiket sebesar Rp 15.000,-.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

25. Taman Bustanussalatin

Taman Bustanussalatin
Image Credit: Portalsatu.com

Ingin merasakan suasana bersantai di Taman Raja Aceh? Taman Bustanussalatin jawabannya. Taman ini dulunya dikenal sebagai Taman Ghairah atau Taman Sari. Di tengah taman ini berdiri bangunan dengan aristektur bergaya Islam yang menawan.

Taman ini menjadi pusat perkumpulan warga untuk beraktivitas dan bersantai. Fasilitas yang disediakan pun lumayan lengkap, mulai dari taman olahraga, area permainan anak bahkan tersedia wifi gratis yang bisa diakses pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

26. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala
Image Credit: Google Maps (Tri Joko)

Tempat yang kini berganti nama menjadi Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB ini adalah salah satu wisata bersejarah yang ada di Aceh. Tempat ini difungsikan oleh badan cagar budaya daerah setempat untuk penyelamatan serta pengamanan, pemeliharaan, pengembangan, dokumentasi dan berbagai kegiatan untuk pelestarian barang cagar budaya.

Anda dapat melihat berbagai peninggalan bersejarah yang ada di daerah Aceh. Terdapat keterangan dan monumen-monumen pelengkap pula yang akan membantu Anda mempelajari setiap sejarah dari benda-benda peninggal sejarah yang ada. Tidak perlu khawatir karena benda-benda tersebut sudah dimasukan dalam pelindung kaca dan ditata rapi oleh pengelola.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Umar No.1, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

27. Simpang Mesra

Simpang Mesra
Image Credit: Berdendangnusantara.blogspot.com

Setelah puas mengeksplorasi Kota Banda Aceh, kamu bisa sepuasnya berwisata kuliner di Simpang Mesra. Di Simpang Mesra kamu bisa menjelajahi kuliner khas Aceh yang sangat beraneka ragam.

Kamu bisa mencoba berbagai kuliner Aceh seperti mie Aceh, ayam tangkap dan sebagainya. Mulai dari jajanan untuk camilan hingga makanan berat, semua bisa kamu dapatkan di sini. Harga kuliner yang dijual pun relatif murah dan ramah di kantong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Nyak Arief No.23, Lamgugob, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.

28. Lapangan Blang Padang

Lapangan Blang Padang
Image Credit: Google Maps (Grandis Syahrulli)

Lapangan Blang Padang merupakan lapangan seluas 8 hektar sekaligus salah satu tempat yang menyaksikan banyak kejadian bersejarah di Aceh. Dahulu lapangan ini digunakan untuk kebutuhan masjid ketika ada perayaan besar dan sebagai tempat upacara. Lapangan ini disebut blang padang oleh masyarakat karena areanya yang penuhi tumbuhan ilalang.

Saat ini tempat ini dijadikan kawasan wisata dan ramai dikunjungi wisatawan karena selain sebagai tempat bersantai, banyak penjual yang menjajakan jualannya di sekitar lapangan. Anda dapat bersantai di bawah pohon-pohonnya yang rindang atau bermain bola bersama keluarga dan teman di area lapangannya yang luas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Blang Padang, Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

29. PLTD Apung 1

PLTD Apung 1
Image Credit: Indonesiakaya.com

PLTD Apung 1 merupakan sebuah kapal penyuplai arus listrik di daerah Aceh yang terdampar setelah tsunami. Kapal ini seolah menjadi saksi bisu seberapa dahsyatnya tsunami Aceh 2004 hingga mampu membuat kapal sepanjang 63 meter ini terdampar di daratan.

Dari atas kapal ini kamu bisa menyaksikan keindahan pegunungan Bukit Barisan di kejauhan. Banyak pula spot foto menarik di berbagai sudut kapal yang bisa kamu abadikan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh.

30. Wahana Impian Malaka

Wahana Impian Malaka
Image Credit: Google Maps (Hasan Jauhar Hasan)

Wahana Impian Malaka merupakan salah satu lokasi wisata keluarga yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Aceh. Dibangun di daerah perbukitan membuat tempat ini memberi setiap wahananya nuansa yang berbeda. Untuk Anda yang senang dengan tempat-tempat menantang dan tempat tinggi bermain di wahana ini akan terasa sangat seru.

Dikelilingi alam pegunungan yang rimbun membuat lokasinya cukup rindang dan segar sehingga Anda tidak perlu takut kepanasan ketika sedang asyik menjajal wahana airnya. Untuk orang dewasa terdapat wahana air New Giant Slider yang sangat ekstrim. Wahana ini memiliki panjang sekitar 96 meter dan setinggi 25 meter yang menjadi ikon dari tempat ini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malaka, Aneuk Glee, Kuta Malaka, Kec. Indrapuri, Kab. Aceh Besar, Aceh.

31. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Image Credit: Rri.co.id

Satu lagi pantai dengan panorama menakjubkan di Banda Aceh, yaitu Pantai Ulee Lheue yang berbatasan dengan Samudera Hindia secara langsung. Tidak serupa pantai lainnya, pasir di tempat ini berwarna hitam dan konon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Kamu bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati angin yang menyegarkan, atau menunggu keindahan paripurna matahari yang tenggelam di tengah lautan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh.

32. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Image Credit: Twitter.com @diplomasitotal

Pantai Iboih berada di bagian barat dari Pulau Weh. Pantai ini kerap disebut Teupin Layeu oleh masyarakat lokal dan merupakan pantai yang berlokasi paling barat di daerah Indonesia. Pantai yang merangkap sebagai daerah pelabuhan ini tidak mengecewakan pengunjung. Pasalnya pantai pasir putihnya yang indah memiliki air laut biru yang jernih.

Daerah perairannya yang dangkal cocok untuk bermain dan berenang bersama teman atau keluarga. Anda juga bisa menjelajah di daerah pelabuhannya dan melihat kegiatan para awak kapal yang menarik. Selain itu, terdapat jajaran gunung berapi yang ada di bagian bawah permukaan air lautnya yang sekaligus menjadi pemisah ujung Sumatera dan Pulau Weh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kab. Sabang, Aceh.

33. Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra
Image Credit: Tempatwisata.pro

Benteng peninggalan Kerajaan hindu ini berdiri kokoh selama ratusan tahun sebagai saksi sejarah peradaban Aceh dulu kala. Dari atas benteng ini, wisatawan bisa menikmati keindahan arsitektur Hindu lengkap dengan stupa.

Bangunan yang terletak di Baitussalam ini terbuat dari beton kapur yang beberapa bagiannya mulai rusak karena faktor alam. Namun keagungannya masih bisa kamu nikmati secara utuh.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krueng Raya, Baet, Kec. Baitussalam, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Rekomendasi wisata di Banda Aceh tersebut sebagian besar merupakan wisata sejarah yang sarat nilai edukasi. Jadi selain mendapat kesenangan berwisata, kamu sekaligus mendapat ilmu baru.