Menikmati indahnya alam dari atas ketinggian menjadi hal menarik dan banyak dicari. Salah satu tempat yang kaya pesona alam, Bukit Daun di Rejang Lebong, Bengkulu. Pengujung dapat menikmati panorama alam yang menawan ditambah pesona danau Telapak Kaki yang memukau.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Talang Rendah, Kec. Nasal, Kab. Kaur, Bengkulu; Map: Cek Lokasi

Bengkulu, merupakan salah satu provinsi di Sumatra yang memiliki banyak sekali keragaman wisata. Salah satu yang menjadi kebanggaan daerah ini tentunya wisata alamnya. Ya wisata alam memang banyak ditemukan di pulau Sumatra, khususnya di daerah Bengkulu ini.

Dan dari sekian banyak pilihan wisata alam, Bukit Daun Rejang Lebong menjadi destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Bagi pecinta alam, nama Daun Rejang tentunya sudah tidak asing lagi.

Destinasi ini merupakan sebuah gunung berapi yang memiliki jenis gunung api Stratovolcano. Namun, masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang datang menyebutnya sebagai sebuah bukit yang indah, hal itu dikarenakan tinggi dari gunung ini sekitar 2.467 mdpl. Gunung ini sebenarnya cukup berbahaya karena masih termasuk gunung aktif.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Daun

Daya Tarik Bukit Daun
Image Credit: Google Maps (M Farkhan Mubaro)

Setiap lokasi wisata tentu memiliki daya tariknya tersendiri. Begitu pula dengan Duan Rejang yang ada di Bengkulu ini. Berikut ini beberapa daya tarik yang menjadikannya menarik untuk dieksplore lebih jauh.

1. Danau Telapak Kaki

Apabila Anda pecinta olahraga mendaki gunung atau bukit, maka destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk melampiaskan hasrat kegiatan mendaki gunung. Ketika Anda mendaki Bukit Daun, Anda akan disambut dengan danau yang sangat indah bernama Telapak Kaki.

Danau tersebut dinamai Danau Telapak Kaki karena bentuk dari danau tersebut menyerupai sebuah telapak kaki manusia yang berukuran sangat besar. Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 2,5 hektar dengan air yang masih sangat jernih dan terjaga kebersihannya. Di sekitar danau juga ditumbuhi pepohonan hijau yang memanjakan mata Anda.

Hijaunya sekitar danau membuat suasana terasa sangat sejuk dan tenang, bahkan sampai ada yang membawa perahu karet hanya sekedar bersantai sambil mengelilingi danau. Danau ini sangat aman, karena tidak terlalu dalam. Selain itu, di dalam danau tidak terdapat hewan hewan buas seperti buaya, ular, ataupun hewan lain lainnya.

2. Sunrise yang Mempesona

Bagi pengunjung yang berkemah di sekitar bukit, menanti matahari terbit tentunya menjadi hal wajib. Ketika Anda memiliki jadwal untuk berkemah di bukit Daun, pastikan tidak akan melewatkan momen menunggu terbitnya sang matahari.

Dengan pemandangan hijau di sekitar bukit dan ditemani suara kicauan burung di hutan tentu akan membuat suasana sunrise semakin lebih sempurna untuk dinikmati dan dikenang ketika Anda pulang.

3. Hutan Lindung

Hutan lindung yang ada di sekitar Bukit Daun Rejang Lebong memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam. Disini, terdapat beragam hewan maupun tumbuhan yang masih terjaga kelestariannya.

Area hutan lindung ini sangatlah luas, yaitu luasnya mencapai kurang lebih 8-9 hektare. Hal itu membuat keberadaan flora dan fauna di dalamnya masih sangat terjaga. Ketika berada di hutan lindung, Anda akan disambut berbagai fauna seperti suara monyet, kicauan burung burung, rusa, dan juga banyak satwa satwa endemik lainnya.

Hutan lindung ini juga menjadi sumber mata pencaharian dan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar hutan. Karena mereka memanfaatkan hutan untuk kebutuhan hidup sehari-hari seperti kayu, damar, rotan, hewan buruan, madu dan masih banyak lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Daun

Alamat Bukit Daun
Image Credit: [email protected]

Letak destinasi wisata ini berada di provinsi Bengkulu, tepatnya berada di Kabupaten Rejang Lebong, Kec. Bermani Ulu, di sebuah desa bernama Baru Manis. Ketika Anda ingin menuju Bukit Daun Rejang Lebong, maka pemberangkatan menuju lokasi harus dimulai dari kota Lebong.

Setelah itu, Anda bisa menuju ke sebuah kampung yang bernama Kampung Melayu yang terletak di sebuah kecamatan bernama Bermani Ulu. Hiking dimulai dari sebuah perkebunan teh di Bermani Ulu. Disini Anda akan disambut dengan panorama menakjubkan.

Saat mulai pendakian dan menemui medan yang menanjak maka Anda harus berhati hati dalam memilih sebuah jalan. Hal tersebut dikarenakan nantinya Anda akan menemui banyak sekali persimpangan di jalan tersebut. Jika di tengah perjalanan perbekalan air Anda habis, di Bukit Daun ini memiliki persediaan air yang melimpah. Saat menuju shelter 2, Anda akan melalui hutan lumut.

Perjalanan yang ditempuh lumayan panjang karena perjalanan dari shelter pertama menuju shelter yang kedua akan menempuh perjalanan yang panjang dan juga akan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan. Lalu, ketika sampai di shelter kedua maka akan bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak bukit. Perjalanan menuju bukit akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Estimasi Biaya Wisata ke Bukit Daun

Biaya ke Bukit Daun
Image Credit: facebook.com @muhamad.arief.3388

Untuk bisa menikmati keindahan Bukit Daun Rejang Lebong, pengunjung tidak perlu khawatir untuk masalah tiket masuk. Pasalnya, tempat wisata ini tidak mematok harga tiket masuk alias gratis.

Namun ketika disana Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk kebutuhan ketika berada disana. Dan juga mempersiapkan biaya untuk menyewa tempat tinggal sementara, biaya hidup di Bengkulu, dan juga biaya transportasi.

Jika Anda berangkat dari luar daerah seperti dari ibukota Jakarta menuju Bengkulu dan menaiki transportasi berupa pesawat terbang, maka biaya transportasi yang ditawarkan cukup beragam tiap maskapai penerbangan.

Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari 500.000 rupiah sampai dengan 1.000.000 rupiah untuk satu kali perjalanan. Dan juga biaya itu sebaliknya jika ingin kembali ke Jakarta.

Namun jika Anda adalah warga Kota Bengkulu, maka biaya yang dikeluarkan untuk menuju tempat ini lebih murah dibandingkan jika dari luar kota Bengkulu. Anda hanya perlu membawa kendaraan pribadi Anda entah itu roda empat ataupun roda dua, dan juga Anda tidak perlu memikirkan biaya penginapan ketika berlibur. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kendaraan untuk menuju Bukit Daun.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bukit Daun

Aktivitas di Bukit Daun
Image Credit: Instagram.com @dian_sepriawan

1. Menikmati Keindahan Panorama dari Atas Bukit

Ketika berada diatas bukit, Anda bisa melihat indahnya perbukitan yang berjajar rapi di sekitar Bukit Daun ini. Perbukitan yang ada di sekitar memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga sayang untuk dilewatkan. Dari atas sini Anda bisa mengagumi sebuah ciptaan Tuhan yang diturunkan di sebuah provinsi bernama Bengkulu.

Ketika menjelang malam tiba, dari atas bukit Anda bisa melihat gemerlap indahnya lampu rumah penduduk sekitar yang sangat cantik menghiasi indahnya malam. Dan ketika hari berganti menjadi pagi, Anda akan disambut indahnya pemandangan matahari terbit dari sisi timur. Cahayanya sangat terang menghangatkan tubuh saat diatas bukit.

2. Berkemah dengan Hawa Sejuk

Jika Anda ingin menikmati keindahan bukit di pagi hari ataupun malam hari, sangat disarankan bagi para pendaki untuk bermalam diatas bukit. Anda tidak perlu khawatir, karena disini nantinya Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi sama. Jadi, suasana berkemah akan terasa lebih menyenangkan.

Hal yang perlu Anda perhatikan yakni persiapkan perlengkapan berkemah dengan sebaik mungkin agar semua berjalan lancar.

Aktivitas Seru di Bukit Daun
Image Credit: Facebook.com @haryanto.pirdaus.1

3. Berburu Foto Keren

Ketika Anda sudah sampai diatas Bukit Daun Rejang Lebong, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Indahnya pemandangan dari atas bukit tentunya bisa dijadikan kenang-kenangan.

Tidak heran jika banyak pendaki yang berfoto dengan berlatar belakang sebuah pohon hijau yang rimbun ataupun berlatar belakang pemandangan matahari terbit yang sedang cantik cantiknya.

4. Mengenal Berbagai Hewan dan Tanaman yang unik

Bukit daun terkenal dengan berbagai macam tanaman unik yang tumbuh di dalamnya. Maka dari itu, apabila Anda datang ke tempat ini usahakan untuk melihat atau bahkan mengenali lebih dalam berbagai jenis tanaman seperti kantung semar, hewan katak dan lain lain.

Salah satu yang terkenal ialah bunga bangkai, atau biasa disebut bunga Rafflesia Arnoldi. Ya, bunga terbesar di dunia dan sangat langka ini memang bisa dijumpai disini. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke bukit ini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Daun Rejang Lebong

Fasilitas di Bukit Daun
Image Credit: Facebook.com @hotel.sandhyka

Fasilitas di Bukit Daun Rejang Lebong bisa dikatakan belum terlalu lengkap jika dibandingkan fasilitas pada tempat wisata pada umumnya. Tidak mengherankan memang, karena lokasi wisata ini memang berada di tengah hutan.

Disini hanya terdapat fasilitas seperti shelter untuk tempat pemberhentian sementara apabila ingin beristirahat, kamar mandi, penginapan warga sekitar, dan juga di kaki bukit terdapat rumah rumah penduduk yang menjual berbagai kebutuhan.

Tak jarang juga banyak penduduk yang menjual hasil alam dari bukit ini ke para pengunjung atau wisatawan yang datang. Dengan demikian, membuat perekonomian warga Rejang Lebong menjadi lebih maju dengan menjual hasil alam dan hasil bumi. Oleh karena itu, Anda dapat membeli barang yang dijual untuk dijadikan oleh-oleh saat Anda ingin balik ke kota Anda.

Itulah ulasan mengenai sebuah bukit indah bernama Bukit Daun di Rejang Lebong yang terdapat di provinsi Bengkulu. Destinasi wisata ini sangat menarik untuk bisa Anda kunjungi, khususnya bagi Anda yang senang dengan alam.