Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam Alamat: Kabil, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Banyak mitos yang beredar tentang Telaga Bidadari yang bisa ditemukan di tengah Kawasan Hutan Kuning Kota Batam. Terlepas dari semua mitos tersebut entah benar atau tidak, telaga yang memiliki ketinggian 3 meter ini merupakan tempat wisata alam yang sangat indah dan nyaman untuk bersantai dan bermain air di aliran airnya.

Telaga Bidadari merupakan satu-satunya wisata air terjun yang terdapat di Kota Batam. Namun untuk mencapai lokasi wisata alam ini para wisatawan harus melakukan trekking yang cukup melelahkan. Jalur perjalanan juga tergolong sulit, jadi untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke telaga ini diharapkan menyiapkan fisik dan tenaga ekstra.

Dikarenakan telaga ini sangat jauh dari keramaian dan berada di tengah hutan membuat beberapa fasilitas umum tidak ditemukan di lokasi wisata tersebut. Fasilitas seperti warung makan dan toilet umum contohnya yang tidak ditemukan di tempat wisata ini. Jadi untuk para wisatawan yang berlibur ke lokasi telaga di Kota Batam ini disarankan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Bidadari

Daya Tarik Telaga Bidadari
Image Credit: Facebook Ondo Pasaribu

Ada beberapa daya tarik yang dimiliki oleh telaga yang berada di Kota Batam ini. Dari alam yang masih asri dan air sungai yang begitu jernih. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Telaga Bidadari.

1. Alam yang Masih Asri

Dengan letak telaga yang berada di tengah hutan muka kuning membuat banyak sekali pohon-pohon besar yang bisa ditemukan di sekitarnya. Pepohonan tersebut membuat udara sejuk dan suasana terasa lebih tenang dan nyaman.

Angin yang bertiup di antara dedaunan kemudian menciptakan suara alam yang tenang ditambah suara air yang jatuh dari ketinggian membuat suasana tenang dan nyaman sangat terasa. Momen ini akan membuat para wisatawan sejenak melupakan kesibukan mereka dan stres akan suasana ramainya dunia perkotaan.

Untuk mereka yang menyukai kegiatan camping juga sangat direkomendasikan untuk mencoba bermalam di lokasi sekitaran telaga. Jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk untuk melindungi dari gigitan nyamuk ketika tidur di alam terbuka.

2. Air Terjun

Daya tarik Telaga Bidadari berikutnya adalah air terjun dengan ketinggian 3 meter. Daya tarik utama di lokasi wisata ini adalah air terjun tersebut, dengan ketinggian yang tergolong rendah untuk ukuran air terjun pada umumnya namun dengan ketinggian yang tergolong rendah tersebut justru menjadikan telaga ini menjadi disukai oleh para wisatawan.

3. Air Sungai

Daya tarik yang terakhir adalah air yang mengalir sepanjang telaga. Air yang jernih dan segar ini akan membuat para wisatawan yang datang ingin segera bermain air didalamnya. Ketika sudah sampai di lokasi wisata para wisatawan akan melihat beberapa wisatawan lain sibuk bermain air di dalam telaga tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Telaga Batam
Image Credit: Instagram Fredrica Natalia

Untuk lokasi Telaga Bidadari Batam berada di Provinsi Kepulauan Riau atau lebih tepatnya berada di tengah hutan muka kuning yang masuk ke dalam Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Jarak dari telaga tersebut dari Kota Batam adalah sekitar 9,3 kilometer yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor selama 20 menit melewati Jl. Ahmad Yani.

Untuk rute menuju lokasi telaga bisa dimulai dari Batam Center kemudian ambil Jl. Ahmad Yani menuju Pt. Epson Batam atau Mall Panbil. Setelah sampai di Pt. Epson Batam ambil jalur putar balik lalu belok kiri di pertigaan dekat Pt. Epson Batam. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan tempat parkir kawasan wisata ini.

Setelah sampai di tempat parkir para wisatawan diharuskan untuk berjalan cukup jauh. Dalam perjalanan ini para wisatawan akan melewati lembah dan bukit kemudian menyeberangi beberapa jembatan kayu yang dibuat dengan bahan seadanya. Perjalanan normal menuju lokasi wisata akan memakan waktu 1 jam sampai 1.5 jam tergantung kecepatan para wisatawan.

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh para wisatawan ketika mau masuk ke lokasi wisata ini alias gratis untuk tiket masuknya. Namun para wisatawan perlu membayar parkir kendaraan mereka sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Telaga Bidadari

Aktivitas Menarik di Telaga Bidadari
Image Credit: Facebook Visit Batam

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sekitar lokasi wisata alam di Batam. Dari kegiatan yang bisa dilakukan sendiri atau beramai-ramai. Berikut adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan di lokasi wisata alam ini.

1. Menikmati Keindahan Alam

Bersantai sambil menikmati suara angin yang bertiup di sela dedaunan dan suara air yang jatuh dari ketinggian bisa membuat siapa saja menjadi lebih rileks. Ditambah dengan suara burung yang bersiul di dalam rindangnya hutan membuat wisatawan yang berlibur ke lokasi ini akan melupakan sejenak suara ributnya dunia perkotaan.

2. Bermain Air

Kegiatan berikutnya adalah bermain air di Telaga Bidadari bersama orang terdekat. Kegiatan ini wajib dicoba karena dengan air yang sangat jernih dan segar membuat siapa saja yang berendam ke dalam telaga tersebut akan merasakan rasa segar yang luar biasa.

Akan banyak sekali orang yang bermain didalam telaga ini karena airnya yang jernih tersebut. Selalu berhati-hati dalam bermain air di dalam telaga ini. Hal ini karena aliran airnya yang cukup kuat membuat siapa saja harus lebih berhati-hati, terlebih anak-anak yang bermain di dalamnya harus tetap dalam pantauan orang tua atau wali.

3. Melompat Dari Atas Air Terjun

Tidak hanya bermain air saja namun para wisatawan bisa mencoba melompat dari atas air terjun ke dalam telaga di bawahnya. Ketinggian air terjun hanya 3 meter jadi kegiatan ini tergolong aman. Pastikan perhatikan terlebih dahulu bagian bawah tempat kamu akan melompat agar menghindari kecelakaan baik terhadap batu atau orang lain.

Posisi yang cocok untuk melompat di telaga ini adalah di bagian kiri atau jika berdiri menghadap air terjun lokasinya berada di sebelah kanan. Karena bagian tersebut memiliki batu pijakan yang cukup untuk berdiri. Di bawah pijakan tersebut juga terdapat air yang tingkat kedalaman yang cukup dalam jadi para wisatawan yang melompat tidak akan terbentur bagian dasar telaga.

Aktivitasa di Telaga Bidadari
Image Credit: Facebook Pindo Satriandi

4. Camping

Bagi kamu yang menyukai kegiatan bermalam di alam terbuka atau camping bisa mencobanya di sekitaran Telaga Bidadari. Disarankan membawa bekal yang cukup dan meminta izin kepada warga setempat agar mendapatkan pertolongan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dikarenakan lokasi yang berada di tengah hutan membuat beberapa hewan liar bisa ditemukan di sekitar tenda. Jadi harus selalu waspada terlebih pada ular yang berada di hutan tersebut. Jangan lupa memakai lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk hutan.

5. Berfoto

Dan kegiatan yang terakhir adalah hunting foto. Kegiatan ini cukup populer karena semua wisatawan yang datang pasti menyempatkan diri untuk berpose didepan kamera yang mereka bawa. Spot paling populer di sekitar telaga adalah air terjunnya. Banyak sekali orang yang berfoto dengan latar belakang air terjun tersebut.

Tidak sedikit orang juga yang berfoto sambil bermain air. Tidak hanya berfoto para wisatawan juga bisa membuat video untuk mengenang momen tersebut. Suara derasnya air dan siulan burung akan terdengar jelas di dalam video ketika merekam di lokasi wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Telaga Bidadari
Image Credit: Google Maps Rahmadani Suci

Karena tempat wisata yang satu ini berada di tengah hutan masih banyak sekali fasilitas umum yang tidak ditemukan di sekitarnya. Sebut saja seperti warung makan dan toilet umum. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar Telaga Bidadari.

1. Lahan Parkir Kendaraan

Fasilitas yang pertama ada lahan parkir yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk memarkirkan kendaraan mereka. Diharapkan kunci dengan benar kendaraan tersebut dan membawa barang berharga yang dimiliki. Walaupun tempat parkir tersebut dijaga oleh petugas namun apa salahnya mencegah sesuatu tidak diinginkan.

2. Jalan Menuju Lokasi Wisata

Fasilitas yang berikutnya adalah jalan atau jalur trekking yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menuju ke lokasi telaga berada. Jalur ini sangatlah ekstrim jadi diharapkan menggunakan alas kaki yang kuat agar bisa menopang badan dan menghindari terjadinya tergelincir akibat salah memilih alas kaki.

3. Jembatan Penghubung

Sepanjang jalan yang dilalui menuju lokasi telaga menawan ini para wisatawan akan menemukan beberapa jembatan yang dibangun menggunakan batang pohon seadanya. Jembatan ini digunakan untuk membantu para wisatawan untuk menyeberangi sungai yang berada dibawahnya. Perhatikan pijakan karena jembatan yang dibangun seadanya ini sangat sederhana.

Lokasi Telaga Bidadari Batam yang terletak di tengah hutan akan membuat para wisatawan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya. Namun, ketika sudah sampai rasa capek yang dirasa akan terbayar lunas dengan pemandangan yang diberikan. Tetap perhatikan kebersihan lingkungan agar telaga ini bisa dinikmati oleh wisatawan lainnya.