12 Tempat Makan Enak di Batam Favorit Wisatawan

Tempat Makan Batam

Berkunjung ke Kota Batam tidak lengkap tanpa mencoba kuliner khas dari tempat makan atau resto disana. Tempat terbaik yang menawarkan hidangan lezat dapat memberi pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Kota Batam di Kepulauan Riau mempunyai luas wilayah sedikit lebih besar dari negara Singapura. Dengan iklim cenderung panas dan kondisi tanah tidak subur, kota ini lebih mengedepankan sektor industri dan pariwisata untuk mendukung perekonomiannya. Fakta inilah yang membuat Batam semakin dikenal di kalangan turis dunia.

Sebagai kota persinggahan wisatawan yang hendak melawat negeri jiran, Batam terus bersolek agar mampu menarik minat sehingga memperpanjang waktu kunjungan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seharian. Belanja, rekreasi, staycation, bahkan berburu kuliner yang lezat dan yang lagi hits semua terbayar sepadan.

Gerai-gerai kuliner ini berlomba-lomba membuat masakan sendiri, demi menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Menikmati makanan sembari melihat pemandangan adalah cara mereka memanjakan wisatawan yang datang. Karena masuknya wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Batam, terutama kaum millenial, resto dan cafe Batam menyajikan wisata makan berkonsep sebagai daya pikat. Berikut berapa tempat makan favorit di Batam yang patut Anda kunjungi.

1. De Patros Cafe Harbour Cafe

De Patros Cafe Harbour Cafe

Image Credit: Depatros.wordpress.com

Cafe dengan konsep outdoor pertama di Batam ini konsisten menyajikan menu beragam, mulai masakan khas Indonesia hingga Barat. Area luar tempat ini dipilih untuk menemani menikmati makanan lezat bersama keluarga selagi melihat pemandangan kota Singapura di kejauhan. Di bagian dalam, Anda akan menemui meja dan kursi ditata rapi seperti mengundang untuk berlama-lama seperti rumah sendiri.

Masakan enak di tempat sini contohnya saja soto, mie goreng, sate, steak, masakan seafood, dan lain-lain. Ditemani semilir angin yang berhembus dari pinggir pantai, area di atai atas tidak pernah sepi pengujung, khususnya di malam hari bagi yang ingin melihat taburan lampu kota sebelah.

Lokasi: Jl. Harbour Bay, Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam.

2. One Dozen Cafe

One Dozen Cafe

Image Credit: Urbaness.com

Apabila Anda mencari tempat yang nyaman dengan nuansa klasik yang hangat serta punya makanan lokal enak, One Dozen jawabannya. Tempatnya yang nyaman, dengan kursi-kursi kayu mengkilatnya, akan membuat Anda betah menghabiskan waktu berlama-lama.

Tempat ini terkenal karena menyajikan banyak cemilan yang sangat Indonesia. Anda bisa memesan tape atau bakwan goreng untuk menemani es Americano. Selain camilan, menu yang tersedia adalah seafood, Asian, dan Western food.

Lokasi: Jl. Fisabilillah, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Batam yang Terkenal Enak

3. Lee’s Cafe & Bar

Lee’s Cafe & Bar

Image Credit: Youtube.com @Project Ssherlie

Cafe yang paling terkenal diantara ladies, sebab adanya boneka Teddy Bear sebagai pemanis dekorasi. Disini, Anda bisa mendapatkan 2 hal wajib bagi pecinta sosial media: makanan lezat dan foto sekelas Instagram pilihan. Jangan khawatir dengan harga, menu makanan seperti rice bowl, spageti, hingga nasi goreng sangat bersahabat di kantong anak muda.

Dengan ratusan boneka di meja, dinding, dan dimana-mana, Lee’s cafe menjadi tempat tak terlupakan saat mengunjungi Batam. Bukan cuma hiasan, boneka ini bisa dipinjam untuk menemani Anda bersantap menikmati kudapan. Tempat indah yang menyenangkan untuk mendapatkan banyak pelukan.

Lokasi: Jl. Komp. Penuin Centre Block JA No.1-2, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam

4. Chemistree Coffee & Eatery

Chemistree Coffee & Eatery

Image Credit: Thesmartlocal.com

Tempat makan enak lainnya yang membuat betah berlama-lama ada disini. Banyak spot indah yang menjamin feed Instagram Anda terlihat menakjubkan. Furnitur kayu, atap panel kaca yang menjulang, dan pohon tinggi besar di tengah ruangan akan membuat Anda merasa sedang berada di rumah kaca.

Sesuai namanya, disamping kopi yang menjadi sajian utama, makanan yang ditawarkan lebih bersifat Western. Mulai dari beragam kue manis dan coklat, ada juga spageti hingga fish and platter.

Lokasi: Jl. Raja H. Fisabilillah No.12B, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

5. Anchor Cafe & Roastry

Anchor Cafe & Roastry

Image Credit: Urbaness.com

Tempat ini lebih cenderung ke cafe Amerika. Berkonsep terbuka, Anchor Cafe menempatkan banyak meja dan kursi menyebar di samping bangunan. Saat akhir pekan, banyak ekspatriat yang datang bertandang. Selain karena porsinya besar, rasanya pun sangat Amerika.

Kopi racikan sendiri ini dibuat langsung di hadapan pengunjung. Biji kopi yang digunakan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Jika Anda menginginkan bentuk tertentu di latte Anda, Barista disini dengan senang hati akan membuatnya.

Lokasi: Jl. Raja H. Fisabilillah No.12B, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam

6. Socialite’s Crib Bistro & Bar

Socialite's Crib Bistro & Bar

Image Credit: Batamtoday.com

Cafe terbaik lain di Batam ini mengusung 3 konsep berbeda di tiap lantainya. Ada sky dining yang dihiasi dengan tanaman hijau di setiap sudut, membingkai sempurna pemandangan menakjubkan kota dari tertinggi. Lantai kedua bisa untuk meeting, nonton bersama, atau sekadar santai mengobrol dengan nyaman. Lantai bawah adalah benar-benar terbaik untuk berfoto ria karena semua furnitur kayu disana sangat indah.

BACA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menu masakan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan cafe lain di daerah Batam. Kebanyakan makanan disini adalah Asian dan Western food. Yang istimewa adalah cafe ini membuat kopi kemasan sendiri untuk dinikmati ala kopi siap saji.

Lokasi: Jl. Laksamana Bintan, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

7. My Garden Resto & Bar

My Garden Resto & Bar

Image Credit: Dananwahyu.com

Bak oase di tengah tanah merah, My Garden Cafe ini menghadirkan suasana sejuk hutan kecil nan hijau di dalam kota. Kolam kecil di tengah asrinya taman, membuat My Garden Resto sering menjadi tujuan ketika diadakan acara romantis seperti pertunangan. Rooftop menjadi pilihan jika cuaca cerah dan ingin menikmati suasana kota dari ketinggian.

Tak lengkap jika membahas tempat makan enak tanpa mengetahui menunya. Di resto taman ini disajikan semua yang kamu mau makan, mulai makanan berat hingga kue manis pengganjal perut. Plus tidak lupa ada sorbet dari buah segar yang menjadi menu spesial.

Lokasi: Jl. Raja M Selah, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

8. Pantai Cafe

Pantai Cafe

Image Credit: Pantainesia.com

Berhadapan langsung dengan bibir pantai, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan menikmati malam dengan makanan enak dan pemandangan indah. Suasananya sangat nyaman, baik bagi pengunjung yang datang sendiri maupun bersama keluarga. Pengelola menyediakan beberapa permainan seperti biliar dan karaoke agar pelanggan semain betah.

Pantai Cafe menawarkan menu makanan yang cukup beragam. Bisa dipilih mulai khas Indonesia hingga Western, ada daging hingga seafood. Makanan pendamping seperti cemilan juga disediakan bagi Anda yang hanya ingin minum sambil menikmati hembusan angin pantai.

Lokasi: Tanjung Uma, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

9. Tea Box Café

Tea Box Café

Image Credit: Horizonfastferry.com.sg

Menampilkan dekorasi sederhana nan apik seperti dapur ibu, Tea Box menjadi idola baru. Tidak banyak ornamen, hanya beberapa pigura wise word yang menjadi hiasan tempat ini. Pelanggan yang datang tampaknya tidak terlalu mencari view kece karena fokus cafe memang untuk makan.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Enak

Cafe ini menyajikan masakan Indonesia rumahan dengan tampilan resto. Harga yang diterakan tak mahal, pas ukuran anak muda yang suka jajanan kekinian. Menunya sangat beragam, Anda bisa memilih roti bakar, donat bomboloni, hingga nasi goreng. Signature drink cafe ini adalah teh aneka rasa.

Lokasi: Jl. Sudirman, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

10. Saung Sunda Sawargi

Saung Sunda Sawargi

Image Credit: Batamnews.co.id

Biasanya, pengunjung restoran ini adalah orang Batam perantauan. Mereka merindukan cita rasa kampung asal yang otentik namun dekat. Seperti umumnya saung Sunda, resto Sawargi juga berupa gubug memanjang mengelilingi kolam buatan. Dengan musik khas Sunda, resto ini cukuplah menjadi obat kangen bagi penikmat makanan Indonesia.

Menu utama yang disajikan disini sama dengan restoran di Jawa Barat, termasuk urap dan es buah. Jangan khawatir tentang harga, arena harga paketan biasanya lebih murah dari harga per porsi.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam.

11. Harbor Bay Seafood Restaurant

Harbor Bay Seafood Restaurant

Image Credit: Judith4381.wordpress.com

Berada tepat di tepi pantai, restoran ini biasanya digunakan untuk menjamu pejabat yang datang ke Batam. Pemandangan lautnya sangat indah. Meja kursi ditata menghadap laut, karena kapal-kapal ferry dari Batam ke Singapura dan sebaliknya menjadi daya tarik tersendiri.

Menu yang ditawarkan berupa seafood segar pilihan. Para nelayan bahkan terlihat langsung membawa udang, ikan, kepiting, dan kerang langsung ke restoan. Menu andalannya yaitu gonggong, sejenis keong yang hidup di wilayah Batam, yang mempunyai rasa asin gurih yang lezat.

Lokasi: Jl. Duyung Sei Jodoh, Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam.

12. Kedai Kopi Harum Manis

Kedai Kopi Harum Manis

Image Credit: Zomato.com

Kedai kopi paling legendaris di Batam yang masih mempertahankan rasanya seperti generasi pertama. Kedai di kompleks Nagoya ini menyajikan berbagai menu khas Melayu, seperti mie goreng, roti maryam, hingga nasi dan lauknya. Sangat ramai dari pagi, Anda harus rela antri jika ingin makan disini.

Menu utama adalah mie lendir serta kopi dan teh tarik. Mie lendir ini seperti mie ongklok Wonosobo. Didalamnya ada mie kuning lembut dicampur dengan kuah kacang coklat kental ditambah tauge dan irisan telur rebus.

Lokasi: RT.002/RW.002, Sudimara Barat, Kec. Ciledug, Kota Tangerang.

Selain kota dengan berbagai daya tarik pantainya, ternyata Batam mempunyai potensi wisata kuliner yang tak kalah dengan negara tetangga. Jika telah lelah berbelanja, maka sekarang saatnya Anda mulai merecharge diri dengan mengunjungi tempat makan enak di Batam dan berlama-lama disana. Selamat makan!