Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Kebun Raya Batam yang berlokasi di Kecamatan Nongsa ini diresmikan pada 22 Desember 2018 lalu. Kawasan ini memiliki koleksi tumbuhan yang banyak dan beragam, bahkan jumlah koleksi tumbuhan yang berada dalam kebun sebanyak 2.472 buah tanaman. Dengan jumlah tumbuhan yang sebanyak ini bisa menciptakan udara sejuk di sekitar area kebun raya. Selain sejuk, udara disini pun dikenal bersih.

Kebun Raya yang memiliki nama lain Batam Botanic Garden ini dikembangkan oleh Bidang Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan dari LIPI. Badan ini jugalah yang mengembangkan beberapa kebun raya yang berada di Indonesia. Sehingga tak heran kalau botanic garden disini terlihat sangat indah nan menyejukkan.

Kebun Raya Batam menyajikan beragam tumbuhan seperti halnya bunga yang berwarna-warni. Pemandangan yang disajikan oleh kebun raya ini mampu memikat siapapun untuk datang dan menginjakkan kakinya disini. Dengan suasana yang sejuk ditambah beragamnya tumbuhan yang ada membuat pengunjung yang merasa betah berlama-lama disini. Cocok dijadikan sebagai area rekreasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Batam

Daya Tarik Kebun Raya Batam
Image Credit: Facebook Kebun Raya Batam

Sesuai namanya yang diberikan, Kebun Raya ini berlokasi di Kota Batam tepatnya di Kecamatan Nongsa. Pengunjung yang datang kesini tidak hanya berasal dari dalam daerah Batam saja, tetapi juga ada wisatawan yang berasal dari luar daerah. Dengan semua daya tarik yang dimilikinya, pantas saja kalau botanic garden ini selalu dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

1. Dihiasi dengan Tumbuhan Berwarna-warni

Daya tarik utama sekaligus yang paling banyak diincar oleh wisatawan adalah tempatnya dihiasi dengan tumbuhan yang berwarna-warni. Spot tempat tumbuhnya tumbuhan berwarna-warni ini dinamakan Taman Warna Warni, letaknya berada di bagian atas dari bukit kebun raya. Untuk menyambanginya, pengunjung diharuskan menaiki anak tangga yang juga berwarna-warni.

Setelah pengunjung menaiki tangga berwarna-warni, pengunjung akan sampai di pelataran yang dipenuhi oleh dedaunan hijau beserta tumbuhan berwarna-warni pastinya. Disinipun terdapat gazebo yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Oleh karena itu, kebun raya ini cocok dijadikan area rekreasi.

2. Tersedianya Walking Track

Daya tarik selanjutnya dari Kebun Raya Batam ialah adanya walking track. Keberadaan walking track secara tidak langsung dapat menambah jumlah pengunjung untuk menyambangi tempat ini. Walking track disini mempunyai ragam jalur yang bisa dilalui dan akan mengarah ke bagian kawah bukit. Selain itu, bahan dasar dari pembuatan walking track ini adalah paving block sehingga nyaman untuk dipijak.

Walking track yang berada di kebun raya ini dihiasi oleh warna-warna cerah yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan walking track ini berada di Taman Warna-Warni sehingga pantas saja jika warna yang diberikan sejalan dengan nama dari taman ini. Walking track yang berwarna-warni ini tentunya disukai oleh anak-anak. Jadi bagi wisatawan, jangan lupa untuk membawa keluarga yaa.

3. Dilengkapi dengan Wisata Kuliner

Daya tarik lainnya adalah Kebun Raya Batam dilengkapi juga dengan wisata kuliner. Ternyata bukan hanya pemandangan dan walking track-nya yang berwarna-warni saja yang menjadi daya tarik botanic garden ini. Beragam kuliner yang dijajakan disini mampu memikat hati pengunjung untuk duduk dan bersantap ditemani pemandangan indah dari kawasan wisata. Sungguh liburan yang sempurna bila dilakukan disini.

Wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir akan perut kosong saat sibuk mengamati keindahan kebun raya ini, karena disini telah tersedia beragam jajanan. Beragam jajanan disini juga membuat sukses kebun raya dalam artian wisata kulinernya. Dengan adanya wisata kuliner disini, wisatawan tidak perlu repot-repot membawa perbekalan makanan untuk disantap bersama keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Raya Batam
Image Credit: Google Maps Anita Gracia

Kebun Raya Batam termasuk obyek wisata alam yang cukup digandrungi baik bagi yang ingin merasakan keindahan kebunnya maupun berolahraga disini. Bahkan tiap minggunya tercatat ada lebih dari 800 kunjungan. Lokasi kebun raya ini berada 20 km dari pusat Kota Batam. Akses jalan menuju lokasi sudah terbilang mudah, mengingat tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk mengunjungi obyek wisata ini kurang lebih 31 menit dari pusat Kota Batam menggunakan kendaraan beroda empat. Namun, biasanya pada tanggal-tanggal liburan sekolah ataupun cuti kerja, jalan menuju lokasi akan sedikit ramai. Suasana sejuk serta alami yang disuguhkan oleh kebun raya ini menjadi faktor banyaknya pengunjung yang memilih berekreasi disini.

Pengunjung dapat memulai perjalanan menuju Jalan Engku Putri Utara yang berlokasi di Batam. Setelahnya pengunjung dapat menuju Jalan Raja Isa dengan keluar dari bundaran. Lalu belok ke kiri ke arah Jalan Orchard Boulevard kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan Abuyaltama. Lalu teruskan sampai ke Jalan Raja M saleh dan menuju Jalan Hang Lekui hingga menemui destinasi wisata tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kebun Raya Batam
Image Credit: Facebook Kebun Raya Batam

Seperti obyek wisata lainnya, saat hendak menyambangi Kebun Raya Batam pasti akan dikenai tarif masuk bagi pengunjung yang hendak merasakan daya tarik wisata tujuan. Sama halnya dengan obyek wisata alam ini. Dengan beragam daya tarik yang dihadirkan, rasanya jika merogoh kocek bukanlah suatu masalah. Apalagi, harga tiket masuknya pun dikenal ramah dikantong.

Wisatawan dapat mempersiapkan dana sebesar Rp 10.000 sebagai tiket masuk. Nominal ini termasuk ramah dikantong jika ditukar oleh pemandangan asri yang disuguhkan secara khusus untuk pengunjung disini. Tunggu apalagi, selain menyajikan pemandangan natural yang indah, harga tiket masuk kebun raya pun ramah dikantong. Mari kesini dan rasakan udara sejuknya!

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya Batam

Aktivitasdi Kebun Raya Batam
Image Credit: Google Maps Maya Art

1. Berswafoto dengan Background Taman Warna-Warni

Obyek wisata alam yang hampir semuanya didominasi oleh lahan hijau ini juga menyimpan tumbuh-tumbuhan yang berwarna-warni. Keberadaan tumbuhan berwarna-warni ini berada di Taman Warna-Warni dan masih menjadi bagian dari Kebun Raya Batam. Dengan adanya Taman Warna-Warni menjadikan tempat ini memiliki daya tarik sendiri dibanding botanic garden lainnya.

Banyak hal yang bisa wisatawan lakukan di Taman Warna-Warni salah satunya ialah dengan berswafoto. Berswafoto merupakan sebuah kegiatan yang cukup digandrungi oleh masyarakat pada zaman ini. Kecanggihan kamera yang sudah berevolusi menciptakan foto menjadi sebuah kegiatan khusus yang harus dilakukan. Wisatawan bisa mengambil foto disini dengan berlatar belakang tumbuhan warna-warni.

2. Jogging Sore Diatas Walking Track

Bagi anda pegiat olahraga tentu tidak asing dengan aktivitas jogging, bahkan untuk orang yang awam tentang olahraga pun mungkin kenal dengan salah satu jenis olahraga ini. Kegiatannya yang mudah dilakukan dan tanpa alat tambahan olahraga lainnya menjadikan jogging cukup diminati oleh siapa saja. Sehingga bisa mematahkan anggapan kalau ‘sehat itu harus mahal’.

Jogging bisa dilakukan dimana saja, namun jika anda tahu tempat yang memiliki udara segar dan jauh dari polusi, maka anda harus menjadikan tempat tersebut sebagai spot jogging. Seperti halnya kebun raya ini, tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh disini tersedia banyak sehingga menciptakan udara segar. Selain itu, adanya walking track menjadikan tempat ini cocok dijadikan sebagai area jogging.

3. Mencicipi Kulinernya yang Beragam

Setelah berkeliling, berfoto dan lelah saat olahraga di Kebun Raya Batam kerap kali menjadikan kita merasa lapar. Rasa lapar yang menghampiri akan semakin terasa ketika kita mengetahui bahwa kita tidak membawa perbekalan makanan untuk disantap. Tentu hal ini merupakan sebuah kesakitan dengan level berbeda. Namun anda tidak perlu khawatir karena di kebun raya ini juga terkenal akan wisata kulinernya.

Terkenalnya wisata kuliner disini didukung oleh beragam spot makanan yang bisa wisatawan coba setelah lelah berekreasi. Wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan cita rasa yang disajikan oleh makanannya, karena makanan yang tersaji disini sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Merupakan pilihan yang tepat jika anda dan sekeluarga menghabiskan liburan disini. Mantap!

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Kebun Raya Batam

Fasilitas di Kawasan Botanic Garden
Image Credit: Facebook Kebun Raya Batam

Letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota membuat fasilitas yang tersedia di kebun raya ini sudah tergolong lengkap. Wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan tentang fasilitas yang ada, termasuk fasilitas penunjang ataupun fasilitas umum. Karena pihak pengelola kebun sudah menyediakan fasilitas yang mumpuni demi menunjang semua kegiatan wisatawan yang datang.

Beragam fasilitas telah tersedia disini seperti halnya mushola bagi pengunjung yang hendak melaksanakan kewajibannya sebagai umat muslim dan toilet bagi pengunjung yang hendak membuang hajatnya. Selain itu disini juga tersedia walking track yang terbuat dari paving block, juga ada kulinernya.

Demikianlah beberapa hal mengenai Kebun Raya Batam yang sudah dirangkum. Seakan tidak ada habisnya jika membahas kelebihan kebun raya ini. Untuk anda yang berada di Batam tidak ada salahnya mengunjunginya. Selain mendapatkan ketenangan dalam bersantai, wisatawan pun dapat kesehatan karena adanya walking track yang bisa digunakan sebagai area jogging.