Pantai Reviola salah satu objek wisata pantai yang menawan di Jembatan 6 Barelang, Kota Batam. Pantai pasir putih di ujung Pulau Galang ini dihiasi pepohonan hijau, spot foto yang keren dan tempat terbaik untuk liburan bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Indonesia, negara berjuta pesona dengan kenampakan alam yang luar biasa. Destinasi wisata alam mulai dari pegunungan, taman hiburan hingga pantai tersedia. Di Barelang Batam, telah dibuka wisata Pantai Reviola sebagai kawasan wisata baru.

Pantai ini berada tepat setelah Jembatan 6. Lokasinya cukup strategis serta dekat kawasan wisata lainnya. Meski termasuk dalam tempat wisata baru, pantai ini nyatanya sudah banyak diminati. Terutama bagi para pecinta pantai, tempat yang satu ini akan memukau Anda. Kawasan pantainya yang lebar, ditambah kenampakan laut yang begitu luas akan membuat siapapun betah berada di sini.

Padahal dulunya, kawasan pantai ini masih berupa semak merimbun. Namun sebab kesadaran masyarakat, semak belukar kemudian dibersihkan dan menyisakan pepohonan tinggi yang menjulang. Berbagai daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Reviola memang beragam. Tidak heran banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi pantai yang ada di Batam tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Reviola

Daya Tarik Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Afrizal Alfarisi)

1. Pantai Indah Dengan Rimbunnya Pohon Pinus

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Reviola memang beragam. Salah satunya adalah kawasan pantai luas yang dikelilingi oleh pohon pinus. Pohon pinus ini sudah ada sejak kawasan pantai masih dihuni oleh semak-semak. Setelah pembenahan, pengelola menyisakan beberapa pohon yang tinggi sebagai salah satu keindahan di pantai ini.

Dengan laut tenang dan jernih, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah di sana. Meski cuacanya cukup panas Anda dapat beteduh di bawah pohon maupun pondokan yang ada di beberapa lokasi. Airnya yang berwarna hijau muda, ditambah dengan biasan langit cerah seolah membuat siapapun terpana.

2. Kawasan Pantai Luas

Tidak seperti kawasan pantai lainnya, pantai cantik ini memiliki kawasan pantai yang luas. Oleh sebab itu, tempat ini juga dimanfaatkan wisatawan untuk bermain permainan pantai.

Pengunjung pun beramai-ramai menuju batas tepi pantai untuk bermain bersama. Ditambah lagi dengan semilirnya pepohonan yang ikut membuat suasana menjadi lebih tenang.

Saat cuaca sedang cerah pengunjung dapat bermain pasir serta berjemur di kawasan pantai ini. Luas pantai Reviola sekitar 700 meter, sehingga Anda bisa leluasa melakukan aktivitas pantai di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Reviola

Alamat Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

Dengan keunikan dan daya tariknya, semakin lama pantai ini semakin dipadati oleh pengunjung. Kawasan pantai pun nampak cukup ramai saat liburan tiba. Bagaimana tidak, tempatnya yang indah, laut yang menyegarkan, juga kumpulan orang yang sedang berbahagia ikut memeriahkan pantai ini.

Untuk Anda yang penasaran dengan kawasan pantai ini bisa langsung datang ke Galang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Pantai ini terletak dekat dengan pantai favorit Pantai Tegar Bahari.

Anda hanya harus menemukan menara tinggi di sebelah kanan jalan. Selanjutnya ambil rute kiri, terus ikuti jalan hingga sampai di gerbang Pantai Reviola.

Harga Tiket Masuk Pantai Reviola Jembatan 6

Harga Tiket Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

Menjadi salah satu destinasi wisata pilihan, tempat ini memang memiliki beragam daya tarik. Layaknya tempat wisata pada umumnya, pantai ini juga mematok tarif tertentu untuk setiap pengunjung yang ingin eksplore keindahannya.

Meski begitu Anda tidak perlu risau, pasalnya harga yang dipatok masih ramah di kantong. Tidak perlu banyak biaya, cukup dengan uang sebesar Rp 10.000, Anda sudah bisa berkeliling dengan puas menikmati keindahan pantainya.

Biaya yang telah disebutkan di atas hanya tarif masuk ke pantai ya. Sedangkan ada beberapa fasilitas pantai yang dibanderol dengan harga mandiri. Artinya di luar biaya tiket masuk. Meski begitu Anda tetap tidak akan kecewa ketika berkunjung ke pantai ini. Meski cuaca terik pengunjung tetap dapat berteduh di pondokan yang telah dibangun di beberapa titik.

Pondokan di sekita pantai disewakan dengan tarif sekitar Rp 75.000 – Rp 200.000. Harga tersebut juga tergantung seberapa lama Anda akan menggunakannya. Istirahat di pondokan yang beratapkan jerami bersama rombongan akan menjadi hal yang menyenangkan. Bisa sambil ngobrol santai untuk meramaikan suasana.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Reviola

Kegiatan Dilakukan di Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Rinaldo Akbar)

1. Bermain Air

Aktivitas pantai yang tidak boleh ketinggalan saat Anda berada di Pantai Reviola adalah bermai air. Iya, aktivitas yang satu ini tentu akan sangat menyenangkan jika bisa dilakukan beramai-ramai. Rasakan kesegaran airnya yang akan membasahi tubuh Anda.

Bermain bersama teman pun akan menjadi lebih menyenangkan. Pantai ini memang memiliki air yang jernih, sehingga siapapun pasti betah bermain air di pantai ini. Apalagi dengan pemandangan pepohonan yang tidak kalah cantiknya.

Setelah bermain air, pengunjung dapat membersihkan diri di ruang ganti atau ruang bilas yang telah disediakan. Anda juga bisa melakukan kegiatan seru, dengan tengkurap di bibir pantai sambil menunggu terjangan air laut.

2. Berenang

Untuk yang hobi berenang, jangan sampai Anda melupakan aktivitas yang satu ini. Apalagi sebagai pecinta pantai, Anda bisa berenang sepuasanya di Pantai Reviola. Dengan gugusan terumbu karang yang ada, serta air yang begitu jernih. Nikmati berenang bersama ikan-ikan cantik di pantai ini. Siapapun pasti betah berlama-lama di sini. Pemandangan pohon Pinus tepi pantai pun ikut mempercantik kawasannya.

Saat berenang, pastikan Anda menemukan lokasi yang tepat. Sebaiknya tidak terlalu ke tengah ya. Pasalnya airnya cukup dalam. Selain itu ombak di pantai ini juga siap menerjang kapan saja. Apalagi teruntuk yang masih anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan orang dewasa.

Berenang di pantai sambil menikmati suasana yang begitu meriah. Ditambah dengan pengunjung yang tiada habisnya memadati kawasan ini akan memberikan kesan tersendiri. Lokasinya yang cukup berada jauh dari jalan raya, ikut meminimalisir CO2.

3. Bermain Ayunan

Selain bermain air maupun berenang, nyatanya ada aktivitas lain yang bisa dilakukan di area pantai ini. Saat cuaca sedang cerah bermain di kawasan pantai juga sangat menyenangkan.

Ketika berada di kawasan pantainya, Anda akan menemukan ayunan yang terpasang cantik di daerah bibir pantai hampir ke laut. Ayunan itulah yang banyak dijadikan spot bagi pengunjung.

Entah itu untuk berfoto, menikmati laut yang luas, maupun menikmati semilir angin. Anda bisa duduk-duduk di ayunan tersebut sambil sesekali berayun dengan pelan. Rasakan kesegaran angin laut yang menerpa tubuh. Sejauh mata memandang, yang ada hanya keindahan ciptaan Tuhan. Pastinya berada di destinasi pantai ini akan menjadi hal yang menyenangkan.

Kegiatan i Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Sri Dewiyana)

4. Memasang Hammock

Ingin bersantai sejenak dari sibuknya aktivitas? Jika iya, maka telusuri Batam dan Anda akan menemukan Pantai Reviola yang recommended. Di sini Anda bisa bersantai sambil bergelantung di pepohonan pinus. Dengan memasang hammock, pengunjung akan lebih bisa bersantai sambil menikmati tawa bahagia dari pengunjung lainnya.

Untuk aktivitas yang satu ini, Anda bisa membawa hammock dari rumah. Sehingga ketika sampai di pantai Anda hanya harus mencari spot pasang hammock. Tenang saja, disini masih banyak pohon tinggi yang letaknya berdempetan. Pilih tempat teduh untuk memasang hammock. Anda bisa tidur-tiduran di atas hammock sambil menikmati segarnya udara khas pantai.

5. Piknik Sederhana

Lelah dengan aktivitas bermain air? Anda bisa juga melakukan piknik sederhananya di kawasan pantai. Dengan panjang pantai yang mencapai 700 meter, Anda dapat menemukan tempat epik untuk piknik.

Apalagi ketika badan mulai terasa kedinginan, memasak ubi bakar pastinya akan nikmat sekali. Terutama jika hal itu dilakukan dengan orang terdekat.

Anda pun bisa mendirikan tenda. Untuk yang ingin berkemah atau bermalam di Pantai Reviola, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 20.000 per orangnya. Yang pasti liburan akan sangat menyenangkan. Bakar-bakar ubi dan singkong di bibir pantai bersama orang terkasih, tentunya akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Reviola

Penginapan Dekat Pantai Reviola
Image Credit: Fegatravel.com

1. Labun Island

Untuk yang belum puas menjelajah Batam dan ingin bermalam di sana. Nyatanya ada beberapa penginapan yang dekat dengan kawasan pantai. Salah satunya adalah Labun Island.

Penginapan yang satu ini berjarak 6,9 km dari pantai. Apalagi ditunjang dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya area bermain serta tempat yang instagramable.

2. SBS Resort

Berjarak 19,7 km dari kawasan pantai, SBS Resort menjadi penginapan terdekat selanjutnya. Dengan harga yang cukup ramah di kantong juga view kamar yang cantik, tempat ini bisa menjadi lokasi bermalam Anda. Sudah terdapat restoran serta tempat parkir untuk pengunjung.

3. Morela Kelong Resort

Setelah menjelajah keindahan pantai, tidak terasa waktu mulai senja. Dari sini Anda bisa menginap di Morela Kelong Resort. Dari kawasan pantai, penginapan ini berada di jarak 15 km. Resort yang satu ini juga menyediakan hidangan khas yang menggoyang lidah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Reviola Barelang Batam

Fasilitas di Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

Pantai cantik ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas publik seperti kamar mandi, lokasi parkir, dan toilet. Terdapat pula kedai makanan yang enak-enak. Kedai yang ada di pantai ini hanya buka saat wisatawan banyak yang berkunjung. Selebihnya Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

Berbagai hal yang ada di Pantai Reviola di Jembatan 6 Barelang, Kota Batam memang tidak akan pernah habis untuk dieksplore. Jadi, segera rencanakan liburan Anda ke pantai cantik ini ya.