Daerah Meulaboh yang ada di Aceh Barat memiliki beberapa destinasi menarik. Disana menyediakan wisata alam hingga religi dengan keunikan. Pengunjung yang berlibur dijamin merasa betah dengan melihat beragam pemandangan.

Kawasan wisata selalu tampak bersih karena tidak ada sampah yang tercecer. Penduduk juga sangat ramah dalam menyambut tamu. Wisatawan bisa bercengkrama dengan warga sekitar sekaligus merasakan kesejukan area destinasi.

Selama berkunjung Anda juga dapat menikmati olahan kuliner yang dijual. Tak hanya itu, ada pula penyewaan permainan di dalam tempat wisata. Sehingga traveller bisa menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan menyenangkan. Berikut rekomendasi tempat wisata di Meulaboh, Aceh Barat, Provinsi Aceh yang menarik dijelajahi.

1. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan
Image Credit: Facebook Dedy Sutendi

Pantai menjadi destinasi favorit yang selalu didatangi wisatawan dari luar daerah. Salah satunya Pantai Pusong Sangkalan yang tidak pernah sepi pengunjung meskipun saat hari biasa. Disana Anda dapat melepas penat sambil melihat keanekaragaman pemandangan.

Ombak yang cukup besar sering digunakan bermain selancar. Bagi pelancong yang sudah mahir melakukan olahraga tersebut maka bisa membawa papan dari rumah. Gulungan ombak akan memacu adrenalin Anda dan dijamin membuat para tamu senang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sangkalan, Kec. Susoh, Kab. Aceh Barat, Aceh.

2. Persawahan Suak Sigadeng

Persawahan Suak Sigadeng
Image Credit: Infoliburan.net

Nuansa Persawahan yang masih alami sering dijadikan spot berburu foto. Para pelancong bisa datang ke Persawahan Suak Sigadeng yang dekat dengan pedesaan. Terdapat beragam tanaman mulai dari padi, pohon kelapa, dan bunga yang bermekaran. Wisatawan yang datang akan disambut baik oleh penduduk dan petani yang ada di Persawahan tersebut.

Anda yang ingin berkunjung diharapkan datang mulai pagi agar bisa merasakan udara segar. Jika sudah malam Persawahan ini tampak sepi karena sudah tidak ada penduduk. Pengunjung yang berlibur tidak perlu membawa bekal makanan karena wisata dekat dengan warung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Aceh.

3. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga
Image Credit: Facebook Yarman Mourly

Pantai Lanaga yang mempunyai tempat nyaman menjadi tempat rekreasi yang tidak boleh terlewatkan. Wisatawan dapat melihat air laut yang berwarna biru karena sangat jernih. Pada area pasir juga tampak bersih dengan beberapa batu besar yang berjejer rapi.

Pada sudut lain terdapat permainan air yang disewakan mulai dari jet ski hingga papan selancar. Traveller bisa menyewa untuk berkeliling di sekitar Pantai. Bagi Anda yang tidak ingin bermain air dapat bersantai di sekitar gazebo yang telah tersedia.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Peunaga Kec. Meureubo, Kab. Aceh Barat, Aceh.

4. Krueng Tutut

Krueng Tutut
Image Credit: Facebook Seniman ACEH

Krueng Tutut menawarkan panorama bukit serta air jernih yang berada di bawah. Biasanya wisatawan naik ke bukit untuk melihat keindahan air dari arah atas. Perpaduan warna hijau dan biru yang ada di kawasan destinasi membuat tamu sering memotret gambar.

Wisata Krueng Tutut masih jauh dari pemukiman sehingga pengunjung diharapkan membawa bekal. Anda bisa pula menikmati piknik bersama keluarga karena tempat ini tidak terlalu banyak dipadati orang. Jangan lupa membawa tikar karena disana belum banyak disediakan gazebo.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Aceh.

5. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon
Image Credit: Google Maps joe Kifli

Kecantikan Pantai Lhok Bubon memang jarang ditemui di wisata lain karena masih natural. Kawasan sekitar dilengkapi tanaman bakau dan kelapa yang berdiri kokoh. Udara di sekitar pun terasa sejuk sehingga bagus untuk kesehatan. Wisatawan banyak menjadikan Pantai ini sebagai tempat bersantai yang sangat nyaman.

Pasir yang ada di Pantai Lhok Bubon terlihat putih kecoklatan dengan ombak putih. Traveller bisa berjemur di sekitar pasir jika ingin mendapat pantulan sinar matahari. Area yang begitu bersih akan membuat Anda terpesona selama berlibur ke Lhok Bubon. Maka dari itu jangan mengotori kawasan sekitar supaya tetap tampak bersih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lhok Bubon, Kec. Samatiga, Kab. Aceh Barat, Aceh.

6. Lebok Pineu

Lebok Pineu
Image Credit: Tanohmirah.wordpress.com

Lebok Pineu yang berada di kawasan pedesaan menyuguhkan tempat yang sangat cantik. Bahkan di sudut lain ada aliran sungai yang mengalir dari hulu ke hilir. Hal itulah yang membuat Lebok Pineu sering disebut sebagai desa wisata oleh orang yang berdatangan.

Anda dapat duduk di pondok yang dekat dengan sawah. Keindahan yang begitu lengkap ini sering dijadikan obyek foto oleh traveller. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bercengkrama dengan penduduk desa yang sangat ramah untuk bertanya mengenai Lebok Pineu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Aceh.

7. Pantai Batee Puteh

Pantai Batee Puteh
Image Credit: Google Maps Cet laget

Salah satu rekomendasi destinasi wisata di Meulaboh adalah Pantai Batee Puteh. Tamu yang berasal dari luar Aceh sering naik becak untuk merasakan sensasi seru menuju Pantai. Keelokan wisata yang ada disana akan membuat pengunjung kagum. Apalagi air laut masih alami karena tidak ada sampah tercecer.

Biasanya saat hari libur kalangan muda sering camping di sekitar Pantai dengan membawa tenda. Wisata hits ini memang cocok untuk menikmati liburan akhir pekan. Bahkan Anda dapat melihat keindahan langit saat sunset.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lhok Aman, Kec. Meukek, Kab. Aceh Selatan, Aceh.

8. Danau Geunang Geudong

Danau Geunang Geudong
Image Credit: Google Maps Dedi Syahputra kph

Danau Geunang Geudong yang sangat luas sering menjadi incaran para pelancong. Air yang begitu tenang dengan hamparan rumput hijau membuat tempat ini indah. Bahkan kawasan di dalam dilengkapi pohon rimbun yang mampu menghasilkan angin sepoi-sepoi. Hal tersebut memikat hati tamu lokal hingga turis.

Anda tidak perlu takut bosan karena Danau Geunang menawarkan spot pemancingan. Traveller dapat membawa alat pancing yang tidak berbahaya. Selain itu Anda juga bisa membawa hammock untuk bersantai di antara kecantikan panorama Danau. Jadi liburan akan semakin terasa menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Putim, Kec. Kaway XVI, Kab. Aceh Barat, Aceh.

9. Pantai Lhok Geudong

Pantai Lhok Geudong
Image Credit: Google Maps Bos Ariadi Muis

Pantai Lhok Geudong menjadi destinasi hits yang memanjakan mata. Selama berada disana pengunjung bisa menikmati lautan biru. Pantai cantik ini juga menyediakan tempat duduk yang nyaman untuk rombongan keluarga. Jadi siapapun yang berlibur dapat merasakan suasana Pantai dengan ditemani semilir angin.

Sepanjang pesisir Pantai terdapat perahu nelayan yang sedang berlabuh. Perahu tersebut sering dijadikan background untuk hunting foto. Wisatawan juga bisa berenang di pinggir Pantai karena ombak yang tidak besar. Anda dapat membawa pelampung atau menyewa di tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Aceh.

10. Masjid Agung Baitul Makmur

Masjid Agung Baitul Makmur
Image Credit: Google Maps Anwar Suradi

Wisata religi Masjid Agung Baitul Makmur mempunyai design khusus yang tampak unik. Jika dilihat dari depan Masjid ini sangat megah dengan corak emas yang memukau. Traveller dapat beribadah sekaligus melihat arsitektur Masjid. Tetapi para tamu diharapkan memakai pakaian yang sopan selama berkunjung.

Design yang ada di Masjid Agung Baitul Makmur ada yang bercorak Timur Tengah, Aceh, serta Asia. Tidak heran wisata religi itu termasuk ke dalam 100 masjid terindah. Anda bisa membawa kamera untuk memotret design yang ada di dalam Masjid.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imam Bonjol No.100, Drien Rampak, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, Aceh.

11. Gua Seumancang

Gua Seumancang
Image Credit: Google Maps spktres abdya

Gua Seumancang yang disusun dari batu-batuan mempunyai keunikan tersendiri. Pelancong yang ingin masuk ke dalam Gua disarankan membawa senter karena lampu disana tidak begitu terang. Anda akan melihat stalakmit dan stalaktit yang ada di langit-langit Gua.

Wisata Gua menyimpan beberapa makan ulama Aceh yang dijaga ketat. Anda yang datang dapat berziarah ke makam tersebut. Pengunjung yang ingin duduk santai dapat menuju area luar Gua supaya bisa merasakan udara segar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mata Ie, Kec. Blang Pidie, Kab. Aceh Barat, Aceh.

12. Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee
Image Credit: Google Maps Fauzi ST

Pantai Suak Ribee menawarkan pasir eksotis berwarna hitam yang begitu halus. Wisatawan sering bermain voli di pasir dengan mengajak kerabat. Tidak hanya itu, air laut juga sering dijadikan spot bermain wahana air. Apalagi disana menyediakan perahu kano dan banana boat untuk disewa.

Tempat rekreasi Suak Ribee yang nyaman cocok untuk menikmati kuliner. Disana ada beberapa penjual yang menawarkan menu seafood dan es segar. Jadi traveller bisa bersantai di warung itu dengan mencoba olahan yang memanjakan perut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Iskandar Muda, Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, Aceh.

13. Pulau Gosong

Pulau Gosong
Image Credit: Google Maps Muhajiburrahman

Dahulu Pulau Gosong terbentuk dari pasir yang menempel di batu karang. Tamu yang datang akan merasa seperti sedang di Pulau pribadi karena belum banyak dijamah orang. Anda bisa menyewa kapal khusus untuk berkeliling di sekitar Pulau Gosong.

Pemandangan yang memukau membuat pulau ini menarik untuk dijadikan tempat berkumpul keluarga. Bahkan wisatawan bisa mencoba parasailing ketika disana. Sehingga liburan di Pulau tidak membosankan meskipun sampai sore.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kedai Susoh, Susoh, Kab. Aceh Barat Daya, Aceh.

14. Air Terjun Pungki

Air Terjun Pungki
Image Credit: Google Maps Galakdiwana Gf6_Adv

Air Terjun Pungki yang dikelilingi tanaman hijau membuat destinasi cantik ini selalu ramai. Traveller bisa berenang karena air ini terasa sangat sejuk. Sumber Air Terjun Pungki berasal dari resapan curah hujan dan gunung sehingga masih alami.

Air yang jatuh dari ketinggian menyuguhkan keelokan yang menarik perhatian. Apalagi jika dilihat ketika pagi atau siang hari maka Air Terjun semakin indah dengan pantulan matahari. Pengunjung juga bisa berkemah dengan konfirmasi kepada petugas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pungkie, Kec. Sungai MAS, Kab. Aceh Barat, Aceh.

15. Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung
Image Credit: Google Maps candra k

Pantai Ujong Kareung dilengkapi dengan benteng Jepang yang menambah kecantikan. Wisatawan bisa berdiri di sekitar batu tinggi jika ingin melihat air laut dari atas. Bahkan batu ini sering dijadikan spot berfoto dengan background warna langit dan laut. Para tamu bisa pula sekedar bermain air di pinggiran Pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujong Kareung, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang populer di Meulaboh, Aceh Barat. Pengunjung bisa melipir ke salah satu destinasi tersebut. Siapkan pula peralatan yang akan dipakai dan ajak kerabat dekat ketika berkunjung.