Indonesia memiliki banyak provinsi dan masing-masing provinsi memiliki daya tariknya sendiri. Dalam hal ini, Aceh bisa menjadi salah satu destinasi yang juga layak untuk Anda kunjungi. Provinsi ini menyimpan keindahan yang banyak orang belum tahu.

Aceh menjadi salah satu provinsi paling ujung di Indonesia. Tepatnya, Aceh berada di provinsi paling barat dan terletak di Pulau Sumatera. Aceh memang terkenal dengan budayanya, seperti Tari Saman yang sudah mendunia. Namun, Aceh juga ternyata memiliki keindahan alam yang tak kalah cantiknya dengan tempat wisata lain, khususnya ketika itu berbicara tentang pantai.

Pantai menjadi daya tarik istimewa di Aceh. Dengan letak geografisnya yang berbatasan dengan laut, tidak heran ketika garis pantai di provinsi ini cukup panjang dan ini memunculkan banyak pantai yang indah. Bila Anda juga senang berlibur, berikut adalah beberapa destinasi wisata pantai yang bisa Anda kunjungi di sekiar Aceh.

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Lokasi: Jl. Pantai lboih, Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang. – Image Credit by Gomuslim.co.id

Pantai pertama yang patut dikunjungi adalah Pantai Iboih. Pantai ini menyajikan pemandangan yang masih sangat asri dan masih belum terlalu ramai dikunjungi. Apalagi, lokasi pantai ini ada di tepi Pulau Weh, yang merupakan salah satu pulau di provinsi ini dan menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia. Karena hal inilah, pantai ini terasa masih sangat alami.

Banyak orang menyebut pantai ini sebagai surga yang tersembunyi. Air pantainya sangatlah jernih dengan nuansa biru yang sangat cantik. Ditambah lagi, pasir di pantai ini berwarna putih bersih. Bila Anda berfoto di pantai ini, barangkali orang tidak akan menyangka bahwa pantai ini berada di daerah Aceh.

2. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Pasir Putih Lhok Mee
Lokasi: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai kedua yang patut dikunjungi adalah Pantai Lhok Me. Orang juga kadang menyebutnya sebagai Pantai Pasir Putih Lhok Me. Sesuai namanya, pantai ini memiliki area pasir putih yang sangat cantik. Di beberapa bagian pasir yang sudah terendam air laut, ada juga tanaman yang tumbuh dan ini menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

Selain keindahan tersebut, warna dari air laut di pantai ini juga sangatlah cantik. Warna birunya terasa sangat jernih. Orang akan sangat senang duduk dan bersantai di tepi pantai ini. Lebih lagi, air juga relatif tenang, sehingga cukup aman bila Anda ingin bermain air bersama anak Anda di sekitar pantai.

3. Pantai Lange

Pantai Lange
Lokasi: Lam Lhom, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar. – Image Credit by Acehtourism.info

Pantai Lange menjadi rekomendasi selanjutnya yang patut Anda kunjungi di Aceh. Pantai ini menyajikan pemandangan yang juga tak kalah cantik dengan dua pantai yang sudah disebutkan sebelumnya. Di pantai ini, ada area yang berupa bentangan pasir putih bersih dan ada pula area dataran yang merupakan batu karang.

Salah satu yang menarik ada di daerah batu karang ini. Batu karang ini memiliki banyak lubang dan celah. Dari hal ini, fenomena alam yang menarik terjadi. Ketika ada air yang menghempas dataran karang ini, tidak jarang orang bisa melihat air yang menyembur dari batuan karang yang ada. Ini menjadi atraksi alam yang sangatlah unik.

4. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga
Lokasi: Jl. Bakti Pemuda No.04. Meulaboh, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat. – Image Credit by Alamnegaraqq.wordpress.com

Pantai Lanaga menjadi pantai yang juga terkenal sangat cantik. Pantai ini memang tidak memiliki bentang pasir putih yang luas, karena beberapa area memiliki tanaman yang tumbuh dan ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini membuat bersantai di pantai tidak terasa terlalu panas dan Anda pun bisa mencari area yang teduh.

Karakter air yang ada di pantai ini relatif tenang. Anda bisa melihat jernihnya air laut yang terlihat sangatlah menawan. Selain pemandangan ini, ada juga banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti mengendarai jet ski. Bahkan, pada kesempatan tertentu, diadakan pula perlombaan balap perahu.

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Lokasi: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Pantai Lampuuk, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu pantai yang sangat terkenal di Aceh. Namun, pantai ini sempat mengalami kerusakan parah pasca tsunami yang terjadi. Sekarang, kondisi pantai ini sudah jauh lebih baik dan sudah kembali menampilkan pemandangan alam yang akan membuat Anda sangat tertarik melihatnya.

Pantai ini terasa sangat cantik dengan lengkungan garis pantainya. Pantai ini menyuguhkan perpaduan air biru yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sekeliling pantai ini, ada juga area tebing serta pepohonan yang tumbuh secara alami.

6. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Lokasi: Iem Meulee, Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang. – Image Credit by Disbudpar.acehprov.go.id

Pantai Sumur Tiga menjadi pantai lain yang juga berada di Pulau Weh. Pastinya, karena lokasinya berada di pulau tersendiri, pantai ini masih terasa sangat alami dan keindahan alamnya benar-benar masih sangat terjaga.

Yang menarik dari pantai ini memang namanya. Sesuai nama pantai ini, orang mengatakan bahwa di pantai ini terdapat tiga sumur dan sumur ini merupakan sumur air tawar. Ini cukup aneh karena sumur sebenarnya hanya beberapa meter saja dari pantai.

7. Pantai Anoi Hitam

Pantai Anoi Hitam
Lokasi: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang. – Image Credit by Dolandolen.com

Nama pantai ini menggambarkan kondisi dari pantai ini. Pantai Anoi Hitam berarti pantai yang berwarna hitam. Warna pasir hitam ini terbentuk secara alami dan ini terjadi karena area hutan bakau. Sudah pasti, ini menjadi daya tarik tersendiri.

Selain pasir hitam eksotisnya, pantai ini juga memiliki area terumbu karang yang sangat cantik. Ini sangat cocok bagi para pecinta keindahan bawah laut. Selain itu, ada juga bunker peninggalan Jepang yang terletak di bukit yang masih dalam satu area dengan pantai ini.

8. Pantai Tapak Gajah

Pantai Tapak Gajah
Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang. – Image Credit by Merahputih.com

Pantai ini juga berada di Pulau Weh. Namun, kondisi geografisnya relatif berbeda dengan pantai lainnya. Garis pantainya tidaklah luas, sehingga tidak banyak area dengan pasir putih untuk bersantai.

Namun, daya tarik utama dari pantai ini justru keindahan bawah lautnya. Banyak orang yang datang ke pantai ini untuk snorkeling dan menyaksikan panorama laut yang sangat indah. Ini pastinya sangat menakjubkan.

9. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Lokasi: Iboih, Kec. Sukaraya, Kota Sabang. – Image Credit by Pesonaindo.com

Satu area pulau ini memang menawarkan paket lengkap keindahan pantai. Pantai Rubiah sendiri menawarkan keindahan laut yang terlihat sangat cantik dan jernih. Lokasinya pun ternyata relatif mudah dijangkau.

Namun, yang menjadi sangat istimewa adalah kehidupan bawah lautnya. Ini sebenarnya merupakan taman laut dan biota laut di dalamnya sangatlah cantik dan beragam. Tidak heran orang selalu tertarik diving dan snorkeling di pantai ini.

10. Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga
Lokasi: Laut Andaman, Alue Naga, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. – Image Credit by Pasirpantai.com

Pantai ini menyajikan hamparan laut yang terlihat sangat luas dan tidak berbatas. Pemandangan yang ini menjadi salah satu daya tarik dari pulau ini. Selain itu, area pasir yang nyaman juga menjadi tempat nyaman bersama keluarga.

Namun, yang utama dari pantai ini sebenarnya adalah pemandangan matahari terbenamnya. Sunset di pantai ini terasa sangat sempurna karena posisi pantai yang menghadap ke terbenamnya matahari.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai yang ada di daerah Aceh. Pantai yang ada di provinsi ini sangatlah cantik dan sebagian besar masih sangat asri. Tidak heran ketika airnya masih sangat jernih. Bahkan, beberapa area memiliki biota laut yang sangat terjaga keindahannya.