Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Kepulauan Seribu termasuk destinasi wisata yang sangat terkenal dikalangan masyarakat. Salah satu objek wisata favorit di kepulauan ini yaitu Pulau Semak Daun. Masyarakat biasanya menghabiskan waktu berlibur untuk berwisata atau berkemah di pulau tak berpenghuni ini. Para pengunjung biasanya membangun tenda bersama keluarga ataupun teman untuk bermalam.

Pulau ini membuktikan betapa indahnya anugerah Tuhan dengan panorama alamnya yang begitu mempesona. Tempat ini menjadi lokasi favorit bagi Backpacker. Lokasi yang cocok bagi anda yang bekerja di kantor dan lelah dengan hiruk pikuk kota. Pulau ini dapat menjadi obat bagi anda yang ingin menangkan diri serta menghilangkan penat.

Ombak yang sangat tenang dengan pesona pantai yang memikat menjadikan pulau ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai kegiatan. Walaupun berada di dekat wilayah Jakarta, perairan di Pulau Semak Daun sangat bersih dan jernih serta berwarna biru kehijauan. Pulau kecil ini memiliki sejuta pesona yang harus anda nikmati ketika berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Semak Daun

Daya Tarik Dimiliki Pulau Semak Daun
Image Credit: Instagram.com @sanjungpursie

Meskipun terletak di Provinsi Jakarta, pulau tidak berpenghuni ini tentu saja memiliki daya tarik khas yang tidak bisa dibandingkan dengan Ibu Kota. Keindahan alam yang masih natural, kebersihan serta ketenangan hanya bisa didapatkan di kawasan wisata ini. Beberapa daya tariknya yaitu sebagai berikut.

1. Sunset yang Memikat

Kawasan wisata seperti pantai, tidak pernah jauh dari keindahan sunset. Pulau Semak Daun ini dikenal karena memiliki spot untuk menikmati sunset. Bagi anda yang akan berwisata ke lokasi ini, harus bisa mengatur waktu agar tidak melewati moment menikmati sunset. Anda juga dapat menyalakan api unggun di malam hari untuk menghangatkan tubuh.

2. Pulau yang Bersih

Wisata ini tergolong lokasi yang sangat bersih dikarenakan tidak adanya orang yang menghuni pulau ini. Tidak ada polusi ataupun sampah yang dapat mencemarkan udara. Pengelola setempat juga selalu melakukan pemeriksaan kebersihan di pulau ini. Berbagai jenis pohon pun tumbuh menjalar di area wisata sehingga menjadikan tempat ini semakin sejuk dan rindang.

Daya Tarik Pulau Semak Daun
Image Credit: Twitter.com @AviatourTwit

3. Lokasi yang Tenang

Melihat pasir putih yang terhampar bersih serta air laut berwarna biru jernih, menjadikan lokasi ini begitu tenang dan membuat nyaman. Ketika berkunjung, anda akan merasakan kedamaian jauh dari hiruk pikuk Jakarta. Tanah di pulau ini pun sangat subur sehingga berbagai jenis pohon dapat tumbuh dengan baik disini. Tidak hanya air laut, di pulau ini pun tersedia air tawar untuk dikonsumsi.

4. Keindahan Penyu

Semak Daun selain menjadi lokasi wisata, juga merupakan tempat penangkapan salah satu jenis penyu langka yaitu penyu sisik. Anda sebagai pengunjung dapat melihat proses kehidupan penyu di lokasi wisata ini. Wisatawan juga dapat menambah wawasan dengan mempelajari karakteristik penyu langka.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Semak Daun
Image Credit: Twitter.com @LiburanLokal

Pulau Semak Daun berlokasi di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Tepatnya lokasi wisata ini berada di wilayah Kelurahan Pulau Panggang. Rute menuju lokasi ini tidak begitu sulit. Dari Jakarta, anda hanya perlu menaiki kapal untuk menyebrang yang sudah tersedia di beberapa dermaga Ibu Kota. Salah satunya dengan menyebrang dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke maupun Pantai Marina Ancol.

Dari Pantai Ancol hanya memerlukan waktu 1,5 jam. Sedangkan dari Muara Angke memerlukan waktu lebih lama sekitar 3 jam. Pengunjung biasanya harus transit terlebih dahulu di Pulau Pramuka. Dari Pulau Pramuka pengunjung kemudian menyebrang menggunakan perahu kecil menuju lokasi tujuan. Harga penyewaan perahu kecil ini sekitar 800.000 rupiah.

Perkiraan Biaya Wisata ke Pulau

Perkiraan Biaya Wisata ke Pulau
Image Credit: Instagram.com @ediputras

Berwisata ke Pulau Semak Daun tidak memerlukan harga tiket karena gratis. Namun, anda perlu membawa uang yang cukup karena transportasi menuju lokasi wisata terbilang sedikit mahal. Selain itu, dibutuhkan pula biaya untuk anda yang akan menitipkan kendaraan pribadi di lahan parkir yang telah tersedia. Biaya yang dibutuhkan kurang lebih sekitar dua juta rupiah untuk liburan disini.

Dari Dermaga menuju Pulau Pramuka membutuhkan uang sekitar 50.000 rupiah untuk menaiki kapal. Dari Pulau Pramuka sendiri membutuhkan biaya 800.000 rupiah untuk sampai ke Kawasan pulau cantik ini. Di lokasi wisata ini tentu saja anda harus membeli beberapa makanan dan minuman selama berlibur di pulau ini. Selain biaya untuk liburan, anda juga harus membawa perbekalan lain yang diperlukan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Semak Daun

Aktivitas Menarik di Pulau Semak Daun
Image Credit: Google Maps (Alasroban)

1. Camping

Bagi anda yang menyukai kemah, anda harus mencoba camping di pulau indah ini. Bermalam dengan keluarga ataupun teman-teman menjadikan liburan sangat mengesankan. Kegiatan kemah ini dilakukan karena tidak ada cara lain untuk menginap di sekitar Pulau Semak Daun selain camping. Anda harus membawa sendiri peralatan camping dikarenakan tidak adanya penyewaan peralatan di lokasi.

2. Snorkeling

Untuk menikmati keindahan bawah laut yang terdapat di lokasi wisata ini, anda harus mencoba snorkeling. Ketika snorkeling, anda dapat melihat bawah laut dengan jelas karena jernihnya air di pulau ini. Liburan sambil menikmati keindahan laut akan terasa menyenangkan.

3. Memancing Ikan

Ketika malam hari, tanpa adanya lampu dan pemandangan yang mulai gelap, berlibur akan terasa membosankan. Namun, anda dapat memancing ikan pada malam hari di Pulau Semak Daun. Wisatawan biasanya memancing ikan di dermaga. Ikan biasa dibakar di dekat tenda-tenda camping. Berkemah sambil menikmati ikan bakar hasil pancingan terasa sangat nikmat.

Aktivitas di Pulau Semak Daun
Image Credit: Facebook.com @Jalan2com

4. Jalan-jalan

Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan jalan-jalan di sekitar pinggir pantai sepanjang pulau. Aktivitas ini biasanya dilakukan para wisatawan di pagi hari sambil menunggu matahari terbit ataupun sore hari menunggu sunset. Pulau ini tergolong sangat kecil sehingga anda tidak akan tersasar ketika sedang berjalan-jalan. Cobalah berjalan-jalan dengan kaki telanjang menikmati lembutnya pasir.

5. Menikmati Sunset

Menikmati sunset, aktivitas favorit yang selalu ditunggu para wisatawan ketika berlibur ke pantai. Jangan lupa untuk menikmati keindahan sunset di sore hari dengan panoramanya yang indah khas pulau ini. Bersantai di tepi pantai bersama keluarga sambil menikmati sunset membuat liburan terasa sempurna.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau Semak Daun
Image Credit: Traveloka.com

Berlibur tentu saja membutuhkan penginapan agar bisa menikmati liburan dengan suasana nyaman selama berhari-hari. Namun, di lokasi Pulau Semak Daun sendiri tidak terdapat tempat penginapan karena tidak adanya orang yang benar-benar menghuni pulau tersebut. Pulau tersebut hanya untuk dilestarikan. Namun, anda dapat menginap di penginapan terdekat dengan lokasi wisata ini.

1. Mutiara Tidung Resort

Mutiara Tidung Resort bisa menjadi pilihan anda ketika berlibur ke pulau ini. Mutiara tidung resort sendiri berada di wilayah Kepulauan Seribu. Hotel dengan gaya tradisional khas pesisir pun menambah kenyamanan saat berlibur. Jarak dari lokasi ini terhitung dekat karena lokasi wisata masih termasuk wilayah Kepulauan Seribu itu sendiri.

2. Dolphin Homestay

Penginapan berbentuk rumah khas inipun bisa jadi referensi ketika berlibur ke Pulau Semak Daun. Lokasi hotel yang berada di Pulau Pramuka memudahkan anda untuk berlibur ke pulau tujuan. Selain itu, anda juga dapat menikmati beberapa keindahan alam di Pulau Pramuka sebelum anda melakukan perjalanan utama ke lokasi wisata.

3. Royal Mermaid

Bagi anda yang menyukai penginapan hotel dengan gaya modern, anda harus menginap di hotel ini. Hotel ini juga terletak di Pulau Pramuka yang tak jauh dari lokasi wisata tujuan. Fasilitas hotel yang modern dan lengkap membuat anda betah tinggal berlama-lama untuk liburan. Anda masih harus menaiki kapal untuk mengunjungi lokasi tujuan dan pada malam hari kembali ke hotel untuk beristirahat.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Semak Daun

Fasilitas di Pulau Semak Daun
Image Credit: Facebook.com @saya-cinta-indonesia

1. Kamar Mandi

Meskipun berwisata di pulau tak berpenghuni, tidak menjadikan lokasi wisata ini kekurangan fasilitas untuk pengunjung. Anda dapat menikmati kamar mandi dengan air yang terjamin bersih yang telah disediakan pihak pengelola. Ada baiknya sebagai pengunjung ikut menjaga kebersihan wilayah ini seperti tidak membuang sampah sembarangan ketika berlibur.

2. Warung

Walaupun tidak begitu banyak, terdapat beberapa warung yang tersedia di lokasi Pulau Semak Daun. Warung ini menyediakan berbagai peralatan dan makanan serta minuman yang bisa mengatasi perut ketika anda lapar.

3. Lahan Parkir

Lahan parkir ini digunakan untuk para pengunjung yang datang ke lokasi wisata dengan memakai kendaraan pribadi. Anda dapat menitipkan kendaraan anda ke pihak pengelola wisata, liburan pun akan lebih tenang. Lahan parkir di wilayah ini sangat luas serta memadai.

4. Listrik

Di kawasan wisata ini, listrik yang tersedia tidaklah sama dengan ketersediaan listrik di tempat wisata lain. Ini dikarenakan tidak adanya penghuni tetap di pulau ini. Jika anda memerlukan listrik ketika sedang berlibur atau berkemah, anda dapat menghubungi pengelola wisata untuk memesan dan menyewanya.

Itulah keindahan Pulau Semak Daun di Kepulauan Seribu dengan berbagai keunikan didalamnya. Sangat cocok dicoba bagi anda yang menyukai jelajah bawah laut dan keindahan pulau yang suasananya tenang. Cobalah liburan dengan sensasi yang berbeda di pulau tak berpenghuni ini.