Jakarta sebagai ibu kota negara tercinta kita Indonesia tidak hanya identik dengan kemacetan dan banjir. Di balik itu semua, Jakarta juga memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang mampu memberikan suasana menyenangkan bagi Anda yang ingin melepas penat.

Bagi Anda yang belum pernah mengeksplor seluruh Destinasi Wisata di Jakarta. Anda dapat mencatat berbagai daftar tempat wisata menarik yang dapat menjadi daftar kunjungan Anda selama berlibur.

Dengan berlibur Anda dapat menyegarkan otak dan fikiran. Selain itu, semangat untuk bekerja juga akan kembali terisi. Bagi Anda yang masih kesulitan menentukan tempat wisata di Jakarta yang sesuai, berikut akan dijelaskan 50 tempat wisata di Jakarta terbaik yang bisa Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Tempat Wisata di Jakarta Pusat

1. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta
Image Credit: Mediaindonesia.com

Anda sangat menyukai astronomi? Atau sangat penasaran dengan pemandangan alam semesta? Di Planetarium Jakarta semua rasa penasaran Anda akan terjawab. Menghadirkan konsep tata surya dan replikasi letak planet dan bintang, menjadikan destinasi wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini merupakan salah satu wahana yang berada di Taman Ismail Marzuki. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Planetarium, maka disarankan untuk berangkat pagi karena tempat ini hanya dibuka dari jam 09.00 hingga 13.00 WIB.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

2. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang
Image Credit: Lampungpro.co

Pasar Tanah Abang adalah satu spot wisata sekaligus pusat perbelanjaan di Jakarta yang tidak hanya terkenal di kalangan turis saja tetapi juga masyarakat lokal. Grosir cinderamata yang lengkap dan berkualitas dengan harga terjangkau yang ditawarkan menjadi alasan utama tempat ini selalu ramai.

Untuk Anda yang ingin berwisata sekaligus mencoba untuk berbisnis, tempat ini sangatlah pas untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasar Tanah Abang, Kp. Bali, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

3. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang
Image Credit: Dolandolen.com

Walaupun bernama Situ Lembang, namun kawasan wisata ini bukan berada di Bandung. Salah satu destinasi wisata menarik di Jakarta ini menghadirkan konsep alam yang sangat menyenangkan. Yang menarik dari tempat wisata ini karena adanya fasilitas memancing yang sangat memuaskan para pengunjungnya.

Uniknya ikan hasil tangkapan ini boleh dibawa pulang setelah Anda membayarnya. Selain fasilitas pemancingan, tempat ini juga menyediakan area jogging track yang berada tepat di samping danau dan dikelilingi dengan bunga-bunga yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

4. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki
Image Credit: Kompas.com

Taman Ismail Marzuki merupakan Tempat Wisata di Jakarta terkenal yang menghadirkan konsep wisata budaya di setiap suasananya. Anda dapat menikmati berbagai pentas seni seperti teater, pertunjukan musik, pembacaan puisi dan lain-lain yang ditampilkan oleh mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Dibuka pada tahun 1968 di Cikini, menjadikan Taman Ismail Marzuki sebagai salah satu tempat wisata terkenal yang tidak pernah sepi pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

5. Taman Pecenongan

Taman Pecenongan
Image Credit: Google Maps (Sofyan Putra)

Taman Pecenongan merupakan salah satu taman yang ada di kawasan Gambir dan salah satu spot yang paling di rekomendasikan ketika berkunjung. Terutama untuk para pecinta kuliner, tempat ini adalah surga kuliner di Jakarta.

Hal tersebut karena Taman Pecenongan sendiri adalah kawasan pusat kuliner yang menyajikan beraneka ragam kuliner khas berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki sajian kuliner dari luar negeri yang tidak kalah lezatnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pecenongan No.4A, RT.1/RW.4, Kebon Kelapa, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

6. Museum Joang’45

Museum Joang’45
Image Credit: Wego.co.id

Bagi Anda yang ingin mengetahui seluk beluk peristiwa kemerdekaan, maka mengunjungi museum ini adalah hal yang tepat. Museum Joang’45 dikenal sebagai museum berharga Indonesia karena disana tersimpan berbagai benda bersejarah saksi biksu perjuangan Indonesia melawan penjajah.

Selain dapat melihat benda-benda bersejarah, hadirnya berbagai foto dan lukisan masyarakat Indonesia ketika melawan penjajah, dijamin mampu membuat semakin terkesan terhadap perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Menteng Raya No.31, RT.1/RW.10, Kebon Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

7. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Image Credit: Google Maps (A Chaq)

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara sekaligus salah satu bangunan bersejarah di Indonesia. Tempatnya yang tertata rapi, terawat, dan berada di pusat kota bisa menjadi salah satu pilihan wisata religi ketika liburan.

Gaya arsitekturnya yang bercorak Islam modern dengan warna-warna netral yang sangat menenangkan. Singgah ke tempat ini selain menenangkan juga memberikan sentuhan religi tersendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

8. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia
Image Credit: Google Maps (Devi Dimitra Maksum)

Museum Nasional Indonesia atau juga disebut Museum Gajah merupakan salah satu tempat bersejarah sekaligus tempat pariwisata di Jakarta. Museum ini didirikan pada zaman kolonial Belanda pada 1862 dan masih ramai dikunjungi hingga saat ini.

Museum yang dikenal dengan icon patung gajah dan meriamnya ini memiliki koleksi 140.000 benda bersejarah yang beragam. Koleksinya mulai dari benda arkeologi pada zaman prasejarah, barang kolonial, benda budaya dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

9. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)
Image Credit: Sofyanhotel.com

Siapa yang tidak mengenal monumen ikonik yang satu ini. Monas merupakan salah satu bangunan yang menjadi ciri khas Kota Jakarta. Anda dapat mengunjungi monas yang berlokasi di Gambir ini dan mencoba merasakan sensasi menaiki lift langsung ke puncak monas untuk melihat pemandangan Kota Jakarta.

Adanya fasilitas olahraga seperti jogging track dan beberapa spot foto yang menarik juga menjadikan monas tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tugu Monas, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

10. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral Jakarta
Image Credit: Instagram.com @carolineputri

Gereja Katedral yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata religi sekaligus bersejarah di Jakarta. Dikenal sebagai gereja terbesar di Jakarta, tempat ini tidak hanya memiliki tempat yang luas tetapi juga arsitektur yang sangat indah.

Tempat ini dikenal akan jendela-jendelanya yang tinggi menjulang dan berhias lukisan prosesi jalan salib. Anda juga bisa mengunjungi museum yang ada di kiri gereja dan mengetahui sejarah yang pernah terjadi di lokasi ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Tempat Wisata di Jakarta Utara

11. Pantai Ancol

Pantai Ancol
Image Credit: Google Maps (Benang Merah)

Pantai yang satu ini adalah salah satu pantai yang selalu menjadi destinasi wisata populer sejak dahulu. Pantai Ancol sudah menjadi salah satu icon pariwisata di Jakarta yang diingat pertama.

Pantai ini berada di lokasi yang strategis karena dekat dengan berbagai destinasi wisata populer lain di Jakarta sekaligus memiliki fasilitas umum yang lengkap. Berkunjung ke Pantai Ancol akan mendapatkan suguhan panorama sunset yang indah dan pemandangan pantai pasir putih yang menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Nusadua No.13, RT.5/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

12. Ocean EcoPark

Ocean EcoPark
Image Credit: Ngetripkemana.com

Biasa juga disebut Allianz Ecopark Merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Jakarta yang menghadirkan konsep wisata alam atau greenlifestyle. Tempat ini menghadirkan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda kunjungi seperti rumah lebah, paintball, dan juga kano.

Selain itu, ada juga fasilitas terbaru yang sangat terkenal yaitu Ecofishing. Di Ecofishing para pengunjung dapat memancing ikan dengan bebas. Ikan hasil tangkapan pun bisa dibawa pulang. Harga tiket yang dibebankan yaitu sekitar Rp 25.000-Rp 180.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

13. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

Si Pitung adalah legenda betawi yang pada era penjajahan terkenal sebagai salah satu pahlawan yang ikut berjuang. Tokoh dari betawi ini dikenal sebagai Robin Hoodnya Indonesia yang merampok orang kaya yang memihak Belanda dan membagikan harta mereka pada rakyat miskin.

Ada berbagai versi mengenai Si Pitung yang beredar di masyarakat tetapi sosoknya tetap kenal terasa di kalangan masyarakat hingga saat ini. Bahkan rumahnya masih berdiri kokoh dan begitu terawat demi mengenang jasa-jasanya pada zaman dahulu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.02/RW.07, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

14. Pantai Marunda

Pantai Marunda
Image Credit: Google Maps (Martin Immanuel)

Pantai Marunda adalah pantai yang berada di kawasan Jakarta Utara yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata Anda ketika sedang berlibur ke Jakarta. Pantai pasir hitam ini cukup terkenal di kalangan wisatawan karena tempatnya yang menarik.

Meski sudah menjadi lokasi wisata, tempat ini juga memiliki sejarah dengan pemerintahan kolonial Belanda pada zaman dahulu yang cukup menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gg. VII, RT.3/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

15. Waterbom PIK

Waterbom PIK
Image Credit: Google Maps (Waterbom PIK)

Berwisata tidak lengkap jika belum menjajal pariwisata bahari yang ada. Berlokasi di Pantai Indah Kapuk, tempat ini memiliki berbagai wahana air yang seru dan pas untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Waterboom ini memiliki fasilitas yang bersih dan lengkap yang dapat menunjang kegiatan selama bermain. Kemudian terdapat berbagai wahana menarik dan seru seperti aquatube, hair pin, speed slide dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 200.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk No.1, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

16. Alive Museum Jakarta

Alive Museum Jakarta
Image Credit: Google Maps (Mohamed Ismail)

Museum yang satu ini sangat unik dan sayang jika dilewatkan. Alive Museum Jakarta merupakan museum 3 dimensi yang menyajikan berbagai karya seni menarik dan cocok untuk berfoto. Anda akan merasakan ilusi optik yang tercipta dari berbagai lukisan yang dipamerkan.

Selain lokasi berfoto tempat ini menyediakan zona bermain dengan tema berbeda-beda, fantasy, travel, horror, ekstrim, dan masih banyak lagi yang tentunya akan menambah keseruan kunjungan Anda.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl Ancol Beach City Pademangan, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

17. Wisata Alam Angke Apuk

Wisata Alam Angke Apuk
Image Credit: Malesmandi.com

Bagi Anda yang baru pertama kali ke tempat ini, Anda pasti terkejut dengan suasana alam yang dihadirkannya. Jejeran hutan mangrove yang khas menjadikan tempat wisata ini menjadi sangat menyejukkan.

Tempat ini juga semakin menarik dengan adanya perahu yang dapat Anda sewa untuk menyusuri hutan mangrove. Perahu yang akan Anda gunakan pun bisa dipilih, apakah akan menggunakan perahu dayung atau perahu mesin. Wisata Alam Kapuk ini dapat dijumpai di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Garden House No.4, RT.8/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

18. Museum Bahari Jakarta

Museum Bahari Jakarta
Image Credit: Picswe.com

Indonesia dengan wilayah perairan yang sangat luas telah lama dikenal memiliki pelaut-pelaut ulung. Di museum ini Anda dapat mengenal berbagai bentuk perahu terkenal yang dahulu digunakan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia mengarungi lautan.

Berbagai jenis perahu terkenal yang dapat Anda lihat adalah, perahu Jukung Karere, perahu Lancang Kuning, perahu Bercadik, hingga perahu Phinisi yang sangat terkenal. Selain menghadirkan koleksi perahu asli, di museum ini Anda juga dapat melihat benda-benda navigasi laut peninggalan zaman penjajahan Belanda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasar Ikan No.1, RT.11/RW.4, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

19. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure
Image Credit: Kompas.com

Menghadirkan konsep wisata bertema Mediterania Kuno, menjadikan Atlantis Water Adventuredikenal sebagai salah satu wisata wahana air di Jakarta yang sangat menakjubkan.

Salah satu wahana yang terkenal adalah Crazy Water Slide yang memiliki ketinggian hingga 20 meter dengan panjang luncuran hampir 150 meter. Lokasi wisata yang satu ini berada di Kompleks Taman Impian jaya Ancol, Jakarta.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Impian Jaya, Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

20. Sea World Ancol

Sea World Ancol
Image Credit: Frameatrip.com

Sea World merupakan salah satu wahana wisata di Ancol yang sangat terkenal. Disini Anda dapat melihat berbagai jenis ikan yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Seperti ikan piranha, ikan hiu, maupun ikan pari.

Perjalanan menyusuri Sea World juga akan semakin mengesankan karena tempat ini difasilitasi dengan terowongan air, dimana pengunjung dapat merasakan sensasi keindahan yang mengagumkan ketika melihat berbagai jenis ikan seperti di bawah laut.

Harga Tiket: Rp 115.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

21. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol
Image Credit: Kompasiana.com

Di Jakarta, Anda juga dapat menemukan pusat sentral penjualan berbagai macam barang seni yang dinamakan Pasar Seni Ancol. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai macam jenis karya seni seperti lukisan, patung, dan berbagai macam jenis kerajinan yang diperdagangkan.

Selain menjual berbagai macam barang seni, tempat ini juga biasa digunakan untuk mengadakan berbagai pameran seni.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Impian Jaya, Jl. Lodan timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta.

22. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Image Credit: Google Maps (Rahmad Setiadi)

Untuk para wisatawan yang menyukai tempat yang tenang berkunjung ke Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan liburan yang pas. Meski masih termasuk dalam wilayah provinsi Jakarta, tempat ini berlokasi diluar area kota Jakarta sehingga jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Selain tempatnya yang tenang, kepulauan ini terkenal akan keindahan alamnya. Anda bisa menikmati pemandangan pasir putih yang berpadu indah dengan birunya laut sembari duduk di tepi pantai yang rindang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

23. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Salah satu pulau dari gugusan Pulau Seribu ini menghadirkan suasana wisata khas yang menarik untuk dikunjungi. Disini, Anda bisa merasakan suasana kemah yang menyenangkan di tengah hutan ataupun di pinggir pantai.

Selain itu, air lautnya yang sangat jernih dan dangkal, menjadikan sensasi pemandangan bawah laut menjadi semakin mengagumkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

24. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Image Credit: Pulaubidadariecoresort.com

Sama seperti pada Pulau Semak Daun, Pulau Bidadari juga termasuk kedalam gugusan Kepulauan Seribu yang berada di Jakarta Utara. Berbeda dengan Pulau Semak Daun, di pulau ini Anda dapat menemukan berbagai lokasi sejarah karena banyaknya situs maupun reruntuhan bangunan yang berasal dari zaman penjajahan.

Selain itu, pulau ini juga digunakan sebagai tempat konservasi hewan dan tumbuhan yang sudah mulai terancam keberadaannya. Tak heran, bila keunikan pulau Bidadari menjadikan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

25. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa
Image Credit: Instagram.com @yiqian_yang

Pulau Kelapa merupakan pulau kecil yang menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Penamaan pulaunya dikarenakan banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pulau yang membuat pulau ini menjadi semakin eksotis.

Berkunjung ke pulau ini akan langsung dihadapkan hamparan pasirnya yang putih dengan terumbu karangnya yang cantik dan bertebaran di sekitar pantai. Anda juga bisa diving dan menikmati area lautnya yang mempesona, atau pergi ke penangkaran penyu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Kelapa, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

26. Pulau Pramuka

pulau pramuka
Image Credit: Paradisotraveling.com

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau di Gugusan Kepulauan Seribu yang menghadirkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Disini, Anda dapat menikmati aktivitas snorkeling di perairan sekitar pulau untuk menyaksikan berbagai jenis keragaman biota laut yang ada didalamnya.

Menghadirkan konsep wisata yang sangat indah dan juga menyejukkan menjadikan Pulau Pramuka tidak pernah sepi dikunjungi para wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

27. Pulau Tidung

Pulau Tidung
Image Credit: Mypermatawisata.com

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan pelabuhan Sunda Kelapa.

Jika berkunjung ke tempat ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik yang tidak akan pernah terlupakan antara lain menikmati sunset dari atas jembatan Cina, snorkeling, bersepeda menyusuri pantai, hingga menguji adrenalin dengan meloncat dari atas Jembatan Cinta.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Tempat Wisata di Jakarta Barat

28. Ice Skating di Sky Rink

Ice Skating di Sky Rink
Image Credit: Sportourism.id

Siapa bilang bermain ice skating hanya bisa dilakukan di negara bersalju. Kini Anda pun bisa menikmatinya tanpa perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di mall Taman Anggrek Jakarta, Anda dapat menikmati wahana ice skating yang diberikan oleh pihak pengelola mall.

Tempat wisata ini juga termasuk kedalam wahana ice skating terbesar se Asia Tenggara. Untuk dapat menikmati sensasi bermain ice skating selama 2 jam, Anda harus mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 85.000/orang.

Harga Tiket: Rp 85.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mall Taman Anggrek, Lantai 3, RT.12/RW.1, Tj. Duren, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

29. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Image Credit: Google Maps (Bismar Eduard)

Museum Bank Indonesia merupakan lokasi wisata bersejarah yang wajib dikunjungi yang berada di Jakarta Barat. Tempat ini mencatat sejarah perkembangan keuangan dan mata uang yang ada di Indonesia.

Selain melihat koleksi mata uang Indonesia, pengunjung juga dapat melihat berbagai koleksi mata uang lain yang juga dipamerkan di museum ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

30. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta
Image Credit: Hallojawa.com

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Terletak di Jakarta Pusat, Kota Tua menghadirkan konsep wisata menarik yang sarat akan nilai sejarah pada setiap bangunan dan arsitektur yang dihadirkannya.

Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai spot foto yang unik, karena gaya bangunannya tergolong klasik dan juga sangat menarik. Bagi Anda yang berniat mengunjungi Kota Tua, maka disarankan untuk datang pada sore hari menjelang malam. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, pemandangan Kota Tua akan menjadi sangat indah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangga Besar, Kec. Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

31. Petak Sembilan

Petak Sembilan
Image Credit: Medcom.id

Petak Sembilan merupakan salah satu destinasi wisata yang identik dengan kebudayaan Tionghoa. Disini Anda dapat menemukan spot foto menarik berlatar belakang klenteng atau vihara.

Sajian kuliner khas Tiongkok yang dihadirkan juga tidak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang penasaran Anda dapat mengunjung Petak Sembilan yang berlokasi di Glodok, Jakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

32. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Image Credit: Masandiwibowo.com

Fatahillah merupakan salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan yang sangat terkenal dalam melawan penjajah di Batavia (Jakarta). Mengambil nama salah satu pahlawan terkenal tersebut, museum ini menghadirkan banyak kisah sejarah yang bisa Anda pelajari.

Tidak hanya dari kisahnya saja, museum ini juga dihadirkan berbagai foto-foto sejarah yang menggambarkan keadaan Jakarta di masa peperangan melawan penjajah. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi museum, Anda dapat pergi ke Jalan Fatahillah, Jakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

33. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan
Image Credit: Google Maps (Andre Mehong)

Jembatan Kota Intan berada di kawasan Ancol dan telah menjadi saksi betapa panjangnya perjalanan bangsa Indonesia selama 400 tahun. Jembatan yang bernilai historis tinggi ini dijadikan sebagai salah satu lokasi bersejarah sehingga berbagai acara penting sering diadakan di tempat ini.

Jembatan sepanjang 30 meter ini cocok untuk Anda yang ingin berburu lokasi foto yang cantik. Panorama yang disuguhkan sangatlah indah, dan tentu saja jembatan ini memberi nuansa bersejarah tersendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ancol Pademangan, RT.8/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

34. Museum Wayang

Museum Wayang
Image Credit: Google Maps (Reshma Sanghvi)

Berwisata tidak lengkap jika belum berkunjung ke pariwisata sejarahnya. Museum Wayang mengusung berbagai koleksi wayang daerah yang sangat menarik dan memiliki nilai seni tinggi.

Museum ini terkenal akan koleksi wayangnya yang lengkap. Tidak hanya itu, museum yang berdiri pada 1975 ini juga mempunyai koleksi boneka dan lukisan dari mancanegara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

35. Kelenteng Jin De Yuan

Kelenteng Jin De Yuan
Image Credit: Google Maps (Toby)

Kelenteng Jin De Yuan merupakan kelenteng di kawasan Petak Sembilan yang sudah berumur ratusan tahun. Kelenteng yang berdiri pada 1650 dan salah satu kelenteng terbesar di Jakarta ini memiliki arsitektur berwarna merah yang cantik.

Jika ingin berwisata di kelenteng ini sebaiknya berkunjung disaat hari biasa karena di hari besar keagamaan tempat ini akan penuh pengunjung baik dari dalam maupun luar kota.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Petak Sembilan, RT.1/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

36. Museum Tekstil

Museum Tekstil
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

Museum Tekstil merupakan salah satu museum yang didirikan oleh Ibu Tien Suharto. Museum yang berdiri pada 1976 ini mempunyai berbagai macam jenis batik nusantara. Anda dapat berwisata sekaligus mengenal sejarah dan cerita dari berbagai motif batik yang ada.

Museum ini dapat dikunjungi dengan membayar Rp 5.000,- saja. Dan di kesempatan tertentu Anda juga bisa mencoba membatik bersama para pengrajin batik yang ada.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

37. MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)
Image Credit: Indonesiatatler.com

Merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang ada di Jakarta. Disini Anda bisa melihat berbagai macam karya seni modern dan kontemporer yang dibuat oleh para seniman dunia.

Yang unik, pameran seni di Museum MACAN ini hanya berlangsung selama 2-5 bulan. Oleh karena itu agar tidak ketinggalan info pamerannya, Anda dapat mengunjungi instagram MACAN untuk memantau berbagai jadwal kegiatan dan event yang mereka adakan.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Tempat Wisata di Jakarta Timur

38. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Image Credit: Facebook.com @airchina

Berjalan-jalan ke kota besar seperti Jakarta tidak boleh melewatkan destinasi wisata ini. Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman yang digadang-gadang sebagai miniatur Indonesia. Anda dapat melihat rumah adat, taman, museum, dan gedung teater yang menyajikan keunikan berbagai daerah di Indonesia.

Tempat ini ditunjuk sebagai salah satu icon pariwisata edukatif yang menyenangkan dan paling banyak dikunjungi ketika singgah di Jakarta. Anda juga bisa menjajal wahana permainan yang ada seperti bioskop 4 dimensi, taman dinosaurus dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah RT.7/RW.2, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

39. Taman Agrowisata

Taman Agrowisata
Image Credit: Google Maps (M. Syahroni)

Taman Agrowisata merupakan taman berkonsep alam di Jakarta Timur yang berbeda dengan objek wisata lain di kota ini. Mengusung konsep yang sangat berbeda dan jarang ditemui menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini.

Di dalam tempat ini wisatawan dapat menikmati berbagai buah dan tanaman yang ada di Indonesia yang ditanam di area perkebunannya. Anda tidak perlu takut kepanasan karena terdapat banyak pohon besar yang membuat tempat ini sangat rindang dan sejuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Cilangkap No.45, RT.6/RW.1, Cilangkap, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

40. Museum Perangko

Museum Perangko
Image Credit: Google Maps (Joko Yuwono)

Seperti namanya Museum Perangko merupakan museum yang memiliki koleksi perangko yang banyak dan beragam. Perangko-perangko tersebut memiliki sejarah unik dan menarik untuk dipelajari.

Museum yang mulai dioperasikan pada 1983 ini diresmikan oleh Ibu Tien Suharto dan masih menjadi spot wisata bersejarah yang sering dikunjungi hingga saat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, RW.2, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

41. Cibubur Garden Diary (Cibugary)

cibubur garden diary cibubur
Image Credit: Fotowisata.com

Cibugary merupakan salah satu Objek Wisata di Jakarta yang dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak. Tempat ini menyajikan berbagai failitas unik seperti kegiatan memerah susu sapi, melihat proses pemanenan susu sapi, memberi makan kambing, hingga ikut serta memandikan sapi.

Bagi Anda yang berencana membawa buah hati ke Cibugary, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang tertutup untuk anak dan juga memberikannya masker. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini memberikan pengalaman bagi anak untuk ikut terjun langsung dalam berbagai proses peternakan secara nyata.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peternakan Raya Blok C No. 12, Pondok Ranggon, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

42. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Image Credit: Kepogaul.com

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu tempat wisata yang sudah sangat populer, baik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota. Tak heran bila pengunjungnya selalu padat di akhir pekan. Di kebun binatang ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan berbagai macam satwa yang dirawat.

Selain itu terdapat fasilitas menarik yang akan menambah kepuasan Anda seperti wahana pentas satwa, kereta keliling dan sepeda keliling. Tiket masuknya dibanderol pada harga Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

43. Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun
Image Credit: Google Maps (Marsya Nisrina)

Berlokasi di Jakarta Selatan, Museum Tengah Kebun mengusung konsep pariwisata yang segar yang wajib Anda kunjungi bersama teman dan keluarga. Tempat ini menawarkan area museumnya yang memiliki lebih dari 4.000 benda bersejarah yang dilengkapi deskripsi di setiap bendanya.

Kemudian tidak hanya pengetahuan yang didapat, wisatawan juga dapat berjalan-jalan di area kebun yang rindang dan mengelilingi gedung museumnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemang Timur No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

44. The Escape Hunt

The Escape Hunt
Image Credit: Google Maps (Tomato Digital Indonesia)

The Escape Hunt merupakan destinasi wisata yang seru dan menantang yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Jakarta. Tempat ini menyajikan wahana dengan cerita yang menarik. Pengunjung diminta menjadi detektif dan memecahkan masalah yang diberikan.

Anda hanya diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan masalahnya. Masalah yang disuguhkan selalu mengasah otak dan sangat menantang sehingga membutuhkan kejelian ekstra.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemang Raya No.15, RT.1/RW.7, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

45. Kidzania

Kidzania
Image Credit: Mommiesdaily.com

Ingin mencari tempat wisata yang dapat mengedukasi anak Anda? Maka Kidzanialah tempatnya. Disini anak akan diajarkan untuk mengenal berbagai macam profesi pekerjaan seperti pemadam kebakaran, dokter, pilot, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, anak-anak juga dapat mempraktekkan langsung simulasi berbagai profesi tersebut. Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata ini bersama buah hati, Anda dapat menemukan lokasinya di Jalan Jendral Sudirman No 52/53 Senayan Jakarta.

Harga Tiket: Rp 175.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Sudirman RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

46. Setu Babakan

Setu Babakan
Image Credit: Indonesiaraya.co.id

Setu Babakan merupakan tempat terkenal di Jakarta yang menghadirkan cagar budaya Betawi. Tempat wisata ini juga sudah diubah menjadi perkampungan khas masyarakat Betawi.

Dahulunya Setu Babakan merupakan daerah resapan air yang dibangun di wilayah Jakarta Selatan. Namun setelah dirubah menjadi tempat wisata budaya, lokasi ini menjadi semakin ramai oleh pengunjung. Terutama bagi para pengunjung yang ingin mempelajari kehidupan khas masyarakat Betawi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

47. Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring
Image Credit: Tempo.co

Untuk wisatawan yang senang berbelanja sekaligus berwisata, berkunjung ke Pasar Taman Puring bisa menjadi pilihan jalan-jalan yang menyenangkan. Pasar di daerah Jakarta Selatan ini menyediakan pakaian dan berbagai kebutuhan dengan kualitas terbaik.

Barang-barang di tempat ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan biasanya jarang ditemukan di mall ataupun tempat-tempat perbelanjaan besar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kyai Maja, RT.7/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

48. Freedom Library

Freedom Library
Image Credit: Fatimeyra26.blogspot.com

Bagi Anda yang gemar membaca buku, mengunjungi tempat wisata yang satu ini dijamin memberikan suasana membaca Anda menjadi lebih berbeda. Freedom Library merupakan salah satu destinasi wisata baca di Jakarta yang menghadirkan konsep hijau karena dikelilingi dengan taman dan juga pepohonan.

Disini, Anda juga dapat merasakan sensasi membaca buku dengan suasana yang sangat nyaman. Buku-buku yang dihadirkan juga sangat beragam dengan desain rak yang unik karena tempatnya yang langsung menempel pada dinding.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav, B-1, RT.11/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

49. Bricks4Kidz

Bricks4Kidz
Image Credit: Jawapos.com

Bagi Anda yang penasaran dengan permainan lego, mengunjungi Bricks4Kidz dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. Tempat ini menghadirkan kelas menarik untuk anak usia sekolah yang ingin belajar bermain lego.

Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan pertunjukan lego yang sangat atraktif yang dilakukan oleh para profesional handal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Antasari No.18, RT.2/RW.1, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

50. Kuntum Farm Field

Kuntum Farm Field
Image Credit: Pegipegi.com

Tempat wisata ini menghadirkan konsep yang unik karena menghadirkan tema peternakan. Di tempat ini, banyak sekali hewan peliharaan yang bisa dikunjungi antara lain kambing, sapi, kelinci, hingga burung. Anda juga dapat memberi mereka makanan dan berinteraksi dengan hewan ternak tersebut.

Fasilitas tambahan yang tak kalah menarik adalah adanya kolam ikan air tawar yang sangat dangkal. Ikan yang ada di kolam tersebut juga dapat Anda tangkap dan bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tajur No.291, RT.01/RW.01, Sindangrasa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Demikianlah penjelasan beberapa tempat wisata menarik di Jakarta yang dapat Anda kunjungi. Bagi Anda yang berencana berlibur, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut untuk melepas kepenatan Anda.