Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Ranggon Hills merupakan tempat rekreasi yang menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Lokasi wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kota Bogor. Pemandangannya sangat memanjakan mata. Udaranya terasa segar belum tercemar oleh polusi. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama kerabat.

Daya tarik utama dari wisata alam ini adalah terdapat beberapa spot foto menarik. Para pecinta fotografi yang gemar berburu foto dengan spot yang kekinian sangat tepat jika memilih lokasi ini sebagai tujuannya. Oleh sebab itu, tak heran jika wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang rata-rata masih berusia remaja.

Sedikit tips berkunjung disarankan untuk membawa kamera terbaik serta menyiapkan memori yang banyak ketika memilih Ranggon Hills sebagai tujuan berlibur. Pasti sesampainya di lokasi, Anda akan selalu mengabadikan sudut-sudut wisata yang memiliki spot hits sambil bergaya di background hijaunya pemandangan alam sekitar bukit.

Daya Tarik yang Dimiliki Ranggon Hills

Daya Tarik Ranggon Hills
Image Credit: Instagram 張利彬

1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Tempat rekreasi yang sedang kekinian ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Salak. Oleh karena itu, udaranya terasa lebih dingin dan sejuk. Pemandangan alamnya juga masih terjaga keasriannya.

Banyak pepohonan hijau yang tumbuh subur di lokasi wisata. Bahkan ketika berfoto hampir semua landscape menampilkan pemandangan hijaunya alam yang menyegarkan mata.

2. Banyak Spot Foto Hits

Di Ranggon Hills ini terdapat kurang lebih 15 spot foto yang hits. Pesonanya sangat unik dan menarik sehingga membuat wisatawan merasa tertarik untuk mencobanya.

Spot-spot yang cukup sedikit mendebarkan karena posisinya yang tinggi selalu ramai oleh pengunjung. Bahkan mereka rela antre panjang demi mendapatkan momen untuk berfoto di spot-spot yang isntagramable ini.

3. Jasa Sewa Fotografer

Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan hasil maksimal ketika berfoto di spot-spot yang kekinian maka bisa langsung menghubungi jasa fotografer yang ada di lokasi.

Anda bisa bergaya sepuasnya yang nantinya akan diarahkan oleh sang fotografer untuk mendapat angle kamera yang tepat. Setelah itu, Anda bisa mengambil hasil foto melalui hp, flashdisk, maupun dicetak langsung dalam bentuk lembaran foto.

Daya Tarik Dimiliki Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps lifa makarim

4. Bisa untuk Lokasi Berkemah

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Ranggon ini tidak hanya bisa menikmati spot cantik menarik untuk berfoto ria. Namun, ada aktivitas lainnya yang tak kalah seru untuk dilakukan. Misalnya berkemah di sekitar lokasi wisata.

Lokasinya yang masih berada di kawasan taman nasional pegunungan membuat suasana alamnya mendukung untuk camping. Agar suasana camping lebih seru tentu tak lupa membawa rombongan.

5. Menjumpai Live Music

Jika Anda datang tepat di momen-momen tertentu, biasanya Anda bisa menjumpai adanya live music serta pesta kembang api.

Hal ini akan menambah keseruan liburan Anda. Selain itu, juga mendapatkan suasana yang bisa menghilangkan penat karena bisa menikmati konser musik. Anda bisa bernyanyi-nyanyi sambil melihat pesta kembang api.

6. Satu Lokasi dengan Curug Pangeran

Selain menikmati keindahan wisata Ranggon Hills, pengunjung juga bisa melanjutkan perjalanan untuk menuju wisata Curug Pangeran. Lokasinya tak jauh dari wisata spot foto keren ini. Adapun untuk tiket masuknya juga sama-sama terjangkau. Sehingga liburan dalam satu hari bisa menikmati dua tempat sekaligus.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat POndok Hills
Image Credit: Google Maps zaki fajri

Ranggon Hills ini terletak di wilayah Taman Nasional Gunung Salak yang ada di Jawa Barat. Nah, tepatnya bukit Ranggon ini ada di Kabupaten Bogor, Kecamatan Pamijahan, Gunung Picung. Lokasinya mudah ditemukan. Dari pusat kota Bogor dapat ditempuh jarak kurang lebih 28 kilometer. Lama perjalanan sekitar 1,5 jam berkendara.

Adapun rute yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi wisata yakni ambil arah Jalan Raya Leuwiliang-Bogor. Selanjutnya, menuju ke jalan Cikampek-Cicadas. Masih lurus sampai menemukan Jalan KH. Abdul Hamid.

Setelah itu, sampai ke lokasi Gunung Bunder yakni pusat terakhir titik temu semua arah rute perjalanan. Gunung Bunder ini juga sebagai gerbang pintu depan menuju lokasi. Sedangkan untuk pintu belakangnya ada Jalan Gunung Picung.

Menuju lokasi keren ini juga bisa menggunakan htransportasi umum. Caranya dengan naik angkot jalur nomor 02 dan 03 dengan jurusan Laladon-Leuwiliang. Kemudian turun di Cibatok untuk pindah angkot jurusan Cibatok-Curug Pangeran. Tarif naik angkot menuju bukit Ranggon cukup terjangkau yakni antara Rp 5.000 sampai Rp 20.000 per orang.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps Usman Efendi

Untuk menikmati keindahan wisata Ranggon Hills nan menakjubkan ini, wisatawan hanya dikenakan tarif tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang. Dan biaya parkir kendaraan Rp 5.000. sehingga dapat dikatakan untuk HTM ke wisata yang menjadi sasaran para pecinta fotografi ini terbilang murah.

Namun, jika ingin merasakan sensasi spot foto yang instagenic, pengunjung perlu mengeluarkan biaya lagi diluar harga tiket masuk. Misalnya untuk naik sepeda gantung dan permadani diperlukan tiket Rp 10.000 per spot. Sedangkan untuk naik balon udara cukup membayar Rp 5.000.

Adapun jam operasional untuk wisata Bukit Ranggon yakni mulai dibuka pukul 08.00 pagi dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Beroperasi setiap hari mulai Senin sampai Minggu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Ranggon Hills

Aktivitas di Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps Kang Roni

1. Menikmati Spot Foto Keren

Taman rekreasi Ranggon Hills memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Apalagi ditambah adanya daya tarik utama yakni banyaknya spot foto instagramble. Tentu menambah keseruan liburan.

Pengunjung bisa mencoba kurang lebih 15 spot foto wahana yang seru. Setiap spot memiliki tarif yang terjangkau. Diantaranya ada spot foto perahu bambu, meja makan melayang, sarang burung, balon udara, rumah pohon, sepeda melayang, ayunan langit, bunga matahari, gardu pandang, bulan sabit, dan masih banyak lainnya

Pengunjung yang ingin naik di wahana spot foto yang berada di ketinggian tidak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan fasilitas pengaman yang memadai. Seperti penggunaan helm, sabuk pengaman, dan tentunya berada di pengawasan instruktur yang profesional.

2. Camping

Jika Anda merasa kurang puas menjelajah wisata alam hist ini yang banyak dengan spot foto ini, maka bisa melakukan camping di lokasi yang tersedia. Anda bisa mendirikan tenda untuk menikmati suasa liburan.

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan pribadi yang lebih ya. Hal ini untuk mengantisipasi tidak adanya tempat untuk membeli keperluan pribadi Anda yang dekat dengan lokasi wisata.

Aktivitas Menarik di Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps Ranggon Hills

3. Wisata Kuliner

Berkunjung ke Ranggon Hills tak perlu membawa bekal yang berlebihan. Di lokasi wisata ini terdapat beberapa kafe yang menyediakan aneka kuliner. Ada makanan ringan, minuman kemasan, hingga aneka menu kuliner khas Bogor.

Lebih baik sediakan bekal uang yang lebih. Hal ini justru tidak membuat perjalanan Anda menjadi berat akan bekal makanan yang dibawa. Namun, Anda cukup membeli keperluan yang dibutuhkan termasuk kuliner yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

4. Santai Menghilangkan penat

Rutinitas pekerjaan sehari-hari memang terkadang membuat pikiran menjadi ruwet. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan suasana alam hijau ini sebagai tempat untuk mengembalikan mood serta menyegarkan pikiran.

Anda bisa santai menikmati aneka kuliner, duduk di pendopo atau melakukan aktivitas lainnya yang bisa menghilangkan rasa penat oleh pekerjaan yang menumpuk.

Suasana alam yang hijau serta banyaknya spot foto yang keren jangan sampai dilewatkan begitu saja. Abadikan setiap momen yang mengesankan. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang berkualitas, Anda tinggal langsung hubungi jasa fotografer. Begitu juga jika perut terasa lapar, bisa langsung mengunjungi kafe kuliner.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps JWP

1. Area Parkir

Pengelola wisata Ranggon Hills menyediakan lahan parkir yang luas. Bisa untuk menampung kendaraan pribadi para wisatawan. Harga tiket parkirnya juga cukup terjangkau.

2. Toilet

Keberadaan toilet di lokasi wisata jumlahnya tidak hanya satu. Sehingga wisatawan tidak perlu antre panjang ketika ingin menggunakannya. Anda bisa menggunakan untuk keperluan MCK.

3. Spot Foto Selfie

Tersedia sekitar 15 titik foto selfie yang instagenic. Selain itu, view pemandangannya juga sangat memanjakan mata. Sehingga menambah keelokan hasil foto.

4. Bumi Perkemahan

Bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas lebih menantang bisa melakukan camping di lokasi bumi perkemahan. Anda bisa merasakan sensasi dinginnya malam serta udara sejuk yang sedikit berkabut di pagi hari.

5. Kafe

Di lokasi wisata nan hits ini juga terdapat kafe-kafe yang menjual aneka kuliner dan minuman kekinian. Wisatawan bisa memesannya dan menikmati kuliner lezatnya sambil melihat pemandangan sekitar wisata. Bahkan bisa juga menikmati kuliner di spot foto tertentu.

6. Gazebo/Pendopo untuk Santai

Adanya gazebo di lokasi wisata ini bisa digunakan untuk santai menunggu antrean ke spot foto yang dituju, menikmati bekal makanan, maupun berteduh ketika hujan dan panas.

Itulah sekilas informasi keeksotisan Ranggon Hills yang hits di Bogor. Ayo, segera ajak keluarga Anda untuk berwisata ke taman rekreasi ini. Dijamin suasana alamnya akan membuat Anda dan keluarga merasa nyaman. Bahkan betah untuk berlama-lama di wisata kekinian ini.