25 Tempat Wisata di Bogor

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menjadi destinasi wisata bagi wisatawan di musim libur. Suasana yang nyaman membuat kota ini ramai wisatawan. Selain itu, ada banyak tempat wisata di Bogor yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat. Keberagaman tempat wisata menjadi daya tarik yang benar-benar menggoda siapapun untuk berkunjung.

Kawasan wisata yang tersedia di Bogor  mulai dari wisata alam sampai wisata baru. Lokasi beberapa destinasi wisata juga tidak terlalu jauh. Anda dapat berencana untuk berlibur di Bogor dan mendaftar destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi.

Saking banyaknya tempat wisata yang ada di Bogor, Anda akan membutuhkan waktu cukup panjang agar bisa benar-benar menikmati keindahan Bogor melalui tempat wisatanya. Jika Anda berdomisili di sekitar Bogor, maka Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk menjelajahi tempat wisata Bogor. Bagi Anda yang jauh dari Bogor, Anda dapat memilih tempat wisata yang paling direkomendasikan.

1. Little Venice Puncak

Little Venice Puncak

Lokasi: Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Guebanget.com

Venesia merupakan salah satu kota di Italia yang menggunakan moda kapal untuk menyusuri kota. Pengelola berusaha menghadirkan Venesia ke Bogor dengan membangun arsitektur yang mirip dengan Venesia. Wisatawan dapat menaiki perahu atau sepeda.

Lokasi wisata ini ada di Kota Bunga Estate. Anda dapat masuk ke area wisata mulai jam 9 pagi sampai 5 sore. Setiap orang yang masuk akan dikenai tiket sebesar Rp 20.000 dan belum termasuk biaya untuk menaiki perahu.

2. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Lokasi: Desa Curug, Kec. Cibaliung, Kab. Pandeglang, Banten, Jawa Barat. – Image Credit by Superadventure.co.id

Bogor memiliki banyak air terjun, salah satunya adalah Curug Cibaliung. Kondisi di sekitar tempat wisata ini sangat alami dan sejuk. Air yang mengalir begitu jernih. Ditambah lagi dengan pemandangan bebatuan yang indah.

Lokasi Curug Cibaliung cukup tersembunyi. Anda harus berjalan dan berjelajah sebelum sampai ke tempat tujuan. Anda dapat datang ke arah Desa Karang Tengah. Untuk masuk ke lokasi tersebut, Anda akan diminta membayar Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 per orang.

3. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

Lokasi: Pabuaran, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Gloob-online.com

Air terjun lain yang bisa dikunjungi adalah Curug Leuwi Lieuk. Air terjun ini ada di daerah Wangun Cileungsi, Bogor Barat. Anda akan merasakan kenikmatan menghirup udara segar saat mengunjungi Curug Leuwi Lieuk. Pemandangan hijau dari pepohonan juga akan menemani Anda dalam berwisata.

Curug Leuwi Lieuk dapat dikunjungi mulai pukul 06.00-18.00. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah menjelang siang atau sore. Cahaya matahari akan membuat pemandangan menjadi indah. Tiket masuk seharga Rp 10.000 disediakan oleh pengelola untuk setiap wisatawan.

4. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Lokasi: Jl. MH Thamrin Kav 8, Sukaraja, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Tempat wisata di Bogor tidak hanya wisata alam. Apabila Anda menyukai wisata kuliner, Pasar Ah Poong menjadi tempat yang tepat. Pasar ini menggunakan konsep yang menarik, yaitu dengan menyediakan cara berbelanja menggunakan sampan.

Pasar Ah Poong juga menyediakan tempat untuk mencari oleh-oleh. Lokasi Pasar Ah Poong ada di Babakan Madang. Pasar buka mulai pukul 09.00-22.00. Anda dapat menjelajahi dengan bebas dan mencoba setiap makanan yang ada.

5. Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatasenibudaya.com

Bogor dikenal sebagai kota hujan. Lokasinya yang ada di dataran tinggi membuat suasana dalam kota menjadi terasa sejuk. Namun bukan berarti Anda tidak bisa merasakan kehangatan di Bogor. Anda dapat menikmati mandi air panas bernuansa alam di Tirta Sanita Ciseeng.

Lokasi air mandi dibuka mulai jam 08.00-18.00. Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 12.000 pada akhir pekan atau libur. Dalam lokasi ini tidak hanya air panas yang ada, tetapi juga berbagai wahana outbond.

6. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Lokasi: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Kabarselebes.id

Kebun Raya Bogor adalah salah satu ikon Kota Bogor yang wajib Anda kunjungi. Kebun Raya Bogor memiliki luas lahan sampai 87 hektar. Terdapat lebih dari 10.000 tanaman asli Indonesia yang ditumbuhkan di Kebun Raya Bogor. Secara khusus, Kebun Raya Bogor membangun Griya Anggrek berisi bunga-bunga anggrek yang indah.

Para wisatawan domestik akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 15.000, sedangkan para wisatawan mancanegara dikenai tiket masuk sebesar Rp 25.000. Kebun Raya Bogor dapat dikunjungi mulai pukul 07.30-17.00.

7. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Lokasi: Jl. Ps Ciseeng, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Bogorraincake.com

Lokasi air panas di Bogor lainnya adalah di Gunung Peyek. Anda dapat berendam dan menikmati kehangatan air di tengah nuansa alam. Di lokasi ini telah disediakan beberapa jacuzzi untuk mandi air panas.

Untuk menuju lokasi ini, Anda perlu pergi ke Jalan Pasar Ciseeng. Keindahan alam di sekitar pemandian air panas Gunung Peyek akan membuat hati tentram dan damai. Anda dapat menitipkan motor di rumah warga dengan biaya Rp 5.000.

8. Bukit Alesano

Bukit Alesano

Lokasi: Desa Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Lelungan.net

Bogor memiliki tempat wisata berupa bukit, yaitu Bukit Alesano. Lokasi ini menjadi tempat untuk berkemah wisatawan. Anda akan merasakan keindahan pemandangan Bogor dari ketinggian ratusan meter.

Anda dapat menuju lokasi menggunakan motor atau mobil. Jalanan yang dilewati tidak sulit. Tiket masuk yang dipasang adalah Rp 10.000 per hari. Anda dapat mendirikan tenda dan berjalan-jalan sambil menikmati alam yang indah.

9. Penangkaran Elang Loji

Penangkaran Elang Loji

Lokasi: Desa Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisata alam di Bogor cukup beragam dan banyak. Anda dapat mengunjungi Penangkaran Elang Loji untuk menikmati keindahan alam di Bogor. Anda dapat menikmati udara yang sejuk sambil mengamati berbagai makhluk yang hidup di sekitar situ, salah satunya elang.

Anda tidak hanya mengamati, tetapi juga mendapatkan pengetahuan mengenai elang. Lokasi penangkaran ini ada di Cijeruk. Anda dapat berkunjung pukul 08.00-18.00 dengan membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk dan Rp 2.000 untuk biaya kebersihan.

10. Curug Ciherang Jonggol

Curug Ciherang Jonggol

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Arsitekrumahidaman.com

Keindahan air terjun yang ditawarkan oleh Curug Ciherang Jonggol dapat menarik perhatian para wisatawan. Tidak hanya suasana air terjun, Anda dapat melihat jembatan kayu gantung dan berbagai rumah pohon. Anda dapat berfoto di lokasi tersebut.

Curug Ciherang Jonggol ada di Desa Sirnajaya, Kabupaten Bogor. Anda harus menempuh jarak sejauh 40 km jika berangkat dari Jakarta. Jam buka Curug Ciherang Jonggol adalah 07.00-18.00. Setiap orang yang masuk akan dikenai biaya sebesar Rp 15.000 per orang.

11. Death by Chocolate

Death by Chocolate

Lokasi: Jl. Bina Marga I No.1/1, Baranangsiang, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Id.openrice.com

Penggemar coklat yang sedang mengunjungi Bogor wajib mengunjungi Death by Chocolate. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati sajian berupa makanan dan minuman berbahan dasar coklat. Anda akan menikmati sajian dengan suasana yang berbeda dari biasanya, yaitu horor.

Deth by Chocolate berada di Taman Kencana Bogor. Restoran ini buka mulai 7 pagi sampai 10 malam. Jangkauan harga makanan mulai dari Rp 9.000 sampai Rp 59.000 sedangkan jangkauan harga minuman mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 48.000.

12. Danau Quarry

Danau Quarry

Lokasi: Talaga, Cikupa, Tangerang, Banten, Jawa barat. – Image Credit by Agusstrav12.blogspot.com

Danau Quarry terbentuk akibat kerukan tambang yang semakin lama terisi air hujan. Danau ini dipenuhi dengan ganggang yang tumbuh dengan subur. Wisatawan dapat menggunakan layanan perahu karet untuk melihat kondisi danau dari tengah.

Tiket masuk dipatok sebesar Rp 20.000. Biaya tersebut belum termasuk harga untuk menyewa peralatan untuk menikmati fasilitas di kapal. Di Danau Quarry tersedia banyak lokasi foto yang menarik dan terlihat alami. Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang danau.

13. Cipamingkis

Cipamingkis

Lokasi: Jonggol, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Hayukabogor.id

Rumah pohon menjadi tempat wisata yang menarik karena masih jarang ditemui di Indonesia. Di Bogor Anda dapat mengunjungi Cipamingkis. Rumah pohon yang ada menghadirkan suasana romantis. Di sekitar Cipamingkis terdapat hutan pinus yang akan menyegarkan pikiran Anda.

Agar bisa masuk ke Cipamingkis, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000. Lokasi Cipamingkis ada di Jonggol. Anda dapat mengunjungi lokasi menggunakan mobil atau motor sesuai keinginan.

14. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Tulisanviral.info

Air terjun menjadi tempat wisata yang banyak ditemui di Bogor. Curug Bidadari adalah salah satu air terjun yang bisa Anda kunjungi saat berlibur. Awalnya akses menuju Curug Bidadari sangat sulit. Berkat pengelolaan yang baik, telah dibuka jalur yang melewati batuan besar.

Wisatawan bisa menuju ke Babakan Madang untuk menuju Curug Bidadari. Lokasi ini buka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. Anda cukup menyiapkan biaya sebesar Rp 25.000 untuk bisa menikmati keindahan Curug Bidadari.

15. Cimory Riverside

Cimory Riverside

Lokasi: Desa Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Tripadvisor.com

Wisata kuliner sangat cocok untuk wisatawan yang gemar mencicipi makanan di berbagai tempat. Cimory Riverside merupakan restoran yang menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar susu dan yogurt. Restoran ada di tepi sungai jernih dan dikelilingi pepohonan rindang.

Cimory Riverside ada di Megamendung, Bogor Timur. Cimory Rivereside buka mulai pukul 08.00-20.30. Kisaran harga makanan adalah Rp 25.000-Rp 55.000, sedangkan kisaran harga minuman adalah Rp 8.000-Rp 25.000.

16.Curug Ciburial

Curug Ciburial

Lokasi: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Lelungan.net

Di kecamatan Babakan Madang terdapat Curug Ciburial yang menghadirkan kesejukan di sekelilingnya. Kondisi lingkungan di sekitar air terjun masih sangat alami dan belum banyak diubah. Anda harus berjalan kaki untuk menuju dasar air terjun.

Tiket masuk yang dipatok adalah Rp 10.000 dan Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun. Waktu terbaik untuk ke Curug Ciburial adalah musim kemarau. Pada saat itu jalanan tidak licin. Anda dapat mengunjungi saat siang menuju sore sehingga foto yang didapatkan terlihat baik.

17. Telaga Warna Puncak Cisarua

Telaga Warna Puncak Cisarua

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Cisarua, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Petaniadv.com

Anda ingin mengunjungi telaga warna tetapi belum sempat ke Dieng? Anda dapat pergi ke Puncak Bogor. Warna air dapat berubah dari hijau, kuning, sampai coklat. Perubahan warna ini disebabkan adanya ganggang dalam telaga yang memantulkan sinar matahari.

Anda dapat menikmati keindahan telaga dengan berkeliling menggunakan perahu yang disewakan. Ada banyak wahana outbound yang disediakan, seperti flying fox dan jogging track. Untuk datang ke telaga warna puncak Cisarua Anda dapat pergi ke Jalan Raya Puncak.

18. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Lokasi: Buanajaya, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Pagebd.com

Anda dapat pergi ke penangkaran rusa yang ada di Giri Jaya Cariu. Untuk menuju lokasi ini disarankan untuk menggunakan mobil karena akses terbatas untuk motor. Di penangkaran rusa Anda dapat melihat rusa dan memberikan makan kepada mereka secara langsung.

Penangkaran rusa ini ada di Kecamatan Tanjung Sari. Tiket masuk yang dipatok hanya sebesar Rp 2.500. Setelah masuk ke area, Anda harus berjalan melalui jembatan kayu sejauh 30 meter. Apabila Anda ingin berkemah, biaya yang perlu dibayar hanyalah Rp 3.000 per orang.

19. Nicole’s Kitchen & Lounge

Nicole’s Kitchen & Lounge

Lokasi: Jl. Hanjawar No.1, Palasari, Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Bobocantik.com

Restoran ini ada di Jalan Raya Cipanas. Anda dapat mengunjungi restoran ini pada pukul 10.00-22.00. Makanan yang ditawarkan sangat unik dan beragam. Kisaran harga yang ada mulai dari Rp 18.000 sampai Rp 155.000.

Tidak hanya menu makanan yang menarik, desain interior yang minimalis akan membuat Anda merasa nyaman. Di sini Anda dapat mengabadikan foto dengan memanfaatkan background tampilan dekorasi dalam ruangan.

20. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Lokasi: Jl. Ptp Terusan, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Ciceraup.blogspot.com

Bogor memiliki tempat destinasi berupa goa. Jarang wisatawan hadir ke lokasi ini. Keindahan goa ditunjukkan dengan adanya stalaktit yang menarik. Anda dapat menuruni tangga untuk bisa menelusuri Goa Agung Garunggung.

Goa ini ada di Kecamatan Babakan Madang. Sampai ke tempat parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan dengan waktu tempuh mencapai 30-45 menit. Rasa lelah akan terbayar dengan keindahan Goa Agung Garunggung.

21. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Lokasi: Jl. Mariwati, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Limakaki.com

Taman bunga bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menyenangkan. Anda dapat melihat berbagai warna bunga dan menyegarkan pikiran. Di sini Anda dapat mengetahui berbagai spesies bunga dari berbagai daerah.

Fasilitas lain yang tersedia adalah food court, camping ground, dan lain sebagainya. Taman Bunga Nusantara ada di Sukaresmi, Cianjur. Anda dapat mengunjungi dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 40.000 dan belum termasuk fasilitas lain.

22. Taman Sakura

Taman Sakura

Lokasi: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Kuyahejo.com

Bunga sakura menjadi ikon Jepang. Namun, bukan berarti bunga sakura tidak bisa ditemui di Indonesia. Bogor mendirikan Taman Sakura yang berisi bunga sakura bermekaran. Lokasi ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga.

Anda disarankan datang pada Januari, Februari, Juli, dan Agustus karena merupakan waktu bunga sakura untuk bermekaran dengan sempurna. Taman Sakura buka mulai pukul 08.00-17.00. Tiket masuk yang perlu dibayar per orang adalah Rp 10.000.

23. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala

Lokasi: Jl. Gn. Bunder, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Parah1ta.com

Anda dapat menikmati liburan bernuansa alam tanpa meninggalkan kehidupan modern. Pondok Rasamala ada di Kawasan Gunung Salak Endah. Pondok Rasamala cocok dijadikan tempat untuk berkemah karena lokasinya ada di hutan pinus.

Di Pondok Rasamala Anda juga dapat menemukan rumah pohon, pemandangan air terjun, dan pemandangan alami lain. Selain menyatu dengan alam, wisatawan dapat mendapatkan beragam spot foto yang menarik dan unik.

24. Museum Zoologi

Museum Zoologi

Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Barrabaa.com

Wisata edukasi bisa menjadi pilihan menarik. Bogor memiliki museum Zoologi yang ada di Kebun Raya Bogor. Wisatawan dapat melihat berbagai awetan hewan dari berbagai dunia. Anda akan melihat awetan hewan yang diklasifikasikan sesuai asal dan lokasi kehidupan.

Museum Zoologi mulai buka pukul 08.00-16.00. Harga tiket masuk yang dipatok adalah Rp 15.000. Anda dapat berkeliling sepuasnya sejak pagi sampai sore untuk melihat awetan hewan di dalam Museum Zoologi.

 

25. Kampung Budaya Sindang Barang

Lokasi: Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kec. Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat. – Image Credit by Arterinews.com

Kampung Budaya Sindang Barang ada di Kecamatan Tamansari. Kampung ini merupakan kampung tertua di Bogor. Tersedia 93 titik situs budaya dan 8 kesenian tradisional yang dapat diamati oleh wisatawan.

 

Wisatawan bersama rombongan dapat hadir mulai pukul 09.00-17.00. Wisatawan dapat berkeliling dan melihat-lihat sepuasnya untuk menikmati desa yang sejuk dan asri sambil belajar budaya setempat.

 

Bogor menjadi destinasi wisata yang menarik. Anda perlu merancang destinasi mana yang akan dikunjungi karena ada banyak destinasi wisata yang harus dikunjungi. Anda dapat mengunjungi satu destinasi ke destinasi lain dalam satu waktu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas.