Curug Bidadari, Air Terjun yang Kaya Pesona di Sentul Bogor

Curug Bidadari, Air Terjun yang Kaya Pesona di Sentul Bogor

Curug Bidadari merupakan salah satu air terjun terindah di Sentul Paradise Park Bogor. Tujuan rekreasi yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan memiliki fasilitas lengkap.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.
Map: Cek Lokasi

Bogor memiliki berbagai lokasi yang sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata Anda. Salah satunya yakni Curug Bidadari yang ada di kawasan Sentul Bogor merupakan salah satu yang wajib untuk didatangi.

Tempat wisata ini memiliki keelokan dan beberapa keunikan yang tidak dapat ditemui pada destinasi lainnya. Liburan di sana tentu akan memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa.

Curug atau air terjun tersebut dinamakan bidadari karena seringkali terdapat pelangi di atasnya. Percikan dari air terjun yang mengalir memang hampir selalu membuat sebuah fenomena pelangi. Dipercaya bahwa pelangi tersebut merupakan jalan bagi para bidadari yang hendak mandi untuk menikmati air terjun tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Bidadari Sentul

Daya Tarik Curug Bidadari

Image Credit: Twitter.com @KitaBogor

Tempat wisata seluas lebih dari 6000 km2 ini memiliki beberapa hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Destinasi yang kini menjadi primadona di kawasan tersebut memiliki keindahan alam yang disajikan dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang datang ke sini.

1. Panorama Alam yang Indah Bak Surga

Keindahan tempat wisata tersebut memang selalu dapat membuat siapapun yang datang akan terpesona. Keelokan alam yang ada di sekitarnya membuat pengunjung bertambah kagum dengan wisata tersebut.

Panorama alam pada tempat tersebut menampilkan sebuah kolaborasi dari air terjun, pepohonan sekitar, hingga wisata air di bawahnya. Tak bisa dipungkiri bahwa panorama yang terjadi itu akan membuat mata yang memandangnya menjadi takjub akan keelokannya.

Pemandangan menjadi lebih elok ketika pelangi muncul saat sinar matahari memancar. Curug tersebut menghasilkan beberapa percikan-percikan air. Titik-titik air yang turun menyebar itu akan berpantulan dengan cahaya sang surya sehingga terbentuklah pelangi

2. Air yang Sejuk dan Segar

Meskipun sebagian besar fasilitas Curug Bidadari merupakan buatan manusia, namun air yang mengalir di sini masih alami. Tidak seperti wahana wisata air pada umumnya, air di lokasi tersebut masih murni tanpa ada campuran bahan kimia sedikitpun.

Pengunjung akan merasakan sensasi kesejukan dari air yang ada. Mendatangi wisata ini memang tidak akan lengkap jika tidak merasakan air yang mengalirinya. Sensasi kesegaran alami dapat dengan mudah dirasakan ketika pertama kali mencobanya. Tentu hal ini menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hulu aliran sungai yang mengalir di Curug ini merupakan Sungai Cikeas yang berasal dari Gunung Gelis. Kawasan tersebut dinamakan bukit pelangi karena adanya destinasi wisata ini.

Daya Tarik Curug Bidadari Sentul

Image Credit: Twitter.com @dongscrews

3. Keindahan Batu Belah di Bawah Air Terjun

Curug Bidadari terkenal dengan keberadaan batu yang ada di bagian bawah air terjun. Batu belah tersebut berukuran cukup besar. Ini merupakan ikon dari destinasi yang eksotis tersebut. Pengelola menambahkan sebuah jembatan di dekat batu besar tersebut agar pengunjung dapat lebih dekat ketika ingin mengaksesnya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Batu belah tersebut sudah ada di sana sejak dahulu. Sebenarnya batu ini berada di bawah tanah dari kolam yang ada di sekitar air terjun. Sebelum tempat ini dibangun, batu tersebut memang masih terpendam jauh dibawah air.

Pengelola mengangkat batu tersebut agar pengunjung dapat menikmati air terjun lebih nyaman lagi. Batu belah yang nampak eksotis itu memang menjadi akses jalan bagi pengunjung untuk dapat menyentuh secara langsung air yang terjun.

4. Berbagai Wahana yang Menarik

Tempat wisata yang satu ini memang menawarkan beberapa wahana yang dapat dicoba oleh pengunjung yang datang. Tidak seperti wisata lain yang serupa, destinasi yang ada di Bogor tersebut tidak hanya memberikan pengalaman berada di sebuah air terjun yang indah nan eksotis.

Sekitar kolam air yang berada tepat di bawah air terjun sudah dibangun oleh pengelola. Kolam sekitar curug tersebut didesain layaknya sebuah pantai pasir putih yang indah. Pasir yang ada di sana didatangkan langsung dari Pulau Belitung. Keunikannya akan membuat terpukau bagi siapapun yang datang dan melihatnya.

Hamparan pasir putih bak pantai yang berada di tepi lautan tersebut memanjang sepanjang kurang lebih 150 meter. Kolam tersebut tidak hanya tersedia bagi orang dewasa saja namun juga ada yang untuk anak-anak.

Di bagian sisi kiri merupakan kolam yang ramah bagi anak kecil. Kedalamannya sekitar kurang lebih 30 cm saja. Sedangkan kolam untuk orang dewasa sendiri berkedalaman sekitar 1.5 meter. Tersedia berbagai fasilitas seperti pelampung, sepeda air, hingga seluncuran layaknya sebuah waterpark.

Sebenarnya Curug Bidadari ini memang berada di Water Park dari Sentul Paradise Park. Seluncuran khas wisata air berada di bagian ujung dari kolam yang menyegarkan tersebut. Bermain-main air yang cukup sejuk tersebut menjadi sebuah aktivitas yang dapat dilakukan ketika datang bersama dengan keluarga, teman, atau kerabat lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Curug Bidadari

Lokasi Wisata Curug Bidadari

Image Credit: Instagram.com @moanskywardz

Destinasi yang menjadi pilihan ketika datang ke Bogor ini beralamat di Jalan Sentul Paradise Park. Lokasi tersebut berada di sebuah desa bernama Bojong Koneng, yang merupakan asal dari nama tempat wisata ini sebelumnya. Sebelum disebut sebagai Curug Bidadari, wisata tersebut bernama Curug Bojong Koneng sesuai desa keberadaannya.

BACA:  Berwisata & Belajar Sejarah di Keraton Kasepuhan Cirebon

Wisata tersebut bertempat di Kecamatan Babakan Madang. Wisata alam ini merupakan pilihan tepat ketika melawat ke Bogor, Jawa Barat. Destinasi wisata tersebut berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Jakarta. Pengunjung dapat menempuhnya dengan waktu antara 2 hingga 3 jam tergantung kondisi jalanan apakah macet atau tidak.

Jaraknya dengan Sirkuit Sentul yang merupakan kebanggaan Indonesia, berkisar kurang lebih 20 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Untuk menuju lokasi tersebut sangat mudah jika menggunakan mobil. Pengunjung hanya perlu melewati tol dan keluar dari pintu tol sentul selatan. Setelah keluar maka langsung berbelok ke kiri menuju Jungle Land Sentul atau sering disebut Sentul Nirwana.

Telusuri saja jalan tersebut hingga menemukan simpangan jalan dan belok ke arah kiri, yakni jalur yang menurun. Setelah berjalan beberapa saat, maka akan ditemui jalan bercabang dan pengunjung harus mengambil jalur ke kanan tepat menuju ke arah Rainbow Hills.

Setelah itu, akan dijumpai sebuah terowongan kecil dan sampai ke pertigaan. Terdapat papan penunjuk jalan, lalu ikuti saja jalur menuju Telaga Cikeas hingga menemukan papan penunjuk jalan lagi. Ambil saja belokan ke kiri menuju tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Bidadari Bogor

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Bidadari Bogor

Image Credit: Instagram.com @_dickypratama09

Untuk mendapat akses memasuki wisata tersebut diperlukan sejumlah biaya. Namun, tidak perlu khawatir karena biaya tersebut relatif sama seperti wahana wisata serupa. Tiket masuk yang ada di sini berbeda-beda tergantung harinya. Untuk hari Senin hingga Jumat, pengunjung perlu membayar Rp 30.000 saja untuk membeli tiket masuk.

Sementara itu, untuk akhir pekan yakni hari Sabtu dan Minggu harga tiket menjadi naik hingga mencapai Rp 40.000. jika terdapat periode liburan, seperti akhir tahun, tiket masuk naik lagi menjadi Rp 50.000. Semua wisatawan wajib memiliki tiket, ini berlaku juga bagi anak kecil yang telah mencapai usia 5 tahun.

Tempat wisata kebanggaan Sentul Bogor ini buka mulai dari pagi hari hingga sore hari. Wisata air tersebut dibuka mulai pukul 08.00 pada pagi hari dan ditutup pada pukul 17.30. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi maka perlu membayar biaya parkir.

Tarif parkir di tempat tersebut terbilang cukup murah karena hampir sama dengan tempat-tempat wisata yang sejenis. Untuk mobil maka perlu mengeluarkan uang sejumlah Rp 10.000, sedangkan motor roda dua perlu tarif sebanyak Rp 4.000 saja sebagai biaya parkirnya.

BACA:  Rainbow Garden Lembang, Indahnya Taman Bunga Kekinian di Bandung

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Bidadari

Kegiatan di Curug Bidadari

Image Credit: Google Maps (nurasiah jamil jamil)

1. Menikmati Keindahan Alam Sekitar Air Terjun

Berkunjung ke tempat yang amat indah tersebut tentu saja tidak lengkap jika tidak menikmatinya dengan berkeliling. Lokasi tersebut cukup cocok bagi wisatawan yang hendak berkeliling menikmati alam sekitar yang ada.

Alam di sekitar wisata ini begitu asri sehingga dapat membuat hati terasa damai dan liburan pun menjadi semakin berkesan. Keasrian alam tersebut berpadu dengan eloknya air terjun. Suasana menjadi semakin menarik tatkala pelangi muncul tepat pada air terjun yang sedang mengalir cukup deras.

2. Bermain Air

Ini merupakan aktivitas wajib saat datang ke sebuah tempat wisata yang unik tersebut. Konsep wisata ini memang didesain seperti waterpark atau waterboom. Pengunjung yang datang pun memang dapat dengan leluasa menikmati air yang mengalirinya.

Kolam sekitar Curug Bidadari juga terdapat hamparan pasir putih alami membuat suasana menjadi sempurna untuk dinikmati dengan bermain air. Wisatawan juga secara tidak langsung merasakan mandi dengan air yang menyegarkan tersebut.

Kegiatan Menarik di Curug Bidadari

Image Credit: Google Maps (m safei)

3. Menikmati Wahana yang Tersedia

Berbagai wahana telah tersedia seperti flying fox dan perahu tangan. Pengunjung dapat menikmati semua fasilitas yang ada. Tentu ini merupakan aktivitas yang sangat seru untuk dilakukan ketika datang ke destinasi yang menakjubkan tersebut.

Pengunjung tidak akan bosan untuk menghabiskan waktu di sini. Terdapat juga kolam yang dibuat untuk anak kecil dengan kedalaman hanya 30 cm. Tentu ini membuat semua orang dapat menikmati air terjun tersebut dengan aman dan nyaman.

4. Berfoto-Foto Ria

Aktivitas ini merupakan kewajiban jika Anda mengunjungi destinasi tersebut. Banyak titik di lokasi itu yang amat sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen. Panorama yang ada dapat membuat tangkapan gambar semakin cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Bidadari Sentul

Fasilitas di Curug Bidadari Sentul

Image Credit: Google Maps (imran 078)

Pengelola menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Tidak hanya tempat parkir dan kamar mandi saja, namun tempat ini juga menyediakan berbagai penyewaan seperti pelampung.

Pengunjung pun dapat menikmati berbagai makanan yang tersaji di saung kuliner. Terdapat juga flying fox dan tempat terapi ikan-ikan kecil yang memakan kotoran yang ada pada kaki. Berbagai hal dapat dinikmati oleh pengunjung.

Curug Bidadari yang ada di Sentul Bogor ini memang tidak hanya menyimpan keindahannya yang luar biasa saja. Berbagai hal ada di sini dan tersedia untuk dirasakan oleh pengunjung. Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi daerah Sentul tanpa berlawat ke tempat wisata yang mengagumkan tersebut.