Curug Ciherang di Bogor salah satu wisata alam yang menyegarkan sekaligus menikmati keindahan alam pegunungan. Air terjun yang memiliki tiga tingkatan dan beragam wahana menarik.

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Curug Ciherang terdengar tidak asing di telinga masyarakat lokal maupun luar kota. Wisata air terjun yang satu ini berada di kawasan Kota Bogor yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke curug ini untuk menghabiskan liburan dengan keluarga tercinta maupun mencari background foto yang unik dan cantik untuk kemudian dibagikan ke sosial media.

Pemandangan yang terlukis di objek wisata ini tidak kalah menariknya dengan curug lainnya yang ada di Bogor. Curug ini mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu mendatangkan banyak wisatawan. Karena letaknya yang berada di sebuah hutan, curug Ciherang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan teduh.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 3 meter ini memiliki debit air yang sangat deras. Terbentuk sebuah kolam di bawah air terjun. Bebatuan dengan ukuran yang beraneka macam mendominasi area pinggir kolam dan air terjun tersebut. Air terjun disini sangat dingin, Anda dapat bermain air di kolam bawah air terjun namun harus tetap hati-hati karena batu yang Anda pijak berlumut dan licin.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciherang

Daya Tarik Curug Ciherang
Image Credit: Twitter.com @christian239_

Setiap curug mempunyai keunggulannya masing-masing. Begitu juga dnegan Curug Ciherang, Anda bisa menikmati pemandangan alam Bogor dari ketinggian. Selain tempatnya yang sejuk, pemandangan sekitar curug juga sangat cocok untuk dijadikan tempat swafoto.

Kata ‘ciherang’ sendiri memiliki makna ‘air yang jernih’. Itulah  sebabnya air terjun satu ini sangat jernih sehingga dasar airnya dapat terlihat dengan jelas. Tidak hanya itu saja, suasana asri dan sejuk juga berperan penting sebagai pelengkap kecantikan panorama curug. Beberapa daya tarik utama air terjun Ciherang bisa Anda simak di bawah ini:

1. Curug yang Unik

Yang membuat curug ini berbeda dengan lainnya yaitu curug ini memiliki tiga tingkatan. Aliran air yang deras dan jernih mengalir di setiap tingkatannya. Bebatuan dengan ukuran yang bermacam-macam dan pepohonan hijau yang menyejukkan mengiringi aliran air terjun yang deras tersebut.

Wisatawan yang datang berkunjung selalu betah dengan panorama dan suasana yang disuguhkan air terjun ini. Keunikan yang dimiliki curug Ciherang akan membius setiap pengunjung yang datang.

2. Memiliki Mitos yang Membuat Penasaran

Banyak mitos yang bertebaran mengenai curug satu ini. Masyarakat sekitar curug banyak yang meyakini bahwa curug ini merupakan tempat pemandian para bidadari dan raja. Kemudian dikabarkan juga ada satu tempat misterius yang menjadi lokasi bertapa para orang-orang sakti.

Pernah juga ada cerita wisatawan yang melihat penampakan makhluk astral di kawasan sekitar curug ini. Ada mitos juga yang beredar bahwa air dari curug Ciherang merupakan air suci yang memudahkan seseorang mendapatkan jodoh.

Kabarnya, jika seseorang membasuh wajahnya dengan air curug ini, maka jodoh akan segera ia dapatkan. Tidak heran banyak wisatawan muda mudi yang percaya dengan mitos tersebut sehingga beramai-ramai datang kesini dengan harapan supaya segera bertemu jodohnya.

Daya Tarik dari Curug Ciherang
Image Credit: Twitter.com @goelaxteguh

3. Pemandangan Alam yang Tiada Duanya

Bagi Anda yang bosan dengan pemandangan jalanan kota yang ramai dan padat, Anda bisa mengunjungi objek wisata ini karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya. Ikon Kota Bogor berupa Gunung Gede dan Pangrango akan terlihat jelas sepanjang perjalanan menuju ke curug ini.

Tidak hanya itu saja, Anda akan melewati panorama pedesaan sepanjang perjalanan menuju ke lokasi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Ciherang

Rute Curug Ciherang
Image Credit: Google Maps (Eko Prastiv)

Curug yang memiliki lahan seluas 73 hektar ini berada di Jalur puncak Bogor II, Provinsi Jawa Barat. Curug ini berada di ketinggian 900 mdpl dan memiliki udara sejuk khas pegunungan. Panorama alam berupa hutan dan pegunungan daerah Bogor akan Anda temui disini. Lokasi curug ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor. Akses menuju ke curug ini sangat mudah ditempuh.

Dari pusat Kota Bogor, curug Ciherang ini hanya berjarak sekitar 43 kilometer saja. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan saja untuk menuju ke lokasi jika ditempuh dari pusat kota Bogor.

Anda disarankan untuk menyewa kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi ketika berkunjung kesini karena belum ada angkutan umum yang rutenya langsung menuju ke arah curug. Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh tergantung dari titik keberangkatan Anda. Apabila Anda berangkat dari Jakarta atau Depok, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Anda dapat memulai perjalanan dari Sentul City maupun dari Cibinong, kemudian Anda mengarahkan google maps menuju ke arah Pasar Jonggol. Tidak jauh dari pasar tersebut, Anda sudah sampai di pintu masuk curug. Apabila Anda berangkat dari Bandung, Anda dapat melewati Jl. Raya Cibogo – Ciranjang lalu melewati Jl. Cinangsi – Cibogo.

Setelah itu Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda ke daerah Jonggol. Setelah sampai di daerah Jonggol, Anda dapat menggunakan google maps maupun bertanya pada warga sekitar untuk menuju curug tersebut. Curug tersebut berada tidak jauh dari daerah Jonggol.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang Bogor

Harga Tiket Curug Ciherang
Image Credit: Facebook.com @dheri.samudra

Sebelum berangkat untuk berlibur ke curug ini, Anda sebaiknya mencari tahu informasi detail mengenai waktu operasional dan tiket masuknya tersebut terlebih dahulu. Jika Anda ingin membawa oleh-oleh  berupa jepretan foto dengan background yang bagus.

Sebelum Anda berangkat sebaiknya Anda screenshot beberapa foto orang lain dari Instagram yang memiliki sudut pengambilan foto yang pas. Per Desember 2020, waktu operasional curug ini adalah setiap hari Senin – Minggu pukul 07.00 – 18.00 WIB. Tiket masuk wisata air terjun ini dipatok dengan harga Rp. 40.000 per orang.

Harga tiket tersebut berlaku untuk pengunjung anak-anak usia 10 tahun ke atas dan orang dewasa. Khusus untuk pengunjung anak-anak usia di bawah 10 tahun sama sekali tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Walaupun terdengar kurang terjangkau, namun jangan salah, tarif tersebut sudah meliputi semua biaya wahana yang ada di curug. Anda tidak perlu pusing mengeluarkan dana lagi jika ingin mencoba wahana yang ada di area curug. Biaya parkir sepeda motor di curug ini Rp. 5.000, sedangkan untuk parkir mobil dipatok biaya Rp. 10.000.

Tidak perlu khawatir karena kendaraan Anda dipastikan aman disini. Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan lebih lama disini, terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pilih sebagai tempat menginap.

Penginapan tersebut berupa homestay, villa, hotel maupun bungalow. Anda dapat memilih sesuai keinginan dan kenyamanan Anda. Tentunya disesuaikan juga dengan budget. Anda hanya perlu menyediakan budget sekitar 100 ribu – 1 juta rupiah per malamnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Ciherang

Kegiatan di Curug Ciherang
Image Credit: Facebook.com @curugciherangbogor

1. Bermain Air dan Berenang di Area Curug

Anda disarankan untuk membawa pakaian ganti jika ingin bermain air maupun berenang di kolam renang di area curug ini. Anda dapat sepuasnya bermain air di curug ini namun perlu diperhatikan bahwa meskipun air curug dan kolam renang disini sangat jernih, Anda perlu ketahui bahwa air curug ini sangat dingin. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit supaya tidak sakit ketika sampai di rumah.

2. Menikmati Pemandangan dari Wahana Popular

Terdapat dua wahana populer di Curug Ciherang yang mempunyai magnet tersendiri di mata para wisatawan. Keberadaan dua wahana berupa rumah pohon dan jembatan gantung yang terbuat dari kayu menjadikan curug ini unik dan berbeda dari curug yang lain. Wahana rumah pohon dibangun di atas sebuah pohon besar dan dilengkapi dengan tangga untuk bisa naik ke atasnya.

Kemudian, terdapat jembatan kayu gantung yang menghubungkan pohon besar tersebut dengan sebuah tebing. Selain menaiki tangga, Anda juga dapat melewati jembatan kayu gantung tersebut untuk bisa sampai di rumah pohon. Anda akan terpukau dengan pemandangan landscape Kota Bogor yang disuguhkan dan dapat Anda nikmati ketika mencoba dua wahana yang populer ini.

3. Berburu Spot Foto di Area Curug

Curug Ciherang memiliki banyak spot foto yang menarik. Para pecinta fotografi tidak akan kesulitan mendapatkan background foto yang bagus. Spot foto di area air terjun sangat cantik karena terdapat perpaduan bebatuan dan pepohonan yang menghiasinya. Spot foto di wahana rumah pohon dan jembatan gantung juga sangat bagus karena pemandangan Kota Bogor dari atas terpampang nyata.

4. Camping maupun Menginap di Villa

Bagi Anda yang ingin bermalam di area curug baik di villa maupun mendirikan tenda, Anda diwajibkan membayar Rp. 15.000.

Biaya tersebut sudah termasuk gratis masuk kolam renang, jembatan gantung, rumah pohon, kebun strawberry, air terjun, alat panggang/ BBQ, spot foto, dan odong – odong. Apabila Anda ingin menyewa area camping ground, Anda diharuskan membayar Rp. 60.000 per orang.

5. Bersantai Sambil Menikmati Kuliner

Di area curug banyak terdapat warung makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Bagi Anda yang tidak ingin bermain air, Anda dapat duduk bersantai di gazebo-gazebo yang sudah disediakan sambil memesan makanan dan minuman. Namun, Anda diharuskan menyewa gazebo tersebut. Jika tidak ingin menyewa gazebo, Anda dapat menggelar tikar yang Anda bawa dari rumah.

6. Menyewa Kostum Hanbok Ala Korea

Pengelola air terjun menyediakan persewaan kostum hanbok bagi Anda penggemar korea. Hanbok merupakan pakaian tradisional khas Korea yang berwarna-warni. Hanbok ini disewakan untuk dipakai para wisatawan sebagai kostum foto selama berada di area air terjun ini. Berfoto di area wisata air terjun dengan memakai hanbok akan menambah keindahan hasil foto yang Anda dapatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Ciherang

Fasilitas di Curug Ciherang
Image Credit: Google Maps (Yunita Tresnawati)

Curug ini sudah memiliki fasilitas yang tergolong cukup lengkap. Pengelola curug memastikan para wisatawan akan merasa nyaman dan betah untuk menghabiskan liburan disini bersama keluarga tercinta.

Bagi Anda yang bermain air di curug ini, pengelola sudah menyiapkan kamar ganti dan kamar bilas. Fasilitas umum lain seperti toilet, kamar mandi, warung makan, lahan parkir, tempat ibadah juga tersedia disini.

Demikian informasi mengenai daya tarik curug Ciherang yang sangat sayang jika dilewatkan. Sebelum Anda berkunjung ke curug ini, jangan sampai lupa untuk memastikan kondisi tubuh Anda dan keluarga semua sehat.  Pasalnya, hawa dingin di curug ini akan sangat menusuk tubuh Anda.