Curug Ciputri salah satu objek wisata alam yang populer di Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Berada di Kaki Gunung Salak menjadikan air terjun ini memiliki panorama alam yang memukau di tengah hutan yang asri.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Ciputri merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Bogor. Hampir setiap musim liburan tiba, Curug terkenal Jawa Barat ini, akan dipadati pengunjung. Dan kebanyakan dari pengunjung merupakan warga sekitaran area curug tersebut.

Ciputri menyuguhkan keindahan alam yang masih sangat alami. Pemandangan seperti ini, tentu akan sangat sulit di daerah perkotaan, utamanya Bogor sendiri. Maka bagi Anda yang mulai lelah, jenuh, bahkan penat dengan kondisi perkotaan, akan sangat disarankan untuk mengunjungi wisata satu ini, guna me-refresh kembali pikiran.

Mengunjungi Curug Ciputri akan membuat pengunjung bernostalgia tentang kehidupan masyarakat pedesaan. Banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga. Tak hanya itu, pengelola curug pun juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati semua pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Ciputri

Curug Ciputri Bogor
Image Credit: Google Maps (Ahmad riza Ibrahim)

1. Legenda Penamaan Curug Ciputri

Nama Ciputri bukanlah nama asal-asalan yang menjadi nama wisata air satu ini. Ada legenda dibalik pemberian nama tersebut. Terdapat sebuah cerita rakyat masyarakat sekitaran curug yang mengisahkan bahwa curug ini merupakan tempat mandi para bidadari yang turun dari Kahyangan.

Saat musim penghujan, dan mulai gerimis atau mulai turun hujan, namun keadaan matahari masih bersinar, maka akan tercipta fenomena alam pelangi. Dipercaya orang sekitar, bahwa saat pelangi terlihat, itu artinya para dewi Kahyangan sedang turun ke bumi untuk mandi di Ciputri.

Legenda yang ada di curug ini membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang penasaran. Tidak heran jika saat liburan tiba, destinasi wisata ini selalu ramai didatangi wisatawan lokal maupun luar daerah.

2. Pesona Keindahan Alam yang Menakjubkan

Curug Ciputri memiliki view pemandangan yang indah. Dipadu dengan hijaunya pepohonan yang rindang, serta derasnya aliran air terjun, menciptakan rasa nyaman yang sulit dijelaskan. Untuk menikmati sejuknya air curug, pengunjung diperbolehkan berenang atau sekadar merendam kaki di sekitaran area curug satu ini.

Sesaat sebelum memasuki area wisata curug, Anda akan merasakan bagaimana eksotisnya air terjun ini. Pengunjung akan disapa dengan banyaknya hewan liar yang berada di sekitaran area hutan Ciputri. Mulai dari burung dengan berbagai warna, landak, hingga segerombolan monyet yang bergelantungan di pohon-pohon tinggi.

Dengan begitu, perjalanan menuju curug tidak akan terasa membosankan. Selain itu, rindangnya pepohonan yang tumbuh di sekitaran perjalanan menuju curug akan membuat sejuk, sehingga selama perjalanan pengunjung akan dibuat nyaman, tenang, dan rileks. Hal ini diharapkan pengunjung akan semakin betah saat berkunjung ke Ciputri.

Selain itu, di pinggir jalan menuju Ciputri, tumbuh pepohonan pinus dan juga pohon bambu yang menjulang tinggi sepanjang jalan. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang banyak diminati pengunjung yang berkunjung ke wisata air satu ini. Anda juga bisa menjadikan pinus dan bambu sebagai spot foto yang menarik.

3. Memiliki Air yang Dingin dan Segar

Wisata air Curug Ciputri disebut-sebut sebagai surganya air terjun di Kabupaten Bogor. Memiliki air yang jernih dan segar, membuat pengunjung berlomba-lomba untuk menghabiskan waktu liburan di sana dengan berenang. Hal tersebut sudah menjadi hal wajib yang tidak boleh dilewatkan saat ke sana.

Kesegaran air di perairan Ciputri sudah terkenal di kalangan pengunjung setia curug ikonik Bogor ini. Selain berenang, Anda juga menikmati olahraga arung jeram yang biasanya disediakan khusus di wisata-wisata curug pada umumnya. Biasanya biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal, dan bisa dibilang cukup terjangkau.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Ciputri

Alamat Curug Ciputri
Image Credit: Facebook.com @ondi.doank

Titik lokasi yang sebenarnya dari Curug Ciputri ialah berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, dan masuk di wilayah Bogor Kabupaten. Letaknya jauh dari kota dan masuk di area pedesaan. Itulah sebabnya curug ini begitu asri dan alami, seperti belum pernah tersentuh tangan manusia.

Untuk bisa sampai ke curug ini, Anda pasti akan sangat cepat menemukan lokasinya. Hal ini disebabkan karena warga memasang beberapa papan penunjuk arah yang dipasang di sepanjang jalan. Ada beberapa titik keberangkatan yang bisa Anda pilih. Atau bagi Anda yang ingin lebih efisien, gunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Rute umum yang biasanya selalu dilewati pengunjung adalah dari wilayah Jalan Raya Bogor. Dari jalan tersebut, Anda akan diarahkan untuk menuju arah Dramaga dengan membelok ke kanan. Nantinya setelah berbelok ke kanan, Anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan itulah, Anda bisa membelok ke kiri untuk ke Tenjolaya.

Sesampainya di Kecamatan Tenjolaya, sedikit lagi Anda akan sampai ke lokasi curug yang diinginkan. Anda hanya tinggal lurus sampai menemukan pertigaan kedua, setelah pertigaan pertama, yakni pertigaan yang menuju Kecamatan Tenjolaya. Di pertigaan kedua, Anda bisa langsung belok kiri sampai menjumpai loket tiket masuk Ciputri.

Seperti lokasi wisata pada umumnya, untuk bisa masuk menikmati keindahan curug maka pengunjung diwajibkan membayar biaya masuk. Harga tiket masuk lokasi curug ini yakni Rp 15.000 saja. Biaya ini belum termasuk biaya parkir kendaraan yang Anda bawa.

Untuk biaya parkir kendaraan disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan. Sedangkan bagi yang ingin menikmati fasilitas camping yang ada disini, maka Anda akan dikenakan biaya Rp 25.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Ciputri

Aktivitas di Curug Ciputri
Image Credit: Google Maps (Himawan Haryanto)

1. Berkemah Menikmati Pesona Curug

Bagi yang suka kegiatan alam, mencoba camping di sekitar curug bisa jadi pilihan menarik. Nah, di sini juga sudah disediakan fasilitas untuk kegiatan tersebut. Anda tidak perlu repot untuk membawa perlengkapan tenda dan lain-lain karena sudah ada disini. Yang perlu Anda siapkan yakni jaket hangat karena kondisi udara disini yang cukup dingin.

Camping ground atau area camping merupakan salah satu fasilitas yang sengaja disediakan pengelola curug bagi pengunjung. Area ini terletak sekitar 2 km dari lokasi parkir kendaraan..

Kegiatan berkemah ini pasti akan sangat mengasyikkan jika dilakukan bersama keluarga atau dalam rangka liburan sekolah. Tak jarang, biasanya camping ground dijadikan sebagai tempat family gathering. Mengingat tempatnya yang sejuk dan nyaman, pasti akan serasa berada di acara outdoor yang sebenarnya.

2. Bermain Air di Kolam Curug

Rasanya ada yang kurang jika mengunjungi curug tapi tidak merasakan segarnya air curugnya. Apalagi air yang ada di curug ini sangat jernih dan segar, pasti semua orang yang datang tidak akan melewatkan momen untuk bermain air disini.

Air terjun Curug Ciputri terkenal memiliki air yang jernih dan sangat segar. Diperkirakan air terjun Ciputri memiliki tinggi sekitar 30 meter. Aliran air terjun tadi membentuk sebuah kolam alami di bawah curug yang bisa digunakan pengunjung untuk bermain air dan berenang. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas pelampung yang bisa disewa.

Untuk bisa menikmati dinginnya air curug, pengunjung memerlukan waktu kurang lebih 30 menit agar bisa sampai di lokasi curug. Menempuh jarak sekitar 1 kilometer dari pintu masuk dengan kondisi jalan yang terjal dan menanjak. Disarankan, pengunjung yang ingin mengunjungi curug dalam kondisi kesehatan yang fit dan prima.

AktivitasDilakukan di Curug Ciputri
Image Credit: Google Maps (Alwy Dfr)

3. Bermain di Rumah Pohon

Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari atas, pengunjung bisa memanfaatkan rumah pohon yang ada di sekitar lokasi wisata. Spot ini juga bisa dijadikan lokasi untuk berswafoto bersama teman ataupun orang tercinta.

Pemandangan hutan pinus di sekitar akan terlihat sangat indah dari rumah pohon ini. Jika momennya pas, Anda bisa berswafoto dengan background hutan pinus yang dipenuhi dengan kabut.

4. Menikmati Pemandangan Pohon Pinus

Jejeran pepohonan pinus yang sengaja ditanam di area sekitar Curug Ciputri tetap menjadi ciri khas curug ini yang sayang jika dilewatkan. Tatanan pohon yang dibuat rapi dan terstruktur, menjadikan pepohonan pinus di sini begitu diminati banyak wisatawan. Tak lengkap rasanya jika ke pinus Ciputri, tanpa berswa foto.

Anda juga bisa menikmati betapa sejuk dan rindangnya pepohonan pinus yang memang sengaja ditanam. Anda bisa hanya dengan sekadar berkeliling di sekitaran area pohon pinus. Jangan lupa juga untuk mencari spot foto terbaik yang ada di hutan pinus. Itulah sebabnya banyak wisatawan paling suka dengan pohon jati.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Ciputri Bogor

Fasilitas di Curug Ciputri Bogor
Image Credit: Google Maps (Fi R)

Fasilitas yang disediakan pengelola Curug Ciputri bisa dibilang sudah cukup memadai. Lokasinya yang berada di Bogor, menjadikan akses warung atau lainnya mudah ditentukan. Tempat buang air sampai Musholla juga disediakan bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut.

Jika pengunjung lapar atau pun haus, area sekitaran Ciputri juga menyediakan tempat dengan berbagai menu-menu menarik. Semata-mata fasilitas tadi memang disediakan secara khusus bagi pengunjung yang mau berkunjung ke wisata air Bogor ini. Biaya yang dikenakan pun termasuk cukup terjangkau.

Beberapa informasi di atas dapat Anda jadikan referensi atau acuan sebelum memutuskan Curug Ciputri sebagai pilihan destinasi liburan Anda bersama dengan keluarga. Jangan lupa untuk selalu membawa alat dan obat demi menjaga keamanan dan keselamatan.