10 Taman Keren di Bogor untuk Mengisi Akhir Pekan

Taman Bogor

Taman yang ada di Kota Bogor menjadi salah satu lokasi penting yang wajib Anda kunjungi untuk menikmati waktu dengan keluarga.

Bogor, salah satu kawasan kota besar yang ada di Indonesia dan selalu ramai diperbincangkan oleh orang-orang. Selain terkenal akan kuliner dan beragam tempat wisatanya, Bogor juga memiliki beberapa taman yang cocok untuk refreshing. Keindahan taman-taman yang ada di kota Hujan ini memang sudah tidak diragukan lagi.

Banyaknya keberadaan taman yang ada di Bogor membuat kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Sejuta Taman. Bahkan kalimat ini juga menjadi slogan utama dari kota ini. Hal ini juga didasari karena adanya pembangunan besar-besaran pada taman-taman yang ada di Bogor untuk mengembalikan predikat sebagai kota paling bersih dan nyaman.

Adanya pembangunan taman-taman ini membuat keadaan Bogor semakin terlihat asri. Tak hanya itu saja, udara yang ada di sekitarnya pun semakin sejuk untuk dihirup. Hal inilah yang membuat masyarakat selalu menjadikan kota ini sebagai tujuan utama ketika ingin mengunjungi taman-taman yang indah.

1. Taman Astrid

Taman Astrid

Image Credit: Merahputih.com

Taman Astrid merupakan tempat yang masih menjadi satu bagian dengan Kebun Raya Bogor. Akan tetapi sudah diresmikan menjadi sebuah taman yang berdiri sendiri. Taman satu ini dilansir memiliki keindahan yang terbaik dibandingkan dengan taman-taman lainnya.

Bagaimana tidak, tatanan antara rerumputan dengan beberapa ornament yang ada di Taman Astrid sangatlah rapi. Di taman ini Anda tidak akan menemukan sampah satu pun yang berceceran di sekitarnya. Sebab, setiap harinya memang selalu ada petugas kebersihan yang tidak akan membiarkan sampah berserakan disana.

Tak hanya itu saja, Taman Astrid juga dilengkapi fasilitas seperti tempat duduk dengan payung untuk kenyamanan setiap pengunjungnya. Di tengah taman juga terdapat air mancur kecil yang akan menambah pesona keindahan dari Taman Astrid itu sendiri.

Lokasi: RT.04 / RW.02, Kp. Parung Jambu, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Taman Malabar

Taman Malabar

Image Credit: Direktori.kotabogor.go.id

Sepertinya di Kebun Raya Bogor menjadi tempat yang dikelilingi oleh area pertamanan. Buktinya tak hanya Taman Astrid yang ada di wilayah ini, melainkan ada pula Taman Malabar yang berlokasikan hanya sekitar 100 meter saja dari Kebun Raya Bogor.

BACA:  10 Air Terjun (Curug) di Sentul yang Populer

Meski begitu taman ini masih belum banyak dikunjungi oleh orang, karena dihalangi oleh bangunan tinggi yang membuatnya tak terlalu nampak. Namun, di Taman ini Anda juga bisa melepas penat sambil menikmati udara segar yang ada di sekitarannya.

Tempatnya pun sangat bersih dengan deretan beberapa kursi yang tersusun rapi. Meskipun diantara satu kursi dengan yang lainnya terpisah, namun masih memiliki kesan penataan yang apik.

Lokasi: Jl. Taman MalabarRW.08, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Taman Air Mancur

Taman Air Mancur

Image Credit: Bogor.net

Taman Air Mancur baru saja mengalami tahap perenovasian, dan selesai di tahun 2015 silam. Dengan adanya renovasi ini keadaan taman semakin terlihat cantik nan mempesona. Sehingga tak heran jika taman ini dijadikan sebagai cagar budaya dan ikon dari kota Bogor.

Di Taman Air Mancur Anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti beberapa tempat untuk bersantai, air mancur, serta dekorasi-dekorasi terbaru dari hasil renovasi. Beberapa tanaman bunga dan rerumputan hias juga bisa membuat mata Anda seakan tersihir oleh keindahannya.

Sehingga jangan sampai Anda melewatkan taman satu ini jika sedang berkunjung ke Bogor. Untuk mengunjunginya pun tak susah, karena letaknya sangat mudah untuk Anda jangkau. Anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun dengan kendaraan pribadi.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Gg. Lb. Pilar, RT.05/RW.03, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Taman Corat-Coret

Taman Corat-Coret

Image Credit: Ayobogor.com

Sesuai dengan namanya, Taman Corat-Coret memiliki pesona yang berbeda dari taman lainnya yang menampilkan rerumputan atau air mancur. Taman ini memiliki tema yang mengacu pada gambar grafiti yang bisa dinikmati oleh semua pengunjungnya. Sebab gambar-gambar ini terpampang jelas di tembok-temboknya.

Taman Corat-Coret bisa juga disebut taman baru, karena perilisannya yang terhitung masih belum lama, yaitu tahun 2016 lalu. Tujuan awal untuk membuat taman ini adalah untuk mengurangi vandalisme yang kala itu sangat meresahkan kota Bogor. Dengan adanya taman ini diharapkan vandalisme tidak terjadi lagi di kota ini.

Jika dilihat dari beberapa fasilitas yang ada, taman ini sangat rekomendasi untuk dijadikan sebagai tempat selfi. Dengan adanya beberapa spot gambar grafiti menambah kesan kekinian bagi Taman Corat-Coret, terlebih di mata kaum milenial.

BACA:  6 Wisata Kuliner di Pangandaran yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Achmad Adnawijaya St, RT.01 / RW.15, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

5. Taman Teijsman

Taman Teijsman

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Taman Teijsman juga menjadi tempat yang masih menyatu dengan Kebun Raya Bogor. Hal ini membuat siapapun yang mengunjungi Kebun Raya Bogor selalu menyempatkan diri untuk sekedar singgah ke Taman Teijsman. Indah dan bersihnya lokasi taman membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Meskipun hanya memiliki spot air mancur kecil dengan dikelilingi pohon-pohon besar, namun hal ini tak mengurangi pengunjung yang mendatanginya. Para pengunjung biasanya hanya akan duduk-duduk manis sambil menikmati kesejukan suasana, apalagi jika masih di waktu pagi hari.

Lokasi: RT.04 / RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi

Image Credit: Rumputbogordotcom.wordpress.com

Jika Anda pernah mendatangi Sempur pastilah sudah tahu akan keberadaan taman ini. Taman Sempur merupakan taman berukuran kecil yang dibuat menyerupai tempat pagelaran teater terbuka. Sesuai dengan dekorasi yang ada, Taman Sempur kerap dipergunakan untuk mengadakan pagelaran budaya atau kesenian.

Di Taman ini Anda dapat menikmati beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan dedaunan yang sangat rimbun. Tak hanya itu saja, jika Anda beruntung maka di area tengah taman yang cukup luas itu akan ada sebuah pertunjukkan yang memang sengaja dilakukan untuk menghibur para pengunjungnya.

Lokasi: Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Taman Perlintasan Bogor

Taman Perlintasan Bogor

Image Credit: Santuarie.wordpress.com

Bagi Anda yang menyukai taman dengan dekorasi menarik mungkin Taman Pelintasan Bogor bisa menjadi solusinya. Di tempat ini ada spot unik bertuliskan BOGOR dengan ukuran besar yang bisa diajak selfi. Tak hanya itu saja, taman ini juga terkenal akan kebersihan lingkungannya.

Taman Pelintasan Bogor juga memiliki beberapa tempat untuk bersantainya para pengunjung. Sehingga jika Anda berkunjung tak perlu khawatir jika lelah karena kelamaan berdiri. Di tempat ini juga Anda bisa menikmati kesegaran angin sepoi-sepoi yang dihasilkan dari pohon-pohon yang mengelilinginya.

Lokasi: Jl. Heulang, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

8. Taman Skateboard

Taman Skateboard

Image Credit: Akurat.co

Memiliki hobi bermain skateboard menjadi suatu kegiatan yang teramat menyenangkan. Apalagi jike bermainnya di tempat-tempat cantik seperti Taman Skateboard misalnya. Taman yang ada di Kota Bogor ini selalu menjadi lokasi untuk orang-orang yang punya hobi untuk bermain skateboard.

BACA:  Curug Dengdeng Tasikmalaya, Wisata Air Eksotis Dengan Jalur Menantang

Namun tenang, jika Anda tida memiliki hobi tersebut nyatanya tetap bisa mengunjungi taman satu ini. hal ini dikarenakan sekitaran taman juga disediakan beberapa tempat duduk yang diperuntukkan bagi orang-orang yang singgah untuk sekedar menikmati pemandangan sekitar.

Lokasi: RT.01/RW.01, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota. Bogor.

9. Hutan Kota Ahmad Yani

Hutan Kota Ahmad Yani

Image Credit: Tribunnews.com

Meskipun nama dari taman ini adalah Hutan Kota Ahmad Yani, akan tetapi tempat ini tak mencerminkan keadaan layaknya hutan. Malahan lebih menggambarkan setingan dari sebuah taman. Oleh karena itu, masyarakat lebih mengenal tempat ini sebagai salah satu area pertamanan yang ada di Kota Bogor.

Beberapa fasilitas dari publik bisa Anda rasakan disini. Karena memang tempat ini dibuat agar masyarakat baik lokal maupun luar dapat menikmati kenyamananya ketika berada di lokasi.

Menariknya lagi, Anda juga bisa menjadikan tulisan Hutan Kota Ahmad Yani yang cukup besar itu sebagai area spot untuk berfoto. Bagi yang suka posting foto di medsos bisa memanfaatkan lokasi ini sebagai spot menarik.

Lokasi: Jl.  Ahmad Yani,Tanah Sareal, Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor.

10. Taman Heulang

Taman Heulang

Image Credit: Cimanggubogor.com

Keberadaan dari Taman Heulang menjadikan salah satu daya tarik tersendiri untuk orang-orang yang mengunjungi kota Bogor. Tempatnya yang sangat nyaman dengan dekorasi jalan setapak yang ada di tengah taman menjadikan orang-orang selalu ingin mengunjunginya lagi.

Tak hanya itu saja, beberapa tempat duduk yang memiliki atap juga dapat membuat siapapun semakin merasa nyaman untuk berada di sana. Ada pula berbagai macam tumbuhan seperti bunga-bunga dan pepohonan rindang seolah membuat Taman Heulang semakin mencerminkan kelestarian lingkungan.

Sehingga, jika Anda sudah berada di wilayah Bogor, maka haruslah mengunjungi taman satu ini. Apalagi jika Anda ditemani oleh keluarga pastilah bisa merasakan bagaimana momen-momen kebersamaan ketika berada di Taman Heulang Bogor.

Lokasi: Jl. Heulang, RT.06/RW.04, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

Itulah penjelasan beberapa taman terbaik yang ada di kota Bogor. Selain terbaik taman-taman ini juga sangat rekomendasi bagi Anda yang ingin merasakan sentuhan semilir angin di area taman. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membuat jadwal liburan untuk mengunjungi taman-taman terindah yang ada di atas.