Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Barong adalah wisata di Bogor tersembunyi yang memiliki keindahan menakjubkan. Wisata yang masih asri ini berada di Sentul, Bogor. Tepatnya berada di kawasan Gunung Pancar. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Sehingga suasananya masih cukup sepi. Tepat jika digunakan untuk berlibur mencari suasana yang tenang.

Wisatawan yang berkunjung ke curug ini bisa menikmati indahnya pemandangan alam. Selain itu, juga bisa merasakan sensasi kesegaran aliran air yang berasal dari Sungai Cirangrang. Udara yang sejuk juga masih terasa di lokasi wisata nan alami ini.

Meskipun ketinggian Curug Barong hanya sekitar 10 meter, tetapi air yang mengalir sangat bersih dan jernih. Uniknya kontur bebatuan yang ada di sekitar curug sangat menarik. Sehingga menambah suasana keindahan di curug nan asri ini. Wisatawan bisa menikmati keindahannya sambil berenang di kolam yang berwarna kebiruan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Barong

Daya Tarik Curug Barong
Image Credit: Google Maps muhammad iqbal hafizh

1. Telaga di Lokasi Curug

Air yang mengalir dari bentukan tumpahan curug membentuk bagaikan telaga. Meskipun tidak begitu luas, tetapi keindahannya dapat memanjakan mata.

Wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang, berendam, bermain air di telaga ini. Warnanya kebiruan dengan kondisi air yang bersih dan jernih. Sensasi kesegarannya tak perlu ditanyakan lagi. Airnya terasa cukup dingin. Kondisinya masih sangat terawat.

2. Pesona Keindahan Curug Barong

Aliran air dari Curug Barong memang tidak begitu tinggi. Namun, tumpahannya mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Bahkan Anda bisa melakukan aktivitas bertahan di bawah tumpahan air terjun. Menahan dingin dengan sensasi guyuran air yang cukup deras.

Jika ingin mencari suasana curug yang indah tetapi jarang pengunjung, maka segeralah untuk berwisata ke curug satu ini. Anda dapat melakukan rileksasi serta menghilangkan kepenatan oleh rutinitas sehari-hari.

3. Suasana Alam yang Menyejukkan

Curug yang memiliki pemandangan alam nan mempesona ini di sekitarnya penuh dengan tumbuhan hijau. Anda bisa merasakan keasriannya serta kesejukannya. Bahkan ditambah dengan suara bunyi-bunyian hewan khas hutan seperti burung, jangkrik, dan lainnya. Sungguh terasa bagaikan sedang berpetualang di daerah tertentu.

Kemurnian alam masih sangat terasa di lokasi wisata ini. Belum ada campur tangan manusia seperti pembuatan spot yang kreatif. Jadi, benar-benar alami ciptaan Tuhan. Sehingga Anda bisa menikmatinya.

Daya Tarik Dimiliki Curug Barong
Image Credit: Google Maps Christopher Antoni

4. Batuan Besar Bagaikan Tebing

Bebatuan yang besar seolah menghimpit lokasi Curug Barong. Sehingga terlihat sempit. Sepanjang aliran air juga banyak dijumpai batuan besar dengan warna yang hitam kecoklatan.

Akan tetapi, meskipun terlihat menghimpit suasana di wisata curug sangat indah. Justru adanya batu-batu tersebut lokasi wisata menjadi semakin terlihat eksotis. Anda bisa menggunakannya untuk berfoto ataupun duduk santai di atas bebatuan sambil menikmati keindahan alam yang masih alami.

5. Satu Jalur dengan Curug Populer Lainnya

Selama trekking menuju lokasi, Anda akan ditemani dengan balutan alam yang elok. Termasuk menjumpai keberadaan Curug Leuwi Hejo. Keberadaan curug Leuwi tersebut berada sebelum Air Terjun Barong.

Oleh karena itu, Anda bisa sekaligus menjelajah curug tersebut. Sehingga wisata berpetualang satu hari bisa menikmati pesona dari dua curug sekaligus.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Barong
Image Credit: Twitter Sara Tunas

Curug Barong terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Untuk menuju lokasi curug nan keindahannya tiada tara maka wisatawan hanya bisa membawa kendaraan pribadi. Baik roda empat maupun roda dua. Karena untuk ke lokasi curug tidak tersedia alat transportasi umum. Bahkan dari tempat parkir kendaraan harus berjalan kaki sekitar 10 atau 20 menit menuju lokasi Air Terjun Barong.

Untuk rute perjalanan menuju lokasi curug memang diperlukan tenaga dan fisik yang ekstrem. Jalannya cukup sulit, sempit, naik turun, dan berkelok-kelok. Sehingga pengendara harus selalu fokus.

Dari arah Sentul, Bogor Anda dapat langsung mengambil arah Mall Belanova. Selanjutnya ambil arah menuju Gerbang The Jungleland. Diteruskan menuju daerah Sukamakmur. Di desa ini terdapat petunjuk arah berupa papan informasi mengenai keberadaan curug. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan tersebut dengan melalui jalan setapak.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Barong
Image Credit: Google Maps muhammad iqbal hafizh

Setiap wisatawan yang berkunjung hendak menikmati pesona keindahan Curug Barong akan dikenakan tarif tiket masuk seharga Rp 10.000. jika Anda membawa kendaraan roda dua maka membayar parkir seharga Rp 5.000. Sedangkan untuk roda empat dikenakan tarif parkir sebesar Rp 10.000.

Adapun jam operasional untuk berkunjung ke curug nan indah ini yakni dibuka mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari mulai Senin sampai Minggu. Tidak ada perbedaan khusus tiket di hari kerja maupun di akhir pekan/ hari libur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Barong

Aktivitas Menarik Curug Barong
Image Credit: Twitter Adhara Residence

1. Trekking Menuju Lokasi Wisata

Untuk menuju lokasi Curug Barong, wisatawan harus melakukan trekking yang cukup menantang. Lokasi wisata dari tempat parkir un harus dijangkau dengan berjalan kaki yang kurang lebih membutuhkan waktu hingga 20 menit.

Meskipun begitu, pemandangan selama perjalanan cukup memanjakan mata. Banyak pepohonan hijau subur yang tumbuh di sisi kanan kiri jalan. Suasananya tenang. Udaranya begitu sejuk. Sehingga rasa lelah menuju lokasi curug pun tidak begitu terasa. Bagi pecinta hiking pasti sangat menyukai momen ini.

2. Menyusuri Sungai

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Curug Barong terlebih akan melalui trekking yang panjang. Nah salah satu aktivitas yang tak kalah seru yakni menyusuri sungai dari gerbang pedesaan hingga sampai ke lokasi curug.

Bagi Anda yang menyukai alam terbuka tentu akan senang dengan aktivitas ini. Selain menantang juga keseruan basah-basahan terkena air menjadi hal yang tak terlupakan.

3. Berenang

Sesampainya di lokasi curug pasti anda akan merasa tak sabar untuk menikmati sensasi kesegaran airnya. Oleh karena itu, Anda bisa langsung segera menceburkan diri ke aliran air ataupun melakukan meditasi di bawah tumpahan curug.

Anda bisa menikmati kejernihan air. Selain itu juga bisa merasakan rileks karena rasa nyaman dari aktivitas berenang.

Namun, tetaplah berhati-hati karena banyak bebatuan licin di lokasi ini. Sehingga Anda tidak boleh sembarangan memijak batu-batu tersebut. Apalagi jika kondisi kaki sudah basah terkena air.

4. Camping di Sekitar Curug

Di lokasi Curug Barong tidak ditemukan penginapan yang mewah seperti hotel ataupun villa. Namun, jika Anda ingin tetap menikmati suasana dinginnya malam serta kesejukan udara pagi maka bisa melakukan aktivitas berkemah.

Mendirikan tenda di sekitar lokasi curug bersama para rombongan. Suasana heningnya malam yang hanya ditemani oleh suara gemuruh air terjun serta musik alami dari binatang-binatang khas hutan membuat suasananya menjadi sangat alami.

Jika Anda ingin melakukan aktivitas ini jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan pribadi secara memadai ya. Karena di lokasi curug tidak ada warung maupun fasilitas pendukung lainnya. Jadi benar-benar Anda berasa sedang berpetualang di suatu wilayah yang terpencil.

Aktivitas Menarik di Curug Barong
Image Credit: Twitter apik

5. Bersosialisasi dengan Penduduk

Warga sekitar lokasi curug terkenal dengan keramahannya. Anda bisa bersosialisasi seperti bertegur sapa atau menanyakan hal-hal tentang Curug Barong. Bahkan jika Anda merasa ragu dengan keberadaan curug, bisa juga untuk menanyakan arah menuju curug dengan rute yang lebih enak dijangkau.

Namun, untuk melakukan hal ini tentu harus tetap menjaga kesopanan. Terlebih jika Anda menjumpai penduduk yang usianya lebih tua. Jangan sampai membuat orang lain merasa tersinggung dengan sejumlah pertanyaan Anda.

Jika Anda ingin menginap di nuansa pedesaan juga bisa ijin kepada salah satu warga yang berkenan ditempati untuk menginap. Namun, tentunya harus lapor dengan pihak perangkat desa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Santai di Atas Bebatuan

Apabila Anda tidak ingin basah-basahan dengan berenang maka bisa tetap merasakan kesegaran air Curug Barong dengan cara santai di atas bebatuan. Anda bisa sambil bermain air dengan mencelupkan kaki ke aliran curug. Atau bisa juga sekedar membasuh muka sambil menikmati cipratan-cipratan air terjun.

Bahkan Anda juga bisa menikmati bekal makanan sambil duduk di atas bebatuan. Namun, tetap harus memperhatikan kebersihan lingkungan alam. Tidak boleh membuang sampah sembarangan. Meskipun tidak ada yang mengetahuinya, tetapi Anda tetap harus sadar akan pentingnya kebersihan.

7. Piknik

Berkunjung ke wisata yang masih tersembunyi keberadaannya ini memang terkesan sedang melakukan piknik. Anda akan membawa sejumlah bekal makanan, minuman, perlengkapan tenda dan lain sebagainya.

Terlebih di lokasi ini tidak terdapat warung sehingga Anda harus membawa bekal yang cukup banyak. Setelah itu, bisa menikmati bekal yang dibawa ketika sudah sampai lokasi curug. Balutan pemandangan alam seolah membuat jiwa terasa lebih damai.

8. Berburu Foto

Selama berkunjung ke Curug Barong jangan sampai melewatkan momen berharga untuk diabadikan. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan kamera yang memadai.

Anda bisa berburu foto dengan pemandangan yang eksotis baik di hamparan pemandangan hijau maupun di dalam air. Karena kejernihan air wisata curug di Bogor ini maka wisatawan bisa menyelam sambil melihat keindahan bawah air. Tak lupa tentunya untuk mengabadikan momen yang keren ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Barong
Image Credit: Twitter Liburan Lokal

1. Tempat Parkir

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi untuk menuju lokasi Curug Barong, maka bisa memarkir kendaraan di area yang tersedia. Meskipun jarak tempat parkir menuju curug lumayan jauh, harus berjalan kaki selama 20 menit tetapi keamanan dan kenyamanan lokasi parkir bisa dijamin.

2. Warung

Di lokasi curug nan elok ini, Anda tidak akan menemukan warung atau rumah makan. Anda hanya akan menemukan satu warung selama perjalanan menuju lokasi. Di warung tersebut tersedia aneka cemilan, minuman, hingga olahan mie instan.

3. Kolam Pemandian

Tumpahan air yang mengalir dari air terjun tertampung dalam kolam yang ada dibawahnya. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati kesegaran airnya dengan berenang atau sekedar bermain air dari atas bebatuan.

4. Area untuk Camping

Suasana camping di lokasi curug sangat mengesankan. Di malam hari Anda bisa merasakan sensasi udara yang semakin dingin. Sedangkan di waktu pagi ada pemandangan perbukitan hijau, suara kicauan burung, serta gemuruhnya air terjun.

Itulah sekilas informasi tentang Curug Barong yang ada di Sentul, Bogor. Jika Anda ingin berkunjung ke curug yang belum begitu tersohor di para traveller ini sebaiknya membawa perlengkapan pribadi yang memadai. Baik makanan, minuman, baju, maupun obat-obatan. Tak lupa juga perlu menyiapkan fisik yang kuat untuk menaklukan medan.