20 Air Terjun (Curug) di Bogor Paling Hits Dikujungi

Curug Bogor

Bogor merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat. Kota ini biasa dikenal dengan kota hujan dengan udaranya yang segar. Sehingga kota ini cocok untuk menjadi tujuan berlibur Anda setelah penat dengan segala rutinitas kantor dan aktivitas keseharian.

Tak hanya itu saja, Bogor juga memiliki beragam destinasi wisata menarik yang harus Anda kunjungi. Dimulai dari taman rekreasi hingga wisata alamnya yang masih terjaga sampai saat ini. Salah satu wisata alam yang bisa Anda kunjungi adalah air terjun atau yang lebih dikenal dengan curug

Banyaknya transportasi yang ditawarkan juga akan semakin memudahkan Anda untuk berlibur ke kota ini. Selain itu, Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk sekedar berlibur ke Bogor. Sehingga inilah yang menjadi Bogor semakin terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut 20 rekomendasi curug di Bogor yang paling populer dikunjungi saat liburan.

1. Curug Panjang

Curug Panjang

Image Credit: Denubay.com

Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang berada di kota Bogor. Selain itu, curug panjang juga terletak tak jauh dari pusat kota. Tarif yang dikenakan untuk masuk pun relatif murah dan terjangkau semua kalangan wisatawan.

Ketika sampai Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang masih sangat indah dan alami. Untuk menuju dasar curug ini Anda bisa menuruni anak tangga atau jalan setapak yang telah disediakan. Disarankan untuk Anda agar berhati-hati dengan jalannya yang licin.

Lokasi: Jl. Curug Panjang, Cilember, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

2. Curug Nangka

Curug Nangka

Image Credit: Travelspromo.com

Untuk tempat wisata yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan tempatnya yang indah dengan hutan pinus yang turut menambah keeksotisan dari curug Nangka. Indahnya pepohonan yang menjulang tinggi sangat pas untuk dijadikan latar belakang Anda berfoto.

Selain itu tarif yang dikenakan untuk setiap pengunjung juga terjangkau. Sehingga Anda bisa menikmati suasana alamnya yang masih asri dengan tak mengeluarkan banyak biaya. Inilah yang membuat tempat ini tak pernah sepi peminat yang ingin berkunjung untuk berlibur.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.

3. Curug Bidadari

Curug Bidadari

Image Credit: Dakatour.com

Air terjun ini juga merupakan salah satu yang terkenal dan populer di kota Bogor. Pemandangan alamnya dan fasilitasnya lengkap inilah yang membuat peminat wisata ini semakin meningkat tiap harinya. Selain itu tarif yang dikenakan untuk setiap pengunjung juga relative murah untuk semua kalangan.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah disediakannya kolam buatan yang berukuran cukup besar. Kolam ini yang biasa digunakan tempat bermain air yang aman untuk anak-anak. Selain itu wisata ini juga memiliki ciri khas berupa batu besar yang berada tepat di depan air terjun ini.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

4. Curug CIbeureum

Curug CIbeureum

Image Credit: Republika.co.id

Tempat wisata alam ini cukup populer di kota Bogor, khusus bagi kalangan Pendaki. Hal ini dikarenakan tempatnya yang tak jauh dari sebuah gunung yang berada di kota tersebut. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan alamnya dengan udaranya yang masih terasa segar dan sejuk.

BACA:  15 Air Terjun (Curug) di Majalengka Paling Hits Dikunjungi

Untuk tarif yang dikenakan juga murah dan sesuai dengan fasilitas yang disediakan di tempat ini. Banyaknya transportasi umum yang tersedia juga semakin memudahkan Anda untuk sampai ke tempat ini. Sehingga inilah yang membuat curug cibereum semakin dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Lokasi: Perbawati, Cimacan, Kec. Cipanas, kab. Sukabumi.

5. Curug Cigamea

Curug Cigamea

Image Credit: Wisatabaru.com

Untuk sampai di curug ini direkomendasikan harus menggunakan moda transportasi motor. Karena lokasi yang memasuki kawasan hutan. Dan akses jalannya juga lumayan sulit karena banyak jalan berlobang. Untuk tiket masuk harga yang masih terjangkau.

Keindahan curug ini memiliki air terjun yang tinggi kira-kira 62m dari permukaan tanah apabila diukur dari penampungan air tingginya sekitar 50m. Hal yang menakjubkan lagi,kolam curug luhur memiliki kedalaman 15m.

Lokasi: Gunungsari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

6. Curug Naga

Curug Naga

Image Credit: Highlandindonesia.com

Untuk mengunjungi curug ini pengunjung harus melakukan body rafting dahulu. Tapi jangan khawatir Anda bakal dipandu oleh orang professional. Ciri khas curug ini memiliki tiga air terjun diantaranya yaitu curug priuk,naga,dan barong.

Tiap curug yang berada di lokasi curug naga memiliki ciri khas, karakter, dan kesulitannya masing masing dalam mengeksplor. Curug yang dikelola oleh KBM dan warga setempat ini kebersihannya benar-benar dijaga. Karena curug ini merupakan wisata potensial di daerah Bogor.

Lokasi: Citamiang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

7. Curug Ciherang

Curug Ciherang

Image Credit: Tempatasik.com

Curug yang memiliki ciri khas dengan debit air yang deras dengan kolamnya yang luas menjadi curug favorit wisatawan. Ditepi kolam juga banyak batu yang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dianjurkan agar pengunjung berhati-hati dalam menginjak batu dikarenakan licin.

Curug ini juga menyiman mitos, yang katanya apabila Anda membasuh muka dengan air kembaran dari curug cioamangkis ini maka Anda akan mendapatkan jodoh. Curug ini juga memiliki spot yang tidak hanya curug saja tapi Anda juga bakal disajikan rumah pohon untuk yang suka berswafoto dengan alam.

Lokasi: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

8. Curug Cadas Ngampar

Curug Cadas Ngampar

Image Credit: Mytrip.co.id

Untuk yang ingin menikmati curug tempatnya mudah dijangkau,curug ini bisa dijadikan opsi liburan. Dikarenakan terletak di wilayah pegunungan tempat ini sedikit susah untuk diakses dengan transportasi umum. Namun hal ini tak menjadikan peminat dari wisata ini menurun.

Curug ini memiliki udara yang segar karena nuansa alamnya menyatu dengan hutan pegunungan salak. Airnya juga cukup bening karena asli dari gunung salak. Masalah harga juga tidak terlalu mahal dengan harga yang relative murah Anda sudah bisa menikmati curug ini.

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

9. Curug Cibadak

Curug Cibadak

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Tempat wisata ini juga tak kalah menarik dengan destinasi wisata curug lainnya. Hal ini dikarenakan suasana alam yang disuguhkan masih sangat terjaga dengan baik. Ini bertujuan untuk tetap menjaga keasrian alamnya.

Selain itu, Anda juga bisa lebih menikmati curug ini dengan bermain air ataupun bersantai sejenak melepas penat. Suasana alamnya yang masih asri menjadikan tempat ini sangat pas untuk dijadikan spot foto yang bagus dan menarik ketika diunggah di media sosial Anda.

BACA:  Pohon Miring Pancawati, Tempat Rekreasi Favorit di Karawang

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor.

10. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet

Image Credit: Ksmtour.com

Sesuai namanya, curug ini memang terletak agak tersembunyi jika dibandingkan dari wisata lainnya. Sehingga Anda perlu sedikit bersabar untuk melalui trek menuju tempat ini. Sepanjang perjalanan akan terlihat pepohonan yang rindang dengan udaranya yang segar.

Tarif yang dikenakan untuk setiap pengunjung juga masih terjangkau untuk semua kalangan. Dengan tarif yang murah Anda sudah bisa menikmati keindahan alam dari curug ini bersama teman ataupun keluarga. Air yang mengalir dari curug ini juga masih jernih dan sangat terjaga.

Lokasi: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

11. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Wisata ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai petualangan dan menguji adrenalin. Dikarenakan letaknya yang masih di wilayah pegunungan, membuat trek menuju curug ini juga beragam. Sehingga ketika mengunjungi curug ini akan meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap orang.

Sepanjang perjalanan Anda juga akan disuguhi pemandangan alamnya yang masih begitu asri dan hijau. Udara di sekitar tempat ini juga terasa sejuk dan menyegarkan untuk dinikmati. Sehingga Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk melepas penat dan membuat rileks pikiran sejenak.

Lokasi: Jl. Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Kab. Bogor.

12. Curug Daun

Curug Daun

Image Credit: Threeas.wordpress.com

Curug ini masih terletak di sekitar area curug kawung dan curug nangka. Sehingga Anda bisa menikmati wisata ini tanpa memerlukan waktu yang lama di perjalanan. Selain itu, pemandangan yang berada di tempat ini juga tak kalah indah jika dibandingkan wisata curug sebelumnya.

Alasan itu yang menjadikan wisata ini selalu ramai oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. dengan tarif yang murah, Anda sudah mendapat fasilitas dan pemandangan alam yang mempesona.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.

13. Curug Pangeran

Curug Pangeran

Image Credit: Cimanggubogor.com

Hal yang menarik untuk Anda ketahui adalah curug ini merupakan mata air dari sebuah gunung yang terletak tak jauh dari tempat ini. Sehingga aliran air dari tempat ini pun sangat jernih dan segar untuk dinikmati keindahannya.

Selain itu warna hijau yang diakibatkan dari pantulan cahaya juga menambah kesan asri tempat ini. Dengan tarif yang relatif murah Anda sudah bisa menikmati dan menghabiskan waktu libur di tempat ini. Hal ini dikarenakan wisata terbuka untuk umum dari pagi hingga sore hari.

Lokasi: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

14. Curug Seribu

Curug Seribu

Image Credit: Backpackertraveler.com

Tempat wisata ini pas untuk Anda jadikan destinasi berlibur. Hal ini dikarenakan dari sepanjang jalan menuju wisata ini Anda sudah disuguhkan keindahan alamnya yang mengagumkan. Tak hanya itu saja wisata ini juga terkenal dengan berbagai mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

Namun, hal itu tak membuat peminat dari curug ini menurun dan menghilang. Cukup dengan membayar dibawah puluhan ribu Anda sudah bisa menikmati segala fasilitas di curug ini. Anda bisa sekedar bersantai ataupun mengambil foto dengan latar belakang curug ini.

BACA:  Orchid Forest Lembang, Destinasi Ekowisata Paling Hits di Bandung

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

15. Curug Ciparay

Curug Ciparay

Image Credit: Travelspromo.com

Tak sampai disitu saja, masih ada curug ciparay di kota bogor yang wajib Anda kunjung. Trek yang ditawarkan pun cukup menguji adrenalin setiap orang. Sehingga tempat ini cocok untuk Anda yang menyukai segala hal berbau petualangan.

Tarif yang dikenakan untuk setiap pengunjung juga terjangkau di semua kalangan. Sehingga inilah yang membuat tempat ini tak pernah sepi peminat. Khususnya bagi yang menyukai suasana alam dan sejenisnya.

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

16. Curug Cilember

Curug Cilember

Image Credit: Pinterest.com @Yukpiknik

Curug ini masih berada di wilayah Bogor dan sekitarnya. Tempat ini juga memiliki keunikan sendiri yang menjadi daya tarik setiap orang. terdapat 7 curug lainnya yang berdekatan dengan tempat ini.

Sehingga Anda bisa menikmatinya semua itu dengan biaya yang tak mahal. Pemandangan alam yang disuguhkan juga masih sangat terjaga kealamiannya. Selain itu, air yang mengalir juga masih sangat jernih.

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Cilember, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

17. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

Image Credit: Facebook.com @Curug LEUWI HEJO sentul-Bogor

Sesuai dengan namanya curug ini berarti juga kolam yang berwarna hijau. Selain itu curug ini juga dihiasi tebing serta bebatuan yang indah. Inilah yang menyebabkan wisata ini ramai oleh pengunjung.

Selain itu, banyak penginapan yang telah tersedia di sekitar tempat ini. Sehingga ini Anda tak perlu khawatir untuk mencari tempat untuk singgah setelah dari wisata curug ini. Tarif yang dikenakan untuk masuk juga relative murah.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

18. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Image Credit: Superadventure.co.id

Satu lagi air terjun yang cantik dikota bogor yaitu curug cibaliung. Tempat ini cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan outdoor. Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki trek yang panjang dan menantang.

Namun, semua itu akan terbayar ketika Anda telah sampai ke curug ini. Anda akan disuguhi pemandangan alamnya yang asri dan alami. Selain itu suasananya pun juga nyaman dan tenang.

Lokasi: Karangtengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

19. Curug Ciburial

Curug Ciburial

Image Credit: Pintuwisata.com

Curug ini masih di wilayah Bogor dan memiliki keindahan Alam yang masih alami. Air yang mengalir dari curug ini juga masih jernih dan bersih. Bebatuan yang berada di sekitar curug ini juga turut menambah keeksotisan dari wisata ini.

Dengan tarif yang murah dan terjangkau Anda sudah bisa menikmati keindahan alam wisata ini. Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga cukup memadai untuk digunakan setiap wisatawan.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

20. Curug Barong

Curug Barong

Image Credit: Kompasiana.com

Curug yang terakhir adalah curug barong. Tempat ini memiliki trek yang cukup panjang dan beragam. Namun, Anda akan disuguhkan keindahan alamnya di sepanjang perjalanan menuju tempat ini.

Tak hanya itu saja air yang mengalir juga masih sangat jernih dan bersih. Hal ini membuat banyak pengunjung yang menikmatinya dengan berenang. Tarif untuk masuk ke wisata ini juga murah dan terjangkau.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

Itulah 20 air terjun atau curug yang bisa Anda kunjungi di Bogor. Tentunya dengan tersedianya transportasi juga akan memudahkan Anda untuk menuju lokasi wisata tersebut. Selain itu, tarif yang dikenakan juga murah dan terjangkau untuk semua kalangan wisatawan.