Bagi anda yang sedang mencari destinasi wisata alam untuk spot rekreasi, maka Magelang adalah kota yang sangat tepat. Salah satu kota yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah ini terkenal akan wisata candinya yang beragam. Keberadaan wisata candi ini juga mendukung Magelang sebagai kota yang penuh sejarah. Ternyata, kota ini juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang wajib disambangi.

Walau lokasinya tidak sebesar Kota Semarang ataupun Surakarta, Magelang tergolong unggul dalam menyajikan berbagai objek wisata alam. Hal ini bisa dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawan yang menyambangi objek wisata daerah ini dengan jumlah yang tidak sedikit. Tentu saja, dengan beragam daya tarik yang dimiliki oleh beragam obyek wisata ini menjadikannya dilirik oleh para wisatawan.

Jadi, untuk anda yang sedang melancong ke Magelang tidak perlu pusing-pusing mencari destinasi alam yang bisa dijadikan sebagai spot rekreasi terbaik. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata alam hits di Magelang yang bisa menjadi referensi liburan untuk anda.

1. Bukit Tidar

Bukit Tidar
Image Credit: Google Maps Sies Project

Bukit yang tentunya berlokasi di Magelang ini sering disebut sebagai “Pakunya Tanah Jawa”. Bukit ini terlihat megah dengan keberadaannya di tengah-tengah permukiman masyarakat. Bukit Tidar dipenuhi oleh rentetan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan membuatnya terlihat berwarna hijau dari kejauhan. Lebatnya pepohonan pinus disini juga menciptakan suasana yang asri dan sejuk.

Ternyata Bukit Tidar juga memiliki singkatan dari namanya yaitu “mati” atau “modar”. Hal ini berdasarkan cerita masyarakat yang berkembang dulu. Konon, pada zaman dahulu siapapun orang yang menyambangi bukit ini akan selalu meninggal. Meninggal dalam bahasa Jawa disebut dengan “modar”. Terlepas dari cerita tersebut, bukit ini sangatlah cocok jika dijadikan sebagai spot rekreasi keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

2. Ketep Pass

Ketep Pass
Image Credit: Instagram Edwar Alfian

Mungkin nama dari obyek wisata ini terdengar sedikit asing untuk anda yang berasal dari luar Kota Magelang. Ketep Pass merupakan obyek wisata yang menyajikan pemandangan megah dari Gunung Merapi. Obyek wisata yang dulunya bernama Gardu Pandang Ketep ini berada diatas tanah seluas 8000 meter persegi. Dengan suguhan pemandangannya menjadikan Ketep Pass favorit sebagai obyek wisata.

Seiring berjalannya waktu, Ketep Pass difasilitasi dengan Museum Vulkanologi yang menyajikan semua hal seputar aktivitas dari Gunung Merapi. Tak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menemukan teater mini yang akan menampilkan film sejarah mengenai Gunung Merapi. Beragam jenis makanan ringan yang tentunya lezat juga bisa wisatawan rasakan saat bertamasya ke Ketep Pass. Tertarik untuk kesini?

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram Muchamad Noor Eva

Obyek wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Derasnya air dari tiga mata air yang jatuh berpadu dengan bebatuan yang ditumbuhi lumut di sekitarnya menciptakan suasana asri yang begitu lekat terasa. Air Terjun Kedung Kayang sangat cocok jika dijadikan sebagai spot untuk melepas penat. Dengan suguhan alam yang disuguhkan, akan membuat wisatawan betah berlama-lama disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Silawe

Air Terjun Silawe
Image Credit: Instagram Wahyu Triyono

Selain Air Terjun Kedung Kayang, Magelng juga memiliki air terjun cantik lainnya yaitu Air Terjun Silawe. Air terjun ini berada di Dusun Kopeng Kulon. Sulitnya akses menuju lokasi menjadikan obyek wisata ini jarang diketahui orang hingga berdampak pada sedikitnya jumlah kunjungan. Walaupun begitu, sedikitnya jumlah wisatawan menciptakan suasana tenang yang menambah aura nyaman saat disini.

Asal muasal dari penamaan nama Air Terjun Silawe memang akan terdengar sedikit unik. Pasalnya banyaknya sarang laba-laba atau disebut “lawe” dalam Bahasa Jawa yang ada disini menjadikan obyek wisata ini dinamakan Air Terjun Silawe. Suguhan pemandangan yang disuguhkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Wisatawan yang berkunjung akan mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan
Image Credit: Instagram Sagita Apriliani

Obyek wisata selanjutnya ini menyajikan pemandangan deretan pepohonan pinus. Deretan pepohonan pinus disini terlihat sangat asri terlebih pada saat sore hari. Cercahan cahaya matahari sore yang lembut menembus di celah-celah deretan pepohonan pinus yang menciptakan pemandangan cantik. Belum lagi ditambah dengan payung-payung yang berwarna-warni yang menghiasi langit-langit pepohonan disini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps yofan indriyanto

Tertarik menyaksikan sunrise yang mengagumkan? Punthuk Setumbu adalah spot yang paling cocok. Kecantikan bayangan Candi Borobudur dari kejauhan pada saat surise dapat anda rasakan saat berada di Punthuk Setumbu.

Kecantikan dari pemandangan disini akan membuat siapa saja merasa takjub sekaligus terpesona. Kabut putih yang menyelimuti Puntuk Setumbu juga akan melengkapi sunrise anda.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Image Credit: Google Maps Ridwan Tejalesmana

Mangli Sky View menyuguhkan pemandangan alam berupa luasnya cakrawala yang dengan megahnya membentang menyelimuti langit. Selain itu, Mangli Sky View juga menawarkan pemandangan luasnya hamparan hijau dari kebun sayuran milik masyarakat sekitar.

Fasilitas yang tersedia disini pun tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya, mulai dari toilet, wifi, warung, hingga mushola sudah tersedia disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Silancur Highland

Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Arif

Obyek wisata selanjutnya ini menyajikan pemandangan yang berupa bunga-bunga dengan beragam warna yang tumbuh subur dengan latar belakang pesona keindahan pegunungan yang menawan.

Keberadaan bunga yang berwarna-warni disini terlihat cantik dan bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Dengan suguhan bunga berwarna-warni dan pegunungan hijau akan menghasilkan potretan foto yang terlihat memesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Grejengan Kembar

Air Terjun Grejengan Kembar
Image Credit: Google Maps Dedy Kurniawan

Air Terjun Grejengan Kembar terlihat anggun dengan aliran air yang terbilang tidak terlalu deras yang dimilikinya. Air yang dialirkan oleh air terjun ini berasal dari mata air Gunung Merbabu karena lokasi air terjun ini yang berada di sekitar kawasan lereng Gunung Merbabu. Dikelilingi oleh pemandangan hijau dari lumut dan tumbuhan menghasilkan suasana sejuk dan asri yang dapat dengan mudah dirasakan.

Bebatuan besar yang berkumpul dibawah aliran Air Terjun Gejengan Kembar menjadikannya sebagai tempat berpose paling diincar. Dengan tema hijau yang dimilikinya akan menghasilkan jepretan foto alami yang nyaman dipandang. Wisatawan juga bisa bersantai sembari menikmati indahnya aliran air yang disuguhkan oleh air terjun ini. Dengan bersantai disini, wisatawan akan merasakan ketenangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Munewarang, Satap Kragilor, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Bukit Greden

Bukit Greden
Image Credit: Google Maps Aditya Faizal

Bukit Greden berlokasi di lereng dari Gunung Merbabu. Kesejukan merupakan hal yang pertama wisatawan rasakan saat menginjakkan kaki disini.

Kesejukan suasana ditambah lagi dengan pemandangan pepohonan hijau yang bukit ini tawarkan menjadi daya tarik yang banyak dilirik oleh wisatawan. Selain itu, tempat ini juga memiliki beragam spot foto menarik yang wajib wisatawan coba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pakis-Ngablak, Kuwiden, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu
Image Credit: Google Maps Jin Kurniawan

Taman ini menyajikan pemandangan cantik yang dihasilkan dari warna-warni bunga Celosia. Mengusung tema Belanda dengan dekorasi kincir angin di dalamnya menjadikan Taman Ramadanu sukses sebagai tempat wisata alam yang meraup banyak wisatawan.

15.000 hamparan bunga Celosia ditambah dengan kincir angin mini ala-ala Belanda terlihat sangat menarik jika dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Kec. Ngluwar, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

12. Telaga Bleder

Telaga Bleder
Image Credit: Google Maps Sun Chaser Magelang

Telaga ini berlokasi di Dusun Bleder dan terbentuk secara alami dari mata air Gunung Andong. Pemandangan yang disajikan terlihat begitu asri dengan pepohonan yang menyelimuti Gunung Andong.

Wisatawan bisa merasakan beragam wahana permainan air saat berkunjung disini sepeti halnya becak air, speedboat, hingga perahu air. Beberapa festival pun sering diselenggarakan di Telaga Bleder ini.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bleder, Ngasinan, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

13. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Image Credit: Instagram Fajar Aslam

Air terjun ini terkenal karena legenda Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari. Berlokasi di lereng Gunung Telomoyo, Air Terjun Sekar Langit menyuguhkan pemandangan air terjun yang jernih jatuh dari ketinggian 25 meter.

Bebatuan yang telah diselimuti lumut hijau juga menjadi pelengkap pemandangan Air Terjun Sekar Langit. Cocok disambangi sebagai tempat untuk yang rindu dengan suasana asri.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

14. Ladon Little Island

Ladon Little Island
Image Credit: Google Maps Mr. Djuara

Ladon Little Island menyajikan pemandangan alam layaknya pantai dengan hamparan pasir putih yang menghiasi pinggir Sungai Progo. Obyek wisata ini berada di tepi aliran sungai dengan sebaran pasir putih yang bersumber dari abu material bekas letusan Gunung Merapi.

Wisatawan yang tertarik berlibur kesini disarankan untuk datang pada saat musim kemarau saja, tidak pada musim hujan karena akan banjir.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Margonodadi, Candirejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

15. Svargabumi

Svargabumi
Image Credit: Google Maps Donni Saputra

Svargabumi menawarkan spot foto kece dengan latar belakang berupa luasnya hamparan sawah serta kemegahan arsitektur dari Candir Borobudur. Obyek wisata ini memang masih tergolong baru, walaupun begitu dengan daya tarik yang dimilikinya menjadikan Svargabumi tidak kalah dari obyek wisata lainnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa tempat wisata alam populer di Magelang yang menarik untuk dijelajahi. Sudah tidak perlu ditanya lagi seberapa cantiknya pemandangan yang disuguhkan. Selain cantik, objek wisata ini pun masih terkenal asri dan sejuk. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai area rekreasi keluarga. Bagaimana, tertarik untuk menyambangi salah satu tempat wisata alam asal Magelang ini?