Destinasi wisata di Provinsi Lampung didominasi oleh wisata alam seperti air terjun dan pantai. Tanpa disadari, ternyata daerah ini memiliki puluhan air terjun yang indah. Selain itu, pemandangan yang dimiliki setiap air terjun terlihat eksotis dan mampu memanjakan mata. Dengan banyaknya wisata air, membuat para pecinta alam atau wisatawan yang menyukai tantangan seperti Anda harus mengunjunginya. Berwisata dengan tema alam seperti ini akan memberikan sensasi liburan yang sangat terkesan dengan berbagai keseruan.

Meskipun berada di daerah yang cukup sulit untuk ditemukan, beberapa wisata air terjun ini sudah berhasil didatangi oleh ratusan pengunjung. Masyarakat dan pemerintah setempat berharap air terjun ini dapat menjadi destinasi wisata favorit baik dari pengunjung lokal hingga turis asing. Berikut rekomendasi wisata air terjun hits di Lampung yang menarik untuk Anda jelajahi.

1. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu
Image Credit: Instagram Way Kanan Esia

Air terjun yang berlokasi di daerah Juku Batu, Way Kanan ini memiliki pesona yang indah sesuai dengan namanya. Air terjun ini diberi nama dengan sebutan “putri malu” karena air yang mengalir seperti bentuk punggung orang ketika mandi.

Anda dapat melihat keindahan alam dengan lengkap di air terjun yang memiliki tinggi 100 meter ini jika dilihat dari bagian atasnya. Suasana di sekitar lokasi wisata pun terasa nyaman dan asri. Tempat ini dapat dijadikan solusi bagi Anda yang menyukai ketenangan untuk melepas lelah setelah bekerja.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjit, Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.

2. Air Terjun Dua Putri

Air Terjun Dua Putri
Image Credit: Google Maps Wahyu Hidayat

Lokasi wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang senang dengan petualangan. Akan sangat menyenangkan jika Anda membawa rombongan teman yang menyukai liburan dengan berbagai tantangan di dalamnya.

Hal ini dikarenakan untuk menuju lokaai tujuan Anda harus melewati berbagai jalur yang cukup sulit. Keadaan alam yang masih terjaga pun sangat nyaman digunakan sebagai tempat liburan untuk menenangkan diri dari keramaian kota.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rejosari, Kec. Natar, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

3. Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi
Image Credit: Instagram hasan jaya

Lokasi wisata yang berada di Kabupaten Tanggamus ini memiliki keunikan khas dimana sesekali akan terlihat pemandangan pelangi di dalamnya. Udara yang ada di sekitar air terjun pun terasa sejuk.

Gugusan dari air terjun yang indah juga mampu membuat para pengunjung merasa nyaman. Anda jadi betah dan ingin berlama-lama menikmati alam di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamaju, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus, Lampung.

4. Air Terjun Sinar Tiga

Air Terjun Sinar Tiga
Image Credit: Instagram Irwan Fauzi

Destinasi wisata ini dibuka secara gratis bagi para wisatawan dikarenakan banyaknya masyarakat yang belum mengetahui keberadaannya. Bahkan Anda juga harus menyimpan kendaraan dengan menitipkannya di rumah warga karena belum tersedia area parkir yang resmi.

Untuk menuju lokasi wisata, Anda harus menyusuri jalur sungai yang penuh dengan bebatuan. Namun, setelah sampai tujuan dan melihat keindahan alam dari air terjun tersebut akan membuat Anda lupa dengan lelahnya perjalanan yang telah dilalui.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sinar Tiga, Harapan Jaya, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

5. Air Terjun Curup Gangsa

Air Terjun Curup Gangsa
Image Credit: Twitter Yopie Pangkey

Lokasi wisata ini memiliki air terjun yang terdiri dari beberapa aliran yang luas. Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 50 meter. Air terjun juga memiliki lebar 20 meter sehingga Anda dapat menikmati luasnya keindahan aliran air yang ada.

Menurut masyarakat, pada zaman dahulu bunyi yang dihasilkan dari air terjun ini terdengar seperti bunyi seruling sehingga dinamai “gangsa”. Untuk lokasinya sendiri, air terjun yang indah ini berada di daerah Tanjung Kota Way, Way Kanan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Way, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung.

6. Air Terjun Rejosari

Curup Rejosari
Image Credit: Instagram Lampung In My Eyes

Destinasi alam di Lampung Selatan yang memiliki keunikan bentuk. Air terjun yang biasanya memiliki tinggi puluhan meter tidak terdapat disini. Air Terjun Rejosari sendiri memiliki bentuk lebar yang mirip dengan keadaan air tumpah.

Air terjun yang ada dalam lokasi wisata juga tidak begitu tinggi. Air terjun ini biasanya digunakan untuk bermain percikan air ataupun sekedar mengambil foto saja. Anda juga dapat menikmati tetesan air terjun yang mampu merelaksasi tubuh secara alami.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rejosari, Kec. Natar, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

7. Air Terjun Curug Lestari

Air Terjun Curug Lestari
Image Credit: Facebook Jay Hendra BasecampKado

Objek wisata ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan. Pengunjung tidak hanya ramai berdatangan di hari libur saja, namun juga pada hari biasa lainnya.

Keindahan alam serta kesegaran airnya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, lokasi wisata ini juga telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat mushola, toilet umum, area parkir yang cukup luas, hingga penginapan di sekitar lokasi wisata.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Batu, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

8. Air Terjun Curup Tujuh

Air Terjun Curup Tujuh
Image Credit: Facebook Jelajahi Indonesia

Air terjun yang berlokasi di daerah Selagai Lingga ini memiliki tujuh tingkatan yang telah disesuaikan dengan nama lokasi wisatanya. Aliran air tersebut memiliki tinggi sekitar 75 meter. Daya tarik yang dimiliki wisata ini tentu terdapat pada airnya yang jernih mengalir diatas bebatuan sekitarnya.

Uniknya, dalam air terjun ini terdapat berbagai fasilitas lengkap yang memadai. Sudah tersedia sebuah mushola sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mencari tempat ibadah ketika berlibur. Selain itu, terdapat fasilitas toilet bahkan penginapan dekat lokasi wisata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marga Jaya, Kec. Selagai Lingga, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

9. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam
Image Credit: Facebook Lampung Geh

Objek wisata berupa air terjun yang tersembunyi diantara banyaknya pohon rindang ini memiliki pemandangan yang indah untuk diabadikan. Wisatawan dapat melihat pemandangannya secara luas dari Gunung Rajabasa.

Terdapat banyak bebatuan dibawah air serta sebuah jembatan khas yang menghiasi lokasi tersebut. Lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar dua jam dari pusat kota. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri disesuaikan dari jenis kendaraan yang digunakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Kalam, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Air Terjun Way Tayas

Air Terjun Way Tayas
Image Credit: Instagram FR.OLSHOP

Air terjun ini berlokasi di Lampung Selatan tepatnya dalam Gunung Rajabasa Kalianda. Pemandangan yang menakjubkan akan Anda dapati dari lokasi wisata ini karena memiliki tumbuhan segar di sekeliling air terjun tersebut.

Jika Anda ingin melihat pemandangan yang paling indah dari air terjun ini, harus mengunjunginya ketika pagi dan siang hari. Anda akan melihat suasana alam tenang dengan pantulan cahaya matahari yang menghasilkan panorama cantik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

11. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan
Image Credit: Google Maps Sutimin Doank

Alamat dari air terjun ini berada di Kampung Baru, Agung Timur yang merupakan bagian dari Kabupaten Tanggamus. Memiliki bentuk bertingkat dengan luas sekitar 200 meter. Tidak hanya bermain air, Anda juga dapat melakukan kegiatan lain di sekitar tempat wisata.

Lokasi untuk berenang sendiri yaitu terdapat pada sebuah kolam dengan rute menuju sungai. Uniknya dalam air terjun ini telah disediakan berbagai fasilitas lengkap di dalamnya yang membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Menurut masyarakat setempat, tempat ini sudah dikenal keindahannya dari zaman penjajahan Belanda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Baru, Kec. Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus, Lampung.

12. Air Terjun Penantian

Air Terjun Penantian
Image Credit: Instagram roby pradana

Objek wisata ini memiliki suasana yang tenang dan asri karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu, jalur menuju lokasi wisata juga cukup sulit dan belum ada fasilitas wisata yang memadai di dalamnya. Hal ini dikarenakan pemerintah setempat belum meresmikan lokasi wisata yang indah tersebut.

Dahulu, masyarakat memberi nama wisata ini dengan sebutan “Air Terjun Pencarian”, kemudian diganti menjadi “Air Terjun Penantian” hingga kini. Wisata ini memiliki keindahan pesona air terjun segar yang mengalir pada lima tingkatannya dengan tinggi sekitar 30 meter.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Way Papak, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

13. Air Terjun Tanah Longsor

Air Terjun Tanah Longsor
Image Credit: Instagram Aan

Air terjun yang berlokasi di daerah Pesawaran ini memiliki jalur perjalanan yang cukup panjang. Anda harus melewati berbagai jenis pantai, kawasan TNI AL, hingga jurang untuk sampai ke lokasi tujuan.

Untuk memasuki kawasan, Anda harus membayar biaya tiket masuk sekitar 5.000 rupiah setiap orangnya. Anda dapat menikmati air terjun yang dingin serta mendengarkan “siamang” yang saling bersahut-sahutan sambil bergelantungan di pohon.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Kec. Hutan, Kab. Pesawaran, Lampung.

14. Air Terjun Curug Tiga

Air Terjun Curug Tiga
Image Credit: Google Maps to24 csu

Meskipun berada di dekat pusat kota, akses menuju air terjun ini harus dilalui dengan jalan kampung yang kecil dan alami. Anda juga harus naik turun tangga yang telah di paving untuk melihat keindahan air terjun tersebut.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, berfoto, hingga berkemah. Air terjun sejuk yang mengalir dari ketinggian 10 meter ini dapat memanjakan mata karena keindahan khas alamnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mekar Jaya, Kec. Merbau Mataram, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

15. Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang
Image Credit: Google Maps DEN’s Vlog

Air terjun yang berada di Kabupaten Pesawaran ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pesona dari bersihnya air yang mengalir disertai dengan pemandangan hijau di sekelilingnya menjadikan wisata ini sering digunakan sebagai spot foto yang keren.

Selain suasana alamnya yang masih asri, terdapat berbagai bebatuan yang menghiasi air terjun tersebut. Biasanya para wisatawan akan mencoba memanjat ke tempat yang lebih tinggi menggunakan bebatuan tersebut. Namun, banyak bebatuan yang licin penuh lumut sehingga Anda harus waspada saat memanjatnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan, Kec. Hutan, Kab. Pesawaran, Lampung.

Itulah beberapa air terjun cantik di Lampung yang paling direkomendasikan karena pesona alamnya. Anda wajib berkunjung ke beberapa air terjun tersebut ketika sedang berada di Lampung. Jadikan liburan Anda sebagai pengalaman yang tidak terlupakan dengan menikmati panorama alam yang tersaji.