Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Way Mengaku, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Lampung; Map: Cek Lokasi

Kebun Raya Liwa merupakan wisata alam berupa taman yang dihiasi aneka ragam tanaman. Mulai dari tanaman hias, obat, buah, dan beberapa jenis tanaman lainnya ada di kebun raya ini. Lokasinya terdapat di Kabupaten Lampung Barat. Setiap wisatawan yang berkunjung bisa menikmati keindahannya.

Destinasi wisata nan cantik ini bisa masuk ke daftar list liburan yang Anda tuju. Selain nuansa alamnya yang menyejukkan, wisata yang mengembangkan kawasan konservasi ini bisa dijadikan edukasi untuk dekat dengan alam. Tepat sebagai media untuk mengenalkan aneka tanaman kepada anak.

Kondisi alam di Kebun Raya Liwa masih sangat alami. Banyak tanaman hias yang mempercantik area lokasi, udaranya sejuk, suasananya tenang. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Menghilangkan penatnya rutinitas dan menyegarkan kembali pikiran Anda. Agar tidak penasaran dengan keindahannya, berikut sekilas ulasan yang bisa dijadikan referensi.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Liwa

Daya Tarik Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Achmad Subchan

1. Pesona Alam dari Ketinggian

Kebun Raya Liwa terletak di daerah ketinggian dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Wisatawan bisa menikmati keindahan bukit dengan pepohonan tinggi nan hijau subur. Selain itu, terdapat juga hamparan rumput hijau sebagai alas bagaikan permadani yang digelar.

Kebersihan lingkungan di area wisata nan sejuk ini sangat terjaga. Selain adanya himbauan bagi pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, pihak pengelola juga memiliki jasa kebersihan yang sangat baik. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama.

2. Spot Foto Unik

Di lokasi Kebun Raya Liwa terdapat beberapa spot foto unik dan menarik tentunya berlatarkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Wisatawan yang berkunjung bisa mengambil gambar sambil bergaya di spot-spot tersebut.

Agar hasilnya memuaskan, tidak ada salahnya jika Anda membawa kamera terbaik serta fotografer yang handal di bidangnya. Sehingga hasil foto yang keren bisa menjadi tambahan koleksi di album sosial media Anda.

3. Aneka Ragam Koleksi Tanaman

Jika Anda bekeliling menyusuri taman, maka akan menemukan aneka ragam koleksi tanaman. Tidak hanya tanaman hias yang penuh dengan warna-warni bunga cantiknya. Akan tetapi juga terdapat tanaman obat serta buah-buahan.

Apabila Anda berkunjung di saat musim berbuah, maka bisa ikut mencicipi kesegaran buah dari taman ini. Sehingga nuansa liburan akan semakin seru dan menyenangkan.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Anna

4. Jalan Setapak untuk Menyusuri Taman

Fasilitas jalan setapak yang dibangun oleh pihak pengelola berfungsi untuk memudahkan wisatawan menyusuri taman. Dengan akses jalan yang bersih dan tidak becek membuat pengunjung merasa antusias untuk berkeliling melihat aneka tanaman yang menjadi koleksi Kebun Raya Liwa ini.

Oleh karena itu, diharapkan setiap pengunjung juga ikut serta dalam menjaga keutuhan serta kebersihan fasilitas. Boleh mengambil gambar tetapi tidak untuk merusaknya. Khususnya untuk tanaman berbunga, dilarang untuk memetiknya.

5. Suasana Wisata yang Sejuk

Keanekaragaman tanaman yang ada di kebun raya, serta pemandangan bukit nan hijau membuat pemandangan menjadi lebih asri. Apalagi jika pengunjung menikmatinya dari atas bukit. Langsung Anda akan dimanjakan dengan nuansa alam yang segera menyejukkan.

Udara di wisata Kebun Raya Liwa juga masih terasa sangat sejuk dan segar karena jauh dari polusi asap baik asap kendaraan maupun asap industri. Selain itu, juga terdapat aneka tanaman yang mampu menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen untuk kebutuhan bernafas manusia.

Bahkan di pagi hari, lokasi wisata ini sering dihiasi dengan kabut-kabut putih. Sehingga udaranya semakin terasa dingin. Agar Anda bisa menikmati momen langka ini sebaiknya datang di pagi hari. Jika lokasinya cukup jauh, maka disarankan untuk mencari penginapan yang dekat dan pemandangannya langsung dengan kebun raya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Sellin Gacha Editz_

Kebun Raya Liwa terletak di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Berada di dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih mencapai 949 mdpl. Lebih tepatnya beralamat di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Barat, Kecamatan Balik Bukit, Desa Kubu Perahu.

Lokasinya wisata alam ini masih berada di tengah Kota Liwa sehingga wisatawan mudah untuk menemukannya. Jika wisatawan memulai perjalanan dari Sumberjaya, ambil arah menuju Kota Liwa.

Sesampainya di tugu kota, ambil arah belok kanan melalui Lapangan Merdeka. Kemudian sebelum menemukan Taman Hamtebiu, Anda ambil arah belok kiri untuk masuk ke Jalan Kruwi-Liwa. Kurang lebih 400 meter Anda sudah dapat menemukan lokasi kebun raya yang menjadi andalan wisata wisatawan lampung Barat ini.

Anda juga bisa bertanya dengan warga setempat mengenai lokasi kebun raya ini. Karena masyarakat sudah sangat paham tentang keberadaan wisata kebun raya. Atau untuk memudahkan rute perjalanan, bisa juga menggunakan google maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Achmad Subchan

Awalnya wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Liwa bisa menikmati keindahannya tanpa dibebankan dengan harga tiket masuk. Namun, berdasarkan ketentuan peraturan daerah setempat mulai Januari 2021 setiap wisatawan yang berkunjung akan diterapkan retribusi tiket masuk.

Untuk orang dewasa dapat membayar Rp 5.000, sedangkan anak-anak dan pelajar/ mahasiswa akan ditetapkan tiket masuk seharga Rp 3.000 per orang. Adapun untuk biaya parkir kendaraan roda dua seharga Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Adapun jam operasional untuk berkunjung ke wisata kebun raya yakni mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Buka setiap hari baik weekday maupun weekend.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya Liwa

Aktivitas di Kebun Raya Liwa
Image Credit: Twitter berlatihikhlas

1. Menikmati Suasana Alam Kebun Raya

Suasana alam di Kebun Raya Liwa memang sangat menyejukkan, setiap wisatawan yang berkunjung bisa merasakan kesegarannya.

Hamparan tanaman hijau yang segar tentu membuat pemandangan di lokasi menjadi sangat menawan. Terlebih jika dinikmati dari ketinggian bukit sambil duduk di gazebo-gazebo yang tersedia.

2. Berfoto di Spot Kekinian

Pecinta dunia fotografi tidak akan melewatkan momen berharga untuk berfoto di spot yang instagramble. Wisatawan akan berpose di sudut-susut taman yang memiliki landscape unik dan menarik.

Bahkan ada yang sengaja membawa kamera terbaik untuk berkunjung ke kawasan taman ini. Tak lain bertujuan ingin mengabadikan momen liburan bersama keluarga/kerabat dengan dihiasi pemandangan alam yang mempesona.

3. Menyusuri Taman

Banyaknya aneka koleksi tanaman di Kebun Raya Liwa membuat pengunjung semakin penasaran untuk melihatnya secara langsung. Nah, aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk mengenali satu per satu jenis tanaman tersebut adalah berjalan menyusuri taman.

Kondisi jalannya yang halus berupa jalan setapak menjadi pendukung untuk menyusuri taman. Jika merasa lelah, juga tersedia gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat. Atau bahkan duduk langsung di hamparan rumput nan hijau yang bisa digunakan untuk alas.

Aktivitas Menarik di Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Hariri

4. Mengenali Aneka Koleksi Tanaman

Selain berwisata, pengunjung juga bisa sembari belajar untuk mengenali aneka tanaman koleksi khas kebun raya.

Melihat beberapa tanaman bunga, membedakan jenis tanaman obat, serta aneka ragam tanaman buah-buahan. Hal ini dapat menjadi salah satu cara belajar tentang alam untuk mendapatkan ciri dari jenis tanaman.

5. Melakukan Penelitian

banyaknya koleksi tanaman di Kebun Raya Liwa tak jarang membuat pelajar/mahasiswa yang ingin melakukan penelitian. Mulai dari meneliti keragaman tanaman, ciri khas setiap tanaman, hingga media tanam yang digunakan untuk menyuburkan.

Oleh karena itu, tak heran jika wisata alam ini sering disebut sebagai wisata edukasi yang memadukan wisata dengan sarana belajar. Bertujuan untuk mengenali keragaman alam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Raya Liwa
Image Credit: Google Maps Siska Lania

1. Area Parkir

Pihak pengelola telah menyiapkan lahan yang digunakan untuk parkir kendaraan para wisatawan yang berkunjung. Lokasinya cukup memadai. Selain nyaman juga luas sehingga wisatawan bisa mudah untuk parkir kendaraannya.

2. Mushola

Bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah sholat tidak perlu mencari mushola jauh-jauh dari lokasi. Di area wisata Kebun Raya Liwa sudah tersedia fasilitas mushola yang lengkap dengan tempat wudhu.

3. Kolam

Keberadaan kolam yang dipenuhi ikan-ikan hias nan lucu membuat suasana wisata menjadi semakin memanjakan mata. Seolah pikiran penat pun akan menjadi fresh dengan keindahan alam yang ada di lokasi wisata.

4. Toilet

Keberadaan toilet di area wisata bisa digunakan wisatawan untuk keperluan MCK. Ketersediaan air dan kebersihannya juga sudah cukup memadai.

5. Gazebo

Gazebo-gazebo di area taman bisa digunakan untuk duduk santai sambil menikmati kuliner serta menyaksikan keindahan alam yang tiada habisnya. Selain itu, fasilitas ini juga bisa untuk berteduh ketika cuaca mulai panas ataupun sebaliknya (hujan).

6. Kantin

Bagi wisatawan yang merasa lapar/haus setelah lelah berjalan menyusuri taman, bisa langsung membeli aneka kuliner baik cemilan maupun minuman segar di kantin wisata.

7. Jalan Setapak

Pihak pengelola membangun fasilitas jalan setapak berguna untuk memudahkan wisatawan dalam menyusuri taman. Melihat aneka koleksi tanaman yang penuh warna.

Itulah ulasan tentang Kebun Raya Liwa di Lampung Barat dengan aneka ragam koleksi tanaman serta keeksotisan pemandangannya. Ayo, tunggu apalagi? Segera agendakan jadwal untuk berkunjung ke wisata nan menawan ini. Dijamin Anda tidak akan menyesal. Selamat berlibur.