10 Destinasi Wisata di Bedugul Bali yang Paling Hits

Wisata Bedugul Bali

Bosan dengan pantai! Anda bisa bertolak menjelajahi tempat wisata di Bedugul, bagian utara Pulau Bali. Dataran tinggi dengan ragam pesona alam yang unik membuat liburan lebih seru dan berkesan.

Di balik puluhan pantai selatan yang memesona, Bali pun memiliki ribuan pesona wisata yang berlokasi di dataran tinggi. Salah satu daerah yang dianugerahi potensi wisata alam di ketinggian ini adalah Kabupaten Tabanan. Lebih tepatnya adalah di kawasan Bedugul, dimana daerah ini sangat dekat dengan beberapa danau yang namanya sudah tenar jadi destinasi wisata.

Bedugul sendiri berada di ketinggian sekitar 1.200-1.500 mdpl. Oleh karena itu, tidak heran jika di daerah ini Anda tak bisa menjumpai pantai. Berada di ketinggian tersebut membuat suhu udara di Bedugul tergolong sejuk. Sehingga, Anda pun bisa dengan nyaman menjelajahi keunikan panorama alam yang disajikannya.

Bedugul menjadi rumah bagi danau dan kebun botani terbesar di Indonesia. Banyak lokasi wisata yang sudah terkenal dan menjadi destinasi wisata wajib bagi segelintir orang saat berkunjung ke Bali. Tak hanya danau dan kebun botani, Anda yang berkunjung ke Bedugul juga bisa mengeksplor kekayaan budaya Bali di beberapa tempat wisata yang populer berikut.

1. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Image Credit: Google Maps (De Adjuz)

Kebun raya yang juga sering disebut sebagai Kebun Raya Eka Karya ini merupakan kebun raya dengan jumlah koleksi terbanyak di Indonesia. Tak hanya itu, Kebun Raya Bedugul juga dianggap sebagai kebun raya terluas dengan ukuran 158 hektare. Walaupun memiliki area seluas itu, Kebun Raya Bedugul tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tak hanya wisatawan dalam negeri yang datang berkunjung. Wisatawan mancanegara pun banyak yang datang, entah untuk sekadar menikmati suasana di lokasi ini atau memang datang untuk tujuan tertentu, misalnya saja untuk penelitian terhadap flora endemik Bali dan Indonesia secara umum.

Begitu masuk kawasan kebun raya ini, Anda akan disambut oleh lanskap hijau bak sabana. Anda juga akan disapa oleh megahnya arsitektur Hindu serta beberapa patung yang mengisahkan epos terkenal Ramayana, seperti Rahwana dan Jatayu, serta patung Kumbakarna Laga yang berukuran lebih besar dibanding patung lainnya.

Jika Anda penggemar anggrek, Anda pun bisa menemui kawasan konservasi ratusan jenis anggrek ditata dengan apik di sini. Tak hanya itu, tumbuhan paku ‘antik’ serta tumbuhan obat dan tumbuhan bunga pun turut dibudidayakan di sini. Bahkan di kebun raya ini ratusan jenis kaktus bisa Anda singgahi.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

2. Bali TreeTop Adventure Park

Bali TreeTop Adventure Park

Image Credit: Instagram.com @zelcyuse

TreeTop Adventure Park merupakan kawasan outbond yang tak hanya terbatas bagi anak-anak. Orang dewasa pun bisa menguji adrenalin mereka untuk menaklukkan tantangan outbond di sini. Lokasinya masih satu kawasan dengan Kebun Raya Bedugul, namun tiket masuknya berbeda sehingga Anda perlu membayar lagi untuk mencoba wahana ini.

BACA:  Pantai Seminyak Bali, Pantai Favorit untuk Berbagai Aktivitas Menarik

Wahana outbond yang ditawarkan terbagi atas beberapa kategori, masing-masing tergantung tingkat kesulitannya. Menurut pihak pengelola, wahana outbond di lokasi ini bisa digunakan oleh siapapun yang berusia antara 4-70 tahun. Seperti yang sudah disebutkan, ada tujuh kategori wahana dengan tingkat kesulitannya masing-masing.

Di tempat ini, kategori itu disebut sebagai ‘sirkuit’. Tiap sirkuit memiliki persyaratan, yaitu usia dan tinggi badan minimal. Walaupun demikian, terkadang ada anak-anak yang berani mencoba sedikit wahana outbond untuk dewasa. Tarzan jump, flying fox, dan wahana lainnya sudah dilengkapi fasilitas keamanan seperti harness, carabiners, dan pulleys.

Untuk menempuh satu sirkuit, rata-rata Anda akan menghabiskan satu jam. Tentu hal ini akan jadi lebih menyenangkan jika Anda datang dalam kelompok dengan jumlah anggota yang banyak.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab Tabanan.

3. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Image Credit: Twitter.com @rootadventures

Anda pasti sudah tak asing dengan lokasi yang satu ini. Hampir setiap saat kawasan pura ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Bagaimana tidak, suasana tenang yang ditawarkan di lokasi ini dijamin tidak ada tandingannya. Terlebih lagi Anda bisa melihat pemandangan Danau Bratan dari lokasi ini.

Tak jarang orang datang ke Pura Ulun Danu Bratan sekadar untuk berpose cantik untuk media sosial mereka. Mereka yang tujuan awalnya hanya sekadar berkunjung ke Danau Bratan pun sering kali mampir ke lokasi ini. Banyak pengunjung yang datang untuk berburu foto sunset, sebagian lagi ingin menikmati suasana eksotis di pura yang terletak di pinggir danau ini.

Kendati sering sekali ramai pengunjung, Anda tak perlu khawatir akan kepanasan. Sebab, lokasi ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Jadi, suhu udara cenderung sejuk dan lembap. Jika Anda datang pada musim penghujan, persiapkan payung karena cuaca di daerah ini tidak menentu dan sering hujan tiba-tiba.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

4. Puncak Indah Bedugul

Puncak Indah Bedugul

Image Credit: Facebook.com @eny.alphine

Puncak Indah Bedugul berada tak jauh dari kawasan Pura Ulun Danu Bratan dan berhadapan langsung dengan Danau Bratan. Di sini, aktivitas yang dapat Anda lakukan lebih beragam. Pasalnya, Puncak Indah Bedugul merangkap kebun botani dan kawasan rekreasi pantai.

Meski koleksi tumbuhan di sini tidak sebanyak koleksi Kebun Raya Bedugul, pun luas area untuk kebun tidak terlalu luas, pengunjung tetap berkunjung ke lokasi wisata ini. Wahana rekreasi air seperti sepeda air dan speedboat ditawarkan bagi pengunjung yang ingin mencoba ‘menjelajahi’ kawasan danau.

BACA:  Pantai Pandawa, Pesona Pantai Terindah di Bali Selatan

Lokasi wisata ini juga dekat dengan Masjid Besar Al-Hidayah yang dapat ditempuh cukup dengan berjalan kaki. Setelah beribadah, pengunjung bisa beristirahat dan menikmati pemandangan Danau Bratan dari atas masjid.

Lokasi: Puncak Indah Bedugul No.2, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

5. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

Image Credit: Ksmtour.com

Meskipun secara administratif Danau Tamblingan tidak termasuk ke dalam kawasan Bedugul, jarak antara Bedugul ke danau ini tidak jauh. Anda cukup mengalokasikan waktu kurang lebih setengah jam sampai empat puluh menit untuk bisa mencapai danau ini dari kawasan Bedugul.

Jika Danau Bratan sudah jauh lebih berkembang dalam mengakomodasi wisatawan, Danau Tamblingan masih dikenal dengan lokasinya yang seakan-akan belum banyak terjamah tangan-tangan manusia. Suasananya tenang dan asri, dan terlebih lagi, Anda bisa menggunakan daerah-daerah di sekeliling danau sebagai tempat berkemah.

Lokasi: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

6. Danau Buyan

Danau Buyan

Image Credit: Pegipegi.com

Tidak jauh dari Danau Tamblingan, Anda bisa menjumpai Danau Buyan. Danau Buyan ini memang sedikit berbeda dari Danau Tamblingan, karena Danau Buyan merupakan kawasan konservasi. Bersama Danau Tamblingan dan Danau Bratan, tiga danau ini menjadi daya tarik wisata tersendiri di kawasan Bedugul.

Di danau yang dulunya merupakan bekas kawah gunung berapi ini Anda juga bisa menjumpai bumi perkemahan. Jadi, tidak heran jika Anda bisa menjumpai pengunjung yang mendirikan tenda di sana. Tak jarang pula warga lokal datang untuk sekadar memancing atau bersantai sambil berfoto ria di booth-booth menarik yang telah disediakan.

Jika Anda kebetulan sedang berkunjung di kawasan Danau Buyan, jangan hanya berkunjung ke danaunya saja. Beberapa spot wisata alternatif juga tersedia di dekat lokasi Danau Buyan. Misalnya, Desa Wisata Wanagiri, Menara Bambu Hitam, dan Wanagiri Tower Garden. Dengan penataan yang unik, banyak wisatawan yang singgah selepas berkunjung ke danau tersebut.

Lokasi: Jl. Munduk–Wanagiri, Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

7. Danau Bratan

Danau Bratan

Image Credit: Twitter.com @alambanten

Danau Bratan tentu juga wajib Anda jadikan destinasi wisata Anda saat berada di kawasan Bedugul. Dibandingkan danau-danau yang disebutkan sebelumnya, Danau Bratan lebih mudah dikunjungi dan bahkan bisa dikunjungi tanpa perlu turun dari kendaraan Anda. Sebab, Danau Bratan berada di tepi jalan raya.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan danau lebih dari sekadar melihatnya dari tepian, Anda bisa menyewa perahu untuk mengantar Anda berkeliling di sekitar danau. Tak lupa, di sekitar danau Anda juga bisa menjumpai warga-warga lokal yang berjualan oleh-oleh khas Bali. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Pasar Sukawati – tentu hal ini dapat lebih menghemat waktu Anda!

BACA:  10 Tempat Kuliner Malam di Bali yang Enak & Murah

Lokasi: Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

8. Pasar Candikuning Bedugul

Pasar Candikuning Bedugul

Image Credit: Facebook.com @baliproadv

Jangan remehkan kekuatan pasar sebagai objek wisata – di pasar yang juga dijuluki sebagai Pasar Tradisional Bedugul ini, Anda bisa belajar banyak mengenai lokalitas warga sekitar. Pedagang di pasar ini terkenal ramah kepada para wisatawan, jadi Anda tidak perlu khawatir akan banyaknya hawker seperti di Pantai Kuta. Tak jarang wisatawan asing pun berkunjung.

Apa yang dijual di pasar ini? Anda bisa menemukan oleh-oleh khas Bedugul, yaitu buah-buahan segar (terutama stroberi), keripik khas Bedugul, hingga tanaman hias. Seperti layaknya pasar, Anda juga bisa menjumpai banyak kios-kios makanan di dalamnya. Jangan lupa, jika perlu Anda bisa mengeluarkan ‘jurus-jurus’ menawar harga.

Lokasi: Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

9. Glamour Camping Bedugul

Glamour Camping Bedugul

Image Credit: Google Maps (Adi Indrawan)

Jika Anda bukan tipikal wisatawan dengan tenda kecil dan peralatan ala kadarnya, mungkin glamping (glamorous camping) bisa jadi solusi Anda untuk lebih dekat dengan alam. Glamour Camping Bedugul bisa jadi solusi Anda untuk mencoba sarana akomodasi yang makin hits di kalangan wisatawan lokal ini.

Dengan panorama Danau Bratan dan sarana menginap yang setingkat lebih ‘wah’ daripada menginap di tenda biasa, pengunjung dibuat nyaman dengan fasilitas yang hampir mirip dengan hotel. Pengelola juga menyediakan camping ground untuk pengunjung yang ingin menginap tapi dengan budget yang ‘minimalis’.

Tak punya perlengkapan berkemah? Tenang, Glamour Camping Bedugul menyediakan persewaan alat-alat berkemah. Bahkan Anda tidak perlu khawatir tentang bekal makanan. Di lokasi perkemahan juga tersedia restoran. Untungnya, siapapun bisa makan di restoran ini, karena bisa dikunjungi tanpa perlu menginap.

Lokasi: Jl. Dajan Danu, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

10. Wisata Petik Stroberi Bedugul (Fresh Strawberry)

Wisata Petik Stroberi Bedugul (Fresh Strawberry)

Image Credit: Facebook.com @olick.leon

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, Bedugul menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak menawarkan wisata petik buah-buahan. Yang paling umum adalah wisata petik stroberi. Di lokasi ini, Anda dapat memetik stroberi pilihan Anda sendiri. Bahkan Anda dapat mencicipi tanpa perlu bayar terlebih dahulu.

Lokasinya sangat dekat dengan Kebun Raya Bedugul, bahkan Anda tak perlu naik kendaraan apapun. Untuk mencapai lokasi petik stroberi ini Anda dapat berjalan kaki saja.

Jika Anda membawa si kecil ketika berwisata ke Bedugul, aktivitas ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus mengedukasi. Anda bisa membawa stroberi hasil petikan Anda sendiri untuk dijadikan oleh-oleh atau mungkin untuk konsumsi pribadi.

Lokasi: Jl. Baturiti Bedugul, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

Itulah rekomendasi objek wisata di Bedugul, Kabupaten Tabanan yang terkenal dan sering jadi destinasi favorit di Pulau Bali. Jika Anda sudah cukup banyak melihat pantai di bagian selatan Pulau Bali, tidak ada salahnya sedikit mlipir ke kawasan utara Bali. Anda bisa menikmati kunjungan ke Bedugul sambil menikmati panorama dataran tinggi Bedugul yang tak ada duanya.