Pantai Mutun salah satu wisata pantai yang populer di Pesawaran, Lampung yang menarik dijelajahi. Pantai dengan hamparan pasir putih, keindahan bawah laut dan beragam wahana menarik yang membuat liburan lebih berkesan.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 24Jam, Alamat: Jl. Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Indonesia adalah sebuah negara yang dihuni oleh ribuan pulau. Tidak heran banyak kenampakan alamnya yang merupakan perairan. Hal ini juga membuat Indonesia memiliki puluhan pantai indah yang telah banyak dikenal hingga mancanegara. Salah satu pantai Indonesia yang bisa menjadi tempat liburan epik adalah Pantai Mutun.

Pantai yang satu ini terletak di daerah yang cukup terpencil, pastinya jauh dari keramaian. Jadi untuk para pencari ketenangan akan sangat terpuaskan ketika berada di Pantai Mutun. Namun seperti tempat wisata pada umumnya, saat weekend dan hari libur pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Baik itu domestik maupun mancanegara.

Disana juga akan mendapati beberapa kapal angkut yang berlayar ke Tangkil. Pantai Mutun memang memiliki karakteristik tersendiri mulai dari daya tarik, aktivitas pantai serta fasilitasnya. Untuk Anda yang penasaran Anda bisa memasukkan pantai eksotis ini ke dalam list liburan tahun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mutun

Daya Tarik Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Rika Tiarasari)

1. Pantai yang Indah

Salah satu alasan wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Mutun adalah karena kawasan pantainya yang indah. Sehingga sayang sekali untuk dilewatkan. Apalagi dengan pemandangan rentetan kapal di pelabuhan yang pastinya akan sangat menarik untuk disaksikan. Pasir pantainya yang luas, laut yang biru dengan awan yang berarak di langit akan membuat Anda takjub.

Belum lagi deburan ombak laut yang seakan memiliki harmoni tersendiri. Rasakan pula angin sepoi uang menerpa tubuh, seakan rasa sejuk itu menyelimut diri Anda.

2. Keindahan Pulau Tangkil Terlihat dari Pantai Mutun

Perlu Anda ketahui bahwa pantai yang satu ini letaknya satu lokasi dengan kawasan Teluk Lampung. Sehingga tidak heran di sini Anda dapat melihat pemandangan indah dari pulau Tangkil. Pulau inilah yang juga sering menjadi pusat perhatian wisatawan ketika berkunjung ke wisata pantai ini. Kawasan pulau yang dikelilingi oleh pepohonan hijau akan sangat membius penglihatan Anda.

3. Tempat yang Instagramable untuk Sosial Media

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pantai Mutun adalah menjadi tempat favorit untuk berfoto ria. Bagaimana tidak, dengan pemandangan laut yang eksotis, pantai ini menjadi lokasi terbaik mengekspresikan diri. Buatlah kenangan Anda sebanyak mungkin dengan menyediakan kamera pro.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Mutun

Alamat Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Woro Bagaskara)

Untuk Anda yang ingin sekali pergi ke destinasi wisata alam Pantai Mutun bisa langsung ke Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Untuk rutenya sendiri ada beberapa opsi yang dapat dipilih.

Jika Anda ingin ke Pantai Mutun dengan titik awal Kota Bandar Lampung, maka perjalanan dapat ditempuh dalam waktu satu jam. Pasalnya untuk jarak dari Bandar Lampung ke lokasi pantai sendiri kurang lebih 19 km. Pengunjung akan melalui jalan RE Martadinata menuju ke Barat Daya dengan tujuan Teluk Betung.

Selanjutnya Anda akan menemukan plang dengan tulisan Pantai Mutun yang terpasang di jalan tiga arah. Dalam perjalanan menuju ke tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan kenampakan pantai lainnya. Sehingga meski dijalan sekalipun Anda tidak akan bosan karena pemandangan sekitar yang memukau.

Untuk setiap pengunjung yang datang ke destinasi wisata pantai ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000. biaya ini diberlakukan untuk setiap mobil yang masuk, jadi berapapun jumlah penumpangnya biayanya tetaplah sebesar itu. Jam buka dari wisatanya sendiri tidak terjadwal artinya buka 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mutun

Kegiatan Dilakukan di Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Sisma Setiamana)

1. Menikmati Pasir Putih yang Indah

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Mutun adalah menikmati hamparan pasir putih. Di pantai inilah garis pantai terbentuk begitu luas dan memukau. Rasakan tekstur pasirnya dengan berjalan keliling pantai. Apalagi dengan kenampakan air laut yang tenang. Belum lagi kenampakan awan di langit yang seakan berarak menuju suatu tempat.

Karena termasuk wisata pantai yang lokasinya terpelosok, keadaan pasir putihnya masih cukup bersih. Sehingga cocok juga dijadikan tempat wisata keluarga, apalagi teruntuk anak-anak yang hobi main pasir. Meski begitu pastikan Anda membawa alat permainan sendiri ya. Pasalnya pengelola pantai belum menyediakan tempat penyewaan permainan pantai.

Tentunya bermain pasir pantai akan memberikan sensasi berbeda ketimbang bermain pasir di rumah. Desiran angin segar serta riuhnya ombak laut akan menemani aktivitas Anda saat berada di pantai ini.

2. Piknik Kecil-Kecilan Bersama Keluarga

Selain bermain pasir ada aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Mutun yaitu piknik. Apalagi untuk Anda yang memang ingin melepas penat, bawalah alat piknik seperti tenda dan bekal secukupnya. Piknik di pinggir pantai tentunya akan menjadi pengalaman tidak terlupakan. Apalagi untuk Anda yang memang berwisata bersama keluarga.

Piknik bisa dilakukan sesaat setelah sampai di wisata pantai ini. Jadi sebelum mulai bermain, Anda bisa mengisi amunisi terlebih dahulu dengan makan bersama. Apalagi ditambah dengan semilir angin sejuk yang menerpa kulit. Pikiran pasti tenang karena tidak terdengar dengungan kendaraan ditambah dengan udara yang bersih.

3. Waterboom

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Mutun memiliki fasilitas seru nan asik berupa wahana waterboom. Wahana ini bisa dicoba bahkan untuk anak-anak sekalipun. Meski begitu tetap dengan pengawasan orang tua ya.

Waterboom ini hanya boleh digunakan untuk anak usia tujuh tahun, karena lokasinya yang memang cukup tinggi. Sehingga untuk anak yang masih berusia di bawah tujuh tahun akan sangat beresiko. Untuk bisa mencoba fasilitas yang satu ini pengunjung akan dibebankan biaya tambahan. Meski begitu biayanya masih cukup terjangkau untuk ukuran tempat wisata yaitu Rp 11.000.

Bermain permainan pantai memang tidak pernah menjadi hal yang membosankan. Waterboom memiliki tempat seluncuran air yang cukup panjang dan berkelok. Selain itu, jalurnya juga langsung menuju ke Laut pantai ini. Meski begitu pengelola masih tetap memilih titik aman untuk anak-anak berenang.

Kegiatan Menarik di Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Yatno Lensa)

4. Bermain Kano

Kano adalah sebuah kapal kecil yang dikendalikan dengan menggunakan dayung. Alat ini bisa digunakan untuk menjelajahi kawasan laut yang ada di Pantai Mutun. Pasalnya pasti kurang afdhol rasanya berkunjung ke pantai tapi tidak eksplor lautnya. Dengan adanya kano pengunjung bisa berkeliling dengan santai.

Untuk fasilitas yang satu ini sudah tersedia di pantai ini sehingga Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin berkeliling perairan. Meski begitu tetap ada biaya penyewaan untuk pengunjung yang ingin main kano sekitar Rp 30.000 per orangnya.

5. Bermain Banana Boat

Selain berenang dan bermain kano, ada wahana lain yang bisa dicoba saat berada di Pantai Mutun yaitu banana Boat. Bisa dibilang aktivitas yang satu ini memang cukup memacu adrenalin, jadi wajib untuk dicoba.

Banana boat adalah wahana perahu berbentuk pisang yang ditarik menggunakan kapal mesin atau yang biasa disebut dengan speed boat. Jadi pengunjung dapat merasakan percikan air secara langsung saat menaiki fasilitas yang satu ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Mutun

Penginapan Terdekat Pantai Mutun
Image Credit: Agoda.com

1. Radisson Lampung Kedaton

Salah satu penginapan dekat pantai adalah Radisson Lampung Kedaton. Tempat menginap ini berada di Kedaton, Lampung. Jika dikalkulasikan, jarak penginapan dengan pantai Mutun adalah 2,2 km. Sehingga perjalanan yang ditempuh puh tidak terlalu lama.

Seperti penginapan pada umumnya, Radisson Lampung Kedaton menjamin fasilitas teruntuk pengujungnya. Untuk harga per malamnya sendiri masih di kisaran Rp 500.000. jadi Anda bisa patungan untuk bisa menikmati menginap di tempat ini agar biaya lebih hemat.

2. Bukit Randu Hotel dan Resort

Penginapan terdekat selanjutnya adalah Bukit Randu Hotel dan Resort. Penginapan yang satu ini terletak di kawasan Tanjung Karang Timur. Untuk jarak dari kawasan Pantai mutun menuju Bukit Randu Hotel dan Reaort sendiri adalah 3,55 km. Penginapan ini bisa menjadi alternatif sebagai tempat menginap pilihan. Apalagi harga kamar inap untuk satu malamnya masih terjangkai.

Pengunjung jadi tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa bermalam disini. Pasalnya harga untuk satu kamar dalam semalam masih dibanderol di bawah Rp 500.000. Sedangkan untuk fasilitas, Bukit Randu Hotel dan Resort sudah cukup memadai. Mulai dari kolam renang, area free wifi, dan restoran pun akan Anda dapati di tempat ini.

3. Emersi Hotel dan Resort Lampung

Jika dibandingkan, jarak Emersia Hotel dan Resort Lampung memang harus ditempuh dalam waktu perjalanan yang cukup lama jika dibandingkan dengan penginapan sebelumnya. Pasalnya jarak pantai Mutun dengan penginapan ini sekitar 4,46 km.

Harga sewa perkamar untuk setiap malamnya masih terjangkau yaitu sekitar Rp 400.000 an. Dengan harga tersebut pengunjung sudah mendapatkan fasilitas berupa, restoran, area free wifi, kamar yang empuk, tukang bersih-bersih dan parkir mobil gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mutun Lampung

Fasilitas di Pantai Mutun Lampung
Image Credit: Google Maps (Agung Rahmadiansyah)

1. Toilet Umum

Setelah berenang tentunya Anda ingin segera membersihkan diri dan berganti baju bersih bukan. Nah untuk memudahkan pengunjung, pengelola Pantai Mutun telah membangun deretan toilet umum yang bisa digunakan. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi mencari toilet untuk kebutuhan pribadi. Selain itu keberadaan fasilitas yang satu ini memang sangat dibutuhkan oleh wisatawan yang datang.

2. Gazebo

Lelah dengan aktivitas pantai, pasti akan menyenangkan rasanya dapat duduk santai menikmati pemandangan yang ada. Di kawasan pantai ini telah tersedia tempat peristirahatan berupa gazebo yang bisa dijadikan lokasi piknik maupun mengakrabkan diri dengan pengunjung lainnya.

3. Penyewaan Alat Berenang

Bagi pengunjung yang hobi berenang namun tidak mau ribet membawa peralatan dari rumah. Tenang saja, Pantai Mutun juga memiliki fasilitas berupa tempat penyewaan alat berenang. Di sini Anda bebas menggunakan peralatan dengan biaya yang ditanggung secara mandiri.

4. Area Parkir yang Luas

Teruntuk Anda yang ingin segera berkunjung ke pantai dengan membawa kendaraan pribadi. Pengelola pantai telah menyediakan lahan parkir lias untuk tempat penitipan kendaraan Anda. Apalagi dengan kawasan pantai yang memang cukup lebar untuk dijadikan tempat parkir. Pengunjung jadi tidak perlu bingung ingin meletakkan kendaraan agar terjaga keamanannya.

Berbagai hal mengenai Pantai Mutun di atas tentunya membuat Anda tergiur ingin segera berlibur ke sana. Apalagi dengan berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan.