17 Wisata Pantai di Lampung

Provinsi Lampung, letaknya yang berada di selatan Pulau Sumatra membuatnya dikaruniai dengan beragam wisata bahari yang masih terjaga keindahannya. Ada banyak deretan pantai-pantai yang wajib kamu kunjungi.

Pantai memang kerap dipilih sebagai destinasi wisata karena memiliki harga yang murah, namun bisa membuat penikmatnya merasa puas. Selain itu, di tempat ini Kamu bisa menikmati pemandangan yang takkan Kamu temukan di tempat lain.

Oleh karena itu, di bawah ini sudah terangkum 17 wisata pantai pilihan yang dapat Kamu kunjungi di Lampung. Dijamin saat mengunjungi pantai-pantai yang ada di daftar ini semua bebanmu akan akan dihanyutkan oleh keindahannya.

1. Pantai Piabung

Pantai Piabung

Lokasi: Kagungan, Kota Agung Barat, Kab. Tanggamus, Lampung. – Image Credit by Malahayati.ac.id

Bagi Kamu yang suka menelusuri tempat wisata baru maka pantai yang terletak di Kagungan ini pasti cocok denganmu. Pantai Piabung merupakan tempat wisata yang masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Sehingga bisa dipastikan bahwa kealamian dan kejernihan pantai ini masih sangat terjaga.

Rata-rata pengunjung yang datang ke pantai ini adalah para pemancing, karena faktor lingkungan di pantai ini memang sangat mendukung untuk mencari ikan.

2. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan, Lampung. – Image Credit by 4travel.jp

Lampung memang memiliki banyak pantai yang mampu mendatangkan para wisatawan. Hal ini terbukti dengan keberadaan pantai Tanjung Setia yang tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Memiliki ketinggian ombak yang bagus yaitu 7-8 memembuat pantai yang berlokasi di Krui ini sangat disukai oleh para peselancar karena. Tak ketinggalan pantai ini juga dikaruniai dengan keindahan bawah laut yang mengagumkan sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk snorkeling.

3. Pantai Klara

Pantai Klara

Lokasi: Jl. Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. – Image Credit by Travel.detik.com

Pantai Klara merupakan tempat wisata yang ramah terhadap anak-anak dan juga lansia. Pasalnya tempat ini punya ombak yang tenang dan air yang dangkal sehingga sangat aman bila mengajak si kecil bermain di tepi pantai. Dengan air yang jernih serta balutan pasir putihnya membuat wisata bahari yang terletak di Gebang ini terlihat kian menakjubkan.

Pantai Klara memiliki fasilitas yang cukup lengkap, disini Kamu bisa melihat-lihat pemandangan pantai dengan santai lewat gazebo yang sudah disediakan. Tempat ini pun menyediakan berbagai fasilitas untuk watersport seperti banana boat serta perlengkapan untuk snorkeling. Kamu juga bisa menyewa motor boat bila ingin berkeliling pantai menggunakan perahu.

4. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Lokasi: Negeri Kelumbayan, Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung. – Image Credit by Spotlight.it-notes.ru

Melihat dari namanya bukan berarti di dalam pantai ini banyak hiu yang berkeliaran, namun sebutan Pantai Gigi Hiu diambil dari panorama uniknya yang gak akan kamu temui di tempat lain. Pantai ini punya tebing-tebing runcing yang berdiri kokoh diantara deburan ombak, jika diperhatikan sekilas tebing ini memang mirip dengan taring hiu.

Pantai unik yang berada di Kecamatan Kelumbayan ini memang lebih sering digunakan untuk kegiatan fotografi. Sedangkan bagi yang ingin bermain-main di tepian pantai sebaiknya berhati-hati karena banyak batuan karang yang licin dan dapat melukaimu.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Lokasi: Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung. – Image Credit by Tempatwisataseru.com

Berikutnya ada pantai populer yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, sesuai namanya pantai tersebut menyuguhkan hamparan pasir putih yang lembut. Kombinasi antara pasir putih serta air laut berwarna kebiruan yang jernih pastinya akan membuatmu terpesona dengan panorama yang dimilikinya. Konon pemandangan ini akan semakin indah di sore hari, karena Kamu bisa melihat matahari terbenam secara langsung.

Dengan harga tiket yang murah Kamu sudah disediakan fasilitas yang lengkap oleh pihak pengelola pantai. Selain itu terdapat juga persewaan perahu apabila Kamu ingin menyebarangi laut dan berkunjung ke Pulau Condong.

6. Pantai Tirtayasa

Pantai Tirtayasa

Lokasi: Sukamaju, Teluk betung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung. – Image Credit by Lampungtraveller.blogspot.com

Pantai yang berada di Teluk Bandar Lampung ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Pasir Putih, jadi jika masih punya waktu sempatkanlah mengintip keindahan pantai ini. Disini Kamu bisa bersantai-santai sambil melihat pemandangan lewat pondok kecil yang ada di bibir pantai.

Pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas bagi Kamu yang menyukai watersport sepeti jet sky dan banana boat. Apabila Kamu tertarik dengan pulau-pulau yang ada di Teluk Lampung Kamu bisa menggunakan jasa perahu untuk sekedar berkeliling dan melihat pemandangan ataupun berkunjung ke pulau tersebut.

7. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung

Lokasi: Jl. Way Ratai KM.14, Sidodadi Kec. Teluk Pandan, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. – Image Credit by Citraniwisata.com

Pantai yang terletak di Desa Sidodadi ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Wajar saja mengingat Pantai Sari Ringgung menyimpan beragam keunikan yang kerap membuat orang penasaran. Beberapa keunikan tersebut sepeti pasir timbul dan masjid apung yang terletak di perairan pantai.

Pantai ini bukan hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja, namun dibarengi juga dengan kelengakapan fasilitas yang dimilikinya. Tempat ini juga punya area bermain untuk anak-anak serta punya banyak cafe dan rumah makan dengan berbagai sajian kuliner yang menarik.

8. Pantai Mutun

Pantai Mutun

Lokasi: Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Mutun belum banyak terkspos oleh wisatawan sehingga suasananya pun masih tenang. Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pantai ini juga sangat lengkap, bahkan beberapa fasilitasnya tidak akan Anda temukan di pantai lain.

Di pantai Mutun Kamu bisa merasakan sensasi menggunakan waterboom dan langsung meluncur ke laut. Pantai ini pun digemari oleh para pecinta watersport, karena disini Kamu bisa mencoba keseruan parasailing, menaiki banana boat, mengayuh kano, berselancar dengan motorboat, atau melakukan snorkeling sambil melihat pemandangan bawah laut.

9. Pantai Labuhan Jukung

Pantai Labuhan Jukung

Lokasi: Kp. Jawa, Pesisir Tengah, Kab. Lampung Barat, Lampung. – Image Credit by Kinasihdolan.blogspot.com

Selanjutnya ada Pantai Labuhan Jukung, keindahan pantai serta keramahan para penduduk lokal membuat pantai ini punya banyak pengunjung dari berbagai negara. Pantai ini kerap difavoritkan karena airnya jernih serta ketinggian ombak yang disukai oleh para peselancar.

Masyarakat disini sangat menjunjung tinggi kebersihan lingkungan, oleh karena itu Kamu tidak akan menemukan sampah yang dibuang sembarangan di Pantai Labuhan Jukung. Dengan pantai yang masih terjaga Kamu bisa melakukan segal aktivitas dengan nyaman.

10. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan

Lokasi: Jl. Tlk. Kiluan, Kiluan Negeri,Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung. – Image Credit by Triptotrip.co

Teluk Kiluan asalah salah satu surganya pantai di Lampung, tempat ini memiliki air jernih dengan warna biru kehijauan. Kebersihan pantai disini pun juga sangat terjaga sehingga membuat siapapun nyaman berlama-lama disini. Kehadiran pantai di sekitar teluk ditambah dengan jernihnya air membuat pemandangan disini terlihat begitu asri.

Tak kalah dengan pemandangannya di permukaan, pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Dengan menyewa peralatan snorkeling Kamu bisa melihat eksotisme terumbu karang serta ikan-ikan yang ada di perairan Teluk Kiluan. Satu lagi yang membuat teluk ini istimewa yaitu Kamu bisa melihat kawanan lumba-lumba dengan menggunakan perahu yang disewakan di tepi pantai.

11. Pulau Kelagian Kecil

Pulau Kelagian Kecil

Lokasi: Gebang, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. – Image Credit by Travelingyuk.com

Untuk bisa ke pulau ini Kamu cukup naik perahu via pelabuhan Ketapang, perjalanan untuk menyebrang kesini kurang lebih membutuhkan waktu 20 menit. Begitu sampai disini Kamu akan disapa dengan hamparan pasir putih yang memukau, selain itu air di pantai ini sangatlah bersih karena belum terjamah oleh banyak orang.

Karena air disini sangat jernih Kamu pun bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang dimiliki oleh Teluk Kiluan. Namun karena kondisi pantai yang tidak berpenghuni maka fasilitas disini pun belum memadai. Jadi bila Kamu ingin berlama-lama disini sebaiknya bawalah bekal makanan dan minuman untuk mengisi tenaga.

12. Pantai Walur

Pantai Walur

Lokasi: Walur, Kec. Krui Selatan, Kab. Lampung Barat, Lampung. – Image Credit by Malahayati.ac.id

Lampung memang punya banyak sekali pantai berpasir putih, kali ini ada Pantai Walur yang terletak di Krui Selatan. Pantai ini punya ciri khas dengan pemandangan hijaunya yang berasal dari padang rumput dan pepohonan kelapa yang subur.

Pantai ini memiliki air yang tenang dan jernih sehingga cocok sekali kalau Kamu gunakan untuk berenang. Tempat ini pun sering didatangi oleh para pemancing karena Pantai Walur memiliki jenis ikan yang cukup beragam.

13. Pantai Tanjung Tuha

Pantai Tanjung Tuha

Lokasi: Tanjung Tua, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung. – Image Credit by indonesia.tripcanvas.co

Pantai Tanjung Tuha memiliki air yang jernih dengan gradasi warna hijau dan biru, lewat pemandangannya yang indah Kamu pasti bisa menghasilkan banyak foto bagus di pantai ini. Bila Kamu tidak takut ketinggian maka Kamu bisa mencoba mengambil foto atau menikmati pemandangan laut lewat tebing Pantai Tanjung Tuha.

Selain dari tebing yang unik Kamu juga bisa melihat pemandangan pantai dengan jelas lewat tower yang digunakan untuk umum. Ombak di pantai ini tergolong tenang, sehingga Kamu bebas bermain-main dengan air pantai yang jernih. Karena hal ini pula banyak juga wisatawan yang memanfaatkannya untuk memuaskan hobi memancing mereka.

14. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Lokasi: Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran Lampung. – Image Credit by Superadventure.co.id

Pulau Panawang terkenal akan keindahan alamnya yang masih terjaga, selain itu pulau ini juga dikaruniai dengan pantai yang memukau. Pantai yang terletak di Pulau Pahawang memiliki air yang sangat jernih, bahkan saking jernihnya Kamu bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan di dalamnya dengan jelas.

Berbeda dengan pulau kalagian kecil yang belum banyak dijamah orang, pulau ini malah menjadi favorit bagi para wisatawan. Maka pantas bila di pulau ini terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap, Kamu juga bisa bermalam di pulau ini karena ada banyak penginapan di sekitar pantai yang bisa Kamu coba

15. Pulau Balak

Pulau Balak

Lokasi: Sukarame, kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung. – Image Credit by Ksmtour.com

Provinsi lampung memang punya banyak pulau yang bisa Kamu jadikan sebagai tempat pelepas lelah, seperti halnya Pulau Balak. Pulau yang terletak di Teluk Punduh Pidada air ini punya perairan yang bersih serta terdapat berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang hidup di dalamnya.

Kemudian di dalam pulau ini terdapat pantai yang ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang, udara sejuk di pantai ini pasti mampu membuatmu merasa rileks. Di pulau ini Kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang tak kalah menakjubkan dengan melakukan snorkeling.

16. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan

Lokasi: Way Muli, Rajabasa, Waymuli, Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung . – Image Credit by Indonesiakaya.com

Nama unik Pantai Wartawan diambil dari profesi pengelolanya, wisata pantai di lampung ini tentunya juga punya keistimewaan tersendiri. Keistimewaannya terletak pada sumber air panas yang berada di tepi pantai. Jadi Kalau Kamu ingin merasakan sensasi mandi menggunakan air panas sambil melihat pemandangan pantai tempat ini bisa menjadi pilihanmu.

Pantai yang terletak di Kecamatan Rajabasa ini memiliki kriteria ombak yang sedang, namun Kamu masih bisa bermain-main di tepi pantai. Kamu juga bisa berfoto ria di tempat ini karena pantai wartawan memiliki batuan karang cantik yang menghiasi setiap sisinya.

17. Pantai Tembakak

Pantai Tembakak

Lokasi: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Sindi Utara, Kec. Karya Penggawa, Kab. Pesisir Barat, Lampung. – Image Credit by Novenrique.blogspot.com

Pantai terakhir ini berada di Kecamatan Penggawa, Keunikan Pantai Tembakak datang dari batu karang yang tersebar di sekitar pantai. Paduan antara batuan karang yang ekstotis serta air pantai yang jernih mampu menghasilkan pemandangan yang tak biasa pada pantai ini, sehingga tempat ini sangat sering dijadikan sebagai latar untuk berfoto.

Pantai Tembakak buka hingga 24 jam jadi tak masalah seberapa lama Kamu ingin menikmati keindahan di pantai ini. Kalau masih belum puas Kamu masih bisa bermalam di penginapan yang dikelola oleh warga setempat, sehingga Kamu bisa melihat indahnya sunrise di Pantai Tembakak keesokan harinya.

Itulah tadi pesona dari 17 pantai pilihan di Lampung yang bisa Kamu kunjungi bersama teman maupun bersama sanak keluarga. Pantai-pantai yang sudah disebutkan tadi pun dapat Kamu kunjungi dengan mudah selain itu harga tiketnya juga sangat murah.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Makan Tangerang
16 Tempat Makan Enak di Tangerang Favorit Wisatawan
13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba
13 Wisata Kuliner di Tangerang yang Enak & Wajib Anda Coba
15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer
15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Mataram
18 Tempat Wisata Favorit di Mataram
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak