45 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

17 Tempat Wisata di Lampung

Lampung merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki banyak potensi sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut banyak yang dikelola menjadi destinasi wisata yang akan menarik minat wisatawan sehingga banyak orang yang akan berkunjung ke sana.

Banyak potensi wisata yang ada di Lampung seperti wisata alam, sejarah, budaya, edukasi, religi, dan masih banyak lagi. Setiap destinasi wisata yang dihadirkan di Lampung memiliki rasa yang berbeda-beda tergantung dengan destinasi wisata tersebut.

Jika ingin berkunjung ke Lampung untuk berlibur, Anda tidak perlu khawatir akan keindahan destinasi wisatanya. Karena semua tempat wisata yang ada di Lampung sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, Anda hanya perlu mempersiapkan diri untuk menikmati keseruan liburan di Lampung nantinya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa Tempat Wisata di Lampung. Hal ini agar mempermudah untuk menemukan destinasi tersebut saat akan dicari.

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Blog.reddoorz.com

Pantai ini terletak di Kota Bandar Lampung. Pantai Pasir Putih memiliki jarak sekitar 20 km dari pusat kota. Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini karena pemandangan alamnya yang cantik, asri, sejuk, dan segar. Selain itu, disana juga terdapat pasir pantai yang lembut dan halus sehingga Anda merasa nyaman untuk bertelanjang kaki di sana.

Wisatawan dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang, bermain istana pasir, jalan-jalan menyusuri pantai, menaiki perahu, dan aktivitas seru lainnya. Pantai Pasir Putih menyediakan fasilitas berupa toilet, kapal motor, ruang bilas, dan masih banyak lagi. Pantai ini ramai dikunjungi terutama pada saat hari libur atau tanggal merah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

2. Pulau Balak

Pulau Balak

Image Credit: Instagram.com @deval.astrada

Pulau Balak adalah sebuah pulau kecil berpantai pasir putih yang indah di kawasan Teluk Pidada. Meski pulau ini tidak berpenghuni dan cukup sepi, wisatawan yang berkunjung tetap harus menjaga ketertiban di area pulau karena ada penjaga yang mengawasi para pengunjung yang datang.

Untuk pengunjung yang ingin berkemah atau merasakan beberapa hari menginap di pulau ini, pengelola menyediakan penginapan khusus. Disini pengunjung bisa snorkeling di laut, berenang, atau bersantai di tepi pantai pasir putihnya yang indah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek okasi
Alamat: Pulau Balak, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung.

3. Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga

Image Credit: Facebook.com (Bendung Tirta Gangga Lampung Tengah)

Danau Tirta Gangga bisa disebut sebagai tempat yang unik dan menarik karena bisa digunakan sebagai destinasi wisata dan bisa juga digunakan sebagai tempat religi, khususnya bagi orang yang menganut agama Hindu.

Namun, Danau Tirta gangga memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan karena kurangnya perawatan. hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya tumbuhan eceng gondok yang sebagian menutupi area danau.  Meskipun begitu, Danau Tirta Gangga masih menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sakti Buana, Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

4. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Image Credit: Instagram.com @dhammiko_indra

Pantai yang cukup unik ini merupakan salah satu spot wisata populer di Lampung yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur. Pantai ini terkenal karena karang-karang yang berjejer indah di tepi pantai bagaikan jajaran gigi hiu yang tajam.

Dengan harga tiket yang terjangkau Anda bisa mendapatkan banyak foto cantik dan instagramable. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah, atau hanya bersantai di tepi pantainya yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pekon Susuk, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

5. Menara Siger

Menara Siger

Image Credit: Indonesiakaya.com

Menara Siger merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi ikon khas Kota Lampung. Bangunan ini memiliki warna yang mencolok, yaitu kuning. Menara ini berada di titik nol Jalan Lintas Sumatera. Menara Singer termasuk salah satu ornamen yang menjadi kebanggaan warga sekitar.

Jika wisatawan berkunjung ke dalam menara, akan terlihat info-info yang berhubungan dengan Kota Lampung. Selain itu, ada juga peta lengkap Kota Lampung. Destinasi wisata ini sangat bagus untuk dikunjungi karena dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang mungkin masih baru untuk diketahui.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumatra, Bakauheni, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

6. Pantai Klara

Pantai Klara

Image Credit: Instagram.com @annisa.pitoyo

Kawasan wisata yang namanya merupakan singkatan dari kalimat kelapa rapat ini terkenal dengan banyaknya pohon kelapa yang menghias tepi pantainya. Tempatnya yang berada di kawasan Padang Cermin ini memiliki akses lokasi yang cukup mudah.

Pantai pasir putihnya memiliki ombak yang cukup tenang dan air lautnya sangat jernih sehingga tempat ini cocok untuk berenang dan bermain bersama anak-anak. Wisatawan yang ingin berkeliling laut bisa menyewa perahu atau kano.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

7. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata ini menyerupai taman laut. Pulau Pahawang memiliki pesona alam yang sangat indah dan cantik. Pesonanya tersebut bahkan sampai diketahui wisatawan asing. Pulau ini terbagi jadi dua, yaitu kecil dan besar. Wisatawan juga bisa bermalam disini sehingga tidak perlu bingung dan khawatir untuk mencari penginapan sementara saat liburan ke Lampung.

Pulau Pahawang menyediakan fasilitas diving sehingga pengunjung tidak merasa bosan saat berada di sana. Pulau ini terletak di Kecamatan Punduh Pidada. Selain untuk diving, Pulau Pahawang juga bagus untuk digunakan spot foto karena memiliki latar pemandangan alam yang asri dan natural.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran, Lampung.

8. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung

Image Credit: Instagram.com @irdarmaputri

Pantai Sari Runggung adalah salah satu tempat wisata tepi pantai di Teluk Pandan yang sangat populer. Meski pertama kali dibuka tahun 2015 dan masih terbilang baru, pantai pasir putih ini mampu mengambil tempat tersendiri di kalangan wisatawan. Pasalnya pantainya yang indah menjadi semakin menarik dengan pasir timbulnya yang ada di tengah laut.

Pengunjung dapat menjelajah masjid apung yang berada di tengah pantai dan menikmati berbagai macam kegiatan seperti berfoto, berbaring di tepi pantainya yang teduh, berenang atau berkuliner ria. Anda juga dapat merasakan serunya wahana air yang ada seperti jetski, banana boat, speedboat, kano dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Way Ratai KM. 14, Desa Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung.

9. Pantai Batu Lapis

Pantai Batu Lapis

Image Credit: Travelerien.com

Merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup unik di Kota Lampung. Pantai Batu Lapis memiliki keindahan alam yang menakjubkan ditambah dengan similir angin yang menyegarkan. Pantai ini lebih didominasi oleh bebatuan besar yang tersusun seperti lapisan. Hal tersebut menarik minat wisatawan untuk datang ke pantai ini.

Pantai Batu lapis berada di Kecamatan Rajabasa. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk mengisi waktu liburan mereka dan menambah koleksi foto album. Hal tersebut dikarenakan Pantai Batu Lapis banyak dijadikan sebagai tempat foto-foto.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tj. Heran – Penengahan No. 4, Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

10. Pantai Duta Wisata

Pantai Duta Wisata

Image Credit: Instagram.com @favscenery

Pantai Duta Wisata merupakan pantai yang masih cukup sepi pengunjung. Tempatnya yang berada di Teluk Betung Barat ini memiliki pemandangan pantai pasir putih yang indah dan laut yang sangat menawan. Beruntung untuk Anda yang hobi fotografi, tempat ini memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang sangat menawan.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Lampung yang Terkenal Enak

Anda dapat berenang dan menikmati berbagai wahana air yang ada di pantai. Selain itu, fasilitas umum yang ada cukup lengkap seperti mushola, tempat makan, toilet sekaligus ruang bilas, bahkan tempat pelelangan ikan juga tersedia di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksamana R.E.Martadinata, Kec. Tlk. Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

11. Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi

Image Credit: Twitter.com @PIKUNERS_

Wisatawan yang menyukai eksplorasi alam akan senang jika berlibur ke Air Terjun Lembah Pelangi. Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang cukup populer di kalangan masyarakat Lampung. Pemandangan alam yang ada di sekitar air terjun masih asri, hijau, sejuk, dan rindang.

Untuk pergi ke Air Terjun Lembah Pelangi membutuhkan persiapan karena harus melewati jalan yang cukup menantang. Namun, semua itu akan terbayar ketika sudah sampai ke air terjun yang cantik tersebut. Air Terjun Lembah Pelangi berada di Desa Sukamaju, Lampung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamaju, Kec. Ulubelu, Kab. Tanggamus, Lampung.

12. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan

Image Credit: Instagram.com @aanirool22

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang eksotis di daerah Lampung dengan pemandangan yang langsung memperlihatkan kemegahan Gunung Anak Krakatau. Pantai yang dahulu sempat dikelola oleh seorang wartawan lokal ini bisa dikunjungi dengan membayar tiket masuk yang cukup murah.

Tempat ini sangatlah lestari dan menawarkan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati panorama sunsetnya yang indah, bersantai sembari mencicip kuliner lokal yang khas, berkunjung ke sumber air panas, berfoto di Bukit Botak dan pergi ke Makam Pendekar yang ada tak jauh dari area pantai.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waymuli, kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

13. Way Kambas

Way Kambas

Image Credit: Batiqa.com

Banyak orang yang sudah mengetahui jika destinasi Way Kambas berada di Lampung. Way kambas adalah taman nasional sebagai tempat perlindungan Gajah Sumatera. Destinasi wisata ini sangat populer di Indonesia sehingga banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Lampung.

Di Way Kambas wisatawan dapat melihat spesies Gajah Sumatera yang dilindungi. Terdapat Pusat Konservasi satwa Gajah sehingga hewan ini tidak punah, bisa dijinakkan, dilatih, dan dikembangbiakkan. Way Kambas sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur, Lampung.

14. Puncak Mas

Puncak Mas

Image Credit: Instagram.com @suryaadharmaa

Kawasan wisata Puncak Mas berada di daerah perbukitan Tapis Berseri. Tempatnya yang berada di dataran tinggi yang sejuk dan asri cocok dikunjungi ketika sedang berlibur bersama keluarga.

Terlebih tempat ini menyediakan berbagai pilihan wahana bermain anak, lokasi outbond yang menantang untuk orang dewasa, cafe terbuka, dan spot berfoto yang unik. Tempat yang ramai dikunjungi ketika sore dan malam hari ini menarik biaya tiket masuk yang cukup murah yaitu Rp 20.000,- saja.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. PB. Marga, Sukadana Ham, Kec. Tj. Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

15. Air Terjun Curup Tujuh

Air Terjun Curup Tujuh

Image Credit: Ioflife.com

Destinasi wisata ini berada di Lampung Tengah. Air Terjun Curup Tujuh merupakan salah satu air mancur yang cukup terkenal. Air Terjun ini berada di Desa Marga Jaya, Lampung. Pemandangan alam yang ada di destinasi wisata ini sangat cantik dan menarik.

Untuk bisa berada di dekat lokasi, wisatawan harus menempuh jarak yang cukup jauh menggunakan kendaraan. Setelah itu, wisatawan harus berjalan kaki untuk bisa tiba di air terjun karena tidak  ada akses untuk kendaraan. Memang cukup melelahkan jika ingin berlibur ke Objek Wisata di Lampung ini, namun semua rasa lelah akan terbayar karena bisa menikmati kesegaran dan kejernihan air terjun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Marga Jaya, Selagai Lingga, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

16. Bukit Batu Tumpang

Bukit Batu Tumpang

Image Credit: Instagram.com @bubu_dapursimbok

Bukit Batu Tumpang di kawasan Lampung Tengah ini menarik wisatawan dengan keunikannya tersendiri. Hanya di tempat ini wisatawan dapat melihat bukit dengan bebatuan kecil yang menopang batu berukuran besar dan membuat pemandangan yang sangatlah menarik.

Pengunjung yang datang bisa menikmati kemegahan pemandangan alamnya yang hijau dan mempesona secara gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- saja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Payung Rejo, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

17. Pulau Condong

Pulau Condong

Image Credit: Wisatasumatera.com

Pulau Condong merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Lampung. Disebut Pulau Condong karena bentuk pulaunya yang jika dilihat dari jauh akan terlihat seperti ujung tombak. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam berupa pantai yang cantik dan pepohonan yang rindang.

Di Pulau Condong, wisatawan dapat berenang, menyelam, dan bermain di sepanjang area pantai. Sangat seru dan mengasyikkan jika mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur ke sini karena akan merasa seperti memiliki Pulau pribadi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tarahan, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

18. Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas

Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas

Image Credit: Lampung.co

Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas merupakan sebuah danau yang tercipta dari bekas galian area pertambangan. Tempatnya yang berada di Lampung Tengah ini sebenarnya bukanlah sebuah area wisata, tetapi karena sudah ditinggalkan dan memiliki pemandangan danau air biru yang indah, berubahlah tempat ini menjadi salah satu spot wisata.

Anda tidak memerlukan tiket masuk ke tempat ini alias gratis dan cukup membayar biaya parkir saja. Sayangnya jika ingin berkunjung dan menikmati pemandangannya yang mempesona Anda hanya bisa datang pukul 07.00 hingga 18.00 waktu setempat saja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Payung Mulya, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

19. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu

Image Credit: Kelilinglampung.net

Untuk bisa pergi ke destinasi wisata ini, diperlukan usaha yang ekstra karena perjalanannya yang tidak mudah sehingga banyak wisatawan yang tidak berkunjung ke destinasi ini. Walaupun begitu, bagi wisatawan yang suka menguji adrenalin dan suka berpetualang, destinasi wisata Air Terjun Putri Malu menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 80 meter ini berada di area sekitar Way Kambas sebelah kanan. Air Terjun Putri Malu menawarkan pemandangan alam yang asri dengan udara yang segar dan sejuk. Wisatawan juga dapat berenang untuk menikmati air terjun yang segar tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Juku Batu, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.

20. Danau Bekri

Danau Bekri

Image Credit: Instagram.com @shiro3d

Danau ini adalah danau yang cukup populer di Lampung karena timbunan tanahnya yang menjadi sebuah gundukan mirip pulau yang ada di tengah danau. Gundukan kecil tersebut memberi pesona tersendiri di danau ini dan pengunjung bisa menyeberang untuk berkeliling ke pulau tersebut melalui jembatan kayu yang disediakan.

BACA:  17 Wisata Pantai di Lampung Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- untuk biaya parkir motor dan biaya parkir mobil sebesar Rp 10.000,- karena pengelola membiarkan para pengunjung datang secara gratis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Bekri, Kec. Bekri, Kab Lampung Tengah, Lampung.

21. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan

Image Credit: Piknikasik.com

Destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Teluk Kiluan. Di Teluk Kiluan, wisatawan dapat melihat banyak ikan lumba-lumba secara langsung. Hal ini tentu menjadi kesenangan tersendiri karena tidak semua orang bisa melihat lumba-lumba dalam jumlah banyak secara langsung.

Wisatawan sebaiknya datang ke Teluk Kiluan pada bulan April hingga September. Namun, alangkah baik jika wisatawan terlebih dahulu menanyakan kepada petugas yang ada di sana tentang rencana untuk melihat lumba-lumba di destinasi wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pekon Desa Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

22. Air Terjun Curup Lestari

Air Terjun Curup Lestari

Image Credit: Google Maps (Alan Fadillah)

Air terjun yang indah ini berada di Desa Kota Batu daerah Pubian dan terletak di tengah hutan yang cukup hijau dan lebat. Pengunjung yang datang dapat menikmati pemandangan yang menyejukan dan sangat asri sembari merasakan kesegaran airnya yang jernih.

Meski berada di tengah hutan, tempat ini dikelola cukup baik dan memiliki fasilitas umum yang lengkap seperti akses jalan untuk motor, tempat parkir, ruang ganti pakaian, tempat makan, dan penjual cinderamata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Batu, Kec. Pubian, Kab. Lampung Tengah, Lampung.

23. Laguna Dodo

Laguna Dodo

Image Credit: Okezone.com

Laguna Dodo menawarkan untuk berlibur ke tempat yang bernuansa alami. Destinasi wisata ini harus ditempuh dengan kekuatan ekstra karena medan perjalanan yang cukup sulit. Banyak sekali pemandangan-pemandangan keren yang ada di Laguna Dodo. Untuk wisatawan pecinta alam, datang ke destinasi wisata ini akan menjadi pengalaman yang seru untuk di coba.

Objek wisata yang terdapat di Laguna Dodo banyak disukai karena destinasi wisata ini adalah sebuah kolam alami yang sangat indah. Wisatawan diharapkan membawa makanan sendiri saat berkunjung ke laguna Dodo karena di sana tidak tersedia warung makanan sehingga pengunjung harus membawa bekal jika ingin makan nantinya saat di perjalanan maupun saat tiba di lokasi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

24. Telogo Rejo Sendang Baru

Telogo Rejo Sendang Baru

Image Credit: Google Maps (Komang Okayana)

Telaga yang merupakan sumber dari pengirigasian sawah di area sekitar ini mempunyai pesona yang menyejukan dan sangatlah asri. Tempat ini menjadi salah satu spot memancing favorit karena memiliki jenis ikan air tawar yang beraneka ragam.

Tidak hanya itu ada pula kebun bunga yang indah dan kolam renang untuk anak-anak. Untuk berkunjung ke tempat ini wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pojok, Wono Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

25. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Image Credit: Sebats.com

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat yang paling disukai oleh para peselancar. Hal tersebut dikarenakan Pantai Tanjung Setia memiliki ombak yang cukup menantang, tidak gampang pecah, dan terus bergulung. Banyak orang yang ahli berselancar menantang dirinya untuk bermain diatas ombak Pantai Tanjung Setia.

Untuk wisatawan yang ingin berlibur ke sini, sebaiknya bermain di tempat yang aman dan jauh dari ombak karena cukup berbahaya jika main terlalu jauh sampai ke tengah pantai. Hal ini untuk menjaga keselamatan pengunjung. Walaupun begitu, pemandangan alam yang disuguhkan sangat menarik untuk dilihat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan, Lampung.

26. Way Belerang

Way Belerang

Image Credit: Instagram.com @ini_kaliandalampungindonesia

Way Belerang adalah sumber pemandian air panas alami dengan pemandangan Gunung Rajabasa yang menawan serta rindangnya pepohonan di dalam hutan. Untuk dapat menikmati wisata air panasnya pengunjung harus membayar biaya Rp 10.000,- yang tentu saja belum termasuk biaya tambahan untuk tiket masuk ke wahana-wahana lain.

Selain menjual sabun belerang dengan harga yang murah dan berkhasiat tinggi, tempat ini juga menawarkan tempat bermain anak, wahana outbond, kolam air tawar, mushola, gazebo serta hidangan kuliner yang lezat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalianda, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

27. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Image Credit: Beritagar.id

Bagi wisatawan yang hobi mendaki, destinasi wisata Gunung Krakatau menjadi pilihan yang patut di coba. Mendaki Gunung Krakatau sangat disukai wisatawan pencinta alam karena cukup menantang. Lokasinya berada di Selat Sunda. Namun, pemandangan alamnya sangat bagus dan cantik.

Perjalanan untuk menuju Gunung Krakatau dapat ditempuh memakai perahu motor. Jadi tidak semua kendaraan dapat digunakan untuk melakukan perjalanan menuju Gunung Krakatau. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat mendaki, seperti memancing, berkemah, dan melihat pemandangan alam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Anak Krakatau, Pulau, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

28. Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Batu Kapal

Image Credit: Instagram.com @favscenery

Pantai Guci Batu Kapal berada di Tengkujuh, Kalianda dan merupakan pantai dengan batu-batu karang yang menawan dan berbentuk persis seperti kapal. Pantai ini terkenal dengan pemandangan karangnya yang indah dan sunsetnya yang sangat mempesona.

Anda dapat berenang di lautnya yang tenang, bersantai atau berkemah di tepian pantai pasir putihnya yang halus, berfoto atau bermain bola pantai bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir, Maja, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

29. Pantai Mutun

Pantai Mutun

Image Credit: Agnesiarezita.com

Destinasi wisata ini berjarak 10 km dari pusat Kota Lampung. Pantai Mutun adalah salah satu tempat wisata yang menyediakan panorama alam yang indah. Pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dan penduduk sekitar.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Mutun sudah cukup lengkap seperti adanya perahu, waterboom, banana boat, pondok, perahu cano, dan fasilitas lainnya. Pantai Mutun cocok dijadikan sebagai wisata keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

30. Danau Lematang

Danau Lematang terkenal sebagai tempat pertambangan biji besi dan masih belum banyak dikenal wisatawan. Namun akses lokasi yang cukup sulit ditempuh sebanding dengan pemandangan yang bisa dilihat. Di tengah tanah coklat kemerahan yang kering, danau hijau ini bagaikan sebuah surga yang indah.

Sayangnya tempat ini berada di kawasan pertambangan yang berbahaya dan tertutup untuk umum, sehingga saat ini kawasan ini sedang ditutup untuk kunjungan publik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lkasi
Alamat: Lematang, Kec. Tj. Bintang, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

 31. Pantai Teluk Kiluan

Pantai Teluk Kiluan

Image Credit: Instagram.com @qubil24

Lampung terkenal akan jajaran pantai pasir putihnya yang cantik. Teluk Kiluan adalah salah satu pantai di Tanggamus yang sangat mempesona dan merupakan habitat dari ikan lumba-lumba. Anda dapat menikmati pemandangan lautnya yang biru kehijauan.

Untuk dapat menikmati pesona pantainya pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,-. Anda bisa menikmati pemandangannya yang menakjubkan, melihat atraksi lumba-lumba, berenang maupun snorkeling, bersantai sembari melihat sunset bahkan berkeliling dengan perahu.

BACA:  Puncak Mas, Objek Wisata Kekinian Hits di Bandar Lampung
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

32. Batu Layar

Batu Layar

Image Credit: Flickr.com

Tempat wisata ini berupa bebatuan besar yang ada di Pantai Pengadungan. Destinasi wisata ini berada di Desa Pengadungan, Lampung. Batu Layar memiliki bentuk yang unik karena menjorok ke atas sehingga terlihat seperti layar.

Destinasi wisata Batu Layar sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk para fotografer karena suasana alamnya yang indah, cantik, dan tenang. Wisatawan dapat memiliki spot foto yang bagus di Batu Layar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pekon Susuk, Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung.

33. Pantai Canti

Pantai Canti

Image Credit: Instagram.com @romi_aprilyansa

Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan udara yang sejuk dan tempat yang rindang karena dipenuhi oleh banyak pepohonan di sekeliling garis pantainya. Memiliki air yang jernih dan tenang membuat tempat ini cocok untuk diving dan berenang.

Anda bisa menikmati berbagai batu koral dan karangnya yang unik, serta berkunjung ke goa alamnya indah. Anda juga bisa menikmati sejuknya udara sembari bersantai di tepi pantainya yang teduh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waymuli, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

34. Pasir Timbul

Pasir Timbul

Image Credit: Pergidulu.com

Destinasi wisata yang satu ini cukup populer dan sangat unik. Banyak wisatawan yang penasaran sehingga datang ke destinasi wisata ini. Pasir Timbul memberikan pemandangan yang sangat cantik dan bagus.

Pasir Timbul merupakan perpaduan antara pasir putih dengan laut biru sehingga menghasilkan objek wisata yang indah. Lokasinya juga bersih sehingga membuat orang betah berlama-lama di sana. Banyak aktivitas yang dilakukan wisatawan seperti berenang dan berjemur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Timbul, Padang Cermin, Bandar Lampung, Lampung.

35. Kawah Suoh

Kawah Suoh

Image Credit: Instagram.com @inigehlampung

Tempat seluas 128 km dengan geothermal yang cukup tinggi ini memiliki panorama alam yang mempesona apalagi dengan asap panasnya yang mengepul keluar setiap saat. Pengunjung yang ingin menikmati pemandangannya tidak dikenakan tiket masuk, Anda hanya harus membayar biaya sewa Rp 50.000,- hingga Rp 100.000 per unit motor trail.

Anda dapat menikmati pemandangan Danau Asam yang dapat dilihat jika Anda menyewa perahu. Kemudian tidak hanya pemandangan danau yang indah, pengunjung juga akan dimanjakan oleh megahnya pasir kuning dan sabana hijau yang mempesona.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suka Marga, Kec. Suoh, Kab. Lampung Barat, Lampung.

36. Air Terjun Way Kalam

Air Terjun Way Kalam

Image Credit: Instagram.com @syah_herwan

Air terjun setinggi 40 meter ini merupakan salah satu spot wisata populer di Lampung. Airnya yang deras sangatlah jernih dan segar. Keindahannya sangatlah luar biasa dan ketika berkunjung harus diabadikan oleh foto.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangannya sembari bersantai di gazebo. Anda dapat menikmati pemandangannya yang mempesona dengan membayar tiket masuk Rp 5.000,-.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Way Kalam, Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

37. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Image Credit: Instagram.com @eghaliter

Taman nasional ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur ditempat yang rindang dan diiringi kicauan burung yang merdu. Taman ini buka Senin hingga Jumat pada pukul 07.30 hingga 16.00 waktu setempat.

Di taman ini pengunjung bisa melihat hewan-hewan langka yang dilindungi seperti badak Sumatera, harimau Sumatera, gajah Sumatera dan masih banyak lagi. Anda juga bisa merasakan rasanya menaiki gajah sebagai tunggangan selama berkeliling taman.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda no 19 KM 1, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus, Lampung.

38. Pulau Kubur

Pulau Kubur

Image Credit: Instagram.com @budhi_marta_utama

Pulau seluas 5 hektar ini disebut sebagai surganya para pemancing dan rumah dari berbagai macam jenis ikan. Pulau kecil dan tidak berpenghuni ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

sinipun sangatlah mempesona. Pemandangannya yang indah ini bisa dinikmati secara gratis dengan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 10 menit dari Pantai Puri Gading.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Kubur, Kec. Tlk. Betung Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

39. Danau Ranau

Danau Ranau

Image Credit: Instagram.com @akunrino

Danau yang berada di perbatasan Sumatera dan Lampung ini sangatlah fantastis. Airnya yang jernih dan berwarna biru serta alam daerah pegunungannya yang mempesona mampu membuat para wisatawan berbondong-bondong datang.

Selain kaya akan berbagai jenis ikan, tempat ini juga kaya akan ekosistem tanaman dan hewan yang terbentuk alami. Wisatawan juga dapat merasakan wisata air panas dan belerang di dekat danau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Lampung Barat, Lampung dan Kab. Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

40. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau

Image Credit: Instagram.com @ewin_piyoe_wesuiranangalaz

Gunung yang berada di Selat Sunda ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan rasanya pendakian yang seru dan menantang. Untuk dapat menjajal tracking ke area Anak Krakatau ada berbagai macam harga tergantung dari paket wisata yang dipilih.

Selama berkunjung ke lokasi gunung ini Anda akan melihat pemandangan laut biru yang megah, serta melihat kawasan gunung yang asri. Sayangnya untuk berkunjung, Anda harus memastikan dahulu keamanan dan kondisi lokasi lantaran gunung ini masih berstatus aktif.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Anak Krakatau, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

41. Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa

Image Credit: Instagram.com @fajarhw

Pantai Dewi Mandapa merupakan pantai yang terkenal di kalangan anak muda. Pasalnya tempat ini memiliki keindahan yang tidak kalah cantik dari pantai-pantai di Bali. Selain itu pantai ini memiliki tarif masuk yang murah yaitu hanya Rp 10.000,- saja.

Selain menikmati pemandangannya yang mempesona, pengunjung juga bisa bersnorkeling, berenang, dan menikmati jajanan kuliner pantainya yang lezat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

42. Curup Gangsa

Curup Gangsa

Image Credit: Instagram.com @mansuraza

Curup ini marupakan destinasi wisata air terjun yang baru di daerah Way Kanan. Selain lokasi air terjunnya yang bersih dan asri, tempat ini juga cocok dijadikan tempat berkemah bersama keluarga.

Untuk dapat melihat pemandangan curup yang indah pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- saja. Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Way, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung.

43. Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang

Image Credit: Instagram.com @geolampung

Air Terjun Ciupang hanya memerlukan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,-. Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan dikelilingi oleh area hutan yang hijau.

Ada banyak spot foto yang instagramable serta lokasinya yang jauh di dalam hutan akan membuat Anda merasakan indahnya panorama hutan hijau yang menjadi satu dengan pemandangan air terjun yang megah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sumberjaya, Kec. Way Ratai, Kab. Pesawaran, Lampung.

44. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan

Image Credit: Google Maps (Kakak Zack)

Bukit Pangonan merupakan salah satu tempat wisata alam kekinian yang menyajikan pemandangan alam perbukitan yang hijau dan berbagai wahana kreatif lainnya. Tempatnya yang berada di daerah Talang Air memberi warna yang cukup berbeda.

Menariknya tempat ini daerah spot foto yang beragam dan cocok untuk Anda yang sedang berburu foto yang instagramable dan ikonik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung.

45. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Image Credit: Google Maps (bocalali omah)

Taman ini menawarkan hamparan kebun karet dan keindahan hutan hijau yang luar biasa yang dapat dilihat dari atas batu granit yang tersusun alami.

Untuk berkunjung Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp 10.000,- saja, dan sangat disarankan untuk datang berkelompok di siang hari karena lokasinya yang masih cukup sepi. Tempatnya yang indah cocok sebagai lokasi berfoto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tj. Bintang Raya, Jati Indah, Kec. Tj. Bintang, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Itulah beberapa rekomendasi Destinasi Wisata di Lampung. Mengetahui tempat wisata di Kota tujuan sebelum berangkat ke sana merupakan hal yang kecil tapi sangat penting untuk dilakukan supaya Anda nantinya tidak bingung dalam memilih destinasi wisata.