Taman Nasional Way Kambas, Tempat Konservasi Kaya Keanekaragaman Hayati di Lampung

Taman Nasional Way Kambas, Tempat Konservasi Kaya Keanekaragaman Hayati di Lampung

Taman Nasional Way Kambas merupakan kawasan konservasi di Lampung Timur yang kaya keanekaragaman hayati, termasuk Badak, Harimau, Gajah, Tapir dan Beruang Madu. Kawasan ini siap menjadi tempat edukasi yang menarik.

Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 08.00-18.00, Alamat: Jl. Raja Basa Lama, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur, Lampug; Map: Cek Lokasi

Taman Nasional Way Kambas merupakan area konservasi yang berada di dataran rendah Lampung, Sumatera. Tempat inilah yang menjadi lokasi perkembangbiakan flora dan fauna di habitat aslinya. Bahkan beberapa hewan langka juga ada di sini. Apalagi daerahnya yang luas membuat area taman memiliki banyak spot yang menarik.

Taman Nasional ini dibangun pada tahun 1936 dan diberi nama Suaka Margasatwa Way Kambas. Namun, seiring berjalannya waktu nama mulai berubah hingga puncaknya pada tahun 1989. Jadilah nama Taman Nasional Way Kambas di deklarasikan sebagai nama resmi hingga saat ini. Taman yang berada di provinsi Sumatera ini memiliki luas yang fantastis.

Di dalamnya terdapat berbagai tempat konservasi flora dan fauna yang beragam. Selain itu kenampakan alamnya juga luar biasa memukau. Mulai dari rawa, semak hingga hutan lebat yang menambah asri suasana. Pastinya berkunjung kesini tidak akan membuat Anda kecewa. Apalagi selain wisata, TN Way Kambas bisa menjadi tempat edukasi anak yang recomended.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Way Kambas

Daya Tarik Taman Nasional Way Kambas

Image Credit: Google Maps (Muchtadlirin)

1. Terletak di Tujuh Kecamatan yang Berbeda

Daya tarik yang dimiliki oleh taman nasional ini memang cukup beragam, salah satunya adalah letaknya yang mencakup tujuh kecamatan sekaligus. Bagaimana tidak, bahkan luasnya sendiri mencapai 1300 hektare. Sungguh ukuran yang fantastis untuk sebuah taman nasional di Indonesia. Maka tidak heran tujuh kecamatan pun dilahap habis untuk pendirian taman ini.

Diantara tujuh kecamatan tersebut adalah Seputih Surabaya, Rumbia, Sukadana, Purbolinggo dan Maringgai. Meski begitu letaknya tetaplah berada di kawasan Lampung Tengah. Oleh karenanya pengunjung pasti akan mendapatkan pengalaman unik jika memutuskan untuk pergi ke wisata ini.

Selain itu Way Kambas juga dipenuhi dengan ekosistem hutan yang berada di dataran rendah. Anda pun pasti akan sering melihat rawa, semak belukar, maupun pantai di daerah tersebut. Tidak heran popularitasnya sebagai tempat wisata sudah terbang hingga ke mancanegara.

2. Tempat Pelatihan Gajah

Karena lokasinya yang dipenuhi dengan hutan lebat, beberapa satwa seringkali bertandang ke pemukiman penduduk. Hewan tersebut juga termasuk gajah yang menghuni hutan taman nasional. Untuk menanggulangi keadaan tersebut, pengelola Taman Nasional Way Kambas kemudian memutuskan untuk melakukan pelatihan terhadap gajah liar. Jadi tidak hanya sebagai tempat wisata, Way Kambas juga bisa menjadi tempat edukasi yang cukup menarik.

BACA:  Indahnya Pantai Minang Rua, Pantai Pasir Putih di Lampung Selatan

Di sini gajah-gajah akan dijinakkan sesuai dengan prosedur. Kemudian akan diajak untuk melakukan pertunjukan seperti bermain bola, menari dan lain sebagainya. Pastinya atraksi dari gajah di taman nasional ini akan membuat Anda semakin mencintai hewan. Bahkan gajah yang ada di tempat konservasi tersebut jumlahnya mencapai 300 ekor.

3. Suaka Rhino Sumatera di Taman Nasional

Seperti yang kita tahu, Sumatera memiliki hewan khas yang dinyatakan hampir punah. Apalagi kalau bukan badak Sumatera. Di Indonesia populasi badak Sumatera memang menurun secara signifikan. Oleh karenanya hewan tersebut masuk ke dalam jajaran satwa yang dilindungi. Nah, di TN Way Kambas Anda bisa menyaksikan dengan jelas bagaimana hewan tersebut dilestarikan.

Selain itu, taman nasional ini adalah satu-satunya taman yang melakukan perkembangbiakan badak Sumatera di Dunia. Tidak heran, berbagai penelitian juga dilakukan untuk membuat badak Sumatera tidak punah dan terus lestari. Oleh karenanya terkadang pengelola taman akan membatasi jumlah pengunjung untuk kepentingan penelitian. Meski begitu, badak tersebut tetap dibiarkan di tempat aslinya yaitu hutan Way Kambas, Lampung, Sumatera.

4. Surga Mamalia di Sumatera

Taman Nasional Way Kambas tidak hanya memiliki konservasi gajah dan badak saja. Di tempat tersebut juga ada hewan langka lainnya seperti beruang madu, tapir, ayam hutan, rangkong, dan lain sebagainya. Bahkan kawasan taman tersebut juga dikenal kaya akan ketersediaan biodiversitas yang tinggi. Tidak heran baik flora maupun fauna masih terkonservasi dengan baik.

Dipastikan Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik di tempat ini. Bagaimana tidak, menjadi salah satu destinasi wisata alam, Way Kambas memang memiliki keunikan yang beragam.

Mulai dari desain tempat, lokasi yang alami berupa hutan dan rawa, padang rumput hijau yang luas dan lain-lain. Selama kemari sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan dengan deretan hewan beserta kawanannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi TN Way Kambas

Alamat TN Way Kambas

Image Credit: Google Maps (Aqwin Polosoro)

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, tempat yang satu ini berada di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Lampung Timur. Untuk yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Dari kota tersebut berkendaralah menuju Way Jepara, lama perjalanan kira-kira dua jam untuk rute ini.

Sedangkan yang ingin memulai perjalanan dari Branti, menuju Way Jepara hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja. Dari Way Jepara lanjutkan perjalanan hingga menemukan Way Kanan yang merupakan pintu masuk menuju TN Way Kambas.

BACA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong Hits di Bandar Lampung yang Bikin Betah

Bagi yang ingin ke Way Kambas dengan menaiki fasilitas umum, bisa menaiki bus dari terminal Raja Basa. Selanjutnya turunlah di Way Jepara dan lanjutkan perjalanan menggunakan ojek untuk sampai ke Way Kanan. Untuk mencari Taman Way Kambas tidaklah sulit sebab lokasinya memang tidak begitu jauh dari pusat kota.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Nasional Way Kambas

Harga Tiket Taman Nasional Way Kambas

Image Credit: Google Maps (Arief Jhonson Aurellio Riyadi)

Dengan spot yang beragam, Taman nasional ini juga memiliki tarif yang setimpal agar pengunjung dapat menikmati berbagai spot yang ada. Meski begitu, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa masuk ke tempat ini. Cukup dengan menyediakan uang sebesar Rp 7.000 untuk satu orangnya. Sedangkan bagi yang membawa mobil, biaya parkirnya sekitar Rp 10.000.

Di bagian pintu masuk taman, pengunjung akan mendapati beberapa penjual pisang. Biasanya wisatawan akan membeli pisang untuk diberikan kepada gajah yang ada di sana. Jika Anda berminat, harga pisang dibanderol mulai harga Rp 10.000. Taman ini dibuka sejak pukul 08.00 sampai 18.00.

Jika dilihat lebih jauh, dengan harga tiket yang murah tersebut Anda bisa leluasa menjelajahi kawasan taman nasional adalah hal yang menguntungkan. Sehingga liburan pun akan menjadi semakin mengesankan. Apalagi pengunjung juga bisa berinteraksi dengan satwa yang ada. Pastinya satwa tersebut memang sudah jinak karena telah menjalani pelatihan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di TN Way Kambas

Aktivitas di TN Way Kambas

Image Credit: Google Maps (Wahyu Zera)

1. Menaiki Gajah

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa tempat ini menjadi salah satu lokasi penjinakan dan pelatihan gajah. Dengan cara pelestarian yang tetap berada di habitat aslinya, berbagai gajah yang ada akan dilatih untuk melakukan beberapa atraksi. Salah satunya adalah dengan mengajak pengunjung berkeliling kandang gajah.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba aktivitas menaiki gajah ketika berada di Taman Nasional Way Kambas. Untuk per orangnya tarif yang dibanderol mulai dari Rp 20.000. dengan biaya tersebut Anda akan merasakan berkendara dengan gajah sejauh 100 meter.

2. Menonton Atraksi Langka Gajah Sumatera

Kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di wisata Taman Nasional adalah melihat bagaimana gajah tersebut melakukan atraksi yang menantang. Bahkan Anda pun akan kagum bagaimana gajah tersebut mampu memahami perintah sang pawang.

Gajah yang berada di konservasi ini memang sengaja dilatih agar tidak secara liar memasuki kawasan penduduk. Beberapa pelatihan yang diberikan adalah memberikan kalung, bermain bola, tarik tambang, dan lain-lain.

3. Berkemah

Teruntuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di taman nasional bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Anda tidak perlu takut terserang hewan liar yang ada di hutan, pasalnya pengelola telah menyediakan tempat khusus untuk aktivitas ini. Tentu saja area perkemahan tersebut juga menerapkan peraturan tertentu agar pengunjung tetap tertib.

BACA:  Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lampung

Para pecinta alam, flora dan fauna pasti akan sangat senang berada di tempat ini. Sambil berkemah, Anda bisa duduk santai mengamati berbagai satwa di area konservasi. Pastinya jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah sendiri ya. Lokasi perkemahan ini berada di Bumi Perkemahan Way Kanan.

4. Hunting Foto Keren di Berbagai Spot Menarik

Selain berinteraksi dengan berbagai satwa yang ada pengunjung juga bisa mencari spot menarik untuk berfoto. Dengan luas daerah yang mencakup ribuan hektare bukan hal yang mustahil banyak yang bisa jadi background momen terbaik Anda. Bahkan pengunjung juga dapat berfoto dengan gajah, badak Sumatera, dan lain sebagainya.

Temukan pula padang rumput luas tempat para gajah bersama kawanannya. Jelajahi hutan dan temukan berbagai jenis flora. Dan jangan lupa untuk membawa kamera pro supaya hasil foto Anda juga nampak memukau.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Way Kambas

Fasilitas Taman Nasional Way Kambas

Image Credit: Google Maps (Adhy Wibowo)

1. Area Parkir Kendaraan

Menjadi taman dengan lokasi yang cukup luas, TN Way Kambas memiliki area parkir yang memadai. Di mana baik kendaraan roda dua maupun empat akan aman jika diletakkan di area parkir tersebut. Meski begitu tentu tetap ada biaya parkir yang akan dibebankan kepada pengunjung.

2. Resort Way Kanan

Untuk yang sudah lelah berkeliling dan memutuskan akan melanjutkan kegiatan esok hari bisa menginap dulu di Resort Way Kanan. Penginapan ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat. Apalagi lokasinya yang memang dekat dengan TN Way Kambas itu sendiri. Untuk fasilitas resort tentu saja tidak beda jauh dengan hotel pada umumnya.

3. Toko Cinderamata

Di bagian taman nasional pengunjung juga akan menemukan toko souvenir atau cinderamata yang bisa dibawa pulang. Jadi, Anda bisa belanja oleh-oleh di toko tersebut tanpa harus lama mencari. Setidaknya ada 4 toko cinderamata yang bisa Anda kunjungi di taman ini.

4. Toilet Umum

Fasilitas yang tidak boleh ketinggalan dan Haris ada di sebuah tempat wisata adalah toilet umum. Di Way Kambas sendiri sudah ada kamar mandi yang bisa digunakan oleh pengunjung. Sehingga Anda pun tidak perlu bingung ketika ingin buang air.

Berbagai hal mengenai Taman Nasional Way Kambas di atas setidaknya membuat Anda tahu bahwa Indonesia juga memiliki tempat konservasi terbaik. Mulai dari daya tarik, kegiatan yang bisa dilakukan, hingga fasilitasnya sudah cukup membuat wisatawan mancanegara ikut tertarik berkunjung kesini. Untuk Anda yang penasaran, langsung saja mengunjungi taman yang ada di Lampung, Sumatera.