Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-16.00, Alamat: Desa Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi selanjutnya yaitu Curug Muara Jaya. Wisata alam yang berada di daerah Majalengka ini memiliki keindahan dan pesona alam paling banyak dilirik para wisatawan. Objek wisata ini selalu ramai oleh wisatawan baik hari biasa maupun hari liburan.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan menuju objek wisata tersebut. Hamparan luas pemandangan keindahan alam yang masih alami tentu akan memanjakan mata setiap orang yang kesini.

Terlebih air terjun Muara Jaya ini memiliki 2 tingkat yang menakjubkan untuk dilihat. Ketinggian air terjun disini juga lumayan tinggi yakni 60 meter untuk air terjun utamanya. Sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian lebih rendah yaitu 13 meter. Sekitar lokasi air terjun terdapat berbagai macam pepohonan rindang yang tumbuh menjalar, menambah nilai kealamian curug ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Muara Jaya

Daya Tarik Curug Muara Jaya
Image Credit: Instagram.com @n.dar_

1. Air Terjun Bertingkat

Keunikan lainnya yang dapat ditemui di air terjun Muara Jaya, yakni memiliki 2 tingkat atau biasa disebut cascade. Seperti dibahas sebelumnya, 2 air terjun disini memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Air terjun utama memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Tentu cukup tinggi untuk sebuah curug yang terbuat dari proses alam.

Dengan keunikannya ini, tak heran jika air terjun ini dapat memukau banyak pengunjung. Tak sedikit pula yang rela berbasah-basahan guna menikmati kesegaran air disini.

2. Hamparan Alam yang Luas dan Mempesona

Pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam serta pepohonan yang rindang di sepanjang perjalanan menuju Curug Muara Jaya. Selain itu, air terjun yang menawan dan bebatuan kecil hingga besar yang berada di bawah air terjun yang mengalirkan air yang jernih dan segar, memberikan kesan tersendiri.

Pengunjung dapat melihat lebatnya pepohonan yang rindang dengan mata telanjang. Merasakan kealamian bumi tanpa debu dan polusi. Pemandangan dedaunan yang hijau rimbun serta udara alami yang menakjubkan akan membuat pikiran menjadi tenang.

3. Udara yang Sangat Sejuk

Salah satu yang dicari pengunjung saat berwisata di alam yakni kesejukan dan keindahan alam. Objek wisata alam ini, menyuguhkan udara yang sejuk, alami, dan dapat membuat pikiran menjadi tenang. Karena lokasinya yang sangat jauh dari kota, jadi tidak memungkinkan terkontaminasi dengan polusi.

Pengunjung dapat menikmati udara yang sejuk dengan menikmati sensasi dinginnya air terjun dan keindahannya, serta pemandangan alam yang sangat mengagumkan. Dengan berbagai pepohonan rindang, hamparan kebun sayur mayur yang nampak luas karena tanah di sana sangat subur.

Daya Tarik Dimiliki Curug Muara Jaya
Image Credit: Instagram.com @lekiwae

4. Menyediakan Arena Camping

Arena ini ditujukan untuk para pengunjung yang ingin merasakan sensasi segarnya alam dan dinginnya hutan di malam hari sekitar Curug Muara Jaya. Saat malam hari yang terasa dingin, ditemani dengan suara alam dan suara air terjun.

Jika camping, jangan lupa untuk membawa peralatan camping seperti senter, jaket yang tebal, sleeping bag, matras, dan tenda. Karena saat malam hari suhu disana akan terasa sangat dingin. Jangan lupa untuk membawa kompor dan korek api untuk membuat kopi panas sebagai penghangat tubuh.

5. Bangunan Pendopo

Terdapat dua bangunan pendopo, satu besar dan satu lagi kecil. Bangunan ini bernama Balai Pertemuan Muara Jaya. Bangunan tersebut terletak tidak jauh dari lokasi air terjun, dan digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung.

Jadi, tidak perlu khawatir apabila telah usai bermain dan menikmati pemandangan air terjun Muara Jaya, telah disediakan tempat untuk beristirahat. Dengan bersantai menikmati pemandangan alam disana, pengunjung juga dapat menikmati beberapa kuliner yang telah disediakan di beberapa warung di sekitarnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Muara Jaya

Alamat Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Agus Catim)

Lokasi Curug Muara Jaya ini berada di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Lebih tepatnya berlokasi di Kampung Apuy, Desa Argamukti. Akses jalan masuk ke lokasi wisata berada di jalan utama Majalengka – Cikijing, tepatnya di kecamatan Maja. Perjalanan dapat diteruskan ke arah timur dimana desa Argalingga berada.

Perlu diperhatikan, kondisi jalan disini terbilang cukup sempit, menanjak, dan berkelok cukup tajam, sehingga sangat sulit untuk kendaraan yang berpapasan. Beberapa aspal rusak dan banyaknya bebatuan dan lubang di sekitar 2 km terakhir juga terlihat di desa Aigalingga.

Sesampainya di lokasi, Anda akan bertemu pertigaan, lalu pilih arah kiri yang mengarah ke Ruajagaluh melewati Kecamatan Sindang dan Garaswatu, dimana merupakan jalan alternatif menuju lokasi wisata. Setelah itu, Anda akan menemukan belokan kanan ke desa Argamukti, lokasi dimana air terjun Muara Jaya berada.

Perjalanan tidak hanya sampai disini, jarak dari pertigaan tersebut setidaknya 2 km dari desa Argamukti. Dan akses menuju lokasi terbilang cukup sempit, aspal yang rusak, dan beberapa tanjakan tajam.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung dengan kendaraan umum, maka Anda bisa menggunakan angkutan umum dari kota Majalengka seperti L-300 atau Elf yang ke arah Maja. Setelah sampai di kecamatan Maja, lalu berhenti di area pasar dan carilah pertigaan tepat di sebelah terminal bus. Kemudian ambil jalan kiri mengarah ke gunung Ciremai hingga sampai di desa Argamukti.

Perjalanan selanjutnya diteruskan bisa diteruskan menggunakan mobil pick up. Anda hanya cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 4000 saja hingga sampai lokasi di dekat Curug.

Jika bingung, masih ada alternatif lainnya yaitu menggunakan ojek yang juga tersedia sekitar pasar. Biaya untuk kendaraan ojek sekitar Rp 10.000 per penumpang. Selanjutnya memasuki desa Argamukti, dan akan menemui pertigaan lalu ambil ke arah menuju curug. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Jika sduah sampai di sekitar lokasi, perjalanan Anda tinggal diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan kecil, namun telah di paving, kurang lebih jaraknya 300 meter.

Harga Tiket Masuk Curug Muara Jaya Majalengka

Harga Tiket Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Kang Paket)

Saat memasuki objek wisata seperti Curug Muara Jaya pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya pun beragam, untuk tiket dewasa sebesar Rp 15.000 per orang, tiket masuk khusus anak-anak Rp 5.000 per orang.

Serta akan dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp 3.000 per unit, dan parkir motor dikenakan Rp 5.000 per unit. Selain itu Curug ini juga menawarkan tempat untuk para pecinta alam untuk melakukan camping, dengan harga tiket Rp 20.000 per orang.

Jam operasionalnya sendiri dibuka setiap hari 24 jam nonstop bagi para pengunjung yang camping, apabila pengunjung tidak camping maka pukul 17.30 sudah harus kembali ke atas.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Muara Jaya

Kegiatan di Curug Muara Jaya
Image Credit: Instagram.com @moch4n.sr

1. Bermain Air yang Sangat Menyegarkan

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan ketika berwisata di air terjun ini yaitu Bermain air di bawah tepat air terjun mengalir. Air terjun tersebut sangat jernih, terawat dan menyegarkan. Tidak jarang para pengunjung bermain air terjun disana.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena kemungkinan besar baju akan basah terkena air. Serta peralatan mandi seperti sabun, sampo, dan handuk demi kenyamanan Anda.

2. Arena Bermain anak

Sebagai pelengkap di Curug Muara Jaya ini, terdapat arena bermain anak, yang dapat Anda temukan di tengah perjalanan menuju curug. Jadi, jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa memanjakan anak-anak dengan bermain di lokasi ini.

Kegiatan Menarik di Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Aris Baid)

3. Camping

Bagi para kaum pecinta alam, curug ini menyediakan arena khusus untuk camping. Jaraknya tidak terlalu jauh dengan lokasi curug berada, ketika menuruni tangga akan ada petunjuk untuk menuju lokasi camping.

Para pengunjung dapat merasakan bagaimana sunyi, dan dinginnya alam ketika malam hari. Deburan air terjun beserta suara alam lainnya. Hal ini cocok dilakukan ketika liburan telah tiba.

4. Hunting Foto

Hunting foto adalah salah satu hal wajib yang dilakukan para pengunjung untuk dapat mengabadikan kenangan manis agar tidak terlupakan. Terutama kaum milenial, yang berburu spot foto yang menarik.

Curug ini memberikan spot foto dengan memberikan bentangan alam yang luas serta hijaunya dan rimbunnya dedaunan hutan. Ditambah dengan spot foto berlatarkan air terjun curug tersebut akan memberikan nilai estetika tersendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Muara Jaya Majalengka

Fasilitas di Curug Muara Jaya
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Beberapa fasilitas dan sarana di wisata tersebut tergolong sangat lengkap dan memadai. Terdapat tempat parkir yang sangat luas, musholla, balai pertemuan/bangunan pendopo, panggung hiburan untuk acara gathering, arena untuk bermain anak, kamar mandi umum, dan camping ground.

Jalan setapak menuju lokasi curug juga cukup aman. Selain itu, tersedia warung makanan untuk mengisi perut kosong usai bermain air. Jadi, Anda tidak perlu merasa kelaparan jika berwisata di curg yang satu ini.

Demikianlah sedikit ulasan tentang wisata alam Curug Muara Jaya yang berada di Majalengka. Keindahan air terjun ini memang layak masuk list wisata ketika liburan tiba. Semoga informasi yang saya berikan dapat menginspirasi, terkhusus bagi para wisatawan yang ingin singgah di objek wisata tersebut.