16 Tempat Wisata di Majalengka

Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan khususnya di musim-musim liburan sekolah, tidak heran memang karena di Majalengka terdapat banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Secara Geografis, Majalengka terbagi atas dataran rendah dan tinggi sehingga pilihan untuk tempat wisata semakin beragam. Keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Secara detailnya, daerah utara Majalengka berupa dataran rendah, bagian tengah berupa perbukitan, dan daerah selatan berupa pegunungan yaitu area dari Gunung Ciremai.

Dengan kondisi geografis Majalengka yang bervariasi, membuat kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam sangat menarik. Dan berikut ini ada 16 Tempat Wisata di Majalengka yang wajib Anda kunjungi.

1. Jembar Waterpark

Jembar Waterpark

Lokasi: Ranji Wetan, Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Tomiorentalmobilcirebon.com

Majalengka menghadirkan area bermain air bernama Jembar Waterpark. Waterpark ini memiliki konsep menarik berupa tema dinosaurus. Oleh karena itu, jangan heran bila Anda banyak menemukan patung atau dekorasi yang berkaitan dengan dinosaurus. Jembar Waterpark memiliki banyak wahana seru dan aman sehingga cocok menjadi tempat piknik keluarga.

Fasilitas lain yang tersedia adalah gazebo untuk tempat beristirahat dan tempat menunggu, kamar mandi sebagai tempat membilas tubuh, area parkir, dan lain sebagainya. Jembar Waterpark terletak di Jalan Dukuh Jeruk, Ranjiwetan, Kasokandel. Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 20.000 untuk anak-anak dan dewasa.

2. Taman Wisata Linggarjati

Taman Wisata Linggarjati

Lokasi: Linggasana, Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Twitter @mikepurba

Gunung Ciremai sangat sering dijadikan destinasi wisata oleh banyak orang. Ketika berkunjung, jangan lupa untuk mampir ke Taman Wisata Linggarjati yang terletak di salah satu rute daki. Taman wisata ini berupa area hutan luas yang termasuk dalam hutan lindung di Gunung Ciremai. Ada banyak flora dan fauna yang tumbuh dan dirawat di taman wisata ini.

Ada banyak fasilitas dan wahana lain yang seru di Taman Wisata Linggarjati. Jika berminat, Anda bisa berkunjung ke Taman Wisata Linggarjati yang beralamat di Jalan Bandorasa-Linggarjati, Linggamekar. Taman wisata ini buka setiap hari mulai 08.00-18.00. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 4.000 per orang.

3. Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan Teh Cipasung

Lokasi: Cipasung, Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Piknikasik.com

Majalengka memiliki area dataran tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebun teh. Berkunjung ke kebun teh akan memberikan perasaan damai sehingga patut masuk dalam daftar tempat yang akan dikunjungi di Majalengka. Sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan daun teh yang hijau dan menyegarkan mata.

Perkebunan Teh Cipasung ada di Desa Cipasung, Lebagsugih. Dari pusat Majalengka, Anda harus menempuh jarak 50 km dihitung dari alun-alun kota. Harga tiket masuk yang harus dibayar adalah Rp 3.500 per orang. Akan lebih menarik apabila Anda datang ketika musim panen dan melihat petani memetik daun teh.

4. Curug Sidomba Kuningan

Curug Sidomba Kuningan

Lokasi: Jalaksana, Peusing, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Wisata-tanahair.com

Di kaki Gunung Ciremai terdapat air terjun menarik, yaitu Curug Sidomba. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Daya tarik lain dari Curug Sidomba adalah banyaknya domba dengan tanduk lebih dari dua. Selain itu, di air terjun ini terdapat beragam ikan mas dan ikan Kancra Bodas.

Tempat lain di sekitar Curug Sidomba adalah adanya menara Asmaul Husna dengan anak tangga berjumlah 99. Di puncak menara Anda bisa melihat pemandangan kaki gunung yang indah. Curug Sidomba ada di daerah Peusing, Jalaksana, Kuningan. Anda bisa berkunjung bersama dengan keluarga untuk mengisi waktu berlibur.

5. Goa Lalay

Goa Lalay

Lokasi: Desa Sukadana, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Sportourism.id

Wisata alam lain yang menantang adalah Goa Lalay. Goa Lalay disebut-sebut sebagai green canyon khas Majalengka. Agar bisa masuk ke dalam Goa Lalay, Anda harus berjalan dengan hati-hati. Jalanannya hanya setapak dan samping kanan kiri terdapat jurang yang dalam. Meskipn begitu, petualangan tersebut akan terbayar dengan keindahan isi Goa Lalay.

Goa Lalay berada di Desa Sukadana, Argapura. Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Desa Sukadana terlebih dulu. Selanjutnya ikuti arah petunjuk yang ada di setiap jalan. Kendaraan bisa dititipkan di tempat penitipan kendaraan dan Anda bisa berjalan menuju Goa Lalay.

6. Petilasan Prabu Siliwangi

Petilasan Prabu Siliwangi

Lokasi: Pajajar, Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Perlupiknik.com

Di sini Anda bisa menikmati wisata alam, air, dan budaya secara bersamaan. Petilasan Prabu Siliwangi berupa area hutan kecil dengan kesegaran dan kesejukan. Terdapat 2 telaga, yaitu Telaga Pancur dan Telaga Emas. Anda bisa menikmati fasilitas berupa becak air yang menyenangkan.

Anda bisa wisata ziarah setelah menghabiskan waktu di telaga. Petilasan Prabu Siliwangi ada di Pajajar, Rajagaluh. Lokasi ini sangat cocok menjadi destinasi wisata untuk keluarga ketika libur panjang.

7. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Lokasi: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Discovermajalengka.blogspot.com

Curug Muara Jaya memiliki ketinggian mencapai 73 meter. Aliran air terjun ini berasal dari sungai Muara Jaya yang ada di Gunung Ciremai. Curug Muara Jaya merupakan salah satu jenis air terjun bertingkat sehingga alirannya cukup deras. Anda bisa menikmati keindahan air terjun sambil merasakan hawa yang sejuk dan segar apalagi ditambah dengan suasana pepohonan.

Fasilitas umum yang tersedia di Curug Muara Jaya adalah pendopo untuk istirahat dan taman bermain anak-anak. Curug Muara Jaya terletak di Kampung Apuy, Argamukti, Argapura. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan kendaraan pribadi atau umum. Apabila Anda memilih kendaraan umum, maka Anda bisa naik angkutan kota dari Terminal Maja ke Desa Argamukti.

8. Air Terjun Ibun Pelangi

Air Terjun Ibun Pelangi

Lokasi: Sukadana, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Sesuai namanya, Anda akan disuguhi dengan pelangi samar-samar ketika berkunjung ke air terjun ini. Pelangi tersebut muncul akibat pantulan sinar matahari melalui butiran air terjun tersebut. Pelangi dapat dilihat antara pukul 08.00-10.00 dan 12.00-17.00. Namun, untuk bisa melihat pelangi ini Anda harus menyusuri air terjun yang memiliki kemiringan 85 derajat.

Akses menuju air terjun tidaklah sulit. Jalanan untuk melihat pelangi yang menjadi tantangan tersendiri apalagi jalannya masih berupa tanah licin. Air Terjun Ibun Pelang ada di Desa Sukadana. Untuk bisa masuk, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 2.000 per orang.

9. Curug Sawer

Curug Sawer

Lokasi: Argamukti, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Menerjemahkan.com

Lokasi Curug Sawer tidak terlalu jauh dengan Curug Muara Jaya, tepatnya di Desa Argalingga. Anda bisa berkunjung ke kedua lokasi tersebut dalam hari yang sama. Curug Sawer menawarkan keindahan berupa pemandangan alam yang masih asri dan terjaga alami. Aliran airnya sangat deras sehingga Anda bisa merasakan kesegaran ketika berjalan-jalan di area sekitar Curug Sawer.

Curug Sawer belum seramai Curug Muara Jaya. Jarang ada wisatawan yang datang karena jangkauan lokasinya cukup sulit. Selain itu, tempat wisata ini masih dikembangkan oleh pemerintah setempat supaya bisa lebih ramai pengunjung.

10. Air Terjun Baligo

Air Terjun Baligo

Lokasi: Bantaragung, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Air Terjun Balgo adalah air terjun yang cukup tinggi. Saat berkunjung ke air terjun ini, Anda tidak akan menemukan banyak pengunjung. Hal tersebut membuat fasilitas yang ada di Air Terjun Baligo belum selengkap obyek wisata air terjun lain. Meskipun begitu, Air Terjun Baligo tetap menjadi pilihan Objek Wisata di Majalengka yang menarik.

Air Terjun Baligo ada di Bantaragung, Sindangwangi. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menempuh jalan selama 10 menit. Rasa lelah tidak akan terasa sebab Anda akan ditemani oleh pemandangan indah perbukitan dan sawah. Warga setempat juga telah menyiapkan jembatan bambu yang dpaat dilewati untuk menuju air terjun.

11. Talaga Herang

Talaga Herang

Lokasi: Lengkong Kulon, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Talaga Herang merupakan danau kecil yang airnya berasal dari mata air murni yang ada di perbatasan tiga desa antara lain Lengkongkulon, Padaherang, dan Jerukleueut. Air di Talaga Herang sangat jernih sampai-sampai Anda bisa melihat dasar dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Wahana yang tersedia di sini antara lain becak air dan berenang.

Apabila Anda merasa lapar dan haus, Anda bisa berkunjung ke warung-warung di pinggir jalan. Sambil menikmati makanan tersebut, Anda bisa melihat pemandangan Talaga Herang. Jika berminat, Anda bisa mengunjungi Desa Sindangwangi bersama keluarga ketika musim liburan.

12. Wisata Cikebo

Wisata Cikebo

Lokasi: Sagara, Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Triptrus.com

Anda ingin menikmati panorama alam yang menarik? Datanglah ke Wisata Cikebo. Anda bisa mengunjungi Wisata Cikebo siang atau malam. Ketika siang Anda bisa melihat pemandangan alam Majalengka dari atas. Sedangkan ketika malam Anda bisa membakar jagung dan menikmati pemandangan cahaya yang indah.

Wisata Cikebo ada di Desa Tegal Sari. Anda harus menempuh perjalanan sejauh 14 km dari pusat Majalengka untuk bisa mencapai lokasi ini. Fasilitas yang tersedia mulai dari area parkir, gazebo, warung makanan, dan lain sebagainya. Lokasi ini sangat aman karena telah dibangun pagar pembatas sehingga Anda bisa mengajak anak Anda menikmati pemandangan di sini.

13. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten

Lokasi: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisata dataran tinggi lainnya adalah Wisata Paralayang Gunung Panten. Wisata ini terletak di Desa Sidamukti. Sejak lama lokasi ini sudah menjadi titik untuk menerbangkan paralayang. Wisatawan bisa mencoba serunya bermain paralayang. Jika tidak berani, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah di area ini.

Wisata Paralayang Gunung Panten terletak di Desa Sidamukti. Untuk menuju ke sini Anda harus menempuh perjalanan sejauh 7 km dari alun-alun Majalengka. Anda akan dibantu oleh papan jalan yang mengarahkan ke lokasi Wisata Paralayang Gunung Panten.

14. Taman Buana Marga Majalengka

Taman Buana Marga Majalengka

Lokasi: Desa Lemah Putih, Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Maulanaphotos.blogspot.com

Apakah Anda atau anak Anda pecinta dinosaurus? Jika ya, maka Anda harus berkunjung ke Taman Buana Marga. Di sini Anda akan melihat banyak patung dinosaurus yang dibuat sangat besar. Selain itu, anak Anda bisa bermain di taman bermain atau kolam renang. Taman Buana Marga juga menyediakan lintasan motocross dan lapangan golf.

Taman Buana Marag terletak Margajaya, Lemahsugih. Dari pusat kota Anda harus menempuh sejauh 40 km. Perjalanan jauh tersebut sangat pantas untuk destinasi wisata yang menyenangkan. Untuk bisa masuk, Anda cukup membayar Rp 5.000 per orang.

15. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Lokasi: Pasirayu, Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Wafalf07.wordpress.com

Taman Wisata Bukit Alam Hejo terletak di kaki Gunung Ciremai. Di dalamnya terdapat berbagai wahana menarik seperti kolam, ATV, outbond, menunggang kuda, dan panggung hiburan. Anda juga bisa menikmati kuliner yang lezat di deretan penjaja makanan yang tersedia setelah lelah menghabiskan waktu untuk bermain.

Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Pasirayu. Desa Pasirayu bisa dituju dari beragam arah, seperti dari jalan utama Kecamatan Rajagaluh atau dari Bunderan Cigasong. Tiket masuk pada Senin-Sabtu sebesar Rp 5.000 sedangkan Minggu atau hari libur Rp 10.000.

16. Situ Janawi

Situ Janawi

Lokasi: Payung, Teja, Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatacirebon.info

Menikmati danau luas bisa menjadi alternatif liburan. Situ Janawi menawarkan keindahan danau yang memberikan pemandangan pemukiman dan perbukitan. Sumber mata air Situ Janawi ini berasal dari telaga suci sehingga airnya sangat jernih. Anda bahkan diizinkan untuk berenang di sini.

Situ Janawi ada di Kecamatan Rajagaluh. Anda bisa mengunjungi Situ Janawi setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Ajaklah keluarga atau kerabat untuk menikmati keindahan dan kesegaran Situ Janawi supaya pikiran menjadi tenang dan damai.

Majalengka menawarkan banyak sekali destinasi wisata menarik dan indah. Anda bisa mempertimbangkan salah satu Destinasi Wisata di Majalengka di atas untuk mengisi waktu luang ketika liburan bersama keluarga atau sahabat.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak