Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan khususnya di musim-musim liburan sekolah, tidak heran memang karena di Majalengka terdapat banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Secara Geografis, Majalengka terbagi atas dataran rendah dan tinggi sehingga pilihan untuk tempat wisata semakin beragam. Keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Secara detailnya, daerah utara Majalengka berupa dataran rendah, bagian tengah berupa perbukitan, dan daerah selatan berupa pegunungan yaitu area dari Gunung Ciremai.

Dengan kondisi geografis Majalengka yang bervariasi, membuat kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam sangat menarik. Dan berikut ini ada 33 Tempat Wisata di Majalengka yang wajib Anda kunjungi.

1. Jembar Waterpark

Jembar Waterpark
Image Credit: Tomiorentalmobilcirebon.com

Majalengka menghadirkan area bermain air bernama Jembar Waterpark. Waterpark ini memiliki konsep menarik berupa tema dinosaurus. Oleh karena itu, jangan heran bila Anda banyak menemukan patung atau dekorasi yang berkaitan dengan dinosaurus. Jembar Waterpark memiliki banyak wahana seru dan aman sehingga cocok menjadi tempat piknik keluarga.

Fasilitas lain yang tersedia adalah gazebo untuk tempat beristirahat dan tempat menunggu, kamar mandi sebagai tempat membilas tubuh, area parkir, dan lain sebagainya. Jembar Waterpark terletak di Jalan Dukuh Jeruk, Ranjiwetan, Kasokandel. Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 20.000 untuk anak-anak dan dewasa.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ranji Wetan, Kec. Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

2. Air Terjun Cibali

Air Terjun Cibali
Image Credit: Ihategreenjello.com

Wisata curug ini sangat diminati oleh wisatawan sekitar Air Terjun Cibali. Di tempat ini, Anda akan menemukan daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah kebersihan wilayah ini yang sangat terjamin. Tidak terdapat sedikitpun sampah yang menyelip. Air terjun dengan tinggi kurang lebih 15 meter ini dialiri air yang lumayan deras dan jernih.

Lingkungan sekitar wisata ini masih hijau dan asri. Selain itu, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan. Di tempat ini juga terdapat banyak spot foto yang menarik. Ketika berkunjung kemari, Anda akan merasakan suasana menenangkan yang akan membuat Anda rileks sejenak dari kesibukan pekerjaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cikondang, Kec. Cingambul, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

3. Taman Wisata Linggarjati

Taman Wisata Linggarjati
Image Credit: Twitter @mikepurba

Gunung Ciremai sangat sering dijadikan destinasi wisata oleh banyak orang. Ketika berkunjung, jangan lupa untuk mampir ke Taman Wisata Linggarjati yang terletak di salah satu rute daki. Taman wisata ini berupa area hutan luas yang termasuk dalam hutan lindung di Gunung Ciremai. Ada banyak flora dan fauna yang tumbuh dan dirawat di taman wisata ini.

Ada banyak fasilitas dan wahana lain yang seru di Taman Wisata Linggarjati. Jika berminat, Anda bisa berkunjung ke Taman Wisata Linggarjati yang beralamat di Jalan Bandorasa-Linggarjati, Linggamekar. Taman wisata ini buka setiap hari mulai 08.00-18.00. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 4.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Linggasana, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

4. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Image Credit: Detik.com

Pegunungan tinggi ini memiliki sebuah kawasan pepohonan yang hijau. Tempat ini sangat sering dikunjungi oleh beberapa orang yang sengaja ingin mendaki. Berada di ketinggian 3.078 di atas permukaan laut, udara di sini sangat nyaman dan sejuk.

Di puncak gunung ini sendiri terdapat banyak spot foto dan tempatnya cocok untuk pendakian. Anda dapat berkemah di Gunung Ciremai, lalu menyaksikan matahari terbit atau matahari tenggelam yang sangat indah. Pemandangan ini memang dapat Anda lihat di manapun, tetapi cobalah sesekali melihatnya dari puncak Gunung Ciremai ini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

5. Perkebunan Teh Cipasung

Perkebunan Teh Cipasung
Image Credit: Piknikasik.com

Majalengka memiliki area dataran tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebun teh. Berkunjung ke kebun teh akan memberikan perasaan damai sehingga patut masuk dalam daftar tempat yang akan dikunjungi di Majalengka. Sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan daun teh yang hijau dan menyegarkan mata.

Perkebunan Teh Cipasung ada di Desa Cipasung, Lebagsugih. Dari pusat Majalengka, Anda harus menempuh jarak 50 km dihitung dari alun-alun kota. Harga tiket masuk yang harus dibayar adalah Rp 3.500 per orang. Akan lebih menarik apabila Anda datang ketika musim panen dan melihat petani memetik daun teh.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

6. Bukit Panyaweuyan Argapura

Bukit Panyaweuyan Argapura
Image Credit: Blog.reservasi.com

Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan menemukan pemandangan terasering yang hijau dan rapi. Selain itu, destinasi wisata ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan warna yang menenangkan itu menyelimuti perbukitan. Anda tidak akan bosan menatapinya.

Dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dari tempat ini Anda dapat menyaksikan pesona yang ditawarkan oleh Gunung Ciremai. Terdapat banyak lokasi indah yang cocok diabadikan dalam foto. Anda juga dapat menikmati keindahan di wisata ini dengan bersepeda mengelilingi lokasi bukit. Berhati-hatilah saat melewati tengah bukit, usahakan jangan sampai terpeleset.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tejamulya, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

7. Curug Sidomba Kuningan

Curug Sidomba Kuningan
Image Credit: Wisata-tanahair.com

Di kaki Gunung Ciremai terdapat air terjun menarik, yaitu Curug Sidomba. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Daya tarik lain dari Curug Sidomba adalah banyaknya domba dengan tanduk lebih dari dua. Selain itu, di air terjun ini terdapat beragam ikan mas dan ikan Kancra Bodas.

Tempat lain di sekitar Curug Sidomba adalah adanya menara Asmaul Husna dengan anak tangga berjumlah 99. Di puncak menara Anda bisa melihat pemandangan kaki gunung yang indah. Curug Sidomba ada di daerah Peusing, Jalaksana, Kuningan. Anda bisa berkunjung bersama dengan keluarga untuk mengisi waktu berlibur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalaksana, Kec. Peusing, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

8. Air Terjun Cilutung

Air Terjun Cilutung
Image Credit: Triptrus.com

Di tempat ini Anda akan merasakan berlibur di tempat terbuka dengan pemandangan yang indah. Di sini terdapat bebatuan besar yang menambah keindahan tempat serta pepohonan yang menyejukkan. Dengan tinggi sekitar 20 meter, Anda dapat menikmati kecantikan Air Terjun Cilutung.

Selain itu, debit air yang mengalir juga lumayan deras. Bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, tidak jauh di tempat itu terdapat spot khusus memancing yang menawarkan pemandangan indah dari wilayah tersebut. Curug ini juga memiliki banyak nama lain yang unik dan mengagumkan seperti Campaga, Emas, dan Ciranca.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

9. Goa Lalay

Goa Lalay
Image Credit: Sportourism.id

Wisata alam lain yang menantang adalah Goa Lalay. Goa Lalay disebut-sebut sebagai green canyon khas Majalengka. Agar bisa masuk ke dalam Goa Lalay, Anda harus berjalan dengan hati-hati. Jalanannya hanya setapak dan samping kanan kiri terdapat jurang yang dalam. Meskipn begitu, petualangan tersebut akan terbayar dengan keindahan isi Goa Lalay.

Goa Lalay berada di Desa Sukadana, Argapura. Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Desa Sukadana terlebih dulu. Selanjutnya ikuti arah petunjuk yang ada di setiap jalan. Kendaraan bisa dititipkan di tempat penitipan kendaraan dan Anda bisa berjalan menuju Goa Lalay.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

10. Telaga Nila

Telaga Nila
Image Credit: Ayo-hunting.blogspot.com

Tempat wisata ini belum terlalu populer diantara wisatawan, tetapi hal ini justru dapat dimanfaatkan jika Anda ingin berlibur sambil menenangkan diri di telaga biru tersebut. Seperti yang disebutkan, telaga ini memiliki air berwarna biru gelap, kontras dengan sekitarnya yang merupakan pepohonan rimbun berwarna hijau.

Telaga Nila, telaga biru luas yang berada di kaki Gunung Ciremai ini juga memiliki warna biru bersinar dari kolamnya. Jika Anda teliti, Anda dapat melihat banyak ikan kecil berenang kesana-kemari di perairan ini. Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda masih belum dipungut biaya. Terdapat banyak lokasi foto yang sangat cocok diabadikan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lengkong Kulon, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

11. Petilasan Prabu Siliwangi

Petilasan Prabu Siliwangi
Image Credit: Perlupiknik.com

Di sini Anda bisa menikmati wisata alam, air, dan budaya secara bersamaan. Petilasan Prabu Siliwangi berupa area hutan kecil dengan kesegaran dan kesejukan. Terdapat 2 telaga, yaitu Telaga Pancur dan Telaga Emas. Anda bisa menikmati fasilitas berupa becak air yang menyenangkan.

Anda bisa wisata ziarah setelah menghabiskan waktu di telaga. Petilasan Prabu Siliwangi ada di Pajajar, Rajagaluh. Lokasi ini sangat cocok menjadi destinasi wisata untuk keluarga ketika libur panjang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

12. Kolam Renang Balong Sang Raja

Kolam Renang Balong Sang Raja
Image Credit: Mediamajalengka.com

Di sini terdapat sebuah wisata berbentuk kolam. Kolam dengan air jernih kehijauan itu warnanya hampir menyerupai pepohonan di sekitar. Dengan hiasan indah hutan di samping wilayah tersebut, Kolam Renang Balong Sang Raja cocok dengan suasana tenang yang ada. Pengunjung di tempat ini lumayan banyak meski pada hari biasa maupun hari libur. Wisata ini termasuk favorit para wisatawan.

Selain terdapat banyak lokasi foto yang banyak dan keren, tempat ini juga menyediakan area outbond yang mengasyikkan. Di sini terdapat deretan pohon rindang dengan usia yang sudah tua. Terdapat pula monumen atau tugu peninggalan sejarah Belanda yang ada di sana, mengingat tempat itu pernah menjadi lokasi berkumpulnya para petinggi Belanda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Cigasong, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

13. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya
Image Credit: Discovermajalengka.blogspot.com

Curug Muara Jaya memiliki ketinggian mencapai 73 meter. Aliran air terjun ini berasal dari sungai Muara Jaya yang ada di Gunung Ciremai. Curug Muara Jaya merupakan salah satu jenis air terjun bertingkat sehingga alirannya cukup deras. Anda bisa menikmati keindahan air terjun sambil merasakan hawa yang sejuk dan segar apalagi ditambah dengan suasana pepohonan.

Fasilitas umum yang tersedia di Curug Muara Jaya adalah pendopo untuk istirahat dan taman bermain anak-anak. Curug Muara Jaya terletak di Kampung Apuy, Argamukti, Argapura. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan kendaraan pribadi atau umum. Apabila Anda memilih kendaraan umum, maka Anda bisa naik angkutan kota dari Terminal Maja ke Desa Argamukti.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

14. Gunung Batu Tilu

Gunung Batu Tilu
Image Credit: Tempatwisata.co

Seperti namanya, gunung ini memiliki tiga puncak batu tertinggi yang bernama Sukmana, Gunung Tilu, serta yang terakhir tidak bernama. Dengan panorama khas-nya, Gunung Batu Tilu menyuguhkan pemandangan hamparan hijau pepohonan berbagai jenis yang indah. Beberapa dari mereka adalah pinus, jati, dan lain-lain.

Untuk lokasi foto tempat ini memang tidak terlalu banyak, tetapi Anda dapat menjadikan hamparan pepohonan hijau sebagai latar belakang foto yang Anda ambil tersebut. Pemandangan di sini sangat indah, hingga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girimukti, Kec. Kasokandel, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

15. Air Terjun Ibun Pelangi

Air Terjun Ibun Pelangi
Image Credit: Travelingyuk.com

Sesuai namanya, Anda akan disuguhi dengan pelangi samar-samar ketika berkunjung ke air terjun ini. Pelangi tersebut muncul akibat pantulan sinar matahari melalui butiran air terjun tersebut. Pelangi dapat dilihat antara pukul 08.00-10.00 dan 12.00-17.00. Namun, untuk bisa melihat pelangi ini Anda harus menyusuri air terjun yang memiliki kemiringan 85 derajat.

Akses menuju air terjun tidaklah sulit. Jalanan untuk melihat pelangi yang menjadi tantangan tersendiri apalagi jalannya masih berupa tanah licin. Air Terjun Ibun Pelang ada di Desa Sukadana. Untuk bisa masuk, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 2.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

16. Bendungan Raksasa Rentang

Bendungan Raksasa Rentang
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Bendungan besar ini dulunya dibangun oleh orang-orang Perancis. Bendungan ini memiliki ukuran raksasa dengan luas DPS 6.950 kilometer persegi. Dengan luas tersebut dapat menjadikan bendungan ini disebut bendungan raksasa.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda tidak dipungut biaya. Tempat ini juga memiliki jam buka 24 jam, yang berarti akan buka setiap hari dan setiap waktu. Keindahan di sini terletak pada aliran airnya yang deras dan pepohonan hijau di pinggiran bendungan yang berjejer rapi. Anda dapat menemukan banyak lokasi dengan latar belakang yang cocok untuk berfoto sambil bersantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatitujuh, Pilangsari, Kec. Panongan, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

17. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Menerjemahkan.com

Lokasi Curug Sawer tidak terlalu jauh dengan Curug Muara Jaya, tepatnya di Desa Argalingga. Anda bisa berkunjung ke kedua lokasi tersebut dalam hari yang sama. Curug Sawer menawarkan keindahan berupa pemandangan alam yang masih asri dan terjaga alami. Aliran airnya sangat deras sehingga Anda bisa merasakan kesegaran ketika berjalan-jalan di area sekitar Curug Sawer.

Curug Sawer belum seramai Curug Muara Jaya. Jarang ada wisatawan yang datang karena jangkauan lokasinya cukup sulit. Selain itu, tempat wisata ini masih dikembangkan oleh pemerintah setempat supaya bisa lebih ramai pengunjung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

18. Agro Batu Luhur

Agro Batu Luhur
Image Credit: Andromedocahyo.blogspot.com

Berlibur di wisata ini dapat me-refresh pikiran serta mendinginkannya. Untuk tubuh juga dapat menjadikannya rileks. Anda akan diajak menikmati pemandangan bebatuan tinggi dengan kesejukan yang khas dari lingkungan pegunungan. Anda juga bisa mendapatkan fasilitas flying fox dengan tiket seharga Rp 20.000 yang akan melewati rute sepanjang 200 meter.

Agro Batu Luhur sendiri merupakan sebuah wisata dengan kolam renang dan pemandangan gunung yang mengesankan. Anda dapat dengan mudah menemukan tempat yang cocok untuk berfoto. Selain itu, wisata ini sangat direkomendasikan untuk selalu dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

19. Air Terjun Baligo

Air Terjun Baligo
Image Credit: Ksmtour.com

Air Terjun Balgo adalah air terjun yang cukup tinggi. Saat berkunjung ke air terjun ini, Anda tidak akan menemukan banyak pengunjung. Hal tersebut membuat fasilitas yang ada di Air Terjun Baligo belum selengkap obyek wisata air terjun lain. Meskipun begitu, Air Terjun Baligo tetap menjadi pilihan Objek Wisata di Majalengka yang menarik.

Air Terjun Baligo ada di Bantaragung, Sindangwangi. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menempuh jalan selama 10 menit. Rasa lelah tidak akan terasa sebab Anda akan ditemani oleh pemandangan indah perbukitan dan sawah. Warga setempat juga telah menyiapkan jembatan bambu yang dpaat dilewati untuk menuju air terjun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

20. Situ Sangiang

Situ Sangiang
Image Credit: Cariinfoyuk.com

Situ Sangiang, penampakan panorama indah dari sebuah danau cantik. Tempat wisata ini masih sangat hijau, alami, dipenuhi dengan pepohonan yang asri. Anda dapat merasakan kesejukannya begitu tiba di destinasi wisata ini. Kawasan ini berada dibawah pengaturan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Sayangnya, danau ini memiliki larangan dimana para pengunjung tidak boleh berenang. Untuk memasuki kawasan ini Anda harus membayar sejumlah Rp 3000 untuk dapat menikmati pemandangan di sini. Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak spot foto menarik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sangiang, Kec. Banjaran, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

21. Talaga Herang

Talaga Herang
Image Credit: Ksmtour.com

Talaga Herang merupakan danau kecil yang airnya berasal dari mata air murni yang ada di perbatasan tiga desa antara lain Lengkongkulon, Padaherang, dan Jerukleueut. Air di Talaga Herang sangat jernih sampai-sampai Anda bisa melihat dasar dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Wahana yang tersedia di sini antara lain becak air dan berenang.

Apabila Anda merasa lapar dan haus, Anda bisa berkunjung ke warung-warung di pinggir jalan. Sambil menikmati makanan tersebut, Anda bisa melihat pemandangan Talaga Herang. Jika berminat, Anda bisa mengunjungi Desa Sindangwangi bersama keluarga ketika musim liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lengkong Kulon, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

22. Curug Tonjong

Curug Tonjong
Image Credit: Wisatalogi.com

Curug Tonjong sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Majalengka. Tempat ini menjadi lokasi liburan favorit para wisatawan yang berkunjung kemari.

Tentu saja terdapat banyak spot foto yang ada di tempat ini. Selain itu, pesona keindahan curug juga sebanding dengan kesegaran yang didapatkan pengunjung dari perairan Air Terjun Curug Tonjong tersebut. Dibandingkan tingkat keramaiannya, ketika Anda berkunjung ke sini, Anda akan tetap merasakan keheningan serta ketenangan yang tercipta di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

23. Wisata Cikebo

Wisata Cikebo
Image Credit: Triptrus.com

Anda ingin menikmati panorama alam yang menarik? Datanglah ke Wisata Cikebo. Anda bisa mengunjungi Wisata Cikebo siang atau malam. Ketika siang Anda bisa melihat pemandangan alam Majalengka dari atas. Sedangkan ketika malam Anda bisa membakar jagung dan menikmati pemandangan cahaya yang indah.

Wisata Cikebo ada di Desa Tegal Sari. Anda harus menempuh perjalanan sejauh 14 km dari pusat Majalengka untuk bisa mencapai lokasi ini. Fasilitas yang tersedia mulai dari area parkir, gazebo, warung makanan, dan lain sebagainya. Lokasi ini sangat aman karena telah dibangun pagar pembatas sehingga Anda bisa mengajak anak Anda menikmati pemandangan di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sagara, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

24. Cadas Gantung

Cadas Gantung
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Wisata ini berada tidak jauh dari pusat kota dan berada di sebuah bukit. Destinasi wisata dengan nama Cadas Gantung ini sangat populer di antara wisatawan. Wisatawan akan ditawari pemandangan pegunungan dan perbukitan yang hijau dan memiliki banyak hiasan. Hiasan tersebut berasal dari rotan atau kayu yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai hati dan bentuk lain.

Di sini Anda dapat menikmati matahari tenggelam serta pesona keindahan malam dengan mendirikan sebuah tenda. Tentu di sini terdapat banyak sekali spot foto yang menarik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

25. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Paralayang Gunung Panten
Image Credit: Ksmtour.com

Wisata dataran tinggi lainnya adalah Wisata Paralayang Gunung Panten. Wisata ini terletak di Desa Sidamukti. Sejak lama lokasi ini sudah menjadi titik untuk menerbangkan paralayang. Wisatawan bisa mencoba serunya bermain paralayang. Jika tidak berani, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah di area ini.

Wisata Paralayang Gunung Panten terletak di Desa Sidamukti. Untuk menuju ke sini Anda harus menempuh perjalanan sejauh 7 km dari alun-alun Majalengka. Anda akan dibantu oleh papan jalan yang mengarahkan ke lokasi Wisata Paralayang Gunung Panten.

Harga Tiket: Rp 450.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

26. Bukit Mercury Sayang Kaak

Bukit Mercury Sayang Kaak
Image Credit: Google Maps (Amireich Hohenzollern)

Memiliki julukan lain, yaitu Sarang Gagak. Dulunya ini adalah kawasan bumi perkemahan, tetapi berkat beberapa penambahan fasilitas, tempat ini menjelma menjadi wisata indah seperti saat ini. Anda dapat melihat panorama keindahan bukit ini dari ketinggian.

Selain itu, terdapat banyak spot foto yang tersedia di sana. Seperti taman bunga, gardu pandang, dan lain-lain. Tempat ini juga menawarkan daya tariknya yang berupa lembah yang indah yang akan dinikmati bersama camilan di gardu pandang. Fasilitas di tempat ini juga sangat memadahi. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibuluh Blok, Tejamulya, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

27. Taman Buana Marga Majalengka

Taman Buana Marga Majalengka
Image Credit: Maulanaphotos.blogspot.com

Apakah Anda atau anak Anda pecinta dinosaurus? Jika ya, maka Anda harus berkunjung ke Taman Buana Marga. Di sini Anda akan melihat banyak patung dinosaurus yang dibuat sangat besar. Selain itu, anak Anda bisa bermain di taman bermain atau kolam renang. Taman Buana Marga juga menyediakan lintasan motocross dan lapangan golf.

Taman Buana Marag terletak Margajaya, Lemahsugih. Dari pusat kota Anda harus menempuh sejauh 40 km. Perjalanan jauh tersebut sangat pantas untuk destinasi wisata yang menyenangkan. Untuk bisa masuk, Anda cukup membayar Rp 5.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lemah Putih, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

28. Terasering Sawah Nangklak

Terasering Sawah Nangklak
Image Credit: Google Maps (Ferdy Choky)

Tempat wisata ini dapat dibilang sangat menakjubkan dengan teknik terasering yang diaplikasikan pada persawahan. Ketika masa-masa di luar panen, wilayah ini selalu dihiasi warna hijau yang menyegarkan. Banyak disebutkan bahwa hal itu disebabkan oleh sumber daya air di sekitar sini yang sangat melimpah.

Destinasi wisata tersebut juga dikatakan mirip dengan Tegalalang yang berada di Ubud, Bali. Keduanya masing-masing memiliki daya tarik yang tidak dapat dipisahkan. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak lokasi foto yang menarik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukasari Kidul, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

29. Taman Wisata Bukit Alam Hejo

Taman Wisata Bukit Alam Hejo
Image Credit: Wafalf07.wordpress.com

Taman Wisata Bukit Alam Hejo terletak di kaki Gunung Ciremai. Di dalamnya terdapat berbagai wahana menarik seperti kolam, ATV, outbond, menunggang kuda, dan panggung hiburan. Anda juga bisa menikmati kuliner yang lezat di deretan penjaja makanan yang tersedia setelah lelah menghabiskan waktu untuk bermain.

Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Pasirayu. Desa Pasirayu bisa dituju dari beragam arah, seperti dari jalan utama Kecamatan Rajagaluh atau dari Bunderan Cigasong. Tiket masuk pada Senin-Sabtu sebesar Rp 5.000 sedangkan Minggu atau hari libur Rp 10.000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasirayu, Kec. Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

30. Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru
Image Credit: Google Maps (aLviandi Laksana)

Salah satu destinasi wisata yang ada di Majalengka ini menawarkan pemandangan menakjubkan dari hamparan pohon pinus. Deretan pepohonan hijau tersebut akan bertambah keindahannya ketika diamati dari ketinggian. Terdapat pula banyak spot foto menarik yang dapat ditemukan di sana.

Hanya dengan Rp 15.000 Anda sudah dapat menikmati pengalaman mengamati hamparan kehijauan pepohonan tersebut dari atas. Bagi Anda yang ingin menenangkan diri, tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda sejenak rileks dari kesibukan. Dari ketinggian gunung ini, Anda dapat menyaksikan fenomena matahari tenggelam yang sangat indah sambil bersantai di gazebo.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Payung, Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

31. Situ Janawi

Situ Janawi
Image Credit: Wisatacirebon.info

Menikmati danau luas bisa menjadi alternatif liburan. Situ Janawi menawarkan keindahan danau yang memberikan pemandangan pemukiman dan perbukitan. Sumber mata air Situ Janawi ini berasal dari telaga suci sehingga airnya sangat jernih. Anda bahkan diizinkan untuk berenang di sini.

Situ Janawi ada di Kecamatan Rajagaluh. Anda bisa mengunjungi Situ Janawi setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Ajaklah keluarga atau kerabat untuk menikmati keindahan dan kesegaran Situ Janawi supaya pikiran menjadi tenang dan damai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

32. Puncak Sawiyah

Puncak Sawiyah
Image Credit: Instagram.com @ngetripmajalengka

Puncak Sawiyah ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka pemandangan indah dan ingin mengabadikannya dalam sebuah foto. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan hijau pegunungan Majalengka dari puncak bukit.

Tiket masuk dihargai Rp 7000. Anda dapat berlibur bersama keluarga atau sahabat Anda ke tempat seindah ini. Terdapat banyak spot foto yang mengagumkan. Anda juga dapat melakukan outbond di sini. Wilayah pegunungan yang tinggi serta hijau dapat menenangkan pikiran Anda, begitupula udaranya sangat banyak.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sangiang, Kec. Banjaran, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

33. Majalengka Campervan

Majalengka Campervan
Image Credit: Instagram.com @majalengkacampervan

Ingin mendapatkan fasilitas berlibur yang lengkap tanpa ribet? Majalengka Campervan jawabannya. Mobil van ini sudah dimodifikasi sekreatif mungkin demi menunjang kenyamanan wisatawan yang menyewa. Terdapat fasilitas tempat tidur, memasak, dan lain-lain yang bisa Anda rasakan hanya dengan menyewa satu mobil ini.

Terdapat dua jenis paket persewaan dengan menggunakan Majalengka Campervan. Yang pertama adalah paket dua hari satu malam dengan harga Rp 1.6 juta, sementara paket lainnya adalah tiga hari dua malam seharga Rp 3.2 juta. Perlu diketahui, fasilitas yang sudah tersedia adalah sopir, tour guide, bensin, bahan makanan, dan lain-lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Majalengka menawarkan banyak sekali destinasi wisata menarik dan indah. Anda bisa mempertimbangkan salah satu Destinasi Wisata di Majalengka di atas untuk mengisi waktu luang ketika liburan bersama keluarga atau sahabat.